Cara bikin link wa

Saat akan menghubungi seseorang lewat Whatsapp, Sedulur biasanya diwajibkan untuk menyimpan nomor kontak sasaran dulu di ponsel. Barulah nanti nama kontak akan muncul di aplikasi. Sebenarnya bukan hal yang susah, tetapi bakal lebih praktis kalau kita bisa membagikan kontak lewat link. 

Fitur tersebut bernama click to chat yang memang disediakan WA untuk mempermudah orang saat akan mengontak nomor baru yang belum disimpan. Cara ini sangat membantu pemilik bisnis atau layanan karena mempercepat calon pelanggan atau pengguna untuk menghubungi mereka. Bagaimana sih cara membuat link WA? Berikut tipsnya. 

BACA JUGA: 6 Cara Membuat Barcode Lewat Laptop / HP Cepat & Gratis

1. Menggunakan wa.me 

cara membuat link wa
Instagram @whatsapp

Cara membuat link wa me sangat mudah, Sedulur. Kamu bisa menyalin template berikut “https://wa.me/<nomortelepon>”. Kolom di dalam kurung diisi dengan nomor telepon lengkap yang bersangkutan. Namun, saat melakukan pengisian lakukan beberapa hal berikut. 

-->

Ganti angka 0 di depan nomor telepon dengan kode negara. Indonesia memiliki kode negara 62, jangan tambahkan simbol + di depan nomor. Hilangkan tanda kurung pada kolom nomor telepon. 

Begini contoh yang benar: 

https://wa.me/6281234567890 

2. Buat link WA dengan pre-filled-message

Pexels

Dengan cara ini Sedulur bisa menyempilkan pesan atau kode unik. Ini berguna untuk kebutuhan bisnis atau penyedia layanan yang ingin menyakinkan pengguna untuk menghubungi mereka lewat tautan yang disisipkan di media sosial. Berikut template yang bisa dipakai. 

https://wa.me/?text=urlendcodedtext

Kolom urlendcodedtext bisa diisi dengan pesan atau kode unik yang bisa Sedulur kustomisasi sendiri. Berikan jarak tiap katanya menggunakan simbol underscore (_) seperti ini. Berikut contohnya:

https://wa.me/?text=pesan_print_online 

Template tersebut bisa ditempatkan pada tautan pada bio Instagram agar bisa diakses orang yang membutuhkan layanan Sedulur. Atau bagikan saja langsung pada kerabat. 

BACA JUGA: Penyebab & 10 Cara Mengatasi Whatsapp Bermasalah, Lengkap

3. Cara membuat link WA di IG dengan Whatsapp Link Generator 

Pexels

Cara termudahnya adalah dengan menggunakan situs wa.link. Silakan pergi ke tautan tersebut, kemudian isikan data sesuai formulir yang tertera di layar. Pada dasarnya link tersebut memiliki template sebagai berikut. 

https://api.whatsapp.com/send?phone=<nomortelepon> 

Sebagai contoh tautan yang akan terkirim di dalam pesan atau bisa disalin di media sosial atau laman situs Sedulur adalah  https://api.whatsapp.com/send?phone=6281234567890 

4. Membuat tautan yang cantik dan mudah diingat 

cara membuat link wa
Pexels

Untuk membuat tautan cantik dan rapi serta terlihat profesional, Sedulur bisa mempraktikan cara membuat link WA di Bitly. Caranya sungguh mudah. Ikuti langkah berikut. 

  • Buat link WA dengan salah satu cara di atas. Silakan pilih yang paling sederhana dan pendek. 
  • Pergi ke situs resmi Bitly di https://bitly.com/ 
  • Silakan pilih salah satu rencana langganan, mau yang berbayar atau gratis. 
  • Daftarkan diri Sedulur menggunakan alamat email apapun yang dipunya. Buat juga username dan password
  • Gunakan deh fitur memperpendek dengan menu Create. 
  • Salin tautan WA yang panjang tadi, kemudian tempel di kolom Paste Long URL. Klik tombol Create. 
  • Layar akan berubah menjadi menu Edit Link. Di sini Sedulur bisa menambahkan judul dan mengganti kode tautan dengan kalimat yang lebih mudah diingat. Bila Sedulur memiliki akun berbayar, domain dari tautan bahkan bisa dikustomisasi sehingga tidak memasukkan unsur bit.ly di alamat link-nya. 
  • Klik Save, kemudian Copy. Tempel di manapun Sedulur hendak membagikan tautan yang sudah diperpendek tersebut. 

Tutorial di atas bisa jadi cara membuat link WA untuk olshop. Tempelkan di media sosial seperti bio Instagram atau Tiktok agar bisa diakses calon pelanggan yang hendak bertanya seputar produk atau jasa yang ditawarkan. 

5. Membuat link dengan Whatsapp Business 

cara membuat link wa
Instagram @whatsapp

Sedulur bisa pula menggunakan aplikasi Whatsapp Business yang fiturnya lebih lengkap sehingga memperlancar usaha yang sedang digarap. Dengan Whatsapp Business, Sedulur bahkan bisa membuat tautan dengan lebih cepat dan praktis. Begini cara kerjanya. 

  • Buka aplikasi dan pergi ke menu Settings, kemudian pilih Business tools  
  • Klik Short link untuk melihat tautan akun Sedulur. Kemudian, pilih aksi yang diperlukan. Mau menyalin, membagikan, atau bahkan mengirim tautan beserta pesan bisa Sedulur lakukan. Sangat praktis dan tak menyita waktu. Silakan pertimbangkan, bila Sedulur banyak menggunakan Whatsapp untuk keperluan toko daring. 

BACA JUGA: Cara Login WhatsApp Web di PC/Laptop Tanpa Download Aplikasi

Keuntungan dan cara mengoptimalkan link WA untuk keperluan bisnis

Pexels

Tautan WA sangat berguna karena mengurangi kerumitan saat akan melakukan kontak ke nomor baru yang belum tersimpan di ponsel. Tentunya ini adalah kabar baik bagi pemilik bisnis yang tujuannya tak jauh dari keinginan meraup lebih banyak pelanggan atau pengguna jasa. Salah satu caranya dengan mempermudah akses untuk pelanggan bisa menghubungi mereka kapan saja dan dengan cara yang praktis. Fitur ini akan sangat bermanfaat untuk melayani pelanggan yang butuh info produk dan jasa. Mereka tak perlu lagi kerepotan menyimpan nomor kontak dulu di ponsel. 

Sertakan pada profil media sosial

Dengan begitu, pelanggan hanya butuh satu kali klik untuk bisa menghubungi Sedulur sebagai penyedia produk atau jasa. Tak ada ragi keraguan dari pelanggan untuk bertanya karena kewajiban menyimpan nomor sudah bisa dihilangkan. 

Jadikan CTA untuk blog atau situs resmi 

Selain itu, fitur ini bisa digabungkan dengan teknik promosi dan pemasaran. Misalnya dimasukkan dalam artikel blog, kemudian diselipkan dalam bentuk Call to Action (CTA). Contohnya sebagai berikut.

“Mau punya koleksi jam tangan sekeren ini, hubungi kami lewat Whatsapp sekarang juga!”. Pada bagian kata Whatsapp, Sedulur bisa memasukkan tautan click to chat yang sudah dibuat sebelumnya. Maka, pembaca blog bisa langsung menekan link tersebut dan layar akan langsung membuka aplikasi Whatsapp dengan tampilan siap mengirim pesan. Sangat powerful, bukan?  

Tetap waspada dengan keamanan data

Meski praktis, ada banyak bahaya yang mengancam Sedulur sebagai pemilik nomor. Untuk itu, Sedulur bisa melakukan beberapa cara seperti ini. 

  • Hindari menggunakan tautan yang menyertakan nomor ponsel lengkap Sedulur, silakan gunakan kode unik atau bantuan situs yang mempersingkat tautan seperti Bitly. 
  • Segera blokir nomor atau pihak yang mencurigakan, seperti sering mengirim pesan spam atau menjurus pada penipuan.
  • Tautkan Whatsapp dengan CRM atau aplikasi pengelola data pelanggan sebagai pengamanan berlapis. Dengan cara ini, Sedulur bisa memantau legitimasi kontak-kontak yang berusaha menghubungi Sedulur.  

Sederet cara membuat link WA tanpa aplikasi di atas sangat mudah. Sedulur bisa melakukannya dalam hitungan menit saja dan gratis tanpa pungutan biaya. Namun, tetap waspada dengan segala risiko penipuan dan spamming yang bisa dilakukan orang saat Sedulur mengekspos nomor ponsel. Silakan gunakan tips-tips di atas untuk membantu mengamankan akun dari upaya hacking dan penipuan lainnya. Mari  tetap jadi pengguna teknologi yang cerdas. 

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.