Cara menghilangkan bau bangkai tikus

Rumah yang nyaman, wangi, dan bersih tentu menjadi impian bagi setiap orang. Akan tetapi, terkadang ada bau bangkai tikus di sekitar yang terasa mengganggu. Jika Sedulur juga menemui masalah ini di rumah, simak cara menghilangkan bau bangkai tikus yang akan kita bahas kali ini.

Seperti yang telah diketahui, bangkai tikus memang menimbulkan bau tidak sedap yang susah untuk dihilangkan. Bahkan ketika bangkai tersebut sudah dibuang, namun bau yang tidak sedap tetap tertinggal. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Simak tips hilangkan bau bangkai tikus yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: 10+ Tips Ampuh agar Mebel Tidak Dimakan Rayap, Sudah Teruji!

1. Bubuk kopi

Kopi bubuk
Unsplash

Bisa dibilang jika cara menghilangkan bau bangkai tikus sebenarnya tidak susah. Cara paling mudah untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan bubuk kopi. Nah, jadi pada saat Sedulur membuat secangkir kopi, sebaiknya ampasnya jangan terburu-buru dibuang.

Manfaatkan ampas kopi tersebut untuk menghilangkan bau bangkai, dengan meletakkannya ke dalam mangkuk. Kemudian letakkan mangkuk di sekitar area yang sudah terkontaminasi dengan bau bangkai. Selain itu, ampas kopi juga bias ditaburkan pada area bekas bangkai.

2. Baking soda

Pexels

Baking soda memang terkenal dengan kemampuannya dalam menetralisir bau-bau yang tidak sedap. Oleh sebab itu, Sedulur dapat memanfaatkan salah satu bahan dapur satu ini ketika tercium bau bangkai yang benar-benar tidak sedap.

Cara untuk mengaplikasikannya pun cukup mudah. Sedulur hanya perlu meletakkan semangkuk soda kue pada area bekas bangkai. Jika ternyata kurang efektif, coba ganti dengan soda kue yang baru. Kemudian semprot area bekas bangkai dengan cairan pembersih atau wewangian.

3. Arang

Pinterest

Mungkin sebelumnya Sedulur tidak menyangka jika arang ternyata mempunyai kemampuan untuk menyerap aroma yang tak sedap, termasuk juga dengan bau bangkai tikus. Caranya juga tidak sulit, Sedulur hanya perlu meletakkan beberapa bongkah arang pada daerah yang berbau bangkai.

Akan tetapi, biasanya penggunaan arang sendiri akan meninggalkan bekas hitam pada daerah atau area tempat arang diletakkan. Jadi jika bau bangkai sudah tidak tercium lagi, Sedulur bisa langsung membersihkan area tersebut.

BACA JUGA: 5 Cara Paling Mudah Bikin Jebakan Tikus

4. Disinfektan

Cara menghilangkan bau bangkai tikus
Penn Medicine

 

Disinfektan sendiri merupakan bahan kimia yang biasa digunakan untuk membunuh atau menghambat mikroorganisme seperti virus, jamur kecil, dan bakteri pada permukaan benda mati. Nah, bau bangkai tikus bisa muncul karena adanya bakteri dan mikroorganisme lain yang masih tertinggal.

Namun sebelum mengaplikasikan cara menghilangkan bau bangkai tikus dengan menggunakan disinfektan ini, pastikan Sedulur menggunakan perlengkapan yang dibutuhkan seperti sarung tangan dan masker. Selain itu, gunakan disinfektan khusus untuk permukaan area berbahan kayu.

5. Larutan pembersih

cara menghilangkan bau bangkai tikus
Unsplash

Larutan pembersih bisa digunakan untuk membasmi bakteri yang mengontaminasi bangkai tikus. Sedulur bisa coba mencampurkan sedikit larutan pembersih ked dalam air, kemudian seka area dimana ditemukan bangkai tikus dengan lap atau pel.

Cara menghilangkan bau bangkai tikus dengan larutan pembersih ini sangat efektif untuk bangkai tikus yang belum terlalu lama. Sementara untuk yang sudah lama, biasanya akan sedikit sulit karena kontaminasi bakteri memang cukup susah untuk dihilangkan.

6. Cuka

cara menghilangkan bau bangkai tikus
RoomMe

Selain baking soda, cuka juga menjadi bahan dapur yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau bangkai tikus. Nah, bagi yang sudah menggunakan larutan pembersih namun gagal, bisa mencoba cara yang satu ini.

Caranya yakni dengan menuangkan cuka putih ke dalam mangkuk. Setelah itu, mangkuk tersebut diletakkan di area bekas bangkai tikus. Diamkan saja selama beberapa saat, sebelum dipel kembali menggunakan larutan pembersih.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau bangkai tikus yang bisa Sedulur coba di rumah. Ya, beberapa bahan yang dibutuhkan di atas, bisa ditemukan dengan mudah. Bahkan cara untuk pengaplikasiannya juga tidak susah.

Hanya saja, terkadang dibutuhkan pembersihan secara berulang agar bau bangkai tikus tersebut benar-benar hilang. Jadi Sedulur memang harus telaten untuk melakukannya.