cara cepat haid

Haid atau menstruasi merupakan peristiwa fisiologis dan siklus pada wanita dalam masa reproduksi yang ditandai dengan keluarnya darah dari rahim sebagai akibat pelepasan selaput lendir rahim. Siklus ini menjadi hal alami yang hampir dialami semua wanita sejak memasuki masa pubertas. Normalnya, haid atau menstruasi berlangsung selama 5 hingga 7 hari dengan siklus 28 sampai 35 hari. Namun, sebagian wanita mengalami keterlambatan masa haid atau bahkan ingin mempercepat masa haidnya. Itulah sebabnya informasi terkait cara cepat haid banyak dicari.

Perlu Sedulur ketahui, beberapa faktor yang sering kali menjadi penyebab siklus haid berlangsung lebih lama yaitu gangguan hormon, stres, penurunan berat badan, sampai nutrisi tubuh yang tidak terpenuhi dengan baik. Jika Sedulur mengalami keterlambatan haid dan siklus menstruasi berantakan, tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara cepat haid untuk remaja maupun dewasa yang bisa dicoba. Yuk, simak 14 cara cepat haid yang aman di bawah ini!

BACA JUGA: Mengenal Alat Reproduksi Wanita Lengkap dengan Gambarnya

1. Gunakan kontrasepsi hormonal

cara cepat haid
Freepik

Cara cepat haid yang terlambat salah satunya menggunakan alat kontrasepsi hormonal. Langkah ini akan mengubah siklus menstruasi. Jenis kontrasepsi hormonal berupa pil bisa menjadi obat agar cepat haid. Pil kontrasepsi merupakan gabungan dari hormon progesteron dan estrogen. Jika pil tersebut dikonsumsi selama 21 hari, lalu penggunaannya dihentikan atau diganti dengan pil plasebo selama 7 hari, dalam waktu 7 hari tersebut proses menstruasi akan terjadi.

-->

Namun perlu diingat, bagi pasangan suami istri, apabila penggunaan pil dihentikan, kemungkinan terjadinya kehamilan pun akan meningkat. Selain itu, saat mengonsumsi pil ini sebagai cara cepat haid, Sedulur perlu mengetahui risikonya. Meski jarang terjadi, pil ini berisiko meningkatkan kemungkinan terbentuknya gumpalan darah, terjadinya strok, dan serangan jantung. Maka dari itu, sebelum mengonsumsinya lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

2. Konsumsi vitamin C

Freepik

Berikutnya, cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan dapat dilakukan dengan rutin mengonsumsi vitamin C. Selain lezat, vitamin C ternyata juga membantu meningkatkan hormon estrogen dan menurunkan kadar progesteron. Biasanya, kondisi ini akan membuat uterus dan rahim berkontraksi. Dinding rahim akan luruh karenanya dan proses menstruasi bisa terjadi.

Namun, konsumsinya perlu diperhatikan. Tidak boleh lebih dari kebutuhan harian vitamin C untuk tubuh. Mengonsumsi vitamin C secara berlebihan justru dapat membahayakan kesehatan seperti terjadinya ketidakseimbangan nutrisi, masalah pencernaan, membentuk batu ginjal, hingga meningkatkan risiko kanker. Konsumsilah vitamin C maksimal 1.000 mg per hari.

3. Olahraga dan istirahat teratur

Freepik

Olahraga dan istirahat teratur merupakan cara mempercepat haid secara alami. Langkah ini bisa diterapkan sebagai cara cepat haid setelah melahirkan karena terbilang sederhana dan mudah dilakukan. Tujuan dari penerapannya yaitu mencegah terjadinya stres sebagai faktor keterlambatan menstruasi. Cukup lakukan gerakan olahraga sederhana seperti jalan kaki atau bersepeda.

Hal tersebut akan memperlancar aliran darah sehingga haid pun lancar. Selain olahraga, pastikan juga mencukupi waktu istirahat agar produksi hormon kortisol berjalan dengan baik. Hormon kortisol akan mencegah terjadinya stres dan tidak akan memengaruhi hipotalamus, bagian otak yang mengatur siklus haid.

4. Jaga berat badan

Freepik

Perubahan berat badan menjadi faktor yang dapat memengaruhi keterlambatan siklus haid. Berat badan yang terlalu rendah berisiko menyebabkan haid menjadi tidak teratur atau justru berhenti. Pasalnya, tubuh pun memerlukan lemak untuk memproduksi hormon yang mengatur terjadinya menstruasi.

Sebaliknya, memiliki berat badan yang berlebih juga membuat siklus haid berantakan. Kelebihan lemak dapat memengaruhi kadar hormon reproduksi wanita sehingga menyebabkan siklus haid lebih berat dan lama. Maka dari itu, pastikan berat badan Sedulur tetap terjaga dan masih dalam taraf ideal. Jika kekurangan berat badan, sebaiknya mulai penuhi asupan nutrisi harian. Bila kelebihan berat badan, turunkan secara bertahap dengan pola makan bergizi seimbang dan olahraga rutin.

5. Relaksasi

Freepik

Relaksasi dapat meningkatkan aliran darah sehingga secara perlahan mempercepat proses menstruasi. Langkah ini bisa dilakukan dengan berendam atau mandi air hangat. Berendam atau mandi air hangat akan mengendurkan otot-otot yang tegang serta menghilangkan stres emosional. Selain berendam, latihan yoga ringan juga termasuk relaksasi. Berlatih yoga menjadi cara efektif untuk melancarkan haid. Yoga bisa membantu menghilangkan stres dan menjaga tubuh tetap sehat.

BACA JUGA: Pahami Siklus Menstruasi Normal dan Fase-fasenya, Harus Tahu

6. Kurangi aktivitas fisik yang terlalu berat

Freepik

Aktivitas fisik yang terlalu berat bisa menjadi faktor siklus haid berantakan. Masalah ini kerap dialami oleh wanita yang berprofesi sebagai atlet profesional. Kadar estrogen di dalam tubuh berkurang karena intensitas olahraganya terlalu tinggi. Bila Sedulur mengalami persoalan serupa, sebaiknya kurangi aktivitas fisik yang terlalu berat agar produksi hormon kembali seimbang.

7. Konsumsi kunyit

cara cepat haid
Freepik

Banyak wanita mengonsumsi kunyit untuk meredakan nyeri haid. Tidak hanya itu, ternyata kunyit juga berfungsi sebagai cara mempercepat siklus haid. Kunyit dapat memengaruhi kadar estrogen dan progesteron di dalam tubuh. Makanan agar cepat haid ini dapat menurunkan kadar progesteron sehingga akan mempercepat datangnya menstruasi. Sedulur disarankan mengolahnya menjadi jamu dan mengonsumsinya paling tidak 2 kali sehari agar memperoleh manfaat yang maksimal.

8. Konsumsi nanas

Freepik

Nanas kaya akan kandungan bromelin, suatu enzim yang dapat memengaruhi estrogen dan hormon lainnya. Enzim ini dipercaya dapat membantu meredakan inflamasi atau peradangan di rahim. Maka dari itu, mengonsumsi nanas bisa menjadi salah satu cara mempercepat haid secara alami. Namun, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai keterkaitan enzim bromelin dan cara zat ini mempercepat menstruasi.

9. Konsumsi wortel

Freepik

Wortel dikenal akan khasiatnya yang baik bagi kesehatan mata karena kandungan vitamin A yang tinggi di dalamnya. Tidak hanya itu, wortel ternyata juga bisa digunakan sebagai makanan agar cepat haid. Ketika siklus haid tidak teratur, segeralah mengonsumsi jus wortel untuk mengatasinya. Campur dengan tambahan madu agar rasanya lebih nikmat.

Kandungan vitamin C, kalsium, dan zat besi di dalam wortel akan membantu tubuh terasa lebih sehat. Kalau tubuh sudah sehat, Sedulur tidak perlu khawatir lagi dengan gangguan hormon yang bisa menyebabkan haid tidak lancar.

10. Perbanyak konsumsi rempah-rempah

Freepik

Selain kunyit, rempah-rempah lainnya seperti jahe, kayu manis, adas, dan oregano juga bisa dikonsumsi untuk mempercepat menstruasi. Dalam hal ini, rempah-rempah dipercaya bermanfaat terhadap kelancaran siklus haid. Sedulur pun bisa mengonsumsinya guna mengurangi nyeri dan mempercepat masa haid.

Minumlah jamu yang mengandung rempah-rempah untuk meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh. Jika kurang menyukai jamu, berbagai olahan kue adas menjadi alternatif makanan agar cepat haid yang bisa Sedulur konsumsi.

BACA JUGA: Cara Menghitung HPL di Rumah agar Lebih Akurat

11. Berhubungan seksual

cara cepat haid
Freepik

Cara cepat haid yang satu ini bisa dipraktikkan oleh wanita dewasa yang sudah bersuami. Meski tidak banyak orang tahu, faktanya, mengalami orgasme saat berhubungan seksual dapat memicu terjadinya menstruasi. Orgasme saat melakukan hubungan seksual akan membuat leher rahim wanita melebar. Hal ini memicu adanya daya yang menarik darah menstruasi turun sehingga dapat mempercepat haid. Tidak hanya itu, berhubungan seksual secara teratur juga dipercaya mengurangi stres. Jadi, siklus haid berjalan lebih teratur.

12. Kompres hangat di area perut

Freepik

Mengompres area perut dengan air hangat dapat membantu otot lebih relaks. Langkah ini dapat pula meredakan stres emosional. Energi panas yang diterima tubuh akan melancarkan aliran darah sekitar rahim. Metode seperti ini dinilai sebagai salah satu cara mempercepat haid secara alami yang cukup efektif. Untuk mengompresnya, gunakan botol yang terbuat dari kaca agar kehangatan air lebih bertahan lama.

13. Doa agar cepat haid menurut Islam

Freepik

Cara cepat haid dalam 1 jam mungkin sulit ditemukan, namun Sedulur bisa mencoba langkah mempercepat haid melalui doa. Selain dari sisi sains, sebagian wanita juga mencari cara cepat haid dari sudut pandang agama. Seorang wanita muslim yang terlambat haid bisa melafalkan doa agar cepat haid menurut Islam. Doa tersebut secara umum diucapkan untuk memohon kesembuhan. Berikut bacaan latinnya.

Robbi annii massaniyadh dhurru wa anta arhamar roohimiin.

Artinya: Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang.

14. Periksakan diri ke dokter

cara cepat haid
Freepik

Cara mempercepat haid yang terakhir yaitu dengan memeriksakan diri ke dokter. Siklus menstruasi yang tidak teratur bisa menjadi tanda adanya gangguan di tubuh. Apabila Sedulur mengalami kondisi seperti menstruasi tidak muncul hingga 3 bulan berturut-turut, mengalami pendarahan di tengah-tengah siklus menstruasi atau setelah berhubungan seksual, darah haid keluar setelah 12 bulan berhenti menstruasi, serta pendarahan saat menjalani terapi hormon, maka sebaiknya segera melakukan konsultasi dengan dokter.

Itulah beberapa cara yang bisa Sedulur terapkan untuk mempercepat haid. Selain mencoba cara-cara di atas, pastikan Sedulur mencukupi kebutuhan nutrisi harian serta terhindar dari stres agar hormon tetap seimbang dan siklus haid lancar. Semoga bermanfaat!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!