warung makan Indomie

Indomie menjadi salah satu makanan instan paling disukai oleh orang-orang di Indonesia. Bahkan, potensi bisnis dari mie cepat saji ini begitu besar. Tak hanya bisa dibuat sendiri di rumah, Indomie juga banyak diperjualbelikan di warung makan. Bahkan, warung makan Indomie semakin populer dari tahun ke tahun.

Kreasi menu Indomie yang disajikan pun sudah sangat beragam. Tak hanya soal indomie telor atau indomie sayur saja, sekarang ada kombinasi Indomie dengan kornet, susu, sampai keju mozarella sebagai topingnya.

Salah satu tempat dengan warung makan Indomie paling enak dan unik ada di Surabaya. Di sini, Sedulur bisa mencicipi Indomie dengan olahan yang pastinya bikin perut kenyang. Penasaran? Langsung simak rekomendasi tempat makan Indomie terbaik di Surabaya berikut ini!

BACA JUGA: Mengulik Resep Nasi Minyak Surabaya yang Viral Nan Lezat!

1. Warung Cak Bud

warung makan Indomie
Unsplash/Javier Esteban

Tempat makan Indomie yang enak pertama adalah di warung Cak Bud. Warung makan ini cukup legendaris karena sudah buka sejak tahun 1987 dan bisa dibilang tempat ini termasuk hidden gems bagi para pemburu kuliner jalanan di Surabaya.

Memiliki warung yang sederhana, menu Indomie Goreng dobel dengan telur dadar jadi andalan para pembeli. Hal ini tidak lepas dari teknik memasak yang digunakan tidak biasa, yaitu menggunakan air rebusan yang sudah dicampur telur goreng.

Menu Indomie warung Cak Bud juga dikenal sangat gurih dan lezat walaupun memiliki tampilan yang ‘biasa’. Untuk Sedulur yang sedang berada di situasi keuangan tipis, maka Warung Cak Bud bisa jadi pilihan realistis di akhir bulan.

Cukup dengan uang Rp8 ribu sampai Rp15 ribu, Sedulur sudah bisa makan kenyang di sini. Warung Cak Bud juga cukup mudah ditemukan karena berada di Jalan Siwalankerto Timur Gang V.

2. Kedai Mi Ceker Kohsikin

Bila Sedulur sedang berada di kawasan Gubeng, bisa mencoba untuk mengunjungi Kedai Mi Ceker Kohsikin. Warung makan ini memiliki beberapa menu yang istimewa, salah satunya adalah olahan Indomie gorengnya.

Warung ini sendiri dijalankan oleh Om Sikin yang sudah berumur sekitar 60 tahun. Walaupun hanya mengolah Indomie, menu makanan di sini lebih spesial dan komplit lho Sedulur. Untuk satu porsi indomie goreng, Sedulur bisa mendapatkan campuran banyak sayur seperti sawi, kobis, hingga kecambah.

Indomienya juga memiliki beberapa topping seperti telur, ceker, dan kepala ayam yang bisa dipilih sesuai selera. Harganya juga murah banget mulai dari Rp6 ribu sampai Rp10 ribu aja.

3. Warung Indomie Cuk Moon

warung makan Indomie
Unsplash/Ke Vin

Menyantap Indomie memang lezat, tapi akan lebih lezat lagi ketika Sedulur tidak perlu repot memasaknya sendiri. Salah satu tempat terbaik untuk mencicipi kelezatan olahan Indomie di Surabaya adalah warung Cuk Moon.

Berdiri sejak tahun 2002, warung Cuk Moon atau biasa dikenal dengan Cak Mun merupakan warung makan sederhana yang biasa jadi pilihan mahasiswa dan pekerja di Surabaya. Biasanya warung ini banyak dikunjungi saat kalender memasuki tanggal tua.

Menu Indomie di sini pun bisa dibilang sangat enak. Cak Mun mengolahnya dengan cukup rumit yaitu dengan merebus indomie, lalu memberikan bumbu indomie sampai rata. Namun, setelah itu, mi digoreng kembali dengan telur, sayur, dan irisan cabe.

Bahkan untuk beberapa menu spesial, Cak Mun membuat bumbu rahasia agar olahan indomie semakin enak. Harganya pun tidak terlalu mahal karena berkisar dari Rp10 ribu sampai Rp16rb saja.

Jika Sedulur tertarik, langsung saja datangi warung Cuk Moon di Jalan Siwalankerto Timur No. 223 sebelah Apotek Kimia Farma. Warung ini buka dari jam 16.00 sampai 00.00 WIB setiap hari.

4. Mi Abang Adek Taman Apsari

Mi Abang Adek merupakan salah satu warung makan yang cukup terkenal. Memiliki cabang pusat di Jakarta, warung ini malah memiliki peminat yang besar di Surabaya. Mungkin hal ini tidak lepas dari ciri khas Mi Abang Adek yang menyajikan Indomie dengan level kepedasan yang sangat beragam.

Untuk Sedulur yang suka dengan rasa pedas, maka menu Indomie dari Mi Abang Adek wajib banget dicoba. Hal ini tidak lepas dari pilihan cabenya yang bisa dibilang ‘luar biasa’. Untuk level paling pedas yang diberi nama Mampus bisa menggunakan 76 sampai 100 cabe. Wow!

Olahan Indomie Abang Adek juga sangat variatif lho, Sedulur bisa mencoba berbagai macam toping seperti kornet, telur, ceker, mozarela, sampai indomie bumbu Korea. Harganya juga ramah di kantong, karena hanya berkisar dari Rp9 ribu sampai Rp20 ribu saja.

Jika Sedulur tertarik, bisa langsung mengunjungi warung Mi Abang Adek di Jalan Urip Sumoharjo No. 65 yang dekat dengan Hotel Olympic.

5. Mie Mirip

Pernah nggak Sedulur memperhatikan gambar dari bungkus Indomie? Tertarik mencoba Indomie dengan bentuk yang mirip dengan gambarnya? Maka Sedulur bisa mencoba berkunnjung ke warung kedai Mie Mirip. Tempat makan ini akan mengabulkan harapan Sedulur mencicipi olahan Indomie yang mirip dengan bungkusnya.

Di Surabaya, kedai Mie Mirip jadi salah satu tempat favorit mahasiswa dan pelajar karena makanannya yang murah tapi juga enak. Sedulur sendiri hanya butuh uang sebesar Rp9ribu saja untuk Indomie goreng biasa dengan telur.

Bila tertarik mencicipi kelezatan olahan Indomie di Mie Mirip, datang saja ke Jalan Arief Rahman Hakim No. 100 atau dekat dengan Kampus ITATS Surabaya.

BACA JUGA: 25+ Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dicoba, Bikin Nagih!

6. Five Minutes Café

makanan khas jember
Unsplash/Amanda Lim

Tempat makan olahan Indomie terbaik di Surabaya yang terakhir adalah Five Minutes Café. Tempat makan ini cukup berbeda dengan rekomendasi sebelumnya karena memiliki konsep yang lebih fancy. Jika Sedulur ingin makan sambil nongkrong asik, tempat ini mungkin jadi pilihan yang tepat.

Ada cukup banyak varian olahan Indomie yang bisa Sedulur jumpai di café ini, misalnya adalah Indomie dengan sambal matah, Indomie goreng yang disiram dengan siraman kuah rendang, dan masih banyak lagi.

Dengan olahan mie yang lebih mewah, harga makanan di Five Minutes Café cenderung lebih mahal dibandingkan warung makan sebelumnya. Untuk satu porsi harganya sekitar Rp7 ribu sampai Rp27 ribu. Namun, Sedulur tidak akan merasa kecewa karena rasa masakan Indomie di sini sangat lezat.

7. Mie Pecun

Meski dari namanya mungkin memiliki makna negatif dan Sedulur bisa sedikit mengernyitkan dahi, mie pecun mendapat tanggapan yang sangat positif dari para penikmatnya, lho. Sudah menjadi langganan juga bagi masyarakat Surabaya khususnya anak-anak muda seperti pelajar maupun mahasiswa. 

Pecun sendiri merupakan kependekan dari mie pedas, bukan racun. Berbagai macam mie instan disajikan di sini dengan cita rasa yang pasti memanjakan lidah. Setiap menu juga memiliki isian yang berbeda. Sedulur tinggal pilih mau memakai telur, bakso, ayam, udang atau kornet, dan masih banyak lagi. 

Menariknya, Sedulur bisa memesan pedasnya sesuai selera, antara lain klimaks (super pedas), galau (cukup pedas), semriwing (pedas sedang), dan gekko (tidak pedas). Jadi kalau Sedulur memang pecinta kuliner pedas, belum lengkap rasanya jika belum mencoba mie Pecun.

Tak hanya mie, di sini juga tersedia nasi goreng dengan nama unik dan rasanya juga sudah pasti enak. Dari segi harga pun cukup ramah di kantong, mulai dari Rp7 ribu saja. Kalau Sedulur penasaran ingin mencobanya, langsung saja mampir di Jalan Anjasmoro (depan Hotel Widodaren), Sawahan, Surabaya.

8. Tanggal Tua

Warung makan Indomie Surabaya selanjutnya adalah Tanggal Tua yang memang identik dengan uang yang habis di akhir bulan, terutama hal ini sering dialami oleh mahasiswa. Jadi, tentunya Sedulur harus menghemat uang, bukan? Meski terjangkau, Sedulur tetap bisa menghabiskan waktu di restoran sampai nongkrong. 

Restoran ini punya mie instan dengan harga rata-rata kurang dari Rp30 ribu saja lho. Jadi sangat terjangkau dan pas dinikmati saat tanggal tua. Sajikan mie di restoran ini punya mie panggang aromatik berasap yang unik. Cara memasaknya memang berbeda. Tapi inilah yang membuat mie di sini disukai banyak orang.

Mula-mula mie instan dimasak dengan cara biasa, lalu dicampur lagi dengan bumbu tambahan yang ada di restoran Tanggal Tua. Selain mie bakar yang dibungkus daun pisang lalu dibakar, tersedia juga lauk pauknya. Mie dengan kuah juga ada. 

Tapi kalau Sedulur butuh lebih kenyang, tersedia juga mie lengkap dengan nasi di dalamnya. Di sini ada nasi pecel juga dan masih banyak lagi menu lainnya. Bagi yang sekadar ingin jajan, ada camilan seperti roti bakar, ada juga batagor dan pasta. 

Kalau mau lebih hemat dan ingin dimakan rame-rame, pesan saja menu suki dengan porsi jumbo. Isinya pas dan kuahnya menggoda. Selain rasa makanannya yang enak, tempatnya juga sangat indah. AC sudah ada dan juga wifi. Interiornya juga cocok untuk fotografi.

Terdiri dari dua lantai untuk penggunaan indoor dan outdoor. Kalau Sedulur tertarik untuk mencoba, langsung berkunjung di Jalan Prapen No. 23A, Tenggilis Mejoyo, Surabaya.

9. Waroeng Mee

warung makan Indomie
Unsplash/Mifta Farid

Warung makan Indomie Surabaya ini berlokasi di Manyar Garden Kav 28 Jalan Nginden Semolo 109, Surabaya. Jadi, kalau Sedulur sedang berada di sekitar sini wajib banget mampir. Tempatnya asri, dengan nuansa pop art retro dan Instagrammable banget. 

Harga makanan dan minumannya sangat terjangkau, mulai dari Rp6 ribu hingga Rp85 ribu ribu saja. Tentu saja menu Waroeng Mee menyajikan mie instan dengan topping yang beragam. Menu yang paling populer adalah Mee Cuma Cumi dan Mee Green Lamb. 

Mungkin baru pertama kali Sedulur menemukan olahan mie dengan cumi, dan daging domba serta toping yang unik dan lezat. Hidangan Mee Cuma Cumi terdiri dari mie goreng, telur goreng, dan setumpuk cumi hitam rebus. Rasanya enak banget dan mengenyangkan. 

Kalau suka makan daging kambing, siapa sangka ternyata sangat cocok ketika dipadukan dan disantap dengan mie goreng. Rasanya tetap seimbang dan cukup pedas. Selain mie goreng, masih banyak jenis mie kuah yang tak kalah nikmat untuk Sedulur cicipi. 

Selain itu ada mie kuah susu dengan cita rasa tersendiri. Selain menu mie, ada juga menu nasi yang bisa Sedulur coba. Ada menu lengkap dengan lauk pauknya yang sebagian besar sama dengan lauk pada menu mie. Hanya saja bagian mienya saja yang diganti dengan nasi. Kalau sekadar ingin jajan, tersedia juga kue-kue manis dengan berbagai rasa, antara lain marshmallow, Oreo, dan teh hijau.

10. Warung Si Boy

Warung makan Indomie Surabaya selanjutnya berlokasi di Jalan Raya Prapen 252A Surabaya. Warung ini buka setiap hari pukul 12.15 sampai 23.00 WIB. Kalau Sedulur ke sini, akan dimanjakan dengan berbagai menu yang beragam. Setidaknya ada sekitar 13 varian mie instan yang tersedia. 

Salah satu yang paling laris adalah Indomie sambal matah dan Indomie telur asin. Kalau Sedulur suka pedas, Indomie sambal matah wajib banget untuk dicoba. Sambal khas Bali ini sangat cocok dipadukan dengan mie instan. Rasanya segar dan pedas. 

Kemudian Indomie salted egg ini sangat enak dan benar-benar lumer di lidah. Sausnya pas, aroma dan rasanya tidak terlalu menyengat. Lebih lengkapnya dengan menambahkan sosis goreng di dalamnya. Sajian mie Sedulur akan semakin nikmat.

Tapi tidak hanya mie saja yang tersedia di warung ini. Ada menu lainnya seperti nasi goreng, bubur, dan lainnya. Untuk camilan ada roti bakar yang wajib untuk dicoba. Oh ya, Sedulur tetap bisa berhemat jika datang ramai-ramai di sini. Pesan saja menu Indomie Kerroyoka dengan Rp75 ribu. Dijamin sudah pasti kenyang!

Harga makanan di Warung Si Boy mulai dari Rp7 ribu hingga Rp75 ribu. Selain rasa dan harga, warung ini juga cocok sebagai tempat nongkrong karena memiliki Wifi gratis. Tak heran jika Warung Si Boy memiliki slogan “warung kesukaan kita semua”. Jadi, wajib banget Sedulur mampir!

11. Eggsperience 

Warung makan Indomie Surabaya terakhir berlokasi di Jalan Kupang Jaya No.121B. Warung ini buka dari hari Senin hingga Kamis pukul 16.00 sampai 23.00 WIB. Lalu hari Jumat sampai Sabtu pukul 16.00 sampai 24.00 WIB dan Minggu pukul 12.00 sampai 21.00 WIB. Harganya sangat terjangkau, mulai dari Rp14 ribu hingga Rp16 ribu saja. 

Eggsperience mengutamakan penyajian di piring yang anti mainstream dan unik. Ada juga flying Indomie yang harus Sedulur coba ketika datang ke sini. Rasa mie flying ini menarik banget dan tampilannya instagenic sehingga menggugah selera. Jadi sayang sekali jika langsung disantap tanpa difoto terlebih dahulu. 

Visual yang unik dari menu ini memang perlu Sedulur abadikan dan diunggah ke media sosial. Bukan hanya tampilannya yang berbeda, tapi rasanya juga sangat khas. Khususnya varian Indomie Goreng Telur Asin. Benar-benar lumer di lidah. Takaran asinnya juga sangat pas di lidah. 

Bagi Sedulur yang suka makan sekaligus jalan-jalan dengan tema outdoor, Eggsperience mungkin bukan pilihan yang tepat karena di sini mereka lebih memilih tema indoor. Tapi tetap memberikan view yang kece.

BACA JUGA: 9 Rekomendasi Tahu Tek Surabaya Paling Nikmat, Pernah Coba?

Kreasikan Indomie Buatanmu Sendiri!

warung makan Indomie
Unsplash/Arya Adhi Nugraha

Bila melihat banyaknya menu Indomie yang dikreasikan oleh warung-warung di atas, Sedulur juga bisa membuatnya sendiri di rumah lho.  Salah satu resep terbaik yang bisa Sedulur coba sendiri di rumah adalah Indomie Goreng Telur Kornet. Selain rasanya yang gurih, menu satu ini juga menyehatkan lho. Jadi simak resepnya berikut ini.

Bahan:

  • 2 bungkus Indomie goreng rasa sesuai selera
  • 5 sdm kornet sapi
  • 1 butir telur ayam
  • 1 siung bawang putih cincang halus
  • 1 siung bawang merah cincang halus
  • Cabe cincang sesuai selera
  • Bubuk cabe secukupnya
  • Lada secukupnya
  • Garam secukupnya
  •  Minyak Goreng Perirasa
  • Kecap manis secukupnya

Cara membuat:

  • Rebus Indomie selama 1,5 sampai 2 menit. Jangan terlalu lama agar tekstur mie tidak terlalu lemas. Campurkan semua bumbu dan aduk rata. Bila sudah, tiriskan.
  • Panaskan wajan dan sedikit minyak. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum.
  • Masukkan sebutir telur dan tumis sampai hancur.
  • Masukkan kornet dan tumis sampai warnanya sedikit berubah. Pastikan aromanya juga wangi.
  • Masukkan juga cabe cincang, cabe bubuk, lada, dan kecap manis secukupnya. Masak sampai kornet matang.
  • Kecilkan api dan masukkan adonan Indomie sebelumnya. Aduk bersama kornet dan telur. Koreksi rasa. Bila sudah, sajikan Indomie goreng telur kornet selagi hangat.

Sedulur juga tidak perlu khawatir karena bahan-bahan resep membuat masakan Indomie bisa ditemukan dengan mudah di toko kelontong dan di SuperApp. Jadi dijamin tidak akan kerepotan saat membuatnya.

SuperApp sendiri adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!

Demikian tadi rekomendasi warung makan Indomie terbaik di Surabaya. Jika Sedulur sedang malas masak dan ingin mencicipi olahan Indomie yang enak, maka bisa mendatangi warung makan di atas. Dijamin perut kenyang dan kantong tetap aman, deh.