cara menyimpan roti

Seperti yang telah diketahui, roti seringkali dijadikan sebagai menu untuk sarapan. Cukup ditambahkan selai, setangkup roti mampu membuat perut kenyang di pagi hari. Bagi Sedulur yang gemar menyantap roti, apakah sudah tahu cara menyimpan roti agar awet?

Roti sendiri menjadi salah satu makanan yang tidak dapat disimpan dalam waktu yang terlalu lama. Pada umumnya, umur dari roti yang disimpan di suhu ruangan yang dapat bertahan paling lama 5 hari. Bahkan ada yang hanya bisa bertahan selama 2 atau 3 hari saja.

Akibatnya, roti yang tidak termakan akan terbuang sia-sia. Namun tidak usah khawatir, karena sebenarnya ada cara menyimpan roti agar awet. Dengan cara menyimpan roti yang tepat berikut ini, tentu saja Sedulur bisa memperpanjang usia simpan roti.

BACA JUGA: Resep Roti Goreng Isi Sayuran Anti Gagal, Lembut dan Enak!

1. Simpan di lemari es

food preparation kulkas
Pexels/Kevin Malik

Suhu rendah di dalam lemari es dapat memperlambat pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur dan bakteri. Hal ini membantu mencegah roti dari serangan jamur atau bakteri yang dapat menyebabkan pembusukan atau pertumbuhan bulu halus pada permukaan roti.

Lemari es membantu mencegah terbentuknya embun pada roti, yang dapat memicu pertumbuhan jamur pada permukaan roti. Kelembaban yang terkendali di dalam lemari es dapat membantu menjaga kelembaban roti.

2. Bekukan roti

Cara menyimpan roti agar awet yang berikutnya adalah dengan membekukannya. Suhu rendah di dalam freezer menghentikan pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur, bakteri, dan khamir.

Tindakan ini mampu mencegah roti dari serangan mikroba yang dapat menyebabkan pembusukan atau perubahan rasa. Pembekuan juga mencegah air dalam roti berubah menjadi es kristal yang dapat merusak struktur sel dan tekstur roti. Sebagai hasilnya, kelembapan di dalam roti tetap terjaga saat dibekukan.

3. Simpan di kertas

Roti segar memang paling baik dimakan paling lama yakni dua hingga tiga hari. Untuk memperpanjang usianya, Sedulur bisa menggunakan kertas. Kertas dapat membantu menjaga kelembaban roti dengan cara menyerap kelembaban yang mungkin keluar dari roti tanpa membuatnya terlalu basah.

Hal ini membantu mencegah roti menjadi kering dan tetap lembut. Kertas juga membantu menghambat kehilangan kelembapan roti ke udara. Proses penguapan air dari roti dapat diperlambat, sehingga roti tetap lezat dan tidak cepat keras.

BACA JUGA: Rekomendasi Varian Rasa Roti Aoka yang Terenak di 2023

4. Pakai kotak roti

roti tawar terbaik
Pexels/Cats Coming

Penggunaan kotak roti juga bisa menjadi cara menyimpan roti agar awet dan tahan lama. Kotak roti memberikan lapisan pelindung yang efektif terhadap paparan langsung udara dan cahaya. Paparan ini dapat mempercepat oksidasi dan pembusukan pada roti.

Kotak roti membantu mengisolasi roti dari aroma atau rasa lain yang mungkin ada di sekitarnya. Penggunaannya dapat membantu menjaga karakteristik rasa roti yang orisinal tanpa terpengaruh oleh bau atau rasa dari makanan atau bahan lain.

5. Hindari paparan udara langsung

Udara dapat menyebabkan roti kehilangan kelembaban dengan cepat. Ketika roti terpapar langsung pada udara, proses penguapan air dari permukaan roti dapat terjadi lebih cepat, menyebabkan roti menjadi kering dan kehilangan kelembabannya.

Hindaran dari paparan udara langsung membantu memperlambat proses penguapan dan menjaga kelembapan roti. Selain itu, paparan udara dapat mempercepat proses oksidasi pada roti.

Oksidasi adalah reaksi kimia yang dapat menyebabkan perubahan warna, rasa, dan aroma pada roti. Dengan menghindari paparan langsung udara, roti lebih terlindungi dari efek buruk oksidasi.

6. Jangan simpan di dekat panas

cara menyimpan roti
Pexels/Marta Dzedyshko

Menjauhkan roti dari sumber panas adalah tindakan penting untuk menjaga kesegaran dan kualitas roti. Suhu panas dapat menyebabkan penguapan kelembaban dari roti dengan cepat. Ketika roti kehilangan kelembabannya, tekstur roti dapat menjadi keras dan kering.

Oleh karena itu, menjauhkan roti dari sumber panas membantu mempertahankan kelembaban di dalam roti. Panas juga dapat mempercepat proses oksidasi pada roti. Dengan cara ini, Sedulur juga bisa menghindari tumbuhnya jamur di roti agar bisa dinikmati hingga beberapa hari ke depan.

Nah, begitulah kira-kira beberapa cara menyimpan roti agar awet yang baik dan benar. Dengan mengikuti beberapa tips yang ada di atas, Sedulur dapat mempertahankan kesegaran roti dengan lebih lama dan menikmati roti yang tetap enak setiap saat.

Menyimpan roti dengan benar dapat membantu mempertahankan kesegaran, kelembutan, dan rasa roti untuk waktu yang lebih lama. Apabila Sedulur ingin mencari roti kemasan, biskuit, atau snack ringan lainnya. Jangan khawatir karena Sedulur bisa mendapatkannya di toko kelontong sekitar dan di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.