agar mebel tidak dimakan rayap

Sedulur mungkin kesal ketika mengetahui salah satu mebel di rumah Sedulur keropos karena dimakan rayap. Lalu, setelahnya Sedulur menyalahkan jenis kayu yang berkualitas jelek. Padahal tidak selamanya karena jenis kayu yang jelek. Namun bisa juga karena dimakan usia atau kondisi lainnya. Untuk menghindari hal tersebut, terdapat beberapa tips ampuh agar mebel tidak dimakan rayap.

Tentu tips ini wajib Sedulur ketahui dan dapat membuat mebel di rumah Sedulur awet tanpa rayap. Karena rayap merupakan salah satu hama rumah yang perlu dipikirkan pencegahannya. Lantas seperti apa tips agar mebel tidak dimakan rayap? Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Merk Vinyl Terbaik dan Terbaru Tahun 2023

1. Rutin menjemur furnitur kayu

agar mebel tidak dimakan rayap
Architectural Digest

Rayap paling suka menggerogoti sesuatu yang lembap. Salah satu cara paling mudah mencegah rayap memakan lemari adalah rutin menjemur perabot di bawah matahari. Pastikan setiap sisi furnitur berbahan kayu benar-benar kering dan tidak ada sisi yang lembab. Cara ini tidak hanya efektif untuk membasmi rayap kayu, tetapi juga dapat menghilangkan uap di dalam lemari.

-->

2. Beri jarak antara furnitur dengan dinding

Cara berikutnya adalah memberikan jarak antara perabot dan dinding. Apalagi, furnitur bahan kayu lebih mudah lapuk ketika berdekatan dengan dinding yang lembap. Kondisi ini bisa membuat uap air juga terperangkap di dalam lemari. Akhirnya, rayap pun akan berdatangan dan memakan bahan kayu dari lemari di rumah.

3. Hindari kontak langsung dengan lantai kayu

Selain memberikan jarak antara dinding dengan furnitur, pastikan Sedulur juga menghindari perabot bersentuhan langsung dengan lantai kayu. Lebih baik gunakan trap dari material besi, yang menjadi jarak antara perabot dan lantai. Cara ini cukup ampuh untuk mencegah rayap tanah masuk ke dalam dan menggerogoti seluruh perabot kayu di rumah.

4. Bersihkan lemari kayu dengan air cucian beras

Eits, jangan langsung membuang air cucian beras begitu saja. Sedulur bisa menggunakan bekas air cucian untuk membasmi rayap secara alami. Cara menggunakannya sangat mudah. Cukup masukan cucian beras pada botol spray, lalu semprotkan pada tempat yang terserang rayap. Pastikan Sedulur melakukkanan secara berulang agar rayap dapat berkurang secara berkala. Mudah sekali, bukan?

5. Basmi rayap pakai asam borat

Asam borat atau borid acid adalah zat kimia yang efektif untuk mengusir rayap. Senyawa yang berbentuk cairan ini sangat mudah diaplikasikan. Sedulur hanya perlu menyemprotkan pada seluruh sisi lemari pakaian. Hal yang paling penting adalah rutin menyemprotkan cairin ini agar rayap benar-benar hilang dan tidak datang kembali.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Kopi Kemasan Botol Kafein Tinggi Terenak!

6. Buat jebakan kardus

jebakan kardus untuk rayap
Bob Vila

Cara membasmi rayap berikutnya adalah dengan memasang jebakan kardus. Tidak hanya efektif, cara ini pun bisa dilakukan oleh siapa saja. Sedulur hanya perlu membasahi beberapa kardus besar, kemudian letakan pada lokasi sarang rayap. Diamkan selama beberapa jam, sampai seluruh rayap berkumpul dan memakan kardus. Setelah itu, Sedulur bisa langsung membuang kumpulan rayap tersebut dan membakarnya di area terbuka. Cara ini dianggap cukup efektif untuk membuat rayap tidak kembali lagi.

7. Menggunakan kapur barus

Selain bisa menghilangkan bau di dalam lemari, kapur barus ternyata juga efektif untuk membasmi rayap. Kabur barus memiliki kandungan naftalena yang tidak disukai oleh rayap. Tidak hanya bisa mengusir rayap, Sedulur juga dapat menggunakan kapur barus untuk sekaligus menghilangkan kecoa. Kapur barus juga ampuh untuk menghilangkan serangga kecil lainnya, terutama yang besarang atau yang berada di sekitar furnitur. Maka dari itu, tips ini sangat bermanfaat dan wajib Sedulur coba untuk menghilangkan rayap di rumah.

8. Usir rayap dengan sinar lampu UV

Tidak semua furnitur berukuran besar mudah dipindahkan ke luar ruangan untuk dijemur. Nah, Sedulur bisa menyiasatinya dengan memakai lampu UV, yang memiliki efek seperti sinar matahari. Cara penggunaanya juga mudah. Sedulur hanya perlu meletakkan lampu UV di dekat sarang rayap.

9. Semprot cairan kapur sirih

Cara membasmi rayap yang efektif dan mudah berikutnya adalah menggunakan cairan kapur sirih. Sedulur bisa membuat cairan ini di rumah dengan mudah. Cukup rebus air kapur sirih, lalu masukan ke dalam botol spray. Kemudian, Sedulur bisa menyemprotkan pada furnitur, yang sudah menjadi tempat sarang rayap. Cara agar mebel tidak dimakan rayap satu ini bisa jadi rekomendasi!

10. Manfaatkan cairan garam

Bumbu dapur yang satu ini juga bisa Sedulur andalkan untuk membasmi rayap. Cukup masukkan campuran air dan garam pada botol, lalu semprotkan pada area lemari. Nah, jika rayap sudah mati, Sedulur bisa membersihkan lemari dengan memakai lap kering.

BACA JUGA: Cara Mencuci Baju Batik Agar Warna Tidak Pudar dan Luntur

11. Letakkan pada suhu dingin kering

agar mebel tidak dimakan rayap
Aparthement Therapy

Rayap sangat membenci kondisi ruangan yang ekstrim. Selain cahaya matahari, Sedulur bisa membasmi rayap secara maksimal dengan mendinginkan ruangan. Gunakan suhu ruangan serendah mungkin, terutama pada area yang mudah lembab dan dikelilingi oleh furnitur kayu.

12. Menggunakan obat anti rayap

Jika Sedulur memiliki furnitur kayu, pastikan Sedulur mengaplikasikan obat anti rayap. Tidak hanya bisa mengusir rayap, cara ini juga berguna buat mencegah pengeroposan. Sedulur bisa mengaplikasikan sebagai pelapis kayu agar lemari pakaian tetap bertahan lama.

13. Manfaatkan jendela rumah

Rayap sangat menggemari tempat lembab dan minim cahaya. Untuk itu, pastikan Sedulur meletakkan perabot dari bahan kayu di dalam ruangan dengan ventilasi yang memadai dan memiliki jendela. Jadinya, Sedulur bisa memaksimalkan cahaya sinar matahari masuk ke dalam rumah untuk membasmi rayap.

14. Bersihkan genangan air di rumah

Salah satu penyebab banyak rayap di rumaha adalah adanya genangan air, baik di selokan maupun di halaman, terutama di musim penghujan. Jadi, pastikan Sedulur selalu membersihkan genangan air agar tidak lembap secara rutin. Cara agar mebel tidak dimakan rayap satu ini tidak hanya efektif membasmi rayap, tetapi sekaligus bisa mencegah datangnya nyamuk demam berdarah.

15. Kontrol kelembaban di rumah

Jika ada keramik lantai yang rusak dan kebocoran pada pipa, biasanya upa air lebih mudah masuk ke dalam rumah. Nah, jika tidak segera Sedulur perbaiki, bisa-bisa kadar kelembapan di dalam rumah jadi meningkat. Inilah yang membuat perabot lebih mudah diserang oleh rayap. Jadi, jangan menunggu sampai kerusakan terlalu besar karena justru bisa merusak perabot dan mengganggu kenyamanan Sedulur di rumah.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Cat Pintu Kayu Terbaik dan Pilihan Warnanya

16. Menutup retakan dinding

menutup retakan dinding
The Spruce

Apakah Sedulur sering melihat keretakan pada dindaing di rumah? Jika iya, segera perbaiki bagian tersebut. Celah retakan dinding tersebut ternyata bisa mengundang rayap masuk ke dalam rumah. Untuk itu, segera tutup keretakan pada dinding menggunakan semen putih, sebelum rayap membentuk koloni.

17. Gunakan campuran daun salam dan kemangi

Bumbu dapur yang memiliki aroma sedap ini ternyata juga efektif untuk membasmi rayap. Cara menggunakannya sangat mudah. Sedulur hanya perlu meletakkan kedua jenis daun  tersebut pada perabot agar rayap tidak mendekatinya. Tenang saja, daun salam dan kemangi merupakan bahan alami, yang aromanya tidak akan menimbulkan efek negatif. Bahkan dapat memberikan aroma wangi yang bisa memberikan relaksasi. Ibarat aroma terapi yang dapat bermanfaat untuk memberikan ketenangan.

18. Siram dengan air sabun

Sedulur juga bisa membasmi rayap dengan menggunakan air sabun. Cukup melarutkan air dengan sabun, lalu semprotkan pada furnitur yang terserang rayap. Cara sederhana ini cukup ampuh agar mebel tidak dimakan rayap.

19. Gunakan pelapis kayu anti rayap

Cara mencegah kayu dimakan rayap selanjutnya bisa dengan menggunakan pelapis kayu, terutama bagi berbagai jenis produk kayu mebel, kusen, dan lain sebagainya sejenisnya. Jenis pelapis ini ada banyak sekali jenisnya, mulai dari pelapis anti hama, cat biasa, pelitur, hingga vernis yang bisa digunakan sebagai repellent rayap.

20. Manfaatkan solar

Agar mebel tidak dimakan rayap yang terakhir adalah dengan menggunakan solar, yang merupakan metode yang sejak lama digunakan. Solar menjadi salah satu bahan yang ternyata bisa membuat kayu menjadi lebih awet. Itulah mengapa penggunaan solar sangat sering diaplikasikan pada jenis furnitur rumah yang berasal dari bahan kayu.

Demikian tadi tips agar mebel tidak dimakan rayap. Semoga penjelasan di atas bisa menjadi solusi bagi Sedulur. Terutama untuk kamu yang memiliki mebel atau furnitur dari kayu agar tidak mudah rusak karena rayap. Jadi selamat mencoba tips dan trik di atas ya!