Matahari bukan hanya sekadar bintang raksasa yang ada di tata surya. Matahari merupakan sumber energi yang sangat penting bagi alam semesta. Hal ini terbukti dari manfaat matahari yang dapat dirasakan oleh seluruh makhluk hidup, baik tumbuhan, hewan, dan manusia.

Manfaat energi matahari yang bisa kita rasakan setiap hari secara tidak sadar adalah dalam hal penerangan. Tanpa matahari, bumi akan gelap gulita. Bahkan saat kita membuka matapun, kegelapan akan tetap ada. Sungguh hal yang tidak pernah terbayangkan, bukan? Nah, agar Sedulur lebih bersyukur mengenai keberadaan energi matahari ini, simak informasi seputar manfaat matahari berikut, yuk!

BACA JUGA: Macam-Macam Ekosistem yang Ada di Bumi dan Penjelasannya

Manfaat matahari bagi manusia

manfaat matahari
iStock

Dilansir dari Sun Energy, manfaat energi matahari bagi manusia di antaranya adalah:

-->

1. Sumber pembentukan vitamin

Matahari merupakan sumber pembentukan vitamin D yang penting untuk kehidupan manusia. Selain manusia, ternyata hewan dan tumbuhan juga membutuhkan energi dari cahaya matahari. Dalam hal ini, hewan sama dengan manusia, sementara tumbuhan berkaitan dengan proses fotosintesis.

2. Sumber listrik

Matahari dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif yang aman dan ramah lingkungan, misalnya sebagai energi listrik. Prosesnya dilakukan dengan menggunakan panel surya, yakni teknologi yang memungkinkan perubahan sinar matahari menjadi energi listrik.

3. Kebutuhan perkantoran dan industri

Adanya panas matahari juga sangat berdampak pada sektor perkantoran dan industri yang memanfaatkan teknologi panel surya. Hal ini karena mereka dapat meningkatkan keuntungan yang didapatkan dari penghematan pengeluaran listrik hingga 30%.

Matahari berperan besar bagi kesehatan manusia

manfaat matahari
iStock

Peran matahari bagi kesehatan manusia sangatlah besar. Maka dari itu, tubuh manusia disarankan untuk terpapar sinar matahari secara cukup. Menurut penelitian, sinar matahari dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan.

1. Meningkatkan kualitas tidur

Kualitas tidur manusia juga bisa dipengaruhi oleh matahari. Hal ini karena pada saat retina mata terkena paparan sinar matahari, maka proses produksi hormon serotonin dalam tubuh akan mulai dilakukan. Hormon serotonin sendiri berfungsi untuk menenangkan seseorang dan meningkatkan kualitas tidurnya. Jika kadar hormon ini rendah, maka kualitas tidur akan terganggu.  

2. Mencegah penyakit kulit  

Tak hanya berperan dalam peningkatan kualitas tidur, matahari juga dapat mencegah terjadinya penyakit kulit. Paparan sinar matahari yang cukup dipercaya dapat mencegah dan bahkan meredakan gejala penyakit kulit, seperti eksim, jerawat, psoriasis, dan penyakit kuning. 

BACA JUGA: 8 Akibat Rotasi Bumi Bagi Kehidupan di Dunia

3. Produksi vitamin D

Telah disebutkan sebelumnya bahwa matahari dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan vitamin D. Vitamin inilah yang berfungsi untuk meningkatkan penyerapan fosfor dan kalsium dalam usus, serta memperkuat tulang, gigi, dan juga otot.  

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Matahari juga dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena energi panas matahari dalam suatu mekanisme khusus dapat memberikan energi pada sel T, yakni sel yang berperan sentral dalam sistem imun manusia. Dengan begitu, imunitas akan terjaga dan tubuh akan terlindungi dari berbagai kuman dan penyakit.

5. Mencegah depresi

manfaat matahari
iStock

Telah disebutkan sebelumnya bahwa matahari terlibat dalam produksi hormon serotonin. Tak hanya itu, matahari ternyata juga mendukung pelepasan hormon endorfin. Nah, kedua hormon tersebut merupakan hormon yang berkaitan erat dengan suasana hati sehingga bisa membuat seseorang lebih bahagia. Tanpa adanya matahari, suasana hati akan menurun dan risiko terjadinya depresi akan meningkat. 

6. Menurunkan berat badan

Wah, ternyata matahari juga bermanfaat dalam menurunkan berat badan. Paparan sinar UV tersebut dapat mengubah kolesterol pada tubuh menjadi vitamin D yang bermanfaat. Sedulur bisa berjemur selama beberapa menit di bawah sinar matahari untuk membuktikannya sendiri.

7. Menurunkan tekanan darah

Selain menurunkan berat badan, matahari juga berperan dalam penurunan tekanan darah. Bagaimana caranya? Nah, ternyata energi panas matahari yang mengenai kulit akan membuat senyawa nitric oxide dilepaskan oleh tubuh ke pembuluh darah untuk menurunkan tekanannya. 

Lebih dari itu, paparan sinar UV A yang dihasilkan dari sinar matahari juga memiliki manfaat dalam pelebaran pembuluh darah. Hal ini berarti ruang bagi darah yang mengalir akan semakin lebar dan aliran akan berjalan normal. 

8. Mencegah kanker

Lebih jauh lagi, ternyata matahari juga bisa digunakan sebagai terapi untuk mencegah beberapa jenis kanker. Menurut beberapa penelitian, paparan energi panas atau sinar matahari dapat mengurangi risiko kanker payudara, kanker kolorektal, dan kanker prostat. 

BACA JUGA: Teori Asal Usul Bumi Beserta Penjelasan & Prosesnya

Manfaat matahari bagi tumbuhan

manfaat matahari
iStock

Tak hanya bagi manusia, matahari juga memiliki peran penting untuk makhluk hidup lainnya, termasuk manfaat bagi tumbuhan. 

1. Mengaktifkan klorofil

Sebelum memulai proses fotosintesis, tumbuhan membutuhkan sinar matahari untuk mengaktifkan klorofil. Klorofil merupakan zat hijau tumbuhan yang menjadi komponen penting dalam proses fotosintesis.

2. Melancarkan proses fotosintesis

Dengan adanya paparan sinar matahari, tumbuhan akan dapat melakukan proses fotosintesis dengan baik. Hal ini karena sinar matahari merupakan energi bagi tumbuhan untuk menghasilkan makanannya sendiri. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar tumbuhan menggantungkan hidupnya pada matahari.

3. Membantu pertumbuhan pada daun, bunga, dan biji

Sinar matahari juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan daun dan bunga pada tumbuhan. Sedulur dapat mengamati secara langsung bahwa tumbuhan akan tumbuh mengikuti arah datangnya sinar matahari. Selain itu, matahari juga bermanfaat dalam hal menghangatkan biji tumbuhan itu sendiri. 

4. Sumber nutrisi

Sumber nutrisi tumbuhan berasal dari proses fotosintesis. Apabila proses fotosintesis berjalan lancar dengan bantuan sinar matahari, maka tumbuhan akan mendapatkan nutrisi yang cukup untuk keberlangsungan hidupnya. 

Manfaat matahari bagi hewan

manfaat matahari
iStock

Matahari juga bermanfaat bagi hewan, berikut adalah ulasan singkatnya.

1. Menjaga keseimbangan suhu 

Hewan membutuhkan matahari untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat dan stabil. Saat keseimbangan suhu tubuh stabil, maka hewan akan mampu melakukan berbagai aktivitas. 

2. Mempercepat proses adaptasi 

Cahaya matahari juga sangat penting untuk mempercepat proses adaptasi hewan. Hal ini karena hewan merupakan hewan yang sering berpindah tempat dan membutuhkan cahaya yang cukup untuk melakukannya.  

3. Memperlancar proses pencernaan 

Adanya energi panas dalam paparan sinar matahari juga dimanfaatkan oleh hewan untuk melancarkan proses pencernaan makanan yang mereka konsumsi. 

4. Menghangatkan tubuh 

Hewan, terutama reptil sangat membutuhkan panas matahari untuk menghangatkan tubuh mereka. Hal ini dilakukan agar mereka dapat bertahan hidup di habitatnya. 

BACA JUGA: 10 Bahasa Tertua di Bumi, Ada yang Digunakan Sampai Saat Ini

Manfaat matahari bagi alam

matahari
iStock

Secara umum, matahari juga memiliki manfaat bagi alam, yaitu:

  1. Memberikan energi tak terbatas bagi seluruh alam semesta dan makhluk hidup di dalamnya.
  2. Mengatur sistem tata surya dari galaksi Bima Sakti.
  3. Membantu siklus makhluk hidup, dimana dari fotosintesis tumbuhan akan dihasilkan gas oksigen yang penting bagi hewan dan manusia.
  4. Mengeringkan tanah yang basah setelah turunnya hujan.
  5. Memberikan penerangan alami bagi seluruh makhluk hidup.
  6. Membantu terjadinya siklus air yang penting untuk seluruh makhluk hidup.

Nah, itulah manfaat matahari yang perlu Sedulur pahami dengan baik. Meskipun matahari tidak dapat kita jangkau dengan tangan, namun manfaatnya sangatlah besar bagi kehidupan. Semoga kita senantiasa bersyukur dengan keberadaan matahari ini, ya! 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.