cara memasak nasi di kompor

Dengan adanya rice cooker, memasak nasi untuk kebutuhan makan sangat mudah dan praktis. Namun ketika rice cooker Sedulur rusak, apakah Sedulur tahu cara alternatif lain memasak nasi? Sebelum adanya rice cooker, masyarakat Indonesia menggunakan cara memasak nasi di kompor.

Karena kebiasaan memasak nasi menggunakan rice cooker, secara perlahan cara memasak nasi di kompor mulai ditinggalkan. Maka tidak heran jika Sedulur tidak mengetahui caranya. Namun jika dalam kondisi darurat rice cooker rusak, tentu Sedulur harus tetap memasak nasi untuk kebutuhan makan. Agar Sedulur tidak kebingungan, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas bagaimana langkah dan cara memasak nasi di kompor yang mudah. Tanpa berlama-lama, yuk simak tipsnya berikut ini!

BACA JUGA: 6 Cara Masak Nasi Biar Tetap Putih, Pulen, dan Tidak Mudah Basi!

Cara memasak nasi di kompor

Terdapat beberapa langkah yang bisa Sedulur lakukan sebagai cara memasak nasi di kompor. Jika takarannya tidak pas atau kurang tepat, bisa membuat nasi terlalu keras bahkan terlalu lembek menyerupai bubur. Berikut ini cara dan tips yang perlu Sedulur pahami:

-->

1. Mencuci beras

cara memasak nasi di kompor
iStock

Langkah pertama dalam cara memasak nasi di kompor yaitu dengan mencuci beras. Hal ini sama dengan memasak nasi menggunakan rice cooker. Sedulur bisa mencucinya di dalam wadah biasa atau menggunakan saringan dengan lubang kecil.

Cuci beberapa kali hingga air cuciannya tidak terlalu keruh. Tujuan dari mencuci beras yaitu untuk menghilangkan pati atau debu yang berlebih pada butiran beras sehingga bisa membuat nasi menjadi lengket atau menggumpal. Bukan hanya itu, mencuci beras sebelum dimask juga dapat membuat nasi awet tahan lama dan bebas bau karena kotorannya telah dibersihkan.

2. Gunakan takaran yang tepat

cara memasak nasi di kompor
iStock

Langkah kedua dalam cara memasak nasi di kompor yaitu dengan menggunakan takaran beras dan air yang tepat agar nasi yang dihasilkan sangat pulen. Jika Sedulur menggunakan mangkuk atau gelas sebagai takarannya, maka Sedulur bisa menggunakan perbandingan beras dan air sebanyak 1:1,5, yang berarti 3 mangkuk beras membutuhkan 4,5 mangkuk air.

Setiap jenis beras memiliki takaran yang berbeda, maka dari itu Sedulur harus menggunakan takaran pas agar nasi matang sempurna dan tidak kering. Beras berbulir panjang biasanya menggunakna takaran 2:1, jadi 1 gelas beras membutuhkan 2 gelas air. Sementara itu, untuk beras berbulir pendek seperti beras jepang, membutuhkan takaran 1:1 atau 1 gelas berar untuk 1 gelas air.

3. Masak dengan api sedang

cara memasak nasi di kompor
iStock

Setelah selesai ditakar, cara memasak nasi di kompor adalah dengan menyalakan kompor. Sedulur bisa memasak nasi dengan menggunakan api sedang. Jangan pernah memasak nasi dengan api yang besar, karena hal tersebut dapat merusak tekstur nasi. Sedulur juga bisa memilih panci dengan bagian bawah yang tepal.

Hal ini dapat menahan dan mendistribukan padas ke seluruh bagian dengan baik. Bagian bawah panci yang tebal pun sangat penting untuk merebus nasi dalam metode penyerapan, saat pembentukan kantong uap memainkan peran kunci dalam memasak.

4. Jangan lupa menutup panci

iStock

Cara memasak nasi selanjutnya yaitu jangan lupa menutup panci saat proses memasak dilakukan. Mengangkat tutup panci saat beras dimasak bisa memperpanjang waktu memasak karena melepaskan tekanan dan uap.

Selain itu, membuka panci terlalu sering saat beras dimasak juga bisa menyebabkan rasio air dan beras yang Moms hitung dengan hati-hati rusak sehingga menghasilkan nasi kering dan kurang matang. Oleh karena itu, Sedulur sebaiknya membiarkan panci selalu tertutup hingga nasi matang dengan sendirinya.

5. Saat matang, biarkan terlebih dahulu

iStock

Setelah nasi matang, Sedulur jangan terlalu buru-buru untuk mengaduknya. Biarkan terlebih dahulu, terutama hingga uapnya menghilang. Jangan mengaduk nasi ketika masih mendidih di atas kompor karena akan membuat teksturnya menjadi lebih lembek bukan membuat teksturnya menjadi pulen.

Maka Sedulur bisa mematikan api, tutup lagi pancinya, dan biarkan dulu beberapa saat, baru Sedulur bisa mengaduknya. Sedulur bisa mendiamkan 5-30 menit sebelum mengaduk nasi agar uap air mendistribusikan dirinya sendiri secara merata dan nasi menjadi lebih pulen.

Sedulur juga bisa menggunakan garpu untuk mengaduk dan mengangkat nasi dengan lembut sehigga setiap butirannya tidak saling menempel. Ini merupakan rekomendasi, tips dan cara memasak nasi di kompor yang perlu Sedulur pahami.

BACA JUGA: 5 Tips Memasak Nasi Jadi Pulen, Nggak Harus Pakai Beras Mahal!

Kelebihan memasak nasi di kompor

cara memasak nasi di kompor
iStock

Dari langkah dan cara memasak nasi di kompor yang telah dijelaskan di atas, tentu sedikit lebih repot ketimbang memasak nasi menggunakan rice cooker. Namun harus Sedulur ketahui, cara memasak ini memiliki kelebihan dibanding memasak nasi menggunakan rice cooker.

Kelebihan pertama yaitu akan lebih hemat listrik. Perlu Sedulur ketahui sendiri bahwa memasak nasi menggunakan rice cooker akan menyedot listrik lebih banyak. Karena bukan hanya saat proses memasaknya, namun juga proses menghangatkan nasi yang membutuhkan daya listrik saat menggunakan rice cooker.

Meskipun tahapannya sedikit lebih repot, namun memasak nasi menggunakan kompor tidak perlu perawatan khusus. Karena menggunakan rice cooker membutuhkan perawatan khusus agar rice cooker tidak rusak dan bisa bertahan lama.

Nasi yang dihasilkan dengan proses memasak menggunakan kompor akan lebih pulen dan lebih nikmat ketimbang menggunakan rice cooker. Memasak nasi menggunakan rice cooker bisa dibilang merupakan cara memasak nasi instan.

Itulah tips dan cara memasak nasi di kompor yang bisa Sedulur lakukan, terutama ketika kondisi darurat saat rice cooker di rumah Sedulur sedang rusak. Sebelum ada rice cooker pun, cara di atas digunakan sejak dari lama untuk memasak nasi.

Agar nasi yang Seduur masak semakin pulen, Sedulur bisa menggunakan beras berkualitas baik. Rekomendasi terbaik yaitu dengan menggunakan Beras Buncit dan Beras Karya Alam Hijau. Kedua merk beras tersebut, merupakan beras premium berkualitas baik yang dijamin pulen saat diolah menjadi nasi.

Untuk mendapatkan Beras Buncit dan Beras Karya Alam Hijau, Sedulur bisa membelinya di Aplikasi Super. Bukan hanya beras saja, namun kebutuhan dapur lainnya tersedia lengkap di Aplikasi Super. Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa download terlebih dahulu di PlayStore, ya!