Cincin adalah perhiasan yang cukup bernilai. Tak jarang, perhiasan ini sering dipakai dalam acara besar seperti pernikahan dan lamaran. Bicara mengenai cincin ternyata bahan utama pembuatannya pun beragam. Bisa memakai perak, tembaga hingga lumuran emas. Maka jangan heran, jika perhiasaan yang umum dikenakan orang ini, punya harga yang relatif mahal. Meski ada pula yang harganya di bawah standar. Tergantung berat dan ukuran cincin.

Nah, bicara cincin, ternyata kamu harus tahu mengenai cara mengukur cincin. Sebab, ukuran cincin beragam. Tergantung ukuran jari seseorang, entah besar ataupun kecil sehingga cincin harus disesuaikan.  Sering terjadi adalah saat membeli cincin, rasanya sulit menentukan ukuran yang pas. Kalaupun sudah pas, pasti model atau bentuknya kurang cocok di hati. Atau bahkan, saat kamu custom cincin, namun tidak tahu bagaimana cara mengukur jari kamu.

Persoalan semacam ini, pasti tidak ingin menimpa dirimu bukan? Nah, untuk kamu yang merasa bingung dengan cara mengukur jari untuk cincin, yuk simak dahulu penjelasan di bawah ini.

BACA JUGA: 16 Macam Hantaran Nikah yang Layak & Sering Dipakai

-->

1. Siapkan jari

cara mengukur cincin
beautynesia

Cara mengukur ukuran cincin yang pertama adalah kamu siapkan jari-jari tanganmu. Pilihah jari mana  yang hendak diberikan cincin. Sebab, setiap jari mempunyai diameter yang berbeda-beda. Sehingga, pilihlah jari yang akan dikenakan cincin adalah cara terbaik mendapatkan cincin yang diinginkan.

Pilihlan jari mana yang hendak dipakaikan cincin. Baik tangan kanan atau tangan kiri. Biasanya jari-jari pada tangan lebih dominan dipakai pada tangan kanan jika normal. Namun, jika kamu kidal, maka pakaikanlah cincin di jari kiri. Pastikan ukuran jari kamu ketika sedang normal. Sebab, ukuran jari bisa berubah saat dipengaruhi oleh cuaca. Saat memasuki cuaca dingin, jari pada tangan akan mengerut sedikit. Sehingga mempengaruhi, ukuran cincin yang hendak dipakai.

Tak hanya saat cuaca dingin, saat cuaca panas pun akan berdampak pula. Sebab beberapa penyakit biasanya muncul. Seperti mengalami alergi, sedang sakit sehingga mengakibatkan jari membengkak. Alhasil, ukuran cincin akan berubah kembali. Jadi, cara mengukur cincin yang paling benar adalah kondisi jari harus dalam keadaan normal. Tidak terpengaruh cuaca atau penyakit lain.

Selain menyiapkan jari, kamu bisa menggunakan pita. Pita hiasan yang sering kita lihat di toko aksesoris, dapat juga digunakan untuk mengukur jari. Nah, seperti apa cara memakainya, yuk simak selanjutnya.

2. Pakai pita

cara mengukur cincin
wikihow

Cara mengetahui ukuran cincin wanita selanjutnya adalah memakai pita. Jika kamu mempunyai pita di rumah dan tak terpakai, mungkin bisa digunakan dalam mengukur jari tanganmu. Cara menggunakannya pun cukup mudah dan praktis. Pertama, kamu siapkan pita dengan diameter ramping seperti contoh di atas.

Kemudian, lilitkan pita pada  jari, yang akan dipakaikan cincin. Lalu selanjutnya, beri patokan garis di kedua pita yang bertemu. Nah terakhir, jadikan patokan ini sebagai acuan dalam ukuran diameter jari Sedulur. Jika dirasa sudah cukup, maka selanjutnya lepaskan pita dan ambil penggaris untuk mengukur bekas jari yang dililitkan pita. Maka kamu akan mendapatkan hasilnya.

3. Pakai kertas

cara mengukur cincin
nyonyor

Selain memakai pita, kamu bisa juga memakai kertas sebagai cara mengukur jari untuk cincin. Langkah pertama yang harus ada adalah siapkan kertas yang agak panjang. Namun, tidak terlalu lebar supaya mudah mengukur ukuran jarimu. Kemudian lilitkan kertas yang telah disiapkan untuk jari yang mau diukur. Namun ingat, jangan terlalu kencang ataupun longgar. Tapi usahakan dapat mencari ukuran yang pas dan nyaman. Setelah dililitkan, kemudian lepas kertas dan berilah tanda pada kedua sisi kertas bertemu.

Selain menggunakan kertas untuk mengukur ukuran cincin, kamu bisa memakai Ring Sizer Paper. Ya, alat ini pun dipakai untuk mengetahui cara mengukur cincin beli online. Seperti apa bentuk dan cara memakainya, yuk simak ulasan di bawah ini.

BACA JUGA: Kerajinan Bahan Keras: Contoh, Jenis & Teknik Pembuatannya

4. Ring sizer paper

cara mengukur cincin
danielwellington

Masih sama seperti memakai kertas, ada pula ring sizer paper. Hanya saja, ini berlaku untuk kamu yang ingin mengetahui cara mengukur cincin beli online. Nah kamu bisa memakai aplikasi ini setelah mengetiknya pada kolom pencarian Google.  

Namun ingat, Ini hanya jadi pelengkap saja. Sebab, kamu harus membuat penggaris kertasnya. Jika punya waktu luang, maka tak ada salahnya membuat penggaris kertas. Fungsi alat ini, dipakai untuk menentukan ukuran cincin seseorang. Meski tampak sederhana, namun lumayan akurat lho Sedulur.  

5. Tali

cara mengukur cincin
dekoruma

Cara mengukur cincin dengan cm bisa memakai tali. Kamu bisa memakai tali apa saja untuk menentukan ukuran cincin pada jarimu. Namun akan lebih baik memakai tali yang tipis. Sebab, tali yang tipis akan memudahkan saat menetukan diameter jari kamu. Jika sudah mempunyai tali tipis, selanjutnya tali harus digunting.

Kemudian setelah digunting, sejajarkan tali dengan memakai chart ukuran cincin. Terakhir lihatlah ukuran jari kamu berada pada size berapa. Gimana cukup mudah bukan? Buat kamu yang mencari size chart, bisa mencarinya di kolom pencarian Google. Carilah size chart yang dianggap bisa dipakai. Dan yang pasti akurat ya Sedulur

BACA JUGA: Grafik Harga Emas dan Perhiasan Batangan Terbaru

6. Pakai meteran kain

cara mengukur cincin
utaratimes

Biasanya meteran kain dipakai saat hendak membuat baju atau kaos. Alat ini, kerap dipakai para penjahit, karena dianggap mudah, praktis dan yang pasti akurat. Namun ternyata, selain dipakai ketika membuat baju, meteran bisa dipakai untuk cara mengukur cincin dengan cm. Ya, caranya cukup mudah dan pastinya tidak rumit. Kamu hanya perlu melilitkan meteran ini pada jari-jari yang akan dikenakan cincin nanti. Selanjutnya, kamu bisa melihat seksama berapa cm diameter jari kamu. Setelah menemukan ukuran diameternya, selanjutnya kamu tinggal membeli cincin yang diinginkan. Bagaimana, sangat  mudah dan praktis bukan?

7. Ring size chart

cara mengukur cincin
linetoday

Selain memakai meteran kain, selanjutnya cara mengukur cincin beli online bisa menggunakan ring size chart. Ring size chart merupakan alat dalam menentukan besar kecilnya diameter cincin yang akan dipakai. Kamu bisa  memakai  alat yang  satu ini di toko perhiasan cincin di daerah tempat tinggal kamu. Jika di toko yang kamu datangi tersedia  alat ini, maka gunakan cincin kamu dalam menentukan ukuran yang pas.

Cara memakainya sangat mudah dan praktis.  Kamu hanya perlu menaruh dan paskan cincin kamu di atas tabel tersebut. Kemudian lihat berapa ukuran diameter jari kamu. Ring size chart cukup mudah dipakai. Sebab, alat ini telah diberikan informasi berapa ukuran mm dan ukuran cmnya. Sehingga kamu mudah menentukan cincin seperti apa yang hendak dipakai.

Demikian ulasan mengenai cara mengukur ukuran cincin yang hendak dipakai. Bagaimana, sangat mudah dan praktis bukan? Kamu bisa menggunakan cara manual seperti penggaris hingga memakai cara paling mudah yaitu menggunakan aplikasi. Semoga menambah wawasan Sedulur tentang ukuran cincin ya