cara menghilangkan bau apek pada baju

Sedulur seringkali menemukan bahwa baju atau pakaian Sedulur malah bau apek setelah dicuci? Tentu terdapat masalah dalam proses mencuci dan menjemur. Nah, untuk mencegah hal tersebut, Sedulur harus mengetahui cara menghilangkan bau apek pada baju seperti apa.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas lengkap hal tersebut, sebelum masuk ke pembahasan utama terkait cara menghilangkan bau apek pada baju, kita mulai pembahasan dengan mengulas apa saja penyebab bau apek pada baju.

BACA JUGA: 

Penyebab Baju Bau Apek

Unsplash

Sebelum membahas cara menghilangkan bau apek pada baju, Sedulur harus tahu terlebih dahulu penyebab bau apek seperti apa. Umumnya pakaian kering tapi bau apek bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya akibat dijemur di tempat minim cahaya dan panas.

Selain itu, bau apek juga bisa muncul karena jarak saat menjemur pakaian terlalu berdekatan (rapat), sehingga proses pengeringannya jadi kurang sempurna. Tentu setiap penyebab bau apek di atas harus segera dihilangkan dengan beberapa tips dan cara menghilangkan bau apek pada baju.

Nah, hal tersebut dapat Sedulur simak dalam penjelasan lebih lengkap di bawah ini!

Cara Menghilangkan Bau Apek

The Travel Hack

Terdapat beberapa langkah yang bisa Sedulur lakukan untuk mencegah baju bau apek. Nah langkah dan beberapa cara di bawah ini bisa jadi rekomendasi untuk Sedulur lakukan.

1. Keringkan kembali di area terbuka

Cara menghilangkan bau apek pada baju yang pertama adalah dengan mengeringkan kembali di area terbuka. Pakaian apek, di dalamnya terperangkap kuman dan bakteri yang menyebabkannya jadi berbau tidak sedap.

Agar bau kurang tersebut hilang, cobalah menjemurnya kembali ketika matahari sedang bersinar terik atau melakukannya ketika sedang tidak hujan untuk mengangin-anginkannya. Ketika menjemur, perhatikanlah jarak antar pakaian yang dikeringkan.

Usahakan tidak bertumpuk dan terlalu rapat, sebab justru membuatnya jadi tidak kering sempurna dan gampang apek.

2. Gunakan pewangi pakaian

Selain dijemur ulang, cara menghilangkan bau apek pada baju yang sudah dicuci, yaitu cobalah menggunakan pewangi pakaian yang aromanya tahan lama. Menambahkan pewangi pakaian bukan hanya menghilangkan bau tak sedap akibat terlalu lama direndam saja.

Tetapi juga mampu memberikan aroma segar sekaligus melembutkan setiap serat kainnya. Cara menggunakannya, yakni cukup sediakan ember diisi air, kemudian larutkan produk pewangi pakaian ke dalamnya.

Lanjutkan merendam cucian apek di ember berisi larutan pewangi setidaknya selama 15 menit. Setelah itu, peras cucian menggunakan tangan dan jemur pada terik matahari atau boleh mengeringkannya secara otomatis di mesin cuci.

3. Taburkan baking soda di atas pakaian apek

Tak hanya digunakan untuk masakan dan kue-kuean, baking soda ternyata juga ampuh untuk hilangkan bau kurang sedap akibat pakaian yang belum kering. Cara ini sangat efektif, apalagi jika kondisinya sedang tidak mendukung untuk dijemur di terik matahari.

Baking soda mampu mengurangi bau sekaligus mampu mencerahkan warna pakaian karena sifatnya menyerap minyak dan aroma asam. Caranya, cukup taburkan baking soda pada bagian pakaian yang baunya apek. Diamkan selama semalaman dengan cara membentangkan pakaiannya.

4. Keringkan dengan kipas angin atau hair dryer

cara mengeringkan baju saat musim hujan cara menghilangkan bau apek pada baju
American Two Shot

Biasanya karena cuaca yang tidak bersahabat, tentu akan berakibat dan berpengaruh pada baju yang tidak dapat kering sempurna. Bau apek pada baju otomatis tidak akan bisa dihindari. Untuk kondisi ini, Sedulur bisa memanfaatkan kipas angin atau hair dryer.

Gantungkan pakaian pada pintu menggunakan hanger, lalu arahkan ke kipas angin dengan kecepatan sedang hingga tinggi. Apabila Sedulur menggunakan hair dryer, keringkanlah seluruh bagian pakaian hingga kering menyeluruh menggunakan kecepatan tinggi dan suhu yang paling hangat agar cepat kering dan apeknya hilang

5. Masukkan pakaian bau apek ke freezer

Cara menghilangkan bau apek baju tanpa harus dicuci kembali, cobalah memasukkannya ke freezer! Bagi sebagian orang, cara seperti ini mungkin terdengar aneh dan kurang populer, tetapi cukup ampuh untuk mengurangi bau tak sedap.

Hal ini karena di freezer suhunya lebih rendah dari 0 derajat celcius, sehingga kuman dan bakteri penyebab bau dapat mati akibat tak mampu bertahan pada suhu terlalu dingin.

Bungkuslah pakaian apek secara rapi di plastik, kemudian bekukan di freezer selama satu malam. Setelah itu, keluarkanlah dari pendingin dan jemur di tempat panas untuk memaksimalkan pengeringannya.

6. Gunakan bubuk kopi

Cara menghilangkan bau apek pada baju yang sudah dicuci tetapi belum kering sempurna, Sedulur juga bisa menggunakan bubuk kopi. Sebab, bubuk kopi dikenal ampuh dalam menetralisir bau tak sedap apapun, tak heran jika sering dijadikan sebagai pengharum untuk berbagai kondisi.

Misalnya untuk mengurangi aroma tak sedap dari ruangan, lemari, mobil, bahkan sepatu. Sedulur tidak perlu mencuci ulang pakaian yang apek. Setrika dan lipat terlebih dahulu hingga rapi, kemudian masukkan ke lemari seperti biasa.

Setelah itu, masukkanlah bubuk kopi ke dalam kantong kertas, lalu letakkan kantong berisi bubuk kopi tersebut ke dalam lemari pakaian berdekatan dengan baju apek. Diamkan selama semalam.

7. Rendam baju dengan air lemon

Selanjutnya, Sedulur pun dapat merendam baju dengan air lemon apabila baju belum kering tersebut apek baunya. Cukup dengan satu atau dua buah lemon segar saja yang diambil airnya, Sedulur bisa mencuci ulang pakaian apek agar tidak bau lagi.

Caranya, larutkan satu gelas perasan lemon murni ukuran 250 mL bersama campuran air serta deterjen. Rendam pakaian ke dalamnya, cucilah seperti biasa. Setelah diperas, jemurlah di tempat dengan panas matahari yang sedang terik agar proses pengeringannya jadi lebih cepat.

8. Rendam baju dengan campuran air cuka

Bahan lain dengan sifat asam yang ampuh sebagai cara menghilangkan bau apek pada baju belum kering adalah campuran air cuka. Cuka merupakan bahan dapur yang bersifat asam yang sifatnya dapat membunuh bakteri penyebab bau sekaligus membantu menghilangkan sisa deterjen yang menempel pada serat pakaian.

Penggunaan cuka dapur harus dilakukan secara tepat, sebab jika salah takaran justru dapat membuat pakaian semakin berbau tak sedap. Caranya mudah, campurkan sebanyak dua sendok makan cuka dengan satu sendok makan deterjen.

Rendam pakaian di ember berisi air bersih menggunakan campuran bahan tersebut selama setengah jam, kemudian bilas dan jemurlah di tempat yang terkena cahaya matahari. Manfaat cuka tak hanya untuk menghempaskan aroma tidak sedap pada baju belum kering, tetapi juga membantu membunuh jamur yang tumbuh di serat kain.

9. Keringkan otomatis di mesin cuci

Tips atau cara menghilangkan bau apek pada baju terakhir yaitu dengan mengeringkannya dengan sempurna sampai tak ada air menetes kainnya tidak lembab. Saat musim hujan, memang sangat susah jika harus menjemur pakaian di ruangan terbuka.

Apalagi mencari panas matahari karena lebih sering mendung. Oleh karena itu, cara terbaik yaitu mengeringkannya di mesin cuci. Mengeringkan secara otomatis di mesin cuci, termasuk ampuh karena tidak perlu khawatir meskipun sedang musim penghujan.

Sebab pada mesin cuci, biasanya sudah dilengkapi fitur pengering otomatis agar pakaian selalu kering sempurna setelah dicuci.

BACA JUGA: 5 Cara Mudah Mencuci Baju Pakai Pemutih dengan Benar

Tips Menghindari Baju Bau Apek

cara mengeringkan baju saat musim hujan
Clotheslines

Selain penjelasan di atas, terdapat tips penting yang perlu Sedulur pahami.  Faktor penyebab bau apek pada baju yang belum kering, bisa juga disebabkan oleh sisa deterjen yang kurang bersih ketika dibilas.

Sisa deterjen tersebut dapat mengikat kelembaban pada serat kain, akibatnya pakaian jadi beraroma kurang sedap dan susah kering. Oleh karena itu, cobalah merendamnya kembali pada air hangat, boleh juga mencampurkannya dengan pewangi.

Apabila semua langkah tadi sudah dilakukan. Sedulur bisa membilas pakaian berulang kali hingga tidak berbusa, lalu peras dan jemur di ruangan terbuka. Cara ini sangat ampuh dan mudah dilakukan, terutama untuk permasalahan baju susah kering.

Tambahkan Minyak Esensial

cara menghilangkan bau apek pada baju
The Sun

Agar baju lebih wangi dan bisa terhindar dari bau apek, Sedulur  bisa menambahkan minyak esensial. Terutama jika Sedulur seringkali menyimpan pakaian secara lama di lemari. Jika pun tidak bau apek setelah dijemur, lama kelamaan baju akan bau apek.

Untuk mencegah hal tersebut, tentu Sedulur harus mencegahnya dengan menambahkan minyak esensial. Sedulur bisa langsung menyemprotkan minyak esensial pada baju yang akan disimpan di lemari agar tidak bau apek.

Nah itulah beberapa tips dan cara menghilangkan bau apek pada baju. Serta dilengkapi dengan beberapa penjelasan lainnya. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Sedulur untuk membuat baju tetap wangi dan tidak bau apek.