Sekarang ini banyak orang terutama anak muda yang tidak percaya diri ketika melakukan sesuatu. Padahal kepercayaan diri sangat penting untuk dapat menjalani hidup yang berkualitas. Untuk itu cara meningkatkan percaya diri sangat penting dipelajari  untuk menumbuhkan sikap yang lebih positif.

Mengutip dari Halodoc, berdasarkan pada data kesehatan yang dipublikasikan oleh Psychology Today, memiliki rasa kepercayaan diri yang rendah cenderung membuat seseorang untuk selalu mengkhawatirkan kesalahan dulu dan ketakutan akan mengulanginya. Lalu, bagaimana cara meningkatkan percaya diri? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

BACA JUGA : 10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami dan Ampuh

Berpikir positif dan bersyukur

cara meningkatkan percaya diri

-->

Cara meningkatkan percaya diri yang pertama adalah dengan selalu berpikir positif dan bersyukur atas yang sudah dimiliki. Banyak orang yang selalu berpikiran negatif dan tidak bersyukur atas apa yang sudah dimiliki karena terlalu mendengar komentar negatif orang lain. Entah itu penampilan fisiknya, atau latar belakang kehidupannya. 

Kita harus selalu bersyukur karena mempunyai anggota tubuh yang lengkap dan tidak kurang satu apapun. Dan jika kita memiliki kekurangan, tentunya ada kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain. Jadi selalu bersyukur dan berpikir positif merupakan kunci utama agar lebih percaya diri. 

Afirmasi untuk diri sendiri

cara meningkatkan percaya diri
iStock

Cara mengatasi kurang percaya diri dalam berbicara adalah dengan melakukan afirmasi untuk diri sendiri. Afirmasi adalah pernyataan positif dan menyakinkan diri sendiri atau berupamotivasi untuk diri sendiri. Afirmasi ini bertujuan agar tidak mudah terpengaruh oleh komentar negatif dari orang lain. Afirmasi dapat dilakukan dengan cara berdiri di depan cermin kemudian katakan sesuatu berupa motivasi dengan keras dan lantang.

Perbaiki penampilan

cara meningkatkan percaya diri

Memperbaiki penampilan menjadi salah satu kunci untuk dapat meningkatkan kepercayaan diri. Kenakan pakaian yang bagus namun tidak harus mahal, nyaman saat dipakai, bersih dan juga rapi. Ketika kita berpenampilan rapi, maka orang lain menjadi lebih terkesan dengan kita. Jika orang lain sudah terkesan dengan kita, maka kita akan lebih percaya diri ketika bertemu dengan orang lain. 

BACA JUGA : Cara Melacak HP dengan Gmail. Mudah & Cepat!

Berhenti untuk membandingkan diri dengan orang lain

cara meningkatkan percaya diri
iStock

Cara agar percaya diri dan berani berikutnya adalah tidak membandingkan diri dengan orang lain. Banyak orang yang merasa gelisah dan juga cemas karena terlalu sering membandingkan dengan orang lain. Di mana ketika seseorang yang melihat orang lain yang lebih sukses, lebih cantik, lebih kaya, lebih pandai merasa ciut dan bertanya-tanya mengapa hidup ini rasanya seperti tidak adil.

Berhentilah membandingkan diri dengan orang lain yang membuat diri sendiri menjadi insecure. Salah satu cara agar tidak selalu membandingkan diri dengan orang lain adalah dengan tidak terlalu sering bermain media sosial. Hal ini karena media sosial memang platform untuk memamerkan pencapaian seseorang.

Perlu disadari bahwa kita harus menerima apapun pemberian dari Tuhan, sehingga tidak merasai iti terhadap apa yang dimiliki orang lain. Ketika hal tersebut sudah dilakukan, pasti secara tidak langsung kepercayaan diri akan meningkat dengan sendirinya. 

Belajar menerima kritik dari orang lain

iStock

Cara untuk meningkatkan kepercayaan diri selanjutnya adalah dengan belajar menerima kritik dari orang lain. Tidak semua kritik yang datang itu bersifat negatif. Kita harus dapat mengambil kritik tersebut sebagai bahan evaluasi untuk apa yang akan menjadi tindakan selanjutnya. 

Terkadang juga kita merasa takut menerima suatu kritikan. Akan tetapi, jika ingin hidup dengan positif dan ingin meningkatkan rasa percaya dirimu berlatihlah untuk menerima kritik semua  karena hal ini akan lebih efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Lakukan hobi

cara meningkatkan percaya diri
iStock

Melakukan seusuatu yang disukai atau hobi juga dapat meningktakan kepercayaan diri lho Sedulur. Melakukan sesuatu yang membuat senang, akan lebih membantu untuk selalu berpikir positif. Jadi lakukan apa yang menjadi hobimu seperti, mendaki gunung, pergi ke pantai atau hanya sekedar duduk di coffe shop dengan membaca buku. 

Buatatlah rencana hidup yang matang

iStock

Membuat perencanaan hidup yang matang memang rumit, akan tetapi hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri. Membuat perencanaan hidup akan membuat seseorang lebih bisa menata hidupnya dan menentukan tujuan hidup ke depannya. 

BACA JUGA : Rumus IF Excel Beserta Cara Menggunakan dan Contohnya

Cara meningkatkan percaya diri menurut psikolog

iStock

Selain cara-cara yang sudah dijelaskan di atas, terdapat beberapa cara yang dpat dilakukan untuk meningkatkan percaya diri menurut psikologi. Apa saja? Berikut 5 hal yang membuat percaya diri menurut psikologi yang perlu Sedulur ketahui. 

1. Luruskan punggung dan berjalan dengan tegak

Istock

Cara meningkatan percaya diri menurut psikologi yang pertama adalah berjalan dengan punggung lurus serta gerak tubuh yang terbuka. Menegakkan kepala dengan meilhat ke depan juga akan membuat seseorang yang berbeda dan percaya diri.

2. Singkirkan pikiran negatif

Mengontrol dialog internal menjadi salah satu metode yang cukup efektif untuk memunculkan kepercayaan diri. Sedulur harus membuang jauh-jauh pikiran negatif yang tidak berdasar yang ada di dalam benak.

Setelah itu, berusahalah untuk menciptakan dialog internal yang positif yang dapat diciptakan dengan membuat daftar kualitas diri dan mengingat pencapaian positif yang sudah dilakukan. Jika firasat buruk tiba-tiba datang, abaikan saja hal itu dan anggap seperti angin lalu.

3. Belajar menerima pujian dengan baik

iStock

Cara menjadi percaya diri dan tidak pemalu berikutnya adalah menerima pujian dengan baik. Jika ada seseorang yang memberikan pujian, jangan malu atau bahkan menganggap pujian sebagai sindiran. Itu merupakan cara-cara yang salah dan justru memperlihatkan bahwa seseorang bukanlah orang dengan kepercayaan diri yang baik. Selain itu, tindakan tersebut justru terlihat seperti tidak menghargai pendapat orang lain.

Cara yang tepat untuk merespon pujian yaitu dengan tersenyum tulus dan mengucapkan terima kasih. Berpikirlah bahwa memang beberapa kualitas diri Anda mungkin memang benar terlihat menarik di mata orang lain.

BACA JUGA : Cara Melacak HP dengan Gmail. Mudah & Cepat!

4. Belajar untuk mempertahankan kontak mata

iStock

Seseorang harus dapat belajar untuk memandang orang lain tepat di kedua matanya, agar terlihat sebagai sosok yang berani sekaligus  percaya diri. Hanya orang yang tidak percaya diri atau sedang berbohong yang akan memalingkan muka untuk menghindari kontak mata dengan orang lain.

Menurut psikologis, menjaga kontak mata dengan orang lain akan membantu mendapatkan kepercataan diri dan meyakinkan mereka bahwa orang tersebut sedang jujur.

5. Jangan terlalu lama bermain media sosial

iStock

Cara meningkatkan percaya diri dalam bergaul menurut psikologi selanjutnya adalah tidak terlalu banyak membuang waktu di media sosial. Hal ini dikarenakan bagi sebagian orang, terlalu banyak melihat foto orang lain akan memunculkan usaha untuk memperbandingkan dengan diri sendiri.

Kebiasaan untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain tersebut, dapat merusak kepercayaan diri. Selain itu, terlalu lama bermain media sosial juga tidak baik untuk kesehatan mental. 

Selalu ingat bahwa media sosial merupakan tempat bagi siapapun untuk berbagi hal-hal terbaik mereka. Seseorang tidak perlu merasa minder karena ia juga dapat mengeksplor diri dan menemukan sisi menarik versi terbaik diri sendiri.

Solusi untuk tidak terlalu lama bermain media sosial yaitu dengan berhenti mengikuti akun-akun yang memberikan dampak negatif dan terus memunculkan tekanan psikologis.

Demikianlah penjelasan mengenai cara meningkatkan percaya diri dalam berkomunikasi. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatakn rasa percaya diri, diantaranya selalu bersyukur dan berpikir positif hingga tidak terlalu lama bermain media sosial. Hal ini karena medis sosial berpotensi dapat merusak mental.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.