Pernah membuat mainan patung dari sabun? Mungkin sebagian pembaca pernah membuat kerajinan  ini saat duduk di bangku SD, SMP atau SMA. Kerajinan tangan membuat patung dari sabun ternyata mengasyikan lho. Mengapa bisa demikian, karena kreativitas kita diuji melalui kegiatan ini.  Namun cara membuat patung dari sabun membutuhkan teknik khusus. Teknis tersebut antara lain cara pemotongan, menuangkan ide dan pastinya pemilihan sabun batangan yang tepat.

Sabun batangan merupakan barang yang dipakai untuk membersihkan badan. Namun bagi kamu yang kreatif dapat dijadikan peluang usaha. Salah satunya adalah menyulap sabun batangan menjadi patung dengan nilai seni dan ekonomis yang tinggi. Lantas bagaimana cara membuat patung dari sabun batangan. Yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Membuat Sabun Organik Sendiri di Rumah dengan Mudah

1. Siapkan alat-alat yang dibutuhkan

cara membuat patung dari sabun
kompas

Langkah pertama cara membuat patung dari sabun batangan adalah menyiapkan bahan-bahan pendukung. Adapun bahan-bahan pendukung tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

-->

Sabun batangan

Bahan utama cara membuat patung sabun batangan adalah siapkan sabun batangan. Kamu bisa memakai merek sabun apa saja dalam membuat patung ini. Namun untuk pemula disarankan memakai sabun yang mempunyai bentuk persegi panjang dan tidak memakai sabun bekas melainkan masih baru.

Siapkan alat tajam berupa cutter

Setelah menyiapkan batangan sabun, maka selanjutnya menyiapkan alat untuk ukir. Alat ini dipakai sebagai langkah kedua cara membuat kerajinan dari sabun. Alat untuk mengukirnya di sini bisa pisau atau cutter yang tajam. Karena memakai cutter yang tajam, maka kamu harus hati-hati dalam menggunakannya.

Alas

Setelah menyiapkan batangan sabun maka selanjutnya adalah persiapkan alas. Alas adalah tempat untuk meletakan sabun batangan ketika sedang dibentuk patung. Kamu bisa menggunakan alas koran, kertas bekas ataupun hal lain sebagainya.

Mangkuk berisi air hangat

Langkah berikutnya sebagai proses bagaimana cara membuat patung dari sabun batangan adalah menyiapkan mangkuk berisi air hangat. Mangkuk yang berisi air hangat digunakan untuk merapikan sabun batangan yang sedang dibuat patung.

Handuk kering dan sponge

Selain mangkuk berisi air hangat dalam proses cara membuat patung dari sabun selanjutnya adalah menyiapkan handuk kering dan sponge. Keberadaan handuk kering dan sponge digunakan untuk merapikan sabun dan juga menghilangkan merek sabun.  Selama ini kita kesulitan menghilangkan merek sabun. Sehingga perlu alat seperti handuk kering ataupun sponge.

Tusuk gigi atau tusuk sate

Selain handuk kering dan sponge, dalam proses atau cara membuat kerajinan dari sabun adalah menyiapkan tusuk gigi. Kamu bisa memakai tusuk gigi untuk membuat detail pada sabun batangan.

2. Langkah cara membuat patung dari sabun mandi yang mudah

cara membuat patung dari sabun
failfarenews

Dalam membuat patung menggunakan sabun batangan, maka masalah teknis dan non teknis kamu harus terasah baik. Maka dari itu, mari simak proses pembuatan patung sabun batangan yang mudah dan cepat.

Siapkan sabun batangan

Langkah pertama adalah menyiapkan bahan baku sabun. Sabun yang dipakai usahakan yang berbentuk persegi panjang dan masih baru. Sebab, penggunaan sabun batangan berbentuk persegi panjang akan sangat mudah dibentuk. Namun jika sudah profesiona maka tak harus memakai yang batangan. Kamu bisa menggunakan sabun berbentuk bulat  oval.

Tentukan tema

Sebelum memulai langkah bagaimana cara membuat patung dari sabun batang, maka terlebih dahulu tentukan tema. Penentuan tema sangat penting agar tidak kesulitan saat membuat patung. Bagi kamu yang pemula, gambarlah desain patung sederhana yang diinginkan pada permukaan sabun. Kemudian mulailah melakukan  pengukiran mengikuti pola yang sudah digambar.

Mengukir bentuk awal

Langkah paling penting dalam cara membuat patung dari sabun batangan adalah mengukir bentuk awal. Ukir tema yang sudah Sedulur  gambar pada permukaan sabun. Baik tema hewan atau manusia memakai tusuk gigi ataupun tusuk sate. Selanjutnya, kikis sedikit demi sedikit menuju ke garis ukiran pada bentuk awal.

Pastikan kamu jangan buru-buru ya Sedulur. Supaya menghindari terjadinya kesalahan dari terlalu  banyak mengikis sabun.

Kikis bagian yang tak diperlukan

Setelah mengukir pada bentuk awal dan mulai terbentuk gambar yang diinginkan, selanjutnya mulailah merapikan bagian satu persatu. Ya, pada proses ini, kamu akan merasakan cara membuat patung dari sabun mandi yang mudah. Terlebih jika sudah menemukan bentuk patung yang diinginkan.

Merapikan semua bagian

Selanjutnya setelah mengikis bagian yang dirasa tidak perlu, maka kamu harus mulai merapikan pola patung yang diinginkan ya Sedulur. Baik yang sedang membuat patung hewan ataupun manusia. Ini merupakan tahap terakhir.  Lakukan dengan hati-hati dan jangan sampai pola patung yang sudah terbentuk hancur berantakan. Pada prose finishing ini, kamu bia menggunakan tusuk gigi atau pisau ukir dalam membentuk detail dari bentuk. Sepeti ukiran mata, tempurung kura-kura sampai dengan kaki kura-kura.

Demikian rangkaian proses membuat patung sabun. Mulai dari peralatan yang digunakan sampai dengan langkah-langkah dalam membuatnya.

BACA JUGA: 11 Fakta, Manfaat, dan Efek Samping Sabun Pepaya

3. Contoh prakarya dari sabun batangan

cara membuat patung dari sabun
orami

Cara membuat patung dari sabun batang ternyata mudah dan praktis. Namun sering kali sebagai pemula kesulitan dalam menentukan tema, pola dan alat yang digunakan dalam mengukir. Sebenarnya sah-sah saja bila kebingungan dalam mentukan tema patung yang diinginkan. Maka dari itu, buat kamu yang kesulitan menentukan tema maka tak ada salahnya menyimak ulasan lengkap di bawah ini.

Patung daun

Ide yang pertama dan mungkin bisa diterapkan dalam membuat patung dari sabun batang adalah daun. Pola ini dianggap tidak rumit seperti halnya membuat patung hewan yaitu kura-kura, ayam dan sebagainya. Cara membuat patung dari sabun bentuk daun sangat mudah. Kamu hanya perlu membuat pola membentuk bangun ruang oval pada area sabun.

Kemudian ikuti langka-langkah pengukiran seperti penjelasan di atas. Jika sudah semua, maka tinggal membentuk garis-garis pada tulang daun agar patung daun mulai terlihat sempurna.

Patung ikan

Selain patung daun ada pula patung berbentuk ikan. Patung ikan masih sama halnya dengan patung daun. Tema ini mudah dibuat oleh kamu yang masih pemula. Langkah pertama adalah membuat pola membentuk oval di bagian permukaan sabun. Selanjutnya ukir beberapa tempat mengikuti pola yang sudah diterapkan. Kemudian saat masuk proses finishing adalah menghaluskan bagian-bagian pola ikan tersebut.

Buah nanas

Pola sederhana dan bisa dibuat oleh siapapun adalah bentuk nanas. Buah nanas yang berbentuk lonjong ini, bisa kamu terapkan untuk membuat patung dari sabun. Cara membuat patung dari sabun dengan tema nanas sama halnya saat memulai membentuk pola ikan ataupun daun. Buatlah gambar lingkaran lonjong dan kemudian mengukir.

Demikian ulasan mengenai kerajinan tangan dari sabun batang. Mulai dari cara membuat patung dari sabun batangan, hingga perlengkapan yang diperlukan. Semoga membantu Sedulur dalam berkarya dari sabun.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.