cara mengukus tanpa kukusan

Ingin mengukus makanan tapi tidak punya panci kukus khusus? Tidak usah bingung, ada cara mengukus tanpa kukusan yang bisa dicoba. Hasilnya pun juga tidak kalah sehat dan tidak jauh berbeda ketika Sedulur menggunakan panci kukusan.

Mengukus menjadi salah satu teknik memasak yang sehat, karena tidak menggunakan minyak berlebih. Makanan bisa matang hanya dengan memanfaatkan uap panas yang berasal dari air di bawahnya. Biasanya teknik memasak ini dilakukan dengan panci kukusan khusus.

Namun, masalahnya yakni tidak semua orang punya panci kukusan. Sementara untuk membeli baru, biasanya panci tersebut harganya cukup mahal. Oleh sebab itu, berikut ini akan diberikan tips dan cara mengukus tanpa kukusan.

BACA JUGA: 5 Teknik Menggoreng Yang Bikin Makanan Matang Sempurna

1. Memanfaatkan saringan

HubPages

Sedulur tetap bisa mengukus makanan dengan panci biasanya, kemudian gunakan saringan untuk meletakkan makanan yang akan dikukus. Pastikan saringan yang digunakan berbahan aluminium atau stainless steel demi keamanan.

Jika semua peralatan yang dibutuhkan sudah disiapkan, Sedulur hanya perlu melakukan beberapa langkah seperti berikut ini.

  • Pasangkan saringan di atas panci dalam keadaan terbuka.
  • Isi panci dengan air sampai kurang lebih setengah panci.
  • Kemudian masak air sampai benar-benar mendidih.
  • Letakkan makanan yang akan dikukus di atas saringan tersebut.
  • Nantinya, secara otomatis uap air akan bekerja dengan sendirinya.

Untuk trik yang satu ini bisa diaplikasikan ke berbagai makanan dengan tekstur yang akan keras seperti sayuran, daging, sosis, dan lain sebagainya. Akan tetapi, kurang cocok digunakan untuk makanan dengan tekstur yang cenderung lembut seperti kue.

2. Memanfaatkan alminium foil

cara mengukus tanpa kukusan
FoodHack

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa aluminium menjadi salah satu bahan terbaik yang mampu menghantarkan panas. Dengan sifatnya tersebut, Sedulur pun dapat memanfaatkannya untuk mengukus makanan ketika dalam keadaan yang darurat.

Akan tetapi, cara penggunaan alminium foil untuk mengukus ini tidak boleh sembarangan. Ikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan di bawah ini agar tidak terjadi kesalahan dan kegagalan.

  • Siapkan panci, lalu isi dengan air sebanyak 1/3 bagian panci.
  • Ambil aluminium foil, lalu remas-remas sampai membentuk seperti bola-bola berukuran sedang sebanyak 3 sampai 4 buah.
  • Letakkan bola-bola aluminium foil tersebut ke dalam panci.
  • Gunakan piring yang tahan panas, kemudian letakkan di atas bola-bola aluminium foil yang tadi ada di dalam panci.
  • Sedulur bisa menaruh makanan di atas piring tahan panas tersebut.
  • Tutup panci, lalu nyalakan kompor.
  • Tunggu selama beberapa saat sampai makanan berhasil dikukus.

Ya, untuk cara yang satu ini memang sangat mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, pastikan kondisi suhu air sudah lebih dingin sebelum Sedulur mengangkat makanan yang dikukus. Takutnya nantinya air akan menciprat ketika makanan diambil.

3. Menggunakan rice cooker

cara mengukus tanpa kukusan
Storable

Cara mengukus tanpa kukusan yang berikutnya adalah dengan menggunakan rice cooker. Untuk saat ini, biasanya rice cooker telah dilengkapi dengan wadah plastik seperti klalat dengan lubang-lubang kecil di bagian permukaannya.

Selain berguna untuk memanaskan makanan, Sedulur juga dapat memanfaatkannya untuk mengukus sayur, daging, atau bahkan ikan dengan cara seperti berikut.

  • Tuangkan air ke dalam wadah rice cooker secukupnya.
  • Letakkan wadah plastik di bagian atasnya bersama dengan makanan yang ingin dikukus.
  • Tutup rice cooker, lalu tekan mode cooking.

Apabila sudah pindah ke mode warm secara otomatis, Sedulur dapat mengecek tingkat kematangan makanan dengan cara menusuknya menggunakan garpu. Jika masih kurang, diamkan beberapa saat lagi sampai tingkat kematangan yang diinginkan.

Itulah beberapa cara mengukus tanpa kukusan yang bisa dicoba. Walaupun hasilnya tidak semaksimal ketika menggunakan panci kukusan khusus, paling tidak tips di atas mampu menolong terutama dalam keadaan darurat.

Jika Sedulur merasa beberapa cara mengukus tanpa kukusan di atas terlalu merepotkan, maka itu tandanya harus segera membeli panci kukusan khusus!