cara menghilangkan bau dari kotak makan

Bau tidak sedap kerap muncul pada kotak makan yang sering digunakan. Apalagi jika makanan yang disimpan memiliki bau cukup tajam. Namun Sedulur yang mengalami masalah serupa tidak perlu khawatir apalagi buru-buru membuat kotak makan yang bau. Sebab, ada beberapa cara menghilangkan bau dari kotak makan.

Ingin tahu bagaimana cara menghilangkan bau dari kotak makan? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: 5 Cara Membuka Tutup Botol Plastik yang Susah

Penyebab Kotak Makan Bau

CNET

Masalah bau tidak sedap biasanya banyak ditemukan pada kotak makan yang terbuat dari bahan plastik. Sementara masalah serupa jarang terjadi pada kotak makan berbahan kaca. Mengapa demikian?

-->

Dihimpun dari berbagai sumber, wadah plastik ternyata memiliki kecenderungan untuk menyerap bau makanan. Hal ini tidak lepas dari bahan pembuatnya, yaitu polypropylene atau sejenis plastik berpori. Adanya pori-pori tersebut memungkinkan kotak makan untuk menyerap aroma makanan yang disimpan di dalamnya.

Apalagi jika makanan tersebut disimpan di dalam kotak dalam jangka waktu yang lama. Aroma yang tertinggal pada kotak makan ini pun lama-kelamaan akan berubah menjadi bau tidak sedap.

BACA JUGA: Tips Menggoreng di Rumah, Masakan Jadi Bebas Meletup!

Cara Cepat Hilangkan Bau Kotak Makan

She’s The Mom

Ada beberapa cara menghilangkan bau dari kotak makan yang bisa Sedulur coba di rumah. Mulai dari merendam kotak makan di dalam air panas hingga memanfaatkan benda atau bahan-bahan yang ada di sekitar. Berikut uraian selengkapnya.

1. Rendam kotak makan di dalam air panas

Tips pertama yang bisa Sedulur coba adalah merendam kotak makan di dalam air panas. Caranya, campurkan air panas dengan beberapa tetes sabun cuci piring dalam wadah besar. Kemudian, rendam kotak makan yang berbau selama 1-2 jam. Selanjutnya, gosok kotak makan menggunakan spons atau sikat lembut secara merata di seluruh bagian hingga tidak ada noda yang tersisa. Terakhir, bilas menggunakan air hangat dan keringkan.

2. Gunakan koran bekas

Cara lain untuk menghilangkan bau dari kotak makan adalah menggunakan koran bekas. Caranya cukup mudah, pertama-tama Sedulur dapat meremas-remas koran bekas. Selanjutnya, masukkan koran yang sudah diremas ke dalam kotak makan. Tutup kotak makan, lalu diamkan semalaman atau juga bisa lebih lama.

BACA JUGA: 10 Tips Menyetrika Lebih Efektif dan Rapi, Kamu Harus Tahu!

Coba Manfaatkan Bahan Alami atau Bumbu Dapur

cara menghilangkan bau dari kotak makan
Pinterest

Selain merendam kotak makan dan menggunakan koran bekas, Sedulur juga bisa memanfaatkan bahan alami termasuk bumbu dapur untuk menghilangkan bau pada kotak makan. Ada beberapa bahan yang dapat dicoba, misalnya jeruk nipis, baking soda, bubuk kopi, dan garam. Berikut uraian selengkapnya.

1. Jeruk nipis

Sedulur dapat memanfaatkan jeruk nipis dengan cara mencuci kotak makan dengan air perasan jeruk nipis. Selain itu, gosokkan potongan lemon ke seluruh permukaan kotak makan seperti saat mencuci menggunakan spons dan sabun cuci piring. Aroma segar dari jeruk nipis dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap pada kotak makan.

2. Baking soda

Bahan yang umum dijumpai dalam pembuatan kue ini juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau dari kotak makan. Caranya, masukkan empat sendok baking soda (atau dapat disesuaikan dengan ukuran kotak makan) dan air secukupnya ke dalam kotak makan.

Kemudian tutup kotak makan lalu kocok hingga baking soda dan air tercampur merata. Biarkan selama beberapa jam atau semalaman, lalu bilas sampai bersih.

3. Bubuk kopi

Bubuk kopi juga dikenal sebagai salah satu bahan yang efektif untuk menetralisasi bau. Sedulur dapat memasukkan beberapa sendok bubuk kopi ke dalam kotak makan plastik, lalu tutup dan diamkan selama beberapa jam.

4. Garam

Sama halnya dengan bubuk kopi, Sedulur dapat menaburkan garam ke dalam kotak makan, lalu tutup dan biarkan selama beberapa jam atau semalaman. Taburan garam tersebut akan membantu menghilangkan bau tidak sedap yang menempel pada kotak makan.

Itu dia beberapa cara menghilangkan bau dari kotak makan yang bisa Sedulur coba di rumah. Semoga tips di atas bisa membantu mengatasi masalah Sedulur, ya!