cara mengusir kecoa

Rumah Sedulur terus kedatangan kecoa yang tidak diketahui asalnya darimana? Sebenarnya hal itu wajar, mengingat banyak bagian di rumah yang susah dijamah dan tidak mendapat sinar matahari secara langsung. Tidak usah khawatir, ada beberapa cara mengusir kecoa yang bisa dicoba.

Bisa dibilang jika kecoa menjadi salah satu hama yang tidak disukai. Selain membawa penyakit, serangga yang satu ini juga identik dengan lingkungan kotor. Dan ketika masuk ke dalam rumah, biasanya memang cukup sulit untuk bisa mengusirnya.

Kecoa sendiri bisa memakan makanan, merusak lapisan dinding, buku, atau bahkan barang-barang elektronik. Tentu saja sebagai penghuni rumah akan merasa risih dan jijik dengan adanya kecoa yang kerap kali mengganggu.

Namun tidak usah khawatir, berikut ini akan dijelaskan beberapa cara mengusir kecoa yang dapat dicoba mulai dari sekarang!

BACA JUGA: 8 Cara Membersihkan Lantai Keramik Kasar yang Kusam

1. Mentimun

cara mengusir kecoa pakai timun
Simply Recipes

Cara mengusir kecoa yang pertama adalah dengan menggunakan mentimun. Sebenarnya tidak hanya kecoa saja, namun mentimun juga efektif untuk membasmi serangga lain termasuk dengan semut. Ini adalah bahan alami yang aman untuk menghilangkan serangga yang ada di rumah.

Caranya untuk menggunakannya juga cukup mudah. Sedulur hanya perlu menyiapkan mentimun, kemudian lakukan beberapa hal seperti berikut ini.

  • Iris-iris mentimun yang sudah disiapkan, ambil bagian yang pahit agar bisa bekerja lebih baik.
  • Potong lagi irisan mentimun tersebut menjadi lebih kecil.
  • Letakkan pada titik masuk serangga, yang kemungkinan besar ada di dapur.

Selain cara tersebut, Sedulur juga bisa coba meletakkan potongan mentimun ke dalam kaleng aluminium kosong. Nantinya, aroma dari mentimun tersebut akan bekerja mampu mengusir dan membunuh kecoa dan serangga-serangga lain.

2. Asam borat

Asam borat merupakan bahan kimia yang terbukti mampu mengusir kecoa. Semprotan dari asam borat sendiri bisa Sedulur beli di toko kimia maupun secara online. Selain kecoa, bahan ini juga bisa membasmi berbagai serangga lain yang mengganggu di rumah.

Caranya pun cukup mudah, Sedulur dapat langsung menyemprotkan asam borat pada kecoa yang lewat. Akan tetapi perlu untuk diingat, jika penggunaan dari asam borat ini tidak efektif dilakukan pada kondisi lingkungan yang basah.

Selain itu, Sedulur juga bisa langsung menaburkan bubuk asam borat ke tempat yang dicurigai sebagai sarang kecoa. Nantinya, bubuk asam borat tersebut akan menempel di anggota tubuh kecoa dan mereka akan mencernanya.

Tunggu saja, kecoa yang terkena asam borat akan mati secara perlahan. Akan tetapi pastikan untuk menjauhkan asam borat ini dari jangkauan anak-anak serta hewan peliharaan.

3. Asam borat dan bubuk gula

Untuk hasil yang lebih efektif, Sedulur bisa mencampurkan asam borat dengan gula bubuk. Banyak yang sudah mencoba cara ini, dan sebagian besar mengaku cara ini sangat manjur. Dalam hal ini, gula berfungsi untuk mengusir kecoa, sementara asam borat akan membunuh mereka.

Jika Sedulur tertarik untuk mencoba cara yang ketika ini, langsung saja ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini.

  • Campurkan asam borat dan bubuk gula dengan takaran 50:50.
  • Kemudian taburkan di bagian bawah atau belakang kulkas, kompor, mesin cuci, wastafel, dan juga celah-celah di sepanjang tepi lemari.
  • Tunggu saja sampai ada kecoa yang mati.

Nah, pastikan untuk menjauhkan campuran tersebut dari meja atau tempat-tempat yang dapat terjangkau oleh jari serta hidung. Pasalnya campuran asam borat dan bubuk gula sebenarnya juga sangat berbahaya untuk manusia.

4. Soda kue dan gula

House Digest

Cara mengusir kecoa yang selanjutnya adalah dengan menggunakan perpaduan antara soda kue dan gula. Campuran dari dua bahan yang sederhana ini ternyata juga efektif untuk membasmi kecoa di rumah. Selain itu, bahan-bahannya juga mudah didapat, Sedulur hanya perlu menyiapkan soda kue dan gula.

Jika kedua bahan tersebut sudah disiapkan, berikut ini cara untuk memanfaatkannya sebagai alat pembasmi kecoa.

  • Campur soda kue dan gula dengan porsi yang sama di dalam cangkir.
  • Setelah itu, tinggal taburkan di area atau tempat dimana biasanya kecoa terlihat.
  • Jika Sedulur tahu letak dari sarang kecoa, langsung saja taburkan di situ.

Perlu untuk diketahui bahwa soda kue tidak beracun seperti asam borat. Akan tetapi, jika sudah masuk ke dalam tubuh kecoa dan bercampur dengan asam lambungnya, maka dapat menyebabkan hewan ini mati seiring waktu.

5. Cairan pelembut pakaian

Bisa dibilang jika cara yang satu ini menjadi cara yang paling mudah untuk mengusir kecoa. Ya, Sedulur dapat mengusir mereka hanya dengan menggunakan semprotan pelembut kain yang telah dicampur dengan air.

Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu pelembut kain, air, dan juga botol semprotan. Jika sudah disiapkan, berikut cara menggunakannya.

  • Campurkan pelembut kain dan air dengan takaran 3 bagian untuk pelembut kain serta 2 bagian untuk air.
  • Kemudian masukkan ke dalam botol semprotan. Nah, campuran ini akan berbentuk larutan yang agak kental.
  • Langsung semprotkan larutan ini bila melihat kecoa.

Kecoa sendiri memiliki sistem pernapasan melalui kulit. Sehingga semprotan pelembut kain ini akan membuat mereka merasa tercekik. Lambat laun, mereka akan mati dengan sendirinya. Ya, semprotan anti kecoa handmade ini dapat menjadi cara mudah untuk mengusir kecoa.

6. Daun salam

Jika Sedulur merasa tidak tega untuk membunuh kecoa, dan hanya sekadar ingin mengusir mereka saja, bisa menggunakan cara yang satu ini. Jadi dalam cari ini, Sedulur dapat menggunakan daun salam yang mudah ditemukan di pasar.

Hal ini karena kecoa dikenal tidak suka dengan aroma daun salam yang menyengat. Cara untuk melakukannya pun cukup mudah saja, yakni sebagai berikut.

  • Hancurkan segenggam daun salam dengan menggunakan ulekan.
  • Setelah itu, buat menjadi bubuk dan taburkan pada area yang banyak kecoa.

Nah, menariknya daun salam tidak hanya dapat mengusir kecoa, namun juga mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan. Bahan alami ini memiliki sifat antibakteri dan anti jamur, sehingga mampu membantu membersihkan tempat yang sebelumnya ditinggali oleh kecoa.

7. Minyak peppermint

cara mengusir kecoa
Maaz Grooming

Mungkin Sedulur sudah tahu akan manfaat dari minyak esensial yang biasanya sering digunakan sebagai pewangi ruangan, aromaterapi, atau bahkan perawatan kulit ini. Nah, selain beberapa manfaat tersebut, ternyata minyak peppermint juga efektif untuk mengusir kecoa.

Hampir sama seperti sebelumnya, cara ini hanya akan mengusir kecoa yang tidak suka dengan bau menyengat. Jadi lakukan cara berikut jika ingin mengusir kecoa dari dalam rumah.

  • Campurkan minyak peppermint dan air garam di dalam satu wadah.
  • Kemudian semprotkan cairan tersebut ke tempat atau area yang terinfeksi di rumah.
  • Tunggu saja beberapa saat, maka Sedulur akan melihat perbedaan setelahnya.

Tidak hanya mampu mengusir kecoa dan serangga lain, minyak peppermint juga dipercaya mampu digunakan sebagai aromatik. Minyak yang satu ini berguna untuk membuat indra penciuman lebih rileks dan meningkatkan mood.

8. Kulit lemon atau jus lemon

Cara mengusir kecoa yang berikutnya yakni dengan kulit buah lemon atau jus lemon. Lemon dikenal mempunyai aroma menyegarkan, sehingga tidak heran jika bahan ini seringkali digunakan dalam beragam produk pembersih rumah.

Nah, Sedulur pun juga dapat memanfaatkannya untuk mengusir kecoa, lho! Caranya pun sangat mudah, seperti yang ada di bawah ini.

  • Peras air lemon, kemudian masukkan ke dalam botol semprotan.
  • Lalu semprotkan perasan dari jus lemon tersebut ke area dimana kecoa biasanya muncul.
  • Selain itu, Sedulur juga bisa menggiling kulit lemon, lalu tempatkan di area kecoa singgah.

Kelebihan dari cara yang satu ini, Sedulur tidak hanya mengusir kecoa yang mengganggu saja. Namun juga bisa memberikan aroma yang segar pada hunian.

9. Kayu manis

Kayu manis termasuk salah satu bahan alami yang bisa Sedulur gunakan sebagai pengusir kecoa. Hal ini karena kayu manis mempunyai aroma khas yang tidak disukai oleh serangga tersebut. Untuk melakukannya, tinggal taburkan serbuk kayu manis di tempat yang sering dilalui kecoa.

Jangan lupa untuk menaburkannya pula di area kecoa bersembunyi, seperti di sudut dapur, belakang lemari, maupun celah-celah ruangan. Selain itu, Sedulur juga dapat menggunakan minyak esensial kayu manis yang dicampurkan dengan air.

Masukkan campuran minyak esensial dan air tersebut ke dalam botol semprot. Kemudian pada area-area yang sering kali didatangi oleh kecoa, seperti di tempat sampah atau sekitar dapur. Bau dari kayu manis ini sangat efektif untuk membuat kecoa menjauh.

10. Bubuk kopi

Cara mengusir kecoa secara alami yang lainnya adalah dengan memanfaatkan bubuk kopi. Tentu saja Sedulur selalu menyiapkan kopi di rumah, bukan? Nah, manfaatkan bubuk kopi tersebut untuk menghilangkan kecoa yang biasa muncul.

Banyak yang beranggapan bahwa bubuk kopi dapat menjadi pengganti bahan kimia sebagai perangkap pengusir kecoa. Caranya adalah seperti berikut.

  • Campurkan bubuk kopi dengan bahan-bahan alami lain yang juga mempunyai sifat pengusir kecoak, seperti cengkeh dan serbuk kayu.
  • Kemudian campuran bubuk kopi tersebut diletakkan di area-area yang kerap didatangi kecoa.

Jika Sedulur tidak memiliki cengkeh dan serbuk kayu, tidak masalah. Langsung saja taburkan bubuk kopi pada tempat dimana kecoa muncul. Dengan begitu, mereka akan merasa tidak nyaman dan langsung pergi dari tempat tersebut.

BACA JUGA: 9 Tips Merawat Lemari Kayu agar Tahan Lama, Terbukti Ampuh!

11. Cuka

cara menghilangkan karat
RoomMe

Seperti yang telah kita ketahui, cuka memiliki aroma yang sangat menyengat. Bukan hanya untuk manusia, aroma menyengat tersebut juga ternyata sangat mengganggu keberadaan kecoa. Dengan begitu, maka Sedulur dapat memanfaatkannya untuk mengusir kecoa di rumah.

Nah, jika ingin mengusir kecoa dengan cuka, langsung saja ikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan di bawah ini.

  • Campurkan cuka putih dengan air dengan perbandingan 1:1.
  • Kemudian masukkan ke dalam botol semprot.
  • Semprotkan larutan cuka tersebut pada area-area yang sering kali didatangi oleh kecoa.

Dengan bau asam yang menyengat dari cuka, dijamin kecoa-kecoa yang ada akan langsung menjauh. Jika ingin meningkatkan efektivitasnya, maka bisa menambahkan beberapa tetes cairan sabun ke dalam campuran cuka yang digunakan.

12. Daun catnip

Melansir dari Journal of Economic Entomology, telah ditemukan fakta jika minyak atsiri catnip, Nepeta cataria L. mengandung dua isomer nepetalactone, yakni E, Z-dan Z, E-nepetalactone. Nah, kandungan tersebut telah teruji mampu menolak keberadaan kecoa dewasa.

Oleh sebab itu, Sedulur pun bisa mencoba bahan yang satu ini untuk membasmi kecoa menjengkelkan yang sering muncul di rumah. Untuk caranya, silahkan simak langkah-langkah berikut.

  • Siapkan kantong atau kain kecil.
  • Kemudian isikan kantong tersebut dengan daun atau bubuk catnip.
  • Ikat bagian ujungnya secara kencang.
  • Terakhir, letakkan kantong catnip pada area yang sering dilewati kecoa. Atau bisa juga diletakkan di dekat tempat persembunyian mereka.

Ketika Sedulur meletakkan kantong daun catnip tersebut di malam hari, coba lihat hasilnya saat pagi hari. Dijamin semua kecoa yang ada di tempat tersebut sudah pergi. Namun untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan cara ini selama beberapa hari, sampai tempat tersebut benar-benar bebas kecoa.

13. Rutin membersihkan rumah

Home Lane

Cara mengusir kecoa terakhir dan yang paling efektif adalah dengan membersihkan secara rutin seluruh ruangan yang ada di rumah. Seperti yang tadi sudah dikatakan, bahwa kecoa senang berada di tempat-tempat yang kotor, bau, dan penuh dengan sampah.

Selalu cuci piring dan gelas, kemudian keringkan setelah digunakan. Jangan lupa pula untuk membersihkan sisa remah-remah makanan di atas meja makan. Sebelum tidur, pastikan sampah sudah dibuang dan kompor dalam keadaan bersih setelah digunakan.

Alangkah baiknya untuk menyegel makanan di dalam wadah. Bersihkan perabotan-perabotan yang mulai berdebu, dan pel lantai rumah secara teratur. Jika rumah dalam keadaan yang rapi dan bersih, maka tidak akan ada kecoa yang datang dan tinggal alias menetap.

Oh iya, kecoa juga sering masuk ke rumah melalui bagian bawah pintu atau retakan di pondasi. Jadi jika ada masalah pada pintu maupun jendela, segera perbaiki agar tidak ada kecoa yang bisa masuk.

Nah, itu dia beberapa cara mengusir kecoa yang dapat Sedulur lakukan. Semua cara yang ada di tas, tentu saja sangat praktis dan juga mudah untuk dilakukan. Jika sudah dilakukan satu cara namun tidak berhasil, jangan ragu untuk mencoba cara yang lain sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.

Selain itu, jangan pernah lupa untuk selalu menjaga kebersihan, mengingat tempat yang kotor dan bau tidak sedap adalah penyebab utama kecoa muncul.