cara memperbaiki dandang bocor

Dandang atau panci rebus merupakan peralatan dapur yang cukup penting dan krusial bagi seorang ibu rumah tangga. Namun, dandang bisa saja bocor dan membuat aktivitas memasak tidak berjalan maksimal. Jika Sedulur mengalami masalah ini, maka tak perlu khawatir karena ada cara memperbaiki dandang bocor yang mudah.

Dandang sendiri banyak digunakan untuk merebus sayur atau menggoreng bahan makanan dengan teknik deep fry. Apabila terjadi kebocoran, tentu proses memasak akan jadi berbahaya karena air atau minyak bisa menetes ke kompor yang sedang menyala.

Nah, agar Sedulur tidak mengalami masalah dan bisa menggunakan dandang di rumah tanpa membeli yang baru. Simak cara memperbaiki dandang bocor yang praktis berikut ini!

BACA JUGA: Sederet Penyebab Air Keran Mengalir Kecil dan Cara Mengatasinya!

-->

1. Rekatkan dengan lakban

Unsplash/Heather Gill

Cara menambal dandang bocor yang pertama adalah menggunakan lakban. Banyak yang mengira kalau cara mengatasi panci bocor satu ini sangat mudah dilakukan. Hal pertama yang perlu Sedulur siapkan untuk menerapkan cara ini adalah lakban yang memiliki lem stainless steel.

Ada hal yang perlu Sedulur ketahui kalau ingin menerapkan cara menambal panci bocor termudah kali ini yaitu, pastikan lakbannya menggunakan lem stainless steel. Sedulur bisa mendapatkan lakban ini di berbagai tempat seperti pasar, mall, hingga toko peralatan dapur. Bukan hanya itu, Sedulur juga bisa mendapatkannya dengan harga terjangkau.

Lakban dengan stainless steel ini memang ditujukan sebagai upaya cara menambal panci bocor praktis, sehingga Sedulur nggak perlu lagi untuk membawanya ke tukang reparasi atau pun membeli produk baru dengan harga yang mahal.

Cara menambal panci bocor menggunakan lakban ini cukup mudah, Sedulur tinggal menempelkannya langsung ke area panci yang bolong atau bocor. Kemudian Sedulur tinggal menunggu beberapa saat sampai lem tertempel dengan sempurna, jika sudah maka panci bisa langsung digunakan untuk memasak.

2. Pakai stainless steel cair

Selanjutnya, cara menambal panci bocor praktis dan mudah lainnya yang bisa Sedulur lakukan sendiri di rumah adalah menggunakan stainless steel cair. Langkah yang satu ini bisa Sedulur terapkan untuk panci berbahan dasar stainless steel.

Jika Sedulur ingin menggunakan cara menambal panci bocor termudah ini maka ada satu alat yang harus disiapkan terlebih dahulu yaitu, solder. Sebab cara ini nggak bisa dilakukan jika Sedulur nggak memiliki solder. 

Menggunakan stainless steel cair sebagai cara menambal panci bolong diketahui memiliki cara yang tergolong kompleks. Sedulur bisa mulai dengan menyiapkan solder dan timah khusus. Lalu gosok permukaan panci yang bolong dengan sikat baja atau amplas untuk meminimalkan karat dan kotoran.

Selama proses menggosok ini, Sedulur juga bisa memanaskan timah menggunakan solder. Setelah timah mencair, ambil gunakan ujung solder lalu tempelkan ke area dandang yang bocor. Lalu ratakan dengan sendok atau kayu.

Setelah semua area dandang yang bocor terlapisi stainless. Diamkan selama 12 jam sampai lapisannya padat. Meskipun cara ini sedikit kompleks, hasil dari penggunaan stainless cair sebagai cara menambal panci bolong diketahui akan lebih baik bahkan seperti membeli panci yang baru.

BACA JUGA: 18 Merk Panci Presto Terbaik dan Awet di Tahun 2023!

3. Tambal menggunakan bungkus pasta gigi

cara memperbaiki dandang bocor
Unsplash/Lucas George Wendt

Ada cara menambal panci bocor termudah pertama yang perlu harus diketahui dan dilakukan yaitu, memakai bungkus pasta gigi. Jadinya, simpanlah bungkus pasta gigi yang sudah habis sebagai antisipasi kalau ada permasalahan panci bocor.

Kamu juga nggak perlu khawatir bagaimana cara menambal panci bocor tergampang satu ini, karena cukup menyiapkan lem alumunium dan bungkus pasta gigi. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memotong bungkus pasta gigi sesuai dengan lubang di panci.

Kemudian cara menambal panci bocor praktis selanjutnya adalah menambahkan lem aluminium di bungkus pasta gigi, lalu tempelkan langsung ke panci bocor. Terakhir, usahakan untuk memanaskan panci secara berkala khususnya pada bagian tembelan tersebut.

Tahu nggak sih? Kalau Sedulur menerapkan cara menambal panci bocor mudah ini secara nggak langsung bisa menghemat pengeluaran. Jadinya banyak yang menyebutkan kalau cara satu ini sangat cocok dipakai untuk para ibu rumah tangga.

4. Gunakan bungkus bekas bumbu dapur

Cara menambal panci bocor tergampang lainnya yang nggak perlu menguras dompet adalah menggunakan bungkus bumbu dapur. Mungkin masih banyak yang belum mengetahui cara ini, tetapi bisa dipastikan kalau menggunakan bungkus bumbu dapur ini terbilang cukup efektif.

Bahkan, jika Sedulur menerapkan cara menambal panci bocor termudah ini nggak perlu mengeluarkan budget lebih jadinya Sedulur bisa menghemat pengeluaran deh!

Tetapi tata cara menambal panci bocor praktis menggunakan bungkus bumbu dapur ini berbeda dengan bungkus pasta gigi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Hal ini tentu dikarenakan bahan dasar dari keduanya pun berbeda.

Agar cara ini berhasil, Sedulur harus memulainya dengan menyiapkan bungkus bumbu dapur dengan bahan dasar alumunium. Bersihkan dan jangan sampai ada bekas bumbu yang tersisa.

Setelah bahn siap, bersihkan permukaan panci yang bocor sampai tak menyisakan kerak atau karat. Bakar bungkus bumbu dapur alumunium hingga meleleh. Lalu tambal lubang-lubang panci menggunakan lelehan bungkus bumbu dapur dan ratakan menggunakan sendok.

Setelah itu, panaskan panci selama beberapa menit. Gunakan sisa sobekan bungkus bumbu dapur di bagian yang terkena lelehan aluminium sebelumnya untuk mempertebal lapisan tambalan. Panaskan kembali panci di atas api dan ratakan.

Demikian tadi beberapa cara memperbaiki dandang bocor yang bisa Sedulur lakukan. Cara di atas merupakan langkah praktis supaya dandang atau panci yang bocor bisa digunakan kembali tanpa harus membeli baru. Semoga informasi ini bisa membantumu ya Sedulur!