cara menyimpan nugget tanpa kulkas

Apakah Sedulur sudah tahu cara menyimpan nugget tanpa kulkas biar awet dan tahan lebih lama? Ya, Nugget sendiri menjadi salah satu jenis frozen food yang banyak digemari. Bagi yang suka stok frozen di rumah, tentu saja nugget tidak boleh ketinggalan.

Bukan hanya untuk camilan atau makanan ringan, nugget kerap dijadikan sebagai pilihan yang mudah untuk makan siang atau bahkan sarapan. Khususnya bagi anak kost, dimana hidangan ini seringkali menjadi penyelamat karena praktis dan tahan lama jika disimpan di dalam kulkas.

Namun sayangnya, kebanyakan anak kost tidak memiliki fasilitas kulkas. Sehingga mereka bingung bagaimana cara untuk menyimpannya. Pasalnya, umumnya penyimpanan nugget dilakukan di dalam bagian freezer agar menjadi beku dan awet.

BACA JUGA: Cara Menyimpan Adonan Bakso di Kulkas agar Tahan Lama!

Cara Menyimpan Nugget Tanpa Kulkas

nugget terenak
Glow Steady

Apakah bisa jika nugget disimpan tanpa kulkas? Jadi sebenarnya ada beberapa cara menyimpan nugget tanpa kulkas yang bisa dilakukan. Walaupun mungkin lebih cocok jika dikatakan sebagai trik, namun Sedulur bisa mencobanya beberapa cara seperti berikut ini!

1. Masukkan nugget ke wadah berisi es batu

Memasukkan nugget ke dalam wadah berisi es batu dapat membantu menjaga nugget tetap dingin dan segar, sehingga dapat bertahan lebih lama daripada menyimpannya pada suhu ruangan. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika melakukannya.

Pastikan Sedulur menyimpan nugget di dalam wadah atau plastik yang kedap udara dengan rapat. Jangan sampai ada udara yang masuk ke dalam wadah, karena oksigen bisa membuat proses pembusukan terjadi lebih cepat.

Letakkan wadah nugget di tempat yang gelap dan sejuk, misalnya seperti lemari atau tempat yang jauh dari sinar matahari secara langsung. Suhu yang lebih rendah akan membuat pertumbuhan bakteri berkurang dan pembusukan diperlambat.

2. Segera goreng nugget

Cara menyimpan nugget tanpa kulkas yang berikutnya, yakni dengan cara segera digoreng. Jika Sedulur benar-benar tidak bisa menemukan kulkas, maka alangkah baiknya untuk menggoreng nugget tersebut dengan segera.

Berbagai macam produk frozen food termasuk nugget, memang masih akan bertahan selama beberapa waktu setelah dibeli. Akan tetapi, jika sudah terlalu lama berada di dalam suhu ruang, pastikan untuk segera mengolah atau menggorengnya.

Jangan sampai menyimpan di luar kulkas hingga berhari-hari. Perlu untuk diketahui, jika nugget yang sudah digoreng ternyata mampu bertahan lebih tahan lama dibandingkan nugget mentah yang dibiarkan begitu saja di luar kulkas.

3. Hindari untuk membuka bungkus nugget

Penting untuk menghindari membuka bungkus nugget sebelum Sedulur benar-benar siap untuk mengkonsumsinya, terutama jika tidak mempunyai kulkas maupun tempat penyimpanan. Bungkus nugget berfungsi untuk melindungi nugget dari kontaminasi serta menjaga kualitasnya.

Sementara nugget yang sudah dibuka dari bungkusnya, lebih mudah terkena kontaminasi bakteri dan kehilangan kelembaban. Hal ini tentu saja dapat mengakibatkan pembusukan lebih cepat. Maka dari itu, pastikan bungkus nugget hanya dibuka ketika siap untuk dikonsumsi saja.

Oh iya, selain itu jangan lupa untuk selalu memeriksa tanggal kadaluarsa pada bungkus nugget. Pastikan Sedulur mengkonsumsi nugget tersebut sebelum tanggal kadaluarsa yang sudah ditentukan.

4. Simpan nugget di dalam air dingin dari dispenser

Apakah Sedulur punya dispenser yang memiliki fitur air dingin? Jika iya, maka bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk membuat nugget tahan lebih lama tanpa kulkas. Ya, bisa dibilang jika cara yang satu ini mirip seperti penggunaan es batu, hanya saja cenderung lebih mudah dilakukan.

Untuk caranya sendiri, Sedulur hanya perlu menyiapkan sebuah wadah atau baskom berisikan air dingin dari dispenser. Kemudian tutup bungkus nugget dengan rapat, lalu taruh di dalam wadah baskom yang sudah diisi air dingin.

Pastikan untuk mengganti air dingin yang telah dituangkan ke dalam baskom paling tidak 3 jam sekali ketika suhu air sudah berubah.

5. Beli nugget secukupnya

Seperti yang telah diketahui, membeli sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik. Sama halnya seperti nugget, yang mana hanya akan menimbulkan pemborosan saja. Jangan sampai terlanjur membeli terlalu banyak nugget, dan ternyata banyak yang terbuang karena sudah basi terlalu lama disimpan.

Terutama bagi yang tidak punya kulkas, tentu saja tidak punya waktu lama untuk menyimpan frozen food tersebut. Oleh sebab itu, belilah nugget secukupnya saja. Tidak usah khawatir, untuk saat ini ada banyak minimarket atau warung terdekat yang telah menyediakan aneka frozen food, termasuk nugget.

Jadi bagi yang kost atau tidak punya kulkas, alangkah baiknya untuk membeli nugget seperlunya. Jadi, ketika stok nugget sudah habis, baru membeli lagi ke toko terdekat.

6. Segera dihabiskan jika sudah dibuka

makanan frozen food
YT Tenamesan

Segera habiskan nugget setelah dibuka bungkusnya. Ini adalah langkah yang terbaik untuk menjaga kualitas dan juga keamanan makanan tersebut. Jadi usai kemasan nugget dibuka, maka kelembaban dan juga udara bisa mempengaruhi kualitasnya, sehingga risiko kontaminasi bakteri meningkat.

Akan tetapi, jangan nekat makan nugget bila sudah ada tanda-tanda pembusukan. Tanda-tanda pembusukan yang dimaksud seperti bau yang tidak sedap, tekstur yang berubah, hingga perubahan warna yang mencurigakan.

Jadi pastikan untuk selalu memeriksa nugget dengan teliti sebelum mengkonsumsinya. Jangan sampai kesehatan dipertaruhkan untuk frozen food ini.

7. Manfaatkan tanaman aromatik

Cara menyimpan nugget tanpa kulkas berikutnya adalah dengan memanfaatkan tanaman aromatik. Dalam kebutuhan penyimpanan makanan, beberapa tanaman aromatik yang sering digunakan adalah rosemary, thyme, dan daun jeruk.

Sedulur bisa memasukkan tanaman aromatik ke dalam wadah atau kantong plastik, maupun kertas yang tahan air. Pastikan bahwa tanaman aromatik tersebut dalam kondisi kering ketika dimasukan ke dalam wadah yang digunakan.

Setelah itu, masukkan nugget ke dalam wadah yang sudah diisi tanaman aromatik. Pastikan nugget terlindungi dengan baik oleh tanaman aromatik, namun jangan sampai nugget bersentuhan secara langsung dengan tanaman tersebut.

8. Cobalah untuk mencari nugget kaleng

Nugget kaleng memang mempunyai masa simpan yang lebih lama dibandingkan dengan nugget yang dibekukan. Produk makanan dalam kaleng ini sudah diawetkan dengan baik, sehingga mampu bertahan lebih lama di suhu ruangan.

Hal ini bisa terjadi karena proses pengawetan dan penyegelan khusus yang dapat mengurangi risiko pembusukan dan pertumbuhan bakteri. Meskipun begitu, penting untuk selalu memeriksa tanggal kadaluarsa pada bagian kemasan, ya.

Jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi kemasan kaleng. Agar bisa bertahan lebih lama, simpan kaleng nugget di tempat yang kering.

9. Simpan nugget dalam kemasan vakum

Menyimpan nugget dalam kemasan vakum merupakan pilihan yang baik untuk membuat masa simpannya lebih panjang. Kemasan vakum sendiri adalah metode penyimpanan dengan cara menghilangkan udara dari sekitar makanan, sehingga pertumbuhan bakteri dan oksidasi bisa diperlambat.

Seperti yang kita tahu, oksidasi dan bakteri lah yang biasa menyebabkan makanan menjadi cepat busuk dan tidak layak konsumsi. Jadi Sedulur bisa coba membeli mesin kemasan vakum tersebut untuk membantu menyimpan nugget secara lebih lama tanpa kulkas.

Setelah proses vakum makanan selesai, segel kemasan dengan baik, dan simpan di tempat yang kering. Tempat yang lembab bisa membuat makanan cepat menjamur dan busuk.

10. Letakkan nugget tepat di bawah AC

Restaurant Clicks

Meletakkan nugget tepat berada di bawah AC dinilai bisa menjaga nugget agar tetap sejuk dan tahan lama. Namun pastikan bahwa wadah nugget benar-benar tertutup rapat, karena tempat tersebut cukup rawan terkena kontaminasi udara, debu, atau partikel lainnya.

Tidak hanya itu, meletakkan makanan mentah di bawah AC juga bisa mengganggu sirkulasi udara dan juga efisiensi unit tersebut. Mungkin nugget bisa tahan lebih lama, namun udara yang ada di dalam ruangan terasa kurang segar.

Jadi memang untuk cara menyimpan nugget tanpa kulkas yang satu ini tidak dianjurkan. Sebaiknya ikuti tips menyimpan makanan yang sudah dijelaskan sebelumnya.

BACA JUGA: 9 Cara Menyimpan Buah Potong agar Segar Tahan Lama!

Ciri-ciri Nugget Masih Layak Konsumsi

Kitchen Divas

Sedulur masih bisa melakukan beberapa cara menyimpan nugget tanpa kulkas yang ada di atas, walaupun tidak seawet ketika menggunakan kulkas. Hal itu mengharuskan Sedulur untuk lebih memperhatikan kelayakan dan kualitas nugget sebelum dikonsumsi.

Jangan sampai nugget yang dikonsumsi tersebut ternyata sudah basi. Tentu saja bisa mendatangkan penyakit dan berbagai macam masalah pada kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, ketahui beberapa ciri-ciri nugget yang masih layak untuk dikonsumsi berikut ini.

1. Nugget tidak berbau

Bau yang tidak sedap merupakan salah satu ciri utama jika nugget sudah tidak layak untuk konsumsi. Bau tidak sedap ini dapat mengindikasikan adanya pembusukan atau pertumbuhan mikroorganisme yang tidak diinginkan pada nugget.

Jika Sedulur mencium bau yang mencurigakan ketika membuka kemasan nugget atau saat memeriksanya sebelum dimasak, maka sebaiknya hindari untuk mengkonsumsinya. Makanan yang tidak segar atau sudah terkontaminasi bisa membahayakan kesehatan.

Jadi ketika ada tercium bau busuk terlebih yang menyengat, segera buang nugget tersebut dan jangan sekali-kali nekat untuk dikonsumsi.

2. Warna yang terlihat alami dan seragam

Nugget yang belum busuk dan kualitasnya masih bagus memiliki warna yang terlihat seragam, dan segar. Nah, warna nugget yang masih baik ini sendiri biasanya juga bervariasi tergantung pada jenisnya. Untuk nugget ayam, biasanya mempunyai warna cokelat keemasan yang khas atau keemasan muda.

Sementara untuk nugget daging sapi yang belum busuk, pada umumnya berwarna cokelat keemasan hingga cokelat muda. Kemudian untuk nugget ikan, berwarna putih atau keemasan muda. Warna ini jelas akan terlihat sangat alami dan juga bersih.

Namun ketika Sedulur mengecek dan menemukan bahwa warnanya sudah tidak seragam dan agak kehitaman, kemungkinan besar nugget tersebut sudah tidak layak dikonsumsi.

3. Tekstur nugget yang tidak terlalu keras

Nugget dengan tekstur keras sebenarnya tidak selalu menjadi tanda jika nugget tersebut sudah busuk. Meskipun begitu, hal ini tetap menjadi salah satu pertanda bahwa nugget tersebut mungkin sudah tidak layak konsumsi, terutama jika teksturnya berubah menjadi sangat tidak enak ketika dikunyah.

Apabila tekstur nugget yang berubah menjadi keras disertai dengan perubahan warna yang mencolok, bau yang tidak sedap, dan rasa yang aneh, bisa saja hal itu merupakan tanda bahwa nugget tersebut tidak baik lagi dan sebaiknya dihindari.

Jika Sedulur merasa ragu, bisa coba membandingkan dengan nugget yang lain. Bila ada nugget lain yang teksturnya masih agak lembek, berarti nugget yang keras tersebut memang sudah tidak bagus.

4. Nugget aman dari lendir

Perlu Sedulur tahu, bahwa lendir pada makanan bisa saja menjadi indikasi pertumbuhan bakteri atau mikroorganisme lain yang mengkontaminasi makanan tersebut. Hal ini juga berlaku untuk makanan beku, termasuk nugget.

Jika Sedulur menemukan bahwa nugget memiliki tekstur yang berlendir, sebaiknya hindari untuk mengkonsumsinya. Nah, biasanya lendir penanda nugget tidak layak konsumsi ini juga diikuti dengan bau tidak sedap yang muncul ketika bungkus dibuka.

Walaupun lendir pada nugget bisa saja hilang setelah digoreng, namun tetap saja akan berbahaya jika dikonsumsi.

5. Memastikan tanggal kadaluarsa

Memperhatikan tanggal kadaluarsa pada kemasan nugget sangat penting dan efektif untuk memastikan jika makanan tersebut masih aman dan juga berkualitas. Tanggal kadaluarsa sendiri adalah tanggal dimana produsen makanan memperkirakan bahwa makanan tersebut masih aman dikonsumsi.

Namun biasanya hal itu hanya berlaku jika makanan disimpan dalam kondisi penyimpanan yang benar sesuai dengan anjuran. Oleh sebab itu, cek kemasan nugget untuk menemukan tanggal kadaluarsa yang tertera.

Hal ini bisa berupa tanggal bulan dan tahun, atau bahkan bisa berupa “Use By” atau “Best Before” date. Jika sudah melebihi tanggal yang ditentukan, hindari untuk mengkonsumsinya.

6. Tidak ada tanda pertumbuhan jamur atau bakteri

Tanda-tanda lain jika nugget sudah tidak layak konsumsi yakni adanya pertumbuhan jamur atau bakteri. Pertumbuhan jamur atau bakteri pada makanan sudah menjadi ciri-ciri atau tanda umum adanya pembusukan dan kontaminasi.

Jadi ketika Sedulur menemukan pertumbuhan jamur pada nugget, sebaiknya segera buang nugget tersebut untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Jangan pernah coba-coba untuk menghilangkan bagian jamur kemudian mengkonsumsi nugget yang tersisa.

Hal ini karena jamur bisa menghasilkan toksin yang tidak terlihat dan tentu saja sangat berbahaya bagi kesehatan orang yang mengonsumsinya.

7. Tidak ada tanda-tanda kemasan rusak

Nugget dengan kualitas yang masih baik dan terjaga, seharusnya disimpan di dalam kemasan yang benar-benar utuh. Oleh sebab itu, pastikan bahwa kemasan nugget tersebut tidak bocor, sobek, atau mengalami berbagai kerusakan lainnya.

Pasalnya, kerusakan pada kemasan nugget sendiri bisa menyebabkan nugget yang ada di dalamnya terkontaminasi oleh bakteri dari luar. Dengan begitu, maka kemungkinan nugget mengalami pembusukan jauh lebih besar.

Jadi ketika Sedulur menemukan adanya kemasan yang rusak, sebaiknya jangan mengkonsumsi nugget yang tersimpan di dalamnya, ya!

8. Rasa nugget yang masih terjaga

Mungkin Sedulur tidak menemukan tanda-tanda sebelumnya dan sudah terlanjur memakan nugget yang dimiliki. Nah, jika pada saat menyantapnya dan ternyata ada rasa yang aneh, tidak enak, atau semacam busuk, itu sudah jelas jika nugget tersebut sudah tak layak konsumsi.

Rasanya yang tidak enak ini dapat mengindikasikan adanya pembusukan atau kontaminasi makanan yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Jadi segera hentikan konsumsi nugget dan buang sisanya. Perubahan pada rasa makanan ini memang seringkali disepelekan banyak orang.

Mereka tidak sadar jika ternyata makanan yang sudah membusuk dan tidak layak konsumsi sangat berbahaya untuk kesehatan.

Demikian tadi deretan informasi mengenai cara menyimpan nugget tanpa kulkas dan ciri-ciri nugget yang masih layak untuk dikonsumsi. Bagaimanapun juga, kesehatan merupakan hal sangat penting yang harus selalu dijaga.

Jadi ikuti beberapa cara menyimpan nugget tanpa kulkas di atas, dan pastikan nugget benar-benar masih layak konsumsi sebelum mengolahnya, ya!