cara menghilangkan noda darah di sprei

Datang bulan menjadi satu hal yang rutin dialami oleh para wanita di setiap bulannya. Nah, salah satu masalah yang sering terjadi ketika datang bulan, yakni noda darah yang tidak jarang menempel di sprei. Lantas bagaimana cara menghilangkan noda darah di sprei?

Menghilangkan noda darah di sprei memang bukan hal yang mudah. Bahkan ketika noda sudah dibersihkan, terkadang bekasnya masih terlihat dengan jelas. Terlebih jika sudah mengering dalam waktu yang lama, akan semakin susah untuk menghilangkannya.

Namun tidak usah khawatir, di bawah ini akan diberikan beberapa tips dan cara menghilangkan noda darah di sprei yang sudah terlanjur membekas. Untuk itu, simak dengan betul dan ikuti penjelasannya dengan benar, ya!

BACA JUGA: 5 Cara Mudah Mencuci Baju Pakai Pemutih dengan Benar

1. Segera bersihkan dengan air dingin

The Mirror

Ketika Sedulur menemukan adanya noda darah pada sprei ketika bangun tidur, segera bilas dengan menggunakan air dingin. Caranya yakni dengan melepaskan sprei dari kasur terlebih dahulu. Kemudian langsung bilas noda darah tersebut menggunakan air dingin.

Pastikan Sedulur membilasnya dengan air dingin. Hindari penggunaan air panas, karena air panas dapat membuat noda justru semakin menempel kuat pada serat-serat kain. Jika sudah dibilas dengan air bersih, barulah bisa dibersihkan dengan sabun atau bahan-bahan lainnya.

2. Manfaatkan baking soda

Bisa dibilang jika baking soda merupakan pilihan yang tidak perlu diragukan lagi untuk membersihkan noda darah yang menempel pada sprei. Cara memanfaatkan baking soda sendiri juga cukup mudah. Yakni dengan mencampurkan baking soda dengan sedikit air.

Setelah itu, Sedulur bisa menuangkannya pada bagian-bagian sprei yang terkena noda darah. Jangan langsung dibilas, diamkan dulu selama kurang lebih 30 menit. Kemudian gosok dengan menggunakan lap atau kain bersih secara perlahan sampai noda hilang, dan terakhir bilas sampai bersih.

3. Menggunakan shampoo rambut

Perlu untuk diketahui bahwa shampoo ternyata tidak hanya berguna untuk membersihkan dan merawat rambut saja, lho. Namun bahan yang satu ini juga mempunyai formula yang cukup efektif untuk menghilangkan noda darah pada sprei secara sempurna.

Caranya untuk menggunakan shampoo ini pun cukup mudah dan juga praktis. Cukup dengan mengoleskan shampoo secara menyeluruh pada noda darah di seprai, lalu bilas sampai bersih. Dengan begitu, dijamin sprei akan terlihat kembali bersih serta tampilannya seperti baru lagi.

4. Menggunakan bantuan garam

Cara menghilangkan noda darah di sprei yang selanjutnya adalah dengan menggunakan garam. Ya, garam memang dipercaya mampu mengangkat noda yang membandel seperti darah, asalkan dilakukan dengan tepat. Untuk membersihkan noda darah di sprei, Sedulur bisa melarutkan garam dengan air dingin.

Kemudian oleskan larutan garam tersebut tepat di bagian noda darah dalam jumlah yang banyak. Lalu rendam bagian yang terkena noda dengan larutan garam, dan kucek sampai benar-benar bersih. Terakhir cuci kembali dengan detergen dan bilas menggunakan air dingin.

5. Menggunakan sabun cuci piring

Mungkin untuk cara yang satu ini kedengarannya cukup aneh. Namun perlu dipahami jika sabun cuci piring memiliki kekuatan yang lebih baik dalam hal mengangkat noda yang membandel. Nah, caranya adalah dengan meneteskan sabun cuci piring tepat di bagian sprei yang terkena noda darah.

Diamkan selama beberapa menit, lalu kucek sampai noda terangkat. Jika sudah, bilas dengan air bersih dan lihatlah hasilnya. Apabila masih ada noda darah yang tersisa, maka Sedulur bisa mengulangi cara yang sebelumnya dilakukan sampai noda terangkat dengan sempurna.

6. Dengan campuran garam dan sabun pencuci piring

Nectar Sleep

Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan, jika garam dan sabun pencuci piring bisa dimanfaatkan untuk mengangkat noda darah yang ada di sprei. Menariknya, Sedulur bisa memanfaatkan kombinasi atau campuran dari kedua bahan tersebut untuk hasil yang lebih maksimal.

Sedulur dapat mencampurkan 1 sendok makan sabun pencuci piring dengan 2 sendok makan garam. Basahi bagian seprai yang terkena noda, kemudian rendam ke dalam campuran tersebut. Tunggu selama beberapa menit, kucek sebentar, dan bilas dengan menggunakan air dingin.

7. Menggunakan sabun batang

Ternyata sabun batang juga efektif untuk menghilangkan noda darah yang ada pada kain. Nah, busa pada sabun batang memang lebih kaku dibandingkan dengan sabun cuci, sehingga lebih efektif untuk menghilangkan noda darah yang menempel di sprei.

Sedulur bisa menyemprotkan air dingin pada bagian yang terkena noda, kemudian gosokkan sabun batang pada noda yang mulai atau bahkan telah mengering.  Kemudian kucek kain yang bernoda darah tersebut, lalu bilas dengan menggunakan air dingin. Ulangi proses tersebut apabila noda darah belum juga hilang.

8. Memanfaatkan cuka

Jika noda darah pada sprei belum mengering, maka Sedulur bisa menghilangkannya dengan cara menuangkan cuka putih secara penuh pada noda tersebut. Kemudian rendam bagian yang terkena noda darah di dalam campuran cuka dan air dingin. Ingat, jangan gunakan air panas, ya!

Rendam kain selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, gosok noda darah secara perlahan dan lembut dengan menggunakan sikat atau kain bersih. Pastikan untuk tidak merusak serat-serat pada kain. Jika sudah, langsung bilas dengan air bersih.

9. Dengan pasta dari tepung maizena

Baik itu pada sprei, pakaian, maupun celana dalam, Sedulur dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan noda darah dengan pasta tepung maizena. Buatlah pasta dari tepung maizena yang dicampurkan dengan air dingin.

Jika pasta sudah jadi, tutup noda darah dengan pasta tepung tersebut lalu gosok kain secara perlahan. Nah, berikutnya letakkan kain di bawah sinar matahari dan jemur sampai kering. Setelah kering, sikat lagi sisa residu yang ada. Apabila noda belum sepenuhnya hilang, ulangi proses tersebut sampai berhasil.

10. Memanfaatkan bedak talc

Tidak hanya pasta dari tepung maizena, Sedulur juga dapat menghilangkan noda darah pada sprei dengan memanfaatkan bedak talc. Cara pun juga hampir sama seperti sebelumnya, yakni dengan membuat pasta dari campuran bedak talc dan air. Silahkan buat pasta dengan cara yang sama seperti sebelumnya.

Atau bisa juga ditambahkan garam pada pasta yang dibuat. Jika sudah, oleskan pasta tersebut ke area sprei yang terdapat noda darah. Lalu jemur kering sampai kering, dan sempurnakan proses pembersihan noda darah dengan mencuci seperti biasa.

BACA JUGA: Cara Mencuci Baju Batik Agar Warna Tidak Pudar dan Luntur

11. Menggunakan kombinasi soda kue dan cuka

cara menghilangkan noda darah di sprei
The Spruce

Selain berfungsi untuk kebutuhan dapur, ternyata kombinasi antara soda kue serta cuka juga ampuh digunakan untuk mengangkat noda darah pada sprei yang membandel. Untuk menggunakannya, Sedulur bisa mencampurkan 1 sendok makan deterjen bubuk dan 1 sendok makan soda kue.

Tambahkan 1 cangkir air matang, lalu berikan 5 tetes cuka. Aduk sampai tercampur rata dan mulai berbusa. Cipratkan campuran tersebut secara langsung ke arah nodanya. Tunggu beberapa saat, lalu gosok secara perlahan. Terakhir bilas dengan air dingin sampai bersih.

12. Manfaatkan perasan lemon

Seperti yang kita tahu, lemon memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. Nah, kandungan asam itulah yang ternyata sangat bagus untuk mengangkat noda membandel seperti darah haid pada kain. Sedulur bisa membuat campuran dari garam dan juga perasan lemon.

Aduk hingga sampai tercampur rata, lalu oleskan ke bagian noda darah yang ada pada sprei. Tunggu hingga noda mulai memudar atau diamkan selama 30 menit. Jika dirasa noda sudah mulai memudar, cuci dan bilas sprei hingga bersih dan nodanya benar-benar menghilang.

13. Menggunakan jeruk nipis

Jika Sedulur tidak memiliki atau susah mendapatkan lemon, maka bisa menggunakan jeruk nipis sebagai alternatifnya. Cara menghilangkan noda darah di sprei dengan jeruk nipis juga hampir sama seperti dengan lemon. Sedulur bisa memeras jeruk nipis untuk diambil air atau jusnya.

Setelah itu, oleskan jus secara langsung ke noda darah yang ada di sprei. Biarkan selama beberapa menit, baru gosok secara lembut dengan lap atau kain bersih. Jangan lupa bilas dengan air dingin dan cuci sprei sampai benar-benar bersih.

14. Pakai pasta gigi

Cara menghilangkan noda darah di sprei yang selanjutnya adalah dengan menggunakan pasta gigi. Ya, pasta gigi memiliki kandungan yang cukup efektif untuk menghilangkan noda pada kain. Pilih pasta gigi putih biasa (non-gel) tanpa pewarna. Kemudian oleskan pasta gigi tersebut langsung pada noda darah.

Biarkan selama beberapa saat hingga pasta gigi mengering dengan sendirinya. Jika sudah, gosok secara perlahan sampai noda hilang. Bilas dengan air dingin, dan terakhir cuci sprei dengan menggunakan detergen seperti biasa.

15. Menggunakan detergen anti noda

cara menghilangkan noda darah di sprei
Better Home & Garden

Untuk saat ini, ada banyak merk deterjen anti noda yang diklaim mampu membersihkan noda membandel dengan lebih baik. Tidak ada salahnya untuk mencoba produk deterjen tersebut untuk membersihkan noda darah yang tertinggal di sprei.

Cara menghilangkan noda darah di sprei ini diawali dengan merendam sprei di dalam air setengah hangat selama 30 menit. Lalu buang air dan cuci lagi menggunakan detergen anti noda. Diamkan selama beberapa saat, baru kucek sprei dan bilas dengan air bersih.

Itu dia beberapa cara menghilangkan noda darah di sprei  yang dapat Sedulur coba di rumah. Perlu untuk diingat untuk selalu melakukan tes pada bagian kecil pada sprei, sebelum memulai pembersihan dengan menggunakan bahan-bahan di atas.

Hal ini dilakukan untuk memastikan jika tidak ada efek yang merusak kain. Jika sprei Sedulur memiliki petunjuk perawatan secara khusus, ikuti petunjuk tersebut supaya kain tidak rusak setelah dicuci.