cara buka baut kecil yang loss

Pernahkah Sedulur menemukan kondisi baut yang ternyata sudah aus pada bagian kuncinya? Kejadian seperti ini memang sangat mengganggu, apalagi jika kita sedang ingin melakukan perbaikan pada suatu barang. Namun tenang, karena ada cara buka baut kecil yang loss dengan mudah.

Sedulur bisa melakukannya dengan bantuan beberapa alat seperti obeng, tang, dan juga palu. Penasaran bagaimana cara buka baut kecil yang loss dan sudah aus kunciannya? Mari simak berikut ini.

BACA JUGA: Cara Pasang Gorden 2 Lapis, Mudah dan Praktis!

Mengenal Jenis Baut

The Spruce

Sebelum kita membahas tentang cara buka baut kecil yang loss. Sebaiknya Sedulur mengenal terlebih dahulu beberapa jenis baut yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini cukup penting dan membantu ketika Sedulur ingin menggunakan sebuah baut.

1. Baut hexagonal

Baut dengan kepala hexagonal merupakan salah satu baut yang sering digunakan pada kendaraan. Ciri-cirinya adalah kepalanya berbentuk segi enam dengan flange (plat) di bagian bawah kepalanya yang memiliki fungsi sama seperti baut yang dilengkapi dengan washer.

2. Baut segi empat

Salah satu baut yang sering digunakan dan memiliki bentuk sesuai namanya, mempunyai kepala berbentuk kotak. Fungsi dari baut ini adalah untuk baut pengikat dan banyak digunakan pada industri berat dan konstruksi bangunan.

3. Baut point head

Pada baut jenis ini, terdapat bagian grip dan ulir yang diameternya memiliki ukuran yang sejajar. Kepalanya memiliki 12 ridges/ sudut melingkar lurus ke bawah mengarah ke ulirnya. Sedangkan di antara bagian ridges dan ulir dibatasi dengan bahu. Fungsinya untuk mengikat benda yang butuh perekat kuat.

4. Baut carriage

Bentuk kepala pada baut jenis ini seperti kubah dan pada bagian leher bentuknya segi empat. Bagian berbentuk segi empat ini berfungsi untuk menekan baut masuk ke dalam material. Carriage bolt berfungsi untuk menjadi penyambung antar komponen jenis kayu agar memiliki cengkraman yang kuat.

5. Baut mata

Jenis baut yang bentuknya menyerupai cincin pada bagian kepala. Fungsi dari eye bolt yaitu untuk memindahkan peralatan-peralatan, juga untuk mengikat tali/rantai pada bagian kepala cincin eye bolt. Bentuk baut ini memang sangat memudahkan ketika digunakan untuk menarik suatu benda.

BACA JUGA: Rincian Lengkap Biaya Modal Buka Bengkel Mobil di 2023

Cara Membuka Baut Besar

Handyman

Baut besar cukup banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya untuk mengunci sendi-sendi pada motor dan mobil, baut jenis ini juga biasa digunakan pada pagar dan peralatan rumah lainnya.

Jika Sedulur mengalami masalah saat ingin melepas atau membuka baut yang sudah terkunci karena mengalami aus pada lubangnya. Berikut adalah cara mengatasi baut dol yang bisa kamu lakukan.

  • Pakailah kunci ring atau kunci sock yang mempunyai penampang berbentuk segi enam dan jangan menggunakan kunci bergerigi.
  • Jika memungkinkan, pakailah obeng untuk menyambung kunci agar menjadi lebih panjang dan mudah digunakan.
  • Pasang kunci pada baut yang sudah dol tersebut kemudian pukul beberapa kali menggunakan martil. Agar lubang kunci bisa masuk dan mencengkeram baut.
  • Untuk baut yang sudah terlalu keras, Sedulur bisa memukul tepat pada kepala baut untuk membantu kunci ring agar bisa mencengkeram baut.
  • Gerakkan kuncinya ke arah yang berlawanan dengan jarum jam. Berikan tekanan perlahan supaya baut bisa ikut berputar. 
  • Jika sudah berhasil memutar posisi baut sedikit demi sedikit, artinya trik ini berhasil.

Cara Cepat Buka Baut yang Dol

cara buka baut kecil yang loss
Pro Tool

Selain cara membuka baut besar di atas, Sedulur bisa mencoba cara cepat untuk mengatasi masalah baut dol di rumah. Cara ini cukup mudah yaitu dengan menggunakan dua langkah seperti memotong kepala baut dan menggunakan bor. Berikut langkahnya.

  • Potong kepala baut

Cara membuka baut dol dengan memotong kepala baut ini cukup mudah. Sedulur bisa memulai dengan memotong kepala baut atau mur dengan gergaji besi, bisa menjadi solusi jika baut mengalami kondisi slek atau dol ini.

Lakukan cara ini ketika baut slek sudah sangat susah untuk dibuka dan lebih baik untuk dibuang saja. Gunakan sarung tangan agar bisa melakukan proses pemotongan dengan aman.

  • Bor kepala baut

Setelah kepala baut dipotong, tentu akan ada sisa dari baut yang menempel. Sedulur bisa menghancurkan baut slek dengan bor. Pastikan Sedulur menggunakan kacamata pengaman dan peralatan yang proper selama melakukan aktivitas ini.

Setelah baut hancur, cek lubang baut apakah masih bisa digunakan atau tidak. Jika masih Sedulur bisa memberikan baut baru. Namun, apabila lubang sudah rusak, sebaiknya pindah ke lubang lainnya.

Cara Membuka Baut Kecil

cara buka baut kecil yang loss
Better Home & Garden

Selain baut besar, berikut adalah cara membuka baut kecil yang dol seperti pada baut laptop atau HP yang perlu Sedulur ketahui.

  • Menggunakan karet rambut

Langkah pertama letakkan karet kecil pada ujung obeng. Benda tersebut digunakan untuk pengganjal obeng dengan baut. Dengan memanfaatkan gaya pegas ke karet, lama kelamaan baut tersebut akan terbuka.

  • Menggunakan solder

Beri lem pada ujung obeng secukupnya kemudian tempelkan ujung obeng pada baut secara perlahan. Setelah lem merekat dan kering, buka baut seperti biasanya.

  • Menggunakan lem besi

Panaskan solder, kemudian tancapkan pada baut yang dol dan tahan sampai dengan 15-20 detik. Selanjutnya Sedulur tinggal memutar baut dengan obeng yang juga sudah dipanaskan menggunakan solder. Jika putaran pertama berhasil, putaran selanjutnya akan lebih mudah. Lakukan secara bertahap.

Jika cara diatas belum berhasil, Sedulur bisa membuat solderan rata pada kepala baut. Tancapkan baut yang lebih kecil di atasnya menggunakan lem yang kuat. Solder baut tempelan agar kuat dan rapi. Setelah itu pakai obeng untuk memutar baut perlahan sampai baut terlepas.

Cara Membuka Baut Karatan

Home Decor Bliss

Selain cara membuka baut yang dol, cara membuka baut yang sudah karatan juga penting untuk Sedulur ketahui, karena baut yang karatan memiliki tekstur yang sudah tidak kuat dan pastinya susah dibuka. Berikut cara membuka baut yang sudah karatan.

  • Apabila kondisi mur dan baut yang karatan ini kotor, Sedulur bisa membersihkan permukaannya dengan sikat terlebih dahulu.
  • Oleskan minyak rem pada bagian kepala baut. Kemudian sedikit demi sedikit, oleskan minyak rem ke bagian tubuh baut lewat celah-celahnya.
  • Setelah diolesi, biarkan beberapa saat agar minyak rem bisa meresap. Biasanya membutuhkan waktu 15-30 menit, cek secara berkala.
  • Setelah meresap, coba lepaskan mur dan baut menggunakan kunci yang sesuai. Lepas dengan menggerakkan secara bolak-balik dengan sedikit hentakan.
  • Hati-hati saat Sedulur memutar mur agar tidak menyebabkan baut menjadi gundul dan lebih susah dilepas. Jika bautnya sudah bisa berputar, maka Sedulur hanya perlu memutarnya secara perlahan sampai baut benar-benar lepas.

Demikian tadi informasi dan tutorial cara buka baut yang loss. Tentunya baut perlu dilakukan maintenance agar terbebas dari karat dan bisa dibuka dan dipasang dengan mudah. Namun, jika Sedulur sudah terlanjur mengalami masalah baut yang loss seperti di atas, semoga informasi dan tips kali ini membantu ya!