cara mencairkan daging yang beku dengan cepat

Tidak sedikit orang yang lupa untuk mengeluarkan daging dari freezer terlebih dahulu sebelum masak. Alhasil kondisi daging tersebut masih sangat beku, sehingga mereka harus menunggunya. Tidak usah khawatir, ada beberapa trik atau cara mencairkan daging yang beku dengan cepat yang dapat dilakukan.

Stok daging yang melimpah, seperti halnya saat masa kurban, membuat orang-orang tidak bisa memasaknya sekaligus. Mereka hanya akan memasak seperlunya, dan menyimpan daging yang tersisa di dalam freezer dengan tujuan untuk memperpanjang masa simpannya.

Akan tetapi, daging tersebut tidak akan langsung siap untuk dimasak ketika baru saja dikeluarkan dari freezer. Sedulur harus menunggu selama beberapa saat, agar tekstur dan rasa masakan tidak berubah karena penggunaan daging yang sebenarnya masih beku.

Oleh karena itu, perlu untuk mencairkan daging terlebih dahulu sebelum mengolahnya. Lantas, bagaimana cara mencairkan daging yang beku dengan cepat? Sebelum itu, alangkah baiknya Sedulur tahu dulu alasan kenapa daging itu perlu untuk dibekukan.

BACA JUGA: 7 Cara Merebus Bebek Agar Cepat Empuk dan Tidak Amis

Kenapa Daging Perlu Dibekukan?

cara mencairkan daging yang beku dengan cepat
Pinterest

Tujuan dari pembekuan daging ini, yakni untuk mempertahankan kesegaran, rasa, kelembaban, serta nilai gizi daging dalam jangka yang jauh lebih lama. Umumnya, daging mentah hanya bisa bertahan selama beberapa hari saja ketika disimpan di dalam kulkas biasa.

Jadi jika Sedulur tidak berencana untuk memasaknya dalam waktu-waktu dekat, sebaiknya simpan daging di dalam freezer supaya kesegaran dan kualitasnya tetap terjaga.

Namun sebelum dimasukkan ke dalam freezer, sebaiknya tidak dicuci terlebih dahulu. Penting untuk diingat, daging yang sudah dicuci, kandungan air di dalamnya akan lebih banyak. Sehingga penyimpanan daging yang basah ini dapat menyebabkan terjadinya freezer burn.

Tidak hanya itu, bakteri pada daging sendiri juga tidak akan hilang hanya dengan mencucinya dengan air biasa. Jadi walaupun sudah dicuci dan disimpan dalam freezer, daging tetap bisa membusuk dalam waktu yang sebentar.

Cara Mencairkan Daging yang Beku dengan Cepat

THome

Nah, sekarang Sedulur sudah tahu alasan kenapa harus menyimpan daging di freezer kulkas, bukan? Sekarang, saatnya untuk mengetahui cara mencairkan daging yang beku dengan cepat dan juga mudah. Tidak perlu basa-basi lagi, berikut ini beberapa cara-cara mudah yang dapat dicoba.

1. Memindahkannya ke kulkas

Bisa dibilang bahwa salah satu cara yang paling aman untuk mencairkan daging beku adalah dengan memindahkannya ke dalam bagian kulkas (bukan freezer). Coba letakkan daging yang beku di dalam wadah yang tertutup rapat. Atau bisa juga menggunakan kantong plastik agar terhindar dari kontaminasi.

Setelah itu, biarkan saja daging mencair secara perlahan di dalam kulkas selama beberapa jam atau akan lebih baik semalaman penuh. Walaupun proses pencairan ini memakan waktu yang cukup lama, akan tetapi hasilnya lebih baik dalam menjaga kesegaran pada daging.

Jika daging sudah mencari atau tidak beku lagi, barulah daging tersebut sudah siap untuk diolah menjadi berbagai hidangan.

2. Menggunakan air dingin

Cara mencairkan daging yang beku dengan cepat berikutnya adalah dengan menggunakan air dingin. Ya, metode yang satu ini memang sudah sering dilakukan oleh banyak orang karena mudah dan juga cepat. Sedulur hanya perlu membungkus daging beku menggunakan kantong plastik kedap air dengan rapat.

Kemudian memasukkannya ke dalam wadah besar yang sudah diisi dengan air dingin. Jangan lupa pastikan suhu airnya cukup dingin agar pertumbuhan bakteri bisa dicegah. Ingat dengan betul, jangan gunakan air panas, karena air panas justru akan memicu pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan.

Nah, selama proses pencairan daging disarankan untuk mengganti air secara teratur paling tidak setiap 20 menit agar tetap dingin. Nantinya dalam kurun waktu sekitar 1 jam, daging sudah siap untuk diolah.

3. Menggunakan microwave

Salah satu cara mencairkan daging yang beku dengan cepat adalah dengan memanfaatkan microwave. Microwave sendiri merupakan alat yang biasa digunakan untuk memanaskan makanan. Untuk melakukannya, bungkus daging dengan kemasan yang aman digunakan dalam microwave.

Atau bisa juga dengan memindahkan daging ke dalam wadah yang biasa digunakan untuk microwave, yang penting wadah tersebut tahan panas dan aman. Setelah itu, gunakan pengaturan rendaman dengan daya rendah atau defrost pada microwave.

Perlu untuk diperhatikan agar tidak memanaskan daging dalam waktu yang terlalu lama. Hal ini karena pemanasan yang terlalu lama justru bisa menyebabkan beberapa bagian daging mulai matang.

4. Menggunakan air mengalir

Cara mencairkan daging yang beku dengan cepat terakhir adalah menggunakan air mengalir. Mungkin Sedulur sudah tidak asing lagi dengan metode ini, karena memang sudah sering dilakukan. Nah, letakkan daging yang dibungkus dengan kantong plastik kedap air secara rapat.

Kemudian taruh bungkusan daging tersebut pada wadah atau panci besar, kemudian letakkan di bawah aliran air yang mengalir. Oh iya, pastikan air yang mengalir adalah air dingin supaya daging tetap aman dari pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan.

Biarkanlah air mengalir secara perlahan, dan tunggu hingga daging yang beku mencair dengan sendirinya. Metode ini biasanya lebih cepat, namun harus selalu dipastikan agar tidak terkena air yang terlalu panas.

Itulah beberapa cara mencairkan daging yang beku dengan cepat. Dengan mengikuti tips sederhana yang diberikan, diharapkan Sedulur bisa mencairkan daging beku dengan lebih mudah dan juga lebih cepat.

Namun harus selalu diingat untuk menjaga kebersihan dan juga keamanan pangan selama proses berlangsung. Selain itu, jangan lupa untuk memastikan bahwa daging benar-benar aman konsumsi sebelum mulai mengolahnya.