Cara merebus kerang agar cepat terbuka

Kerang merupakan salah satu makanan laut yang nikmat dan banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Kerang sangat bisa diolah menjadi beraneka menu dan hidangan yang lezat. Cara mengolahnya pun sebenarnya sangat sederhana. Namun penting untuk mengetahui mengolah kerang agar bisa diolah.

Salah satu yang paling sulit adalah membuka kerang agar terbuka. Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas bersama bagaimana cara merebus kerang agar terbuka yang bisa Sedulur lakukan. Tentu saja agar membantu Sedulur agar mudah mengolahnya.

Seperti apa tips dan cara merebus kerang agar terbuka? Yuk, mari langsung kita simak langsung pembahasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 7 Cara Merebus Telur Puyuh yang Benar Agar Mudah Dikupas

1. Bersihkan kerang terlebih dahulu

cara merebus kerang agar terbuka
iStock

Tips dan cara merebus kerang agar terbuka yang pertama yaitu dengan membersihkan kerang yang akan dimasak. Hal ini sangat penting sebagai langkah pertama, sebelum Sedulur kemudian merebus dan mengolah kerang.

Ada baiknya Sedulur membersihkan cangkang kerang yang dicuci hingga benar-benar bersih. Jangan lupa untuk mencuci kerang dengan air yang mengalir, tujuannya agar setiap kotoran dan lumpur yang menempel dalam kerang dapat hilang dan tidak merusak rasa kerang.

Bahkan jika perlu, Sedulur bisa membersihkan cangkang kerang dengan menggunakan sikat hingga benar-benar bersih dan hilang kotoran dan lumpurnya.

2. Rendam kerang dengan perasan jeruk

iStock

Langkah selanjutnya yaitu dengan merendam kerang dengan perasan jeruk, Sedulur bisa memilih untuk menggunakan jeruk nipis atau jeruk lemon. Penggunaan jeruk untuk membuat kerang semakin bersih setelah dibersihkan cangkangnya sebelumnya.

Selain itu, menggunakan rendaman perasan jeruk bertujuan untuk menghilangkan bau amis yang ada pada kerang. Sedulur bisa merendam kerang di dalam wadah tertutup agar bau amis bisa hilang dengan sempurna. Setelah direndam dan didiamkan dalam beberapa waktu, Sedulur bisa membilas dan membersihkannya.

3. Rebus kerang dengan api sedang

iStock

Langkah selanjutnya adalah dengan merebus kerang dengan api sedang. Rebus kerang dengan air secukupnya. Gunakan api sedang saja agar daging kerang matang merata dan tidak alot. Jadi tak harus dengan api besar ya Sedulur.

Jika cangkang sudah mulai membuka, matikan api. Jangan sampai  kelamaan merebusnya karena malah bisa membuat daging jadi alot dan mengkerut. Hal ini akan membuat Sedulur kesulitan mengolah kerang nantinya.

4. Bisa dikukus atau dipanggang

iStock

Selain cara merebus kerang agar terbuka, cara lain yang bisa Sedulur lakukan adalah mengukus dan memanggangnya. Saat mengukus dan memanggang kerang, Sedulur perlu memperhatikan apinya agar tidak terlalu besar.

Sama sebagaimana saat merebus kerang, perhatikan api yang digunakan. Karena api sedang saat mengolah kerang dapat menghindari kerang yang berlendir dan mengeluarkan bau tidak sedap. Hal ini juga untuk tetap menjaga tekstur dan nutrisi kerang agar tetap ada.

BACA JUGA: 9 Tips Merebus Daging Supaya Cepat Empuk, Mudah Banget!

5. Diamkan terlebih dahulu

cara merebus kerang agar terbuka
iStock

Tips dan cara terakhir yaitu mendiamkan terlebih dahulu kerang yang telah direbus, dikukus atau dipanggang agar terbuka. Diamkan terlebih dahulu agar dingin dan agar uapnya menghilang. Setelah itu Sedulur bisa langsung mengolah kerang dengan berbagai resep.

Kerang merupakan salah satu bahan makanan laut yang bisa dengan mudah Sedulur olah, hanya dengan bumbu sederhana kerang bisa menghasilkan cita rasa yang nikmat.

Nah itulah beberapa tips dan cara merebus kerang agar terbuka yang bisa Sedulur lakukan. Setelah kerang terbuka, Sedulur bisa mengolahnya dengan mudah. Bukan hanya bertujuan agar mudah diolah, membuat kerang terbuka juga bertujuan untuk memudahkan dikonsumsi.

Dengan kerang terbuka juga, bumbu yang digunakan saat memasaknya akan mudah menyerap kepada daging kerang di dalamnya. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur untuk dapat mengolah kerang menjadi semakin nikmat ya! Selamat memasak dan selamat mencoba