Cara Membuat Tabel di Excel Paling Mudah & Praktis

Apakah Sedulur sudah tahu cara membuat tabel di Excel? Seperti yang diketahui, Microsoft Excel memiliki peranan penting dalam membantu pekerjaan administrasi yang erat kaitannya dengan perhitungan maupun pengolahan data numerik.

Program ini menyediakan fitur yang mendukung tugas-tugas tersebut, salah satunya tabel. Cara untuk membuatnya juga tergolong mudah, kok. Bahkan cara membuat tabel di Excel HP maupun PC atau laptop itu juga hampir sama.

Mungkin hanya tata letak menunya saja yang butuh sedikit penyesuaian. Fungsi dari setiap menu atau opsi itu sama. Bagi Sedulur yang belum tahu, berikut ini beberapa cara membuat tabel di excel dengan rumus atau otomatis, serta beberapa hal yang bisa dilakukan pada tabel tersebut.

BACA JUGA: Cara Membuat Daftar Pustaka Mudah & Rapi, Beserta Contoh

Cara membuat tabel di Excel dengan Insert

cara membuat tabel di excel dengan rumus
Pexels

Bisa dibilang ini adalah cara yang paling mudah, sederhana, dan juga cepat. Hanya butuh beberapa langkah, Sedulur sudah bisa membuat tabel. Simak beberapa langkah dalam cara membuat tabel di excel dengan cepat berikut ini.

  1. Tentukan dan pilih rentang data atau sel yang akan dijadikan sebagai tabel
  2. Pilih menu Beranda, klik menu Format as Table atau Format sebagai tabel
  3. Tunggu selama beberapa saat hingga kotak dialog atau Option Box
  4. Apabila Sedulur ingin baris pertama rentang jadi baris header, centang pada kotak di sebelah tabel saya sebagai header
  5. Setelah itu, klik OK
  6. Nantinya, akan muncul tabel baru di bagian lembar kerja dokumen Microsoft Excel milik Sedulur.

Cara membuat tabel di Excel dengan Format as Table

cara membuat tabel di excel otomatis
Pexels

Berikutnya ada cara membuat tabel di Excel otomatis dengan fitur Format as Table. Cara yang satu ini sedikit berbeda dari cara yang sebelumnya. Jadi bagi Sedulur penasaran ingin mencoba, ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Tentukan dan pilih rentang data sel yang ingin dijadikan sebagai tabel
  2. Klik menu Beranda, pilih menu Format sebagai tabel atau Format as Table
  3. Tunggu beberapa saat hingga muncul kotak dialog atau Option Box.
  4. Apabila ingin baris pertama rentang dijadikan sebagai baris header, beri centang kotak di bagian samping Tabel Saya sebagai header
  5. Setelah itu klik OK yang nantinya akan muncul tabel baru di bagian lembar kerja dokumen Microsoft Excel

Cara memfilter rentang data di tabel Excel

cara membuat tabel di excel hp
Pexels

Setelah cara pembuatan tabel secara dasar di atas, Sedulur bisa memfilter rentang data yang ada di dalam tabel tersebut. Hal ini dilakukan supaya pekerjaan Sedulur bisa semakin mudah. Untuk lebih jelasnya lagi, simak tutorial yang ada di bawah ini.

  1. Tentukan atau pilih dulu sel dalam rentang data yang ingin difilter
  2. Kemudian klik pada menu Filter
  3. Setelah itu, Sedulur perlu memilih opsi Data
  4. Pilihlah panah header kolom, klik dan pilih opsi Filter Kata atau Filter Angka
  5. Langkah berikutnya, pilih perbandingan. Misalnya saja di Antara lalu masukkan kriteria filter
  6. Terakhir klik OK dan tunggu selama beberapa saat hingga rentang data secara otomatis difilter

Cara konversi tabel menjadi rentang

konversi
Pexels

Seperti contoh tabel Excel profesional yang sering Sedulur lihat, tentu saja terdapat gaya (style) yang diterapkan. Cara untuk menerapkan tabel tersebut sebenarnya juga tidak terlalu susah. Nah, ikuti beberapa tahapan yang ada di bawah ini untuk membuatnya.

  1. Tentukan rentang sel yang ada di lembar kerja Microsoft Excel
  2. Setelah itu, klik menu Beranda yang ada di pada tab bar
  3. Berikutnya, Sedulur bisa langsung klik pada pilihan Gaya
  4. Kemudian klik pada pilihan Format sebagai Tabel
  5. Langkah selanjutnya, pilih gaya tabel yang ingin digunakan
  6. Apabila gaya sudah ditentukan, klik OK
  7. Sedulur dapat melanjutkannya dengan masuk ke dalam menu Pita
  8. Di dalam Pita ini, opsi Desain
  9. Di bagian Alat, klik opsi menu Konversi ke Rentang
  10. Tunggu selama beberapa saat hingga gaya tabel yang tadi dipilih muncul pada bagian halaman lembar kerja Microsoft Excel

BACA JUGA: Cara Membuat Footnote Mudah & Cepat dengan Gambarnya

Cara mengubah ukuran tabel di Excel

mengubah ukuran
Pexels

Jika ingin mengubah ukuran tabel di Microsoft Excel, ada cara yang mudah untuk melakukannya. Untuk mengubah ukuran di dalam Excel, dapat dilakukan dengan perintah Ubah Ukuran. Nantinya Sedulur dapat juga menambahkan baris atau kolom ke dalam tabel tersebut.

  1. Klik sembarang pada area tabel di Microsoft Excel
  2. Nantinya akan muncul opsi Alat Tabel di layar lembar kerja
  3. Setelah itu, kamu bisa langsung memilih menu Desain
  4. Klik atau opsi Ubah Ukuran Tabel
  5. Dimulai dari sel yang paling kiri, Sedulur bisa memilih semua rentang sel yang ingin disertakan di dalam tabel
  6. Contoh: tabel asli meliputi rentang A2:C4. Setelah mengubah ukuran dengan menambahkan dua kolom dan tiga baris, maka tabel akan terdiri dari rentang A2:E7
  7. Usai memilih rentang yang Sedulur inginkan, klik OK

Cara memformat tabel di Excel

format tabel
Pexels

Seperti yang tadi sudah dikatakan, jika ada berbagai gaya tabel di dalam Microsoft Excel yang tersedia. Setelah tahu cara membuat tabel, Sedulur dapat coba memformat tabel tersebut dan menerapkan gaya tabel custom. Berikut langkah-langkah untuk melakukannya:

  1. Pilih sel mana saja yang ada di dalam tabel. Selain itu, Sedulur juga bisa memilih rentang sel yang akan diubah formatnya menjadi tabel
  2. Setelah sel dipilih, masuk ke dalam tab bar dan klik menu Beranda
  3. Di dalam tab bar Beranda, Sedulur dapat memiliki opsi Format sebagai Tabel
  4. Pilih gaya tabel yang ingin digunakan
  5. Jika sudah, klik OK dan tunggu beberapa saat hingga tabel tersebut terformat
  6. Gaya tabel yang diinginkan telah diterapkan

Cara menghitung total data dalam tabel Excel

menghitung total data
Pexels

Tentunya ada data-data yang harus diolah di dalam tabel Excel. Contohnya saja seperti, menghitung jumlah atau total data yang ada dalam tabel. Untuk melakukan pengolahan data tersebut, simak uraian lengkapnya di bawah ini.

  1. Klik area bisa di dalam tabel Excel
  2. Masuk ke menu Alat Tabel dan klik pada menu Desain
  3. Langkah berikutnya, beri centang pada kotak Baris Total
  4. Baris Total akan disisipkan di bagian bawah tabel
  5. Setelah itu, pilihlah kolom mana saja yang akan dijumlahkan
  6. Pilih opsi dari daftar menurun
  7. Kamu dapat menerapkan fungsi SUM di setiap kolom, maka jumlah total data akan muncul

Cara menghapus tabel di Excel

menghapus tabel
Pexels

Bagi sebagian orang, data yang beformat tabel itu justru terasa cukup sulit untuk diolah. Lalu bagaimana cara untuk menghapus format tabel tersebut? Tidak usah bingung, langsung saja simak beberapa tahapan yang ada di bawah ini.

  1. Block semua bagian tabel tersebut. Kamu bisa melakukannya dengan cara seleksi menggunakan mouse pointer, atau menekan kombinasi Ctrl+A pada keyboard
  2. Apabila sudah, masuk ke bagian tab Home
  3. Untuk menghapus tabel, pilihlah dropdown menu Clear (Hapus)
  4. Silahkan Sedulur pilih bagian Clear Formats agar semua garis yang ada di tabel menghilangkan
  5. Tampilan format tabel benar-benar sudah terhapus seutuhnya. Hanya tulisan atau teks isi tabel tersebut saja yang masih tersisa

Itulah cara untuk membuat tabel dan juga Cara edit tabel di Excel yang bisa Sedulur praktikan. Entah itu menggunakan tabel atau tidak, sebenarnya itu tergantung diri kita masing-masing. Ada yang nyaman dan dimudahkan oleh tabel, namun ada juga yang merasa kurang nyaman dan justru kesulitan.

Bagi Sedulur yang memang ingin membuat, menggunakan, ataupun belajar mengolah tabel di Microsoft Excel, ikuti dan pelajari cara membuat tabel di Excel dan beberapa cara pengolahan lainnya seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.