1 ons berapa sendok makan

Dalam perhitungan resep, terkadang ada penggunaan 1 ons dan sendok makan. Dua satuan ini kerap dicampur atau kadang digunakan secara terpisah padahal memiliki hubungan yang erat. Jadi tak heran ada banyak orang yang bingung 1 ons berapa sendok makan jika dihitung secara tepat.

Jika Sedulur ingin tahu dan memastikan berapa hitungan 1 ons berapa sendok makan agar mempermudah ketika menyiapkan bahan masakan. Mari simak ulasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 1 Sendok Makan Berapa ml (Mililiter)? Ini Takaran dan Cara Hitungnya!

Apa itu Ons?

Ukuran sendok takar
Styled Setting

Ons adalah satuan ukuran yang sama dengan dari satu pon atau cangkir. Saat memasak, ons digunakan sebagai bentuk pengukuran utama di negara-negara yang mengikuti sistem metrik.

Mengukur dalam ons dianggap sebagai bentuk pengukuran yang paling tepat. Oleh karena itu, banyak juru masak lebih suka menggunakan timbangan makanan untuk menimbang bahan-bahan mereka. Namun, tidak semua juru masak rumahan memiliki timbangan makanan di rumah.

Selain itu, tergantung di mana resep itu ditulis, pengukuran dalam ons mungkin tidak disertakan. Sedangkan ons adalah universal bentuk takarannya, banyak resep yang ditulis menggunakan sendok teh, sendok makan, dan cangkir.

Oleh karena itu, mengetahui cara yang benar mengubah sendok makan menjadi ons (dan sebaliknya) akan memungkinkan Sedulur membuat resep apa pun terlepas dari apakah Sedulur mengukur dengan timbangan atau sendok makan.

Perhitungan Ons pada Satuan Hitungan

100 gr margarin berapa sendok makan
Unsplash

Setiap orang pasti pernah mendengar satuan ons. Namun, apakah Sedulur tahu berapa jumlahnya dalam berbagai konteks? Mari kita bahas beberapa besaran satuan ons dalam kehidupan sehari-hari.

1. Ons dalam berat

Satuan ons yang paling umum adalah dalam hal berat. Satu ons setara dengan 100 gram, yang biasa digunakan dalam membeli beberapa jenis barang seperti bahan makanan, perhiasan atau emas, dan sebagainya.

Dalam hal ini, ons sering digunakan bersama dengan satuan kilogram. Seperti ketika Sedulur hendak membeli tas yang memiliki berat 2 ons, maka itu setara dengan 200 gram atau 0,2 kilogram.

2. Ons dalam volume

Namun, ons juga dapat digunakan untuk menyatakan volume. Paling sering dalam konteks ini adalah sendok makan. Pernahkah Sedulur mendengar ungkapan “1 ons berapa sendok makan?” Jawabannya adalah ada 2 sendok makan dalam 1 ons atau setara dengan 30 ml. Ini berguna ketika mengukur bahan masakan seperti tepung, gula, atau bumbu saat memasak.

3. Ons dalam harga

Tidak hanya itu, ons juga dapat digunakan dalam menyatakan harga bahan atau produk. Misalnya, dalam konteks beras, 1 ons berapa harganya atau 1 ons setara dengan berapa kilogram.

Pada umumnya, harga beras ditentukan per kilogram, namun oleh karena itu, produsen beras menetapkan harga per ons. Dalam hal ini, 1 ons beras biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal ketimbang ketika membeli dalam jumlah kilograman.

BACA JUGA: 1 Sendok Teh Berapa Gram? Kenali Takaran Resep Masakan!

Konversi Ons ke Sendok Makan AS

250 gram berapa sendok makan
Saveur

Meskipun ada sendok makan yang berbeda di seluruh dunia, sendok makan AS adalah yang paling umum digunakan saat mengonversi antara ons. Ini hanya karena juru masak di negara lain sudah lebih terbiasa menggunakan ons.

Jawabannya tidaklah sederhana. Ini karena satuan sendok makan tidak memiliki ukuran berat yang pasti. Sebenarnya, satu sendok makan biasanya sekitar 15 ml atau 0,5 ons dalam berat.

Namun, beberapa orang mungkin mengisi sendok makannya lebih penuh atau tidak penuh, yang akan mengubah berat bahan di dalamnya. Oleh karena itu, sulit untuk memberikan jawaban pasti dalam konversi ini.

Meski begitu, daftar berikut ini dapat membantu Sedulur melakukan konversi sendok makan ke ons.

1 sendok makan = sekitar 0,5 ons

2 sendok makan = sekitar 1 ons

4 sendok makan = sekitar 2 ons

8 sendok makan = sekitar 4 ons

Tetapi ingatlah, hal ini masih tergantung pada berat bahan yang diisi ke dalam sendok makan dan masing-masing sendok makan mungkin memiliki ukuran yang berbeda.

Konversi Sendok Makan Inggris ke Ons

Suatu saat ketika Sedulur mungkin perlu menyesuaikan konversi Sedulur adalah jika menggunakan sendok makan Inggris. Sendok makan Inggris masih mengikuti sistem kekaisaran asli. Jadi, jika Sedulur tahu menggunakan sendok takar Inggris ikuti konversi ini untuk sendok makan menjadi ons.

Sementara satu sendok makan AS sama dengan 5 ons, satu sendok makan Inggris sama dengan 625 ons. Meskipun sedikit perbedaan ini tidak akan terlalu memengaruhi sebagian besar resep, penting untuk mencatat perbedaan ini jika menggunakan resep Amerika dan Inggris.

Penggunaan Ons dalam Cangkir

Volume gelas ukur standar AS adalah 8 ons. Namun, berat sebenarnya dari cangkir dapat bervariasi tergantung pada apakah bahan yang diukur cair atau kering. Umumnya, ada 8 ons cairan dalam 1 cangkir. Ini karena hampir semua cairan memiliki sifat yang sama volume-ke-berat rasio.

Saat mengubah ons menjadi cangkir dengan bahan kering, yang terbaik adalah menggunakan a skala atau cari bahan spesifik yang Sedulur ukur.

BACA JUGA: Mengenal Takaran Dalam Resep Masakan Secara Lengkap

Kelebihan Perhitungan Satuan Sendok Makan

250 gram berapa sendok makan
Pinterest

Kelebihan penggunaan satuan sendok makan dalam masakan adalah kepraktisannya. Satuan ini umum ditemukan di dapur setiap rumah dan terdapat dalam berbagai ukuran.

Di pasaran, tersedia sendok makan dari bahan plastik, stainless steel, hingga kayu. Karena itu, memasak dengan takaran sendok makan memungkinkan resep yang dikembangkan dapat diulang dengan mudah oleh siapa saja.

Selain itu, satuan sendok makan juga membantu dalam mempersingkat waktu memasak. Di mana beberapa resep memerlukan takaran yang cukup banyak seperti adonan kue atau membuat kuah. Jika kita memasukkan cairan ke dalam alat ukur yang tidak jelas takarannya, maka akan membuang-buang waktu dan bahan yang berharga.

Sebaliknya, menggunakan sendok makan yang sesuai dapat dengan mudah mengukur berapa banyak bahan yang dibutuhkan.

Kekurangan Hitungan Satuan Sendok Makan

Meski praktis, terdapat beberapa kelemahan dalam menggunakan satuan sendok makan dalam memasak. Salah satunya adalah karena tidak selalu presisi. Masing-masing sendok makan yang digunakan bisa saja memiliki ukuran yang berbeda, tergantung dengan masing-masing pembuatnya.

Terkadang bahan makanan seperti gula, garam atau tepung memiliki volume yang berbeda meskipun memiliki bobot yang sama.

Kelemahan lainnya dalam menggunakan sendok makan sebagai satuan takar adalah ketidakpresisiannya dalam mengukur bahan cair. Meskipun sendok makan memiliki volume yang sama, tetapi cairan bisa bergantung pada bagaimana kita mengeluarkan dari botol, kepadatannya, bahkan suhu.

Oleh karena itu, terkadang justru akan lebih akurat kita menggunakan timbangan digital atau ukuran takar yang akurat dalam memasak.

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang 1 ons berapa sendok makan. Tak hanya berguna untuk melakukan perhitungan yang akurat saat ingin memasak, penggunaan hitungan ini juga membantu ketika Sedulur membuka usaha kelontong untuk menghitung beras, gula atau minyak.

Semoga penjelasan dan informasi kali ini bisa bermanfaat untuk Sedulur semua ya!