cara membersihkan lantai keramik kasar yang kusam

Cara membersihkan lantai keramik kasar yang kusam perlu Sedulur ketahui agar tampilan rumah selalu terlihat indah. Apalagi keramik kasar biasa dipasang di bagian luar rumah, seperti di garasi dan teras.

Meski dikenal lebih kuat dan awet, keramik kasar yang tidak dirawat dengan baik lama-kelamaan bisa terlihat kusam. Hal ini tentu akan mengganggu tampilan rumah Sedulur. Lantas, bagaimana cara membersihkan lantai keramik kasar yang kusam? Berikut sudah dirangkum informasi selengkapnya. Yuk, disimak!

BACA JUGA: 12 Merk Cairan Pembersih Lantai Granit Bagus dan Terbaik 2023

Cara Bersihkan Lantai Keramik Kasar yang Kusam

Good Housekeeping

Sama halnya dengan jenis keramik lainnya, keramik kasar juga perlu dirawat agar selalu terlihat baru. Namun jika lantai keramik kasar di rumah Sedulur sudah terlanjur kusam, ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk membersihkannya. Berikut 8 cara membersihkan lantai keramik kasar yang kusam yang bisa Sedulur coba di rumah.

-->

1. Menggunakan cairan pembersih lantai

Cara yang pertama adalah menggunakan cairan pembersih lantai. Produk yang banyak tersedia di pasaran ini diformulasikan dengan bahan-bahan yang berguna untuk mengangkat noda pada lantai, dan bahkan ada pula yang mengandung antibakteri.

Cara menggunakan cairan pembersih lantai untuk membersihkan keramik kasar yang kusam pun cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, Sedulur cukup menyemprotkan produk pada bagian lantai yang berkerak atau bernoda berat, lalu diamkan selama beberapa saat.
  • Kemudian sikat bagian tersebut menggunakan sikap gigi atau sikat lantai sampai noda terangkat.

Untuk bagian lantai yang kusam namun tidak memiliki noda kerak, Sedulur bisa membersihkannya dengan bantuan kain pel. Caranya cukup pel lantai seperti biasa dengan kain pel yang sudah dibasahi menggunakan campuran cairan pembersih lantai dan air secukupnya. Kemudian biarkan lantai yang sudah dipel mengering secara alami.

2. Menggunakan cairan bahan pemutih

Cairan pemutih yang biasa digunakan untuk mencuci baju juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan lantai keramik kasar yang kusam. Cara ini terutama direkomendasikan untuk membersihkan lantai keramik yang berwarna putih. Adapun cara penggunaannya sama seperti cairan pembersih lantai. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, campur cairan pemutih dan air. Sedulur bisa menggunakan takaran seperti saat menggunakan cairan pemutih untuk mencuci baju.
  • Kemudian, tuang campuran tadi ke dalam botol semprot (spray) dan semprotkan ke permukaan lantai keramik kasar.
  • Diamkan selama beberapa menit, lalu sikat bagian yang sudah disemprot menggunakan sikat gigi atau sikat lantai.
  • Bilas area yang sudah disikat dengan air bersih. Kemudian, lap dengan kain bersih sampai lantai kering.

3. Menggunakan detergen

pembersih lantai
iStock

Bahan pembersih lainnya yang bisa Sedulur gunakan untuk membersihkan lantai keramik kasar yang kusam adalah detergen. Sabun yang biasa digunakan untuk mencuci pakaian ini juga terbukti efektif untuk membersihkan keramik dari berbagai noda kotoran sehingga dampak bersih bersinar.

Berikut cara menggunakan detergen untuk membersihkan lantai keramik.

  • Pertama, campurkan detergen dan air hangat dengan takaran 1:1.
  • Celupkan kain bersih ke dalam campuran dan gunakan untuk menggosok keramik yang kusam.
  • Setelah semua bagian keramik digosok, diamkan selama 15 menit.
  • Selanjutnya, bersihkan area tersebut menggunakan spons lembut.
  • Terakhir, bilas lantai keramik dengan air hangat hingga tidak ada sisa sabun.

4. Menggunakan tepung terigu

Lantai keramik kasar yang kusam bisa disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya adalah noda minyak yang tidak kunjung dibersihkan. Pasalnya noda minyak bercampur kotoran yang menempel pada lantai akan berubah menjadi kerak yang sulit untuk dibersihkan sehingga lantai menjadi kusam.

Lantas bagaimana cara membersihkannya? Sedulur bisa memanfaatkan tepung terigu untuk menghilangkan noda minyak yang menempel. Pertama-tama, taburkan tepung terigu di atas noda minyak. Kemudian diamkan selama 1-2 jam, lalu bersihkan dengan lap atau spons lembut.

Cara satu ini termasuk cukup efektif dan mudah dilakukan. Apalagi bahan seperti tepung terigu mudah dijumpai dan tersedia di toko kelontong dan  Aplikasi SuperAplikasi Super adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah.

5. Menggunakan baking soda

Bahan dapur lain yang bisa Sedulur gunakan untuk mengatasi keramik kusam adalah baking soda. Bahan satu ini telah lama dikenal cukup efektif untuk mengatasi noda kotoran. Adapun cara membersihkan lantai keramik kasar yang kusam dengan baking soda adalah sebagai berikut.

  • Pertama, campurkan baking soda dengan pasta gigi.
  • Kemudian, gosokkan campuran tadi menggunakan kain basah ke bagian keramik yang kusam.
  • Setelah permukaan lantai tampak bersih, bilas menggunakan air bersih sampai tidak ada sisa pasta gigi dan baking soda yang menempel.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Keramik Lantai Dapur yang Tidak Licin

6. Menggunakan cuka

Home Lane

Sama seperti baking soda, cuka juga merupakan bahan dapur yang kerap dimanfaatkan untuk membersihkan kerak atau noda kotoran. Bahan yang identik dengan bau asam ini juga efektif untuk membersihkan keramik kasar yang kusam. Berikut langkah-langkahnya.

  • Campurkan 1/2 cangkir cuka dengan 4 liter air bersih.
  • Siram campuran air cuka ke lantai keramik kasar yang kusam. Kemudian, diamkan selama 15-30 menit.
  • Bilas dengan air hangat, lalu lap hingga lantai keramik kering.

7. Menggunakan campuran baking soda dan air lemon

Cara membersihkan lantai keramik kasar yang kusam berikutnya adalah menggunakan campuran baking soda dan air lemon. Pasta pembersih dari campuran kedua bahan tersebut efektif untuk mengangkat noda membandel yang menjadi salah satu penyebab lantai keramik menjadi kusam.

Pertama, Sedulur cukup mencampurkan baking soda dan air lemon hingga terbentuk pasta. Lalu, oleskan pasta tersebut ke bagian keramik yang kotor dan biarkan selama 10-15 menit. Selanjutnya, gosok menggunakan sikat secara perlahan hingga noda terangkat. Terakhir, lap keramik menggunakan kain basah hingga tidak ada pasta pembersih yang tersisa.

8. Menggunakan amonia

Bahan lain yang juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan keramik kusam adalah amonia. Sekadar diketahui, amonia merupakan bahan yang umum dikenal sebagai salah satu bahan baku dalam pembuatan pupuk. Menariknya, Sedulur juga bisa memanfaatkan amonia untuk membersihkan keramik.

  • Pertama, campurkan amonia dan air bersih dengan takaran 1:1.
  • Tuang campuran tadi ke lantai keramik yang kusam, lalu diamkan selama beberapa saat.
  • Selanjutnya, gosok menggunakan sikat lembut secara perlahan.
  • Terakhir, bilas lantai dengan air bersih hingga tidak ada sisa larutan amonia.

Itu dia 8 cara membersihkan lantai keramik kasar yang kusam yang bisa Sedulur coba di rumah. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat untuk Sedulur, ya!