cara membersihkan microwave

Sudahkah Sedulur mengetahui bagaimana cara membersihkan microwave? Seperti diketahui, microwave merupakan salah satu perlengkapan dapur yang kerap digunakan dalam kegiatan memasak sehari-hari di rumah. Memanaskan makanan menggunakan microwave dinilai lebih simpel dibandingkan menggunakan kompor gas.

Meski begitu, ternyata masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara membersihkan microwave atau malah belum pernah membersihkan microwave-nya sama sekali. Padahal ini merupakan hal yang penting untuk dilakukan karena kebersihan microwave juga dapat mempengaruhi makanan yang dipanaskan.

Ingin tahu bagaimana cara membersihkan microwave? Berikut sudah dirangkum beberapa cara membersihkan microwave yang bisa Sedulur coba di rumah. Selain itu juga akan dipaparkan tips merawat microwave agar tetap awet meski telah digunakan dalam jangka waktu lama. Yuk, langsung disimak informasinya pada artikel berikut.

BACA JUGA: Jangan Sampai Salah! Ini 8 Perbedaan Oven dan Microwave

Cara Membersihkan Microwave

microwave yang awet
TreeHugger

Sebagaimana yang telah dipaparkan sebelumnya, microwave merupakan salah satu perlengkapan dapur yang cukup sering digunakan. Alat elektronik yang kerap disamakan dengan oven ini menawarkan kemudahan dalam penggunaannya. Misalnya, hanya dengan menekan tombol, makanan yang semula dingin akan menjadi hangat hanya dalam hitungan menit.

Sayangnya, kemudahan tersebut membuat banyak orang kurang memperhatikan kebersihan dari alat satu ini. Padahal ketika proses menghangatkan makanan, sangat mungkin terjadi cipratan dari makanan yang dapat mengotori bagian dalam microwave.

Jika dibiarkan dalam waktu lama, cipratan tersebut dapat berubah menjadi kerak yang sulit dibersihkan. Selain itu, kondisi microwave yang kotor juga dapat mempengaruhi rasa makanan di samping masalah kebersihannya. Sebab sisa-sisa kotoran tersebut juga bisa menjadi sarang bakteri.

Namun Sedulur tidak perlu khawatir, karena cara membersihkan microwave sebenarnya bukanlah hal yang sulit dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Sedulur juga bisa memanfaatkan berbagai bahan di sekitar untuk membersihkan microwave.

Agar tak makin penasaran, berikut ada 5 cara membersihkan microwave yang bisa Sedulur coba. Perhatikan baik-baik, ya.

1. Menggunakan cuka putih

Cara yang pertama adalah dengan memanfaatkan cuka putih. Untuk mencoba tips yang satu ini, Sedulur perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan, yaitu cuka putih, air, dan kain mikrofiber. Selanjutnya, Sedulur dapat mulai membersihkan dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

  • Pertama, campurkan dua sendok makan cuka putih dengan dua gelas air. Tuangkan kedua bahan tersebut ke dalam mangkuk yang aman untuk dipanaskan dengan microwave. Sedulur juga bisa menambahkan minyak esensial untuk menghilangkan bau asam dari cuka.
  • Kemudian, masukkan mangkuk berisi campuran air cuka tadi ke dalam microwave dan panaskan selama 5 menit dengan daya tinggi.
  • Setelah pemanasan selesai, diamkan selama 10 menit. Kemudian, cabut microwave lalu lepaskan mangkuk, rol penopang, dan meja putar.
  • Setelah itu, bersihkan seluruh bagian microwave secara perlahan menggunakan kain microfiber yang sudah dibasahi. Sebagai catatan, hindari bagian ventilasi saat membersihkan microwave.
  • Setelah bagian dalam microwave bersih, Sedulur dapat membersihkan bagian luarnya menggunakan kain microfiber kering.

2. Menggunakan lemon

Cara berikutnya yang patut Sedulur coba untuk membersihkan microwave adalah dengan menggunakan buah lemon. Hampir sama dengan cara sebelumnya, Sedulur juga perlu menyiapkan bahan dan alat, yakni air, gelas atau mangkuk yang aman untuk dipanaskan dalam microwave, dan kain mikrofiber. Adapun berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, campurkan air perasan lemon dan air di mangkuk atau gelas sampai hampir penuh.
  • Tambahkan beberapa irisan lemon ke dalamnya.
  • Kemudian, panaskan di dalam microwave selama 5 menit.
  • Setelah itu, diamkan sebentar agar uap air menyebar ke seluruh bagian dalam microwave selama 5-10 menit.
  • Terakhir, buka microwave, keluarkan gelas atau mangkuk berisi air, lalu basuh menggunakan kain mikrofiber yang sudah dibasahi.

3. Menggunakan sabun cuci piring

Selain menghilangkan noda minyak dan sisa makanan di peralatan makan maupun memasak, sabun cuci piring ternyata juga digunakan untuk membersihkan microwave, lo. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, siapkan sabun cuci piring, air hangat, spons, dan kain mikrofiber.
  • Cabut kabel microwave, lalu lepas semua bagian yang dapat dilepas termasuk rak dan meja putar. Sedulur dapat mencuci rak dan meja putar menggunakan sabun cuci piring seperti saat mencuci alat makan.
  • Bersihkan bagian dalam microwave menggunakan kain microfiber yang sudah dibasahi. Pastikan untuk membersihkan seluruh bagian hingga tidak ada kotoran atau sisa makanan yang tersisa.
  • Selanjutnya, campurkan air hangat dengan beberapa tetes sabun cuci piring. Kemudian, celupkan spons dan usap bagian dalam microwave dengan gerakan melingkar hingga mengenai seluruh bagian kecuali ventilasi.
  • Terakhir bersihkan sisa sabun menggunakan kain microfiber yang baru atau masih bersih. Pastikan tidak ada sisa sabun yang masih menempel.

4. Menggunakan baking soda

Bahan lain yang juga bisa digunakan untuk membersihkan microwave adalah baking soda. Bahan yang biasa dicampurkan dalam pembuatan kue ini telah lama dikenal akan manfaatnya untuk membersihkan noda, termasuk kerak yang membandel. Berikut cara menggunakan baking soda untuk membersihkan microwave.

  • Pertama, larutkan baking soda dengan segelas air hangat. Sedulur bisa mencampurkan kedua bahan tersebut ke dalam mangkuk tahan panas.
  • Kemudian, masukkan larutan baking soda ke dalam microwave dan panaskan selama 5 menit menggunakan suhu tinggi. Setelah itu, diamkan sebentar atau kurang lebih selama 10 menit sebelum membukanya.
  • Matikan microwave, lalu cabut kabelnya dan keluarkan mangkuk berisi larutan baking soda, meja putar, serta rol penopang.
  • Basuh bagian dalam microwave menggunakan kain microfiber yang sudah dibasahi. Sedulur juga bisa mencelupkan kain ke dalam larutan baking soda untuk menghilangkan noda yang membandel.

5. Menggunakan cairan pembersih jendela

Terakhir, Sedulur bisa menggunakan cairan pembersih jendela untuk membersihkan microwave, khususnya sisi luarnya. Jika Sedulur juga ingin membersihkan bagian dalamnya, pastikan cairan yang digunakan aman untuk makanan atau sudah food grade agar bahan di dalamnya tidak malah membahayakan kesehatan.

Adapun cara menggunakan cairan pembersih ini cukup mudah. Sedulur cukup mencampurkan air hangat dan cairan pembersih jendela dengan perbandingan yang sama. Kemudian, celupkan spons dan basuh seluruh bagian microwave.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Oven Listrik Low Watt Terbaik dan Terbaru 2023

Tips Merawat Microwave

Pexels

Selain mencari tahu cara membersihkan microwave, Sedulur juga perlu mengetahui bagaimana cara merawat microwave sehingga awet digunakan selama beberapa tahun. Microwave sendiri biasanya bisa awet atau dapat berfungsi dengan baik hingga 10 tahun.

Untuk itu, Sedulur perlu merawatnya agar tidak cepat rusak meski sering digunakan. Berikut beberapa tips merawat microwave yang bisa Sedulur ikuti.

1. Perhatikan waktu pemanasan

Cara merawat microwave dimulai dengan menggunakan secara tepat. Salah satu caranya adalah memperhatikan waktu pemanasan. Waktu pemanasan ini berkaitan dengan pengaturan suhu saat memanaskan, yakni apakah menggunakan suhu tinggi atau rendah.

Dihimpun dari berbagai sumber, ada baiknya Sedulur menggunakan suhu rendah dan waktu pemanasan yang lebih panjang. Pasalnya, penggunaan suhu tinggi dapat membuat makanan berceceran saat dipanaskan. Penggunaan suhu rendah juga dinilai lebih ramah terhadap kerja mesin karena alat tidak mengalami kenaikan suhu secara drastis dalam waktu singkat.

2. Segera bersihkan makanan yang tercecer 

Makanan menciprat atau tercecer saat dipanaskan dengan microwave merupakan satu dari sekian banyak hal yang umum terjadi. Jika setelah memanaskan Sedulur menemukan ada makanan tercecer ataupun terdapat cipratan, ada baiknya Sedulur segera membersihkannya.

Dengan begitu, noda akan lebih mudah dibersihkan dibandingkan membiarkannya dalam waktu lama. Selain itu, membiarkan sisa makanan di dalam microwave juga bisa menimbulkan bau kurang sedap pada microwave. Meski terlihat sepele, nyatanya hal ini dapat mempengaruhi rasa makanan yang dipanaskan selanjutnya.

3. Gunakan penutup saat menghangatkan makanan

Untuk menghindari adanya makanan yang terciprat atau tercecer saat dipanaskan, Sedulur bisa menggunakan wadah tertutup. Dengan demikian, microwave juga lebih terjaga kebersihannya. Adapun saat ini sudah banyak tersedia wadah makanan yang hadir dalam satu set dengan tutupnya.

Sedulur dapat memilih jenis wadah serupa namun jangan lupa untuk memastikan wadah yang digunakan aman untuk dipanaskan dalam microwave. Beberapa wadah yang dibuat khusus untuk microwave biasanya sudah memiliki tanda tersendiri dan Sedulur tidak akan bingung ketika mencarinya.

4. Pastikan microwave dalam keadaan tertutup saat digunakan

Selain menggunakan wadah makanan yang tertutup, Sedulur juga perlu memastikan pintu microwave dalam keadaan tertutup dengan tepat saat digunakan. Salah satu cara memastikan pintu sudah tertutup adalah tidak ada celah di antara pintu dan badan microwave. Selain itu, pintu juga tidak miring.

Mengapa harus tertutup rapat? Perlu diketahui bahwa microwave bekerja dengan menggunakan gelombang mikro. Jika pintu tidak tertutup rapat, aliran panas dapat keluar sehingga microwave tidak dapat bekerja secara optimal dalam menghangatkan makanan. Dalam jangka panjang, hal ini bisa menyebabkan microwave menjadi rusak.

5. Gunakan wadah khusus untuk microwave

Hal lain yang penting diperhatikan saat menggunakan microwave adalah selalu menggunakan wadah khusus yang aman untuk dipanaskan dengan microwave. Perlu diperhatikan bahwa saat Sedulur memanaskan makanan menggunakan microwave, wadah yang digunakan akan ikut mengalami kenaikan suhu. Sehingga apabila wadah tersebut tidak terbuat dari bahan yang tahan panas dapat mengalami kerusakan.

Selain itu, Sedulur juga sebaiknya tidak menggunakan wadah berbahan logam saat memanaskan makanan dengan microwave. Hal ini dikarenakan wadah logam dapat menimbulkan percikan api ketika dipanaskan.

6. Bersihkan secara rutin

Tips yang terakhir adalah membersihkan microwave secara rutin. Sedulur bisa membersihkannya setiap seminggu sekali atau bahkan setiap setelah menggunakan microwave. Pembersihan secara rutin dapat mencegah terjadinya tumpukan kotoran yang mungkin awalnya tidak terlihat karena hanya berupa cipratan.

Padahal, kotoran tersebut tetap berpotensi menjadi sarang bakteri yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan apabila masuk ke dalam tubuh karena menempel pada makanan saat dipanaskan. Agar kegiatan membersihkan microwave lebih mudah dan tentunya anti ribet, Sedulur dapat mengikuti cara-cara membersihkan microwave yang sudah dipaparkan di atas, ya.

Itu dia cara membersihkan microwave yang dapat Sedulur coba di rumah. Selain itu juga sudah dipaparkan tips merawat microwave agar tetap awet digunakan dalam jangka waktu lama, bahkan hingga tahunan.

Sebagai catatan, Sedulur bisa menggunakan kembali microwave setelah seluruh bagiannya kering. Sedulur juga bisa menggunakan kain microfiber kering untuk memastikan microwave sudah benar-benar kering dan tidak ada sisa bahan pembersih yang tertinggal sebelum menggunakannya kembali.