cairan penghilang lumut di paving

Cairan penghilang lumut di paving sangat dibutuhkan ketika rumah Sedulur memiliki suasana yang lembab. Selain untuk menjaga kebersihan dan tampilan paving bebas dari lumut, penggunaan cairan ini juga mencegah terjadinya kecelakaan terpeleset akibat licinnya lumut.

Penggunaan cairan penghilang lumut di paving juga praktis karena Sedulur tidak perlu repot mengkerok lumut. Apalagi cairan ini bisa dibuat dengan mudah di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Kira-kira seperti apa caranya? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini!

BACA JUGA: 12 Inspirasi Model Jendela Dapur Kayu Minimalis

Tips Menghilangkan Lumut

cairan penghilang lumut di paving
Unsplash

Sebelum mulai membahas tentang cairan penghilang lumut di paving, sebaiknya Sedulur mengetahui alasan kenapa lumut bisa muncul di paving blok. Hal ini penting, karena dengan mengetahui penyebabnya, Sedulur bisa mengurangi resiko tumbuhnya lumut.

Dilansir dari laman Home Decor, ada dua pneyebab utama munculnya lumut pada paving blok yang ada di halaman rumah atau jalan masuk rumah.

  • Munculnya rumput

Keberadaan rumput di sekitar paving blok ternyata berpengaruh besar pada tumbuhnya lumut, lho. Tumbuhan ini bisa membuat pori-pori pada paving blok menjadi lebih lembab dan membantu air menggenang. Alhasil, lumut jadi lebih mudah muncul dan menempel di paving.

  • Ada celah pada paving

Selain adanya rumput yang tumbuh, ternyata pemasangan paving yang kurang rapat juga bisa menjadi pemicu munculnya lumut. Hal ini lantaran celah-celah pada paving membuat adanya ruang untuk air menggenang dan tidak meresap secara sempurna. Kondisi itu jelas membuat paving menjadi lebih lembab dan mudah ditumbuhi lumut.

Dua faktor ini bisa membantu Sedulur untuk mencegah munculnya lumut dengan cepat. Namun, pertumbuhan lumut pada paving memang cukup wajar dan bisa terjadi dimanapun khususnya di area lembab.

BACA JUGA: 10 Tips Bersihkan Kamar Mandi Paling Mudah, Bebas Bau!

Cara Menghilangkan Lumut

Jika Sedulur masih menemukan tumbuhnya lumut pada paving, maka bisa mulai melakukan pembersihan rutin dengan cairan penghilang lumut di paving. Cara ini lumayan mudah karena  Sedulur bisa menggunakan campuran bahan alami yang ada di rumah. Seperti apa caranya? Berikut ini beberapa tips dan triknya.

1. Gunakan baking soda

cairan penghilang lumut di paving
Western Interlock

Lumut yang baru tumbuh sedikit bisa kamu hilangkan dengan menggunakan soda kue. Bahan ini memiliki fungsi abrasif sehingga dapat membantumu membersihkan lumut dengan baik.

Selain pada paving blok, bahan tersebut juga bisa digunakan untuk membersihkan lumut pada material rumah lain karena aman. Berikut ini langkah cara menghilangkan lumut menggunakan baking soda.

  • Buatlah campuran soda kue dan air dengan konsistensi yang kental.
  • Oleskan pada bagian lumut yang ingin dibersihkan lalu gosok dengan menggunakan sikat gigi atau sikat besar.
  • Setelah lumut hilang, bersihkan dengan air.

2. Manfaatkan kapur halus

Bubuk kapur yang biasa digunakan sebagai campuran bahan bangunan ternyata bermanfaat untuk menghilangkan lumut di paving blok. Begini langkah mudahnya.

  • Basahi permukaan paving blok dengan air, bisa menggunakan selang.
  • Siapkan bubuk kapur lalu tebarkan pada permukaan paving blok secara merata.
  • Diamkan semalam maka lumut akan mengering.

3. Coba taburkan semen

cairan penghilang lumut di paving
Western Interlock

Bubuk semen pun dapat membunuh serta mencegah tumbuhnya lumut paving blok saat musim hujan tiba. Cara kerjanya sama, cukup siram paving blok dengan air lalu tebarkan semen pada permukaan serta sela-selanya. Setelah itu biarkan semen mengering. Lumut yang akan tumbuh pun akan terhambat dan tidak bisa tumbuh pada permukaan paving blok.

4. Siram cuka putih

Untuk menghilangkan lumut di paving, Sedulur bisa menggunakan cuka putih dengan cara sebagai berikut.

  • Bersihkan area yang terkena lumut dengan menyapunya atau menyikatnya terlebih dahulu untuk menghilangkan debu atau kotoran yang ada di permukaan paving.
  • Campurkan cuka putih dengan air dalam perbandingan 1:1 atau gunakan cuka putih murni jika lumut sangat parah. Kemudian, tuangkan campuran cuka putih ke atas area yang terkena lumut dan diamkan selama 15-30 menit agar cuka putih dapat meresap dan menghilangkan lumut.
  • Gosok permukaan paving dengan kuas atau sikat yang kuat dan berbulu kasar untuk mengangkat lumut yang sudah lembek dan mudah dibersihkan. Bilas paving dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa cuka putih yang masih menempel.
  • Keringkan permukaan paving dengan kain atau lap bersih. Lakukan langkah-langkah tersebut secara teratur untuk mencegah pertumbuhan lumut di paving.

Sedulur juga perlu terlebih dahulu tingkat kerusakan akibat penggunaan cuka putih pada paving blok. Karena ada beberapa jenis lantai yang ternyata mudah mengalami korosi ketika terkena cuka.

5. Semprot cairan fungisida

Menghilangkan lumut
This Old House

Sebelum lumut timbul dan menjalar di permukaan paving blok, kamu dapat melakukan pencegahan secara simpel. Caranya, semprotkanlah cairan fungisida atau obat pengilang lumu di paving ke permukaan serta sela-selanya.

Sebenarnya cairan ini berfungsi untuk membasmi jamur yang menempel di kayu atau perabot rumah. Namun, kandungan senyawa kimia cairan ini juga ampuh untuk membunuh dan menghilangkan lumut.

  • Bersihkan permukaan paving blok dengan sapu atau penyapu debu untuk menghilangkan kotoran atau debris yang ada di atasnya.
  • Siapkan larutan kimia khusus untuk menghilangkan lumut. Baca petunjuk label pada kemasan untuk menghindari penggunaan yang salah.
  • Tuangkan larutan kimia khusus ke atas permukaan paving blok yang berlumut. Pastikan larutan merata di seluruh permukaan lantai.
  • Biarkan larutan kimia khusus meresap ke dalam pori-pori lantai selama beberapa waktu, sesuai dengan petunjuk label.
  • Gosok permukaan lantai dengan sikat atau lap basah untuk mengangkat lumut dari permukaan lantai.
  • Bilas lantai dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa larutan kimia khusus.
  • Keringkan lantai dengan kain lap atau kain bersih.

Demikian tadi deretan tips dan trik menggunakan cairan penghilang lumut di paving. Semoga dengan ulasan kali ini bisa membantu Sedulur mengatasi lumut di sekitar rumah ya. Jangan sampai membiarkan lumut tumbuh terlalu lama, karena bisa menumpuk dan menjadi tebal.