Cara melatih kreativitas diri menjadi salah satu aspek yang penting untuk Sedulur ketahui. Di era sekarang yang segalanya serba berkembang pesat, jiwa individu yang kreatif sangat dibutuhkan untuk menghasilkan berbagai ide-ide cemerlang. Baik itu dalam lingkup pekerjaan, kuliah, atau bahkan sekolah, orang-orang yang kreatif akan selalu menemukan jalannya dari segala tantangan dan hambatan.

Lantas, bagaimana caranya untuk menjadi pribadi tersebut? Simak beberapa cara melatih kreativitas dalam pembahasan berikut ini, yuk!

BACA JUGA: Cara Membuat Buket Uang yang Mudah dan Bisa Jadi Bisnis!

Cara melatih kreativitas diri yang dapat Sedulur coba

Di bawah merupakan 12 cara melatih kreativitas dan juga mengembangkan segala potensi diri.

-->

1. Amati sesuatu yang dikenal

Depositphotos

Mengamati sesuatu yang dikenal merupakan cara yang baik untuk melatih kreativitas. Dengan melakukan pengamatan seksama, Sedulur dapat merangsang otak untuk melatih dan mempertajam ingatan.

2. Membangun kreatifitas dengan mempertajam pikiran

Cara melatih kreativitas yang dapat Sedulur lakukan adalah dengan mempertajam pikiran. Dalam hal ini, mempertajam pikiran berarti juga meningkatkan kepekaan pengindraan pada diri kita. Sedulur menjadi lebih wawas diri terhadap segala perkembangan yang terjadi di sekitar, kemudian memanfaatkannya untuk meningkatkan kreativitas.

BACA JUGA: 100+ Nama Usaha yang Bagus dan Artinya, Dijamin Bawa Hoki!

3. Jangan menunda-nunda pekerjaan

cara melatih kreativitas
Depositphotos

Kebiasaan menunda-nunda pekerjaan secara tidak langsung akan memperlambat progres perkembangan diri untuk menjadi kreatif. Atur waktu dengan baik, pertimbangkan mana waktunya untuk bekerja dan mana waktunya untuk beristirahat, ya Sedulur!

4. Ambil sudut pandang orang lain

Mungkin banyak di antara kita yang masih belum mengerti kenapa mengambil sudut pandang orang lain sangat perlu dilakukan sebagai cara melatih kreativitas. Bukannya mengambil sudut pandang orang lain justru membuat kita meniru orang tersebut dan menyiratkan bahwa kita tidak kreatif?

Tentu saja tidak, Sedulur! Justru dengan mengambil sudut pandang orang lain, kita dapat memperluas pikiran kita mengenai suatu hal. Bisa jadi, dari sudut pandang orang lain tersebut ada satu atau dua aspek yang terlewatkan olehnya. Nah, dari situlah kita akan mengisi kekosongan tersebut dengan kreativitas diri kita.

BACA JUGA: Manfaat Energi Matahari Bagi Kehidupan Manusia dan Alam

5. Melakukan brainstorming

cara melatih kreativitas
Depositphotos

Brainstorming adalah sebuah metode yang lazim digunakan untuk memecahkan masalah dengan menghasilkan ide secara kreatif dan cepat. Istilah tersebut juga mengacu kepada proses mengeluarkan ide dengan leluasa dan tanpa kritik untuk menghasilkan tujuan tertentu.

Brainstorming menjadi cara melatih kreativitas yang baik karena ia dapat mendorong diri untuk mengemukakan pendapat, berdiskusi, serta berpikir kritis dan kreatif. Dengan begitu, berbagai macam ide dapat muncul dan dikembangkan demi menghasilkan solusi yang tepat untuk suatu permasalahan.

6. Belajar menjadi seorang inovator yang baik

Salah satu cara melatih kreativitas yang efektif adalah dengan belajar. Ya, belajar apapun itu, terutama belajar bagaimana caranya menjadi pemimpin dan juga seorang inovator yang baik. Apabila Sedulur mau menjalani peran tersebut, pasti di tengah jalan Sedulur akan memaksa diri untuk memaksa otak agar bisa mencari, menyesuaikan, dan mengimplementasikan ide-ide, baik yang baru maupun yang lama. Dari situlah perlahan-lahan kreativitas akan terbentuk.

BACA JUGA: Mengenal Arti Haid Menurut Tanggal, Hari, & Waktu Primbon Jawa

7. Mengubah kebiasaan dan persepsi diri yang buruk

cara melatih kreativitas
Depositphotos

Kebiasaan dan persepsi diri yang buruk dapat menghambat proses cara melatih kreativitas. Kebiasaan buruk tersebut akan melekat pada diri Sedulur dan secara langsung berpengaruh terhadap performa kerja. Alhasil, output dari pekerjaan bisa jadi tidak sesuai dengan target.

Selain itu, cara Sedulur memandang diri sendiri ternyata juga dapat menghambat segala proses kreativitas, loh! Bagaimana mungkin Sedulur ingin mencoba sesuatu yang baru apabila Sedulur tidak percaya akan kemampuan diri sendiri? Nah, maka dari itu, ubah segala kebiasaan buruk dan juga cara Sedulur memandang diri sendiri agar dapat membuat progres yang signifikan dalam cara melatih kreativitas.

8. Berani mengambil keputusan yang berisiko

Untuk berpikir kreatif dan out of the box, tidak jarang Sedulur terpaksa untuk mengambil suatu keputusan besar yang sangat berisiko. Keberanian memang menjadi salah satu kunci utama untuk melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda dan menantang kebiasaan.

BACA JUGA: 17 Rekomendasi Pelembab Wajah untuk Kulit Kering Terbaik

9. Tidak takut untuk memulai sesuatu yang baru

cara melatih kreativitas
Depositphotos

Terkadang, jalan untuk melakukan sesuatu yang kreatif dan di luar dugaan adalah dengan memulai sesuatu yang baru. Ya, mayoritas ide dan inspirasi yang tidak biasa mungkin mengharuskan Sedulur untuk menempuh jalan baru. Jangan takut, bisa jadi dari situlah langkah awal yang tepat untuk melatih otak berpikir kreatif dan menemukan diri Sedulur yang baru.

10. Membangun koneksi

Sedulur telah mendapatkan penjelasan bahwa salah satu cara melatih kreativitas yang tepat adalah dengan menelisik sudut pandang orang lain. Nah, salah satu langkah untuk menunjang cara tersebut adalah dengan membangun koneksi.

Membangun koneksi dengan orang-orang baru dapat membuat Sedulur keluar dari sudut pandang diri sendiri. Semakin Sedulur mengenal banyak orang, maka semakin banyak juga obrolan yang mungkin dapat membuka jalan tersebut. Dengan perspektif dari orang-orang kreatif serta inspiratif tersebut, Sedulur secara tidak langsung akan melatih diri untuk berpikir kreatif.

11. Beristirahat

cara melatih kreativitas
Depositphotos

Penting bagi Sedulur untuk memperhatikan waktu istirahat bagi tubuh. Seperti yang telah kita ketahui bersama, kesehatan tubuh adalah senjata utama untuk mampu berpikir kreatif. Apabila kita terlalu memforsir kerja tubuh dan otak, tentunya inspirasi dan ide baru tidak akan muncul

Maka dari itu, carilah waktu yang tepat untuk beristirahat sejenak. Buat manajemen waktu yang baik agar Sedulur tidak perlu sering-sering begadang karena bekerja, bahkan bisa juga Sedulur terapkan konsep power nap (tidur siang selama 20-30 menit di sela-sela pekerjaan).

12. Menerapkan pola hidup sehat

Langkah yang terakhir untuk melatih kreativitas adalah menerapkan pola hidup sehat. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa terdapat kaitan antara kreativitas dan juga pola hidup sehat. 

Apabila Sedulur membiasakan untuk selalu tidur tepat waktu, berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat, serta menghindari stres berlebih, maka aktivitas tersebut akan berdampak kepada meningkatnya kesehatan mental. Nah, dari kondisi mental yang prima tersebutlah kreativitas akan muncul. Orang-orang yang lebih bahagia biasanya akan lebih mudah untuk melihat hidup dari sudut pandang yang lain, termasuk dalam hal kreativitas tersebut.

Nah Sedulur, di atas adalah 12 cara melatih kreativitas dan juga mengembangkan diri yang bisa Sedulur jajal. Beberapa cara tersebut adalah mengamati sesuatu yang dikenal, belajar menjadi seorang inovator, rutin melakukan brainstorming, membangun koneksi, dan juga menerapkan pola hidup sehat.

Cara-cara di atas tentunya tidak akan menghasilkan output yang maksimal apabila tidak ada niatan dari dalam diri Sedulur. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.