seafood surabaya

Bagi pecinta hidangan boga bahari, menemukan warung seafood enak tentu menjadi keharusan. Beruntung kali ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi spot warung seafood Surabaya terlezat, lengkap dan murah.

Apalagi sebagai salah satu kota yang dekat dengan pesisir pantai, Surabaya memiliki banyak sekali bahan seafood yang segar. Nah, biar Sedulur bisa memuaskan keinginan untuk menyantap seafood di Surabaya.

Kami akan memberikan beberapa rekomendasi terbaik di ulasan kali ini. Jadi langsung simak ya!

BACA JUGA: 12 Kedai Lontong Kikil di Surabaya Terbaik, Bikin Ketagihan!

1. Omah Seafood Surabaya

seafood surabaya
Unsplash/Sung Jin

Rekomendasi pertama adalah Omah Seafood Surabaya. Di sini Sedulur bisa berpesta seafood. Ada paket istimewa untuk 10 orang yang bisa menikmati, di antaranya, kepiting satu kilogram, kerang satu kilogram, dan cumi 250 gram. Untuk menu paket besar ini dibanderol sekitar Rp200.000.

Menu lain yang bisa dicoba adala lobster yang dibanderol Rp200.000, cumi dan kering yang dibanderol dengan harga yang sama yaitu Rp30.000. Omah Seafood Surabaya berlokasi di Jalan Tenggilis Mejoyo, Kali Rungkut, Surabaya. Buka dari pukul 08.00-21.00 WIB.

2. Layar Seafood

Layar Seafood memiliki tiga cabang, dua cabang di Surabaya dan satu cabang di Jakarta. Layar Seafood merupakan restoran seafood yang menyajikan beragam masakan laut yang tak perlu diragukan lagi kelezatannya.

Ada menu kepiting saos manado, king crab saos bawang, kepiting soka, hingga udang saos bumbu rujak. Deretan makanan tersebut dijamin menggoyang lidahmu. Harga per menunya bervariasi tergantung dengan jenis seafood dan total beratnya.

Kalau Sedulur sedang berada di Surabaya, bisa mampir yang ada di Jalan Abdul Wahab Siamin Nomor 88. Buka dari pukul 11.00-22.00 WIB.

3. Depot Sari Laut Cak Roel

Selanjutnya ada Depot Sari Laut Cak Roel. Salah satu keunggulan warung ini adalah menu kepiting telur dengan beragam bumbu istimewa. Ada saus mentega, asam manis, rica-rica, hingga saus tiram. Selain kepiting, Sedulur bisa memesan jenis seafood lainnya. Seperti, udang, cumi, dan kerang.

Depot Sari Laut Cak Roel berlokasi di Jalan Ngagel Jaya Selatan, Baratajaya, Gubeng, Surabaya.

4. RM Ayen

Rumah makan seafood di Surabaya ini menyajikan menu kepiting sebagai andalannya. Ada yang unik dari satu porsi menu kepitingnya. Disajikan dengan taoge yang melimpah hingga menutupi dua ekor kepiting, kerang, dan udang sekaligus.

RM Ayen berlokasi di Jalan Darmo Permai Selatan V Nomor 16, Pradah Kali Kendal, Dukuh Pakis, Surabaya. Buka dari pukul 17.30-23.00 WIB. 

5. Kepiting Cak Gundul

Masih dengan tempat makan seafood di Surabaya yang menawarkan menu kepiting sebagai andalannya. Di sini Sedulur bisa menikmati olahan kepiting dengan aneka bumbu. Mulai dari mentega hitam, kare, rebus bumbu, dan asam manis. Harganya dibanderol mulai dari Rp 27.000 per ons.

Kepiting Cak Gundul 1992 memiliki beberapa cabang, salah satunya yang ada di Jalan Raya Kupang Indah Nomor 45, Sonokwijenan. Buka dari pukul 11.00-23.00 WIB.

6. Sari Laut Kapasan

menu masak sehari hari
Pexels/Roman Odintsov

Tempat makan seafood di Surabaya yang selanjutnya adalah Sari Laut Kapasan.  Restoran makanan laut ini sudah buka sejak 1994. Terkenal dengan bumbu masakannya yang enak dan harganya terjangkau. Sedulur bisa menikmati satu porsi udang, kerang, hingga cumi crispy dengan harga Rp 25.000 saja.

Sari Laut Kapasan berlokasi di Jalan Kapasan Nomor 27, Simokerto, Surabaya.

7. Seafood Genteng

Tempat makan seafood di Surabaya ini terkenal enak dan harganya yang murah meriah. Di sini, Sedulur bisa menikmati olahan ikan kakap, kerapu, baronang, kepiting, cumi, hingga kerang. Adapun untuk cara memasak olahan ikannya ada tiga yaitu dibakar, digoreng, atau dimasak dengan bumbu asam manis.

Lokasinya berada di Jalan Genteng Besar Nomor 65-G, Genteng, Kota Surabaya. Buka mulai dari pukul 17.00-00.00 WIB.

8. Arto Moro Seafood Pak Kumis

Di Arto Moro Seafood Pak Kumis, Sedulur bisa menikmati aneka menu olahan seafood favorit, mulai dari kepiting, cumi-cumi, udang, hingga kerang. Harganya mulai dari Rp 15.000 saja. Untuk bumbu olahan seafoodnya, ada berbagai macam. Misalnya, saus asam manis, saus tiram, hingga mentega.

Arto Moro Seafood Pak Kumis berlokasi di Jalan HR Muhammad Nomor 375, Dukuh Pakis, Surabaya. Buka dari pukul 18.00-01.00 WIB. 

9. New Pelabuhan Seafood

Di New Pelabuhan Seafood, Sedulur bisa menikmati aneka menu seafood dengan bumbu yang bervariasi. Seperti ikan kakap merah yang bisa Sedulur pesan dengan pilihan bumbu bakar rica kuning, rica merah, kecap, rica manado, hingga sup palumara.

Harganya hanya sekitar Rp 38.500/ons. Selain menu olahan seafood, Sedulur bisa menikmati menu Chinese food. Seperti koloke, fuyunghai, dan capcay seafood. Harga per menu Chinese food dibanderol mulai dari Rp 60.000.

10. Sea Monster Seafood Restaurant

Sedulur bisa menikmati aneka olahan kepiting yang dibanderol dengan harga berbeda-beda. Yakni mulai dari Rp 39.000 per ons. Pilihan cara masak kepitingnya juga bervariasi, mulai dari dengan saus chili Singapore, saus padang, hingga diolah menjadi sup kepiting dengan nasi.

Sea Monsters Seafood Restaurant berlokasi di Jalan Jawa Nomor 32, Gubeng, Surabaya. Buka dari pukul 11.00-20.00 WIB. 

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Nasi Pecel Surabaya yang Paling Enak

11. Indragiri Seafood

ganjang gejang korea seafood surabaya
Unsplash/Mia de Jesus

Indragiri Seafood menawarkan aneka menu olahan seafood seperti, kepiting, udang, hingga kerang batik. Dimasak dengan beragam bumbu enak dengan harga mulai dari Rp 40.000 per menunya.

Selain masakan seafood, Sedulur bisa menikmati beragam menu olahan daging ayam dan daging sapi yang dibanderol mulai dari Rp 20.000. Lokasinya berada di Jalan Indragiri Nomor 10, Darmo, Wonokromo, Surabaya. Buka dari pukul 10.00-22.00 WIB.

12. Ikan Bakar Keputih

Walau namanya tersematkan ikan bakar, tetapi yang ditawarkan di tempat makan seafood Surabaya bukan hanya ikan. Ada kepiting, cumi, udang, ikan dory, hingga lele yang bisa Sedulur nikmati. Untuk harga per porsinya dibanderol mulai dari Rp 18.000, sudah termasuk nasi.

Ikan Bakar Keputih berada di Jalan KH. Ahmad Dahlan Nomor 7 Keputih, Sukolilo, Surabaya. Buka dari pukul 10.00-22.00 WIB.

13. Seafood Factory

Seafood Factory menawarkan berbagai hidangan makanan laut yang sangat menarik dan bervariasi. Mulai Dari lobster, ikan, udang, cumi, kerang, dan aneka paket mulai harga Rp 15 ribu. Sedulur dapat menikmati seafood dengan cocolan saus padang, asam manis, saus mentega, hingga saus telur asin. Jam operasional pukul 12.00 WIB-21.00 WIB.

Rumah makan seafood ini terletak di Jalan Manyar Jaya V/A Nomor 28, dekat Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya.

14. Raja Seafood

Tempat makan seafood murah di Surabaya ini menyajikan aneka menu makanan laut dengan bumbu yang beragam. Misalnya saja, kerang, udang, cumi, kepiting, hingga dorang yang dimasak dengan bumbu asam manis. Sedulur juga bisa menikmati udang dengan sambal terasi dan nasi putih yang hangat.

Raja Seafood berlokasi di Jalan HR Muhammad, Surabaya.

15. Jukuta Seafood

Jukuta Seafood menjadi tempat makan seafood enak di Surabaya yang bisa Sedulur kunjungi selanjutnya. Menawarkan berbagai olahan hasil laut, seperti cumi, gurita, hingga lobster yang dimasak dengan aneka bumbu menggiurkan.

Jukuta Seafood berada di Jalan Abdul Wahab Siamin, Ruko Villa Bukit Mas, Blok RC 05, Dukuhpakis, Surabaya. Buka dari pukul 11.30-15.00 WIB dan 18.00-22.00 WIB.

16. Surabaya Narako

Unsplash/Jason Leung

Rumah makan hidden gem yang cocok di kantong mahasiswa ini menyediakan aneka makanan laut. Di antaranya kepiting, cumi, udang, kerang, lobster, gurami. Pilihan paket tersedia mulai dari Rp 15 ribu. Ada saus khas Narako, lada hitam, mentega hitam, dan asam manis yang populer di kalangan pecinta seafood.

Dengan merogoh kocek Rp 50 ribu, Sedulur bisa mendapatkan menu paket small terdiri dari udang crispy, cumi crispy, kerang, dan dua nasi hangat untuk dua orang. Bisa banget ajak pacar ataupun temen-teman Sedulur.

Lokasi Surabaya Narako di Gubeng Kertajaya 7D 52, Surabaya. Jam operasional buka setiap hari mulai pukul 12.00 WIB-22.00 WIB.

17. Kepiting Rames

Ada banyak pilihan menu seafood di Kepiting Rames. Beberapa diantaranya yang jadi favorit adalah kepiting telur, kepiting soka, kepiting rames, ikan gurami, ikan bandeng, kerang, cumi, udang, dan lainnya.

Seafood di sini disajikan dengan aneka saus Indonesia, saus Singapore, saus China, dan yang terbaru butter bawang. Hidangan di tempat ini dipatok dengan harga mulai Rp 45 ribu.

Dengan harga segitu Sedulur dapat merasakan makanan laut yang menggugah selera. Tempat ini buka setiap hari pukul 11.00 WIB-24.00 WIB. Kepiting Rames terletak di Jalan Tegalsari Nomor 63, Surabaya.

18. Seafood Bang Jaja

Seafood Bang Jaja menjadi rumah makan seafood andalan orang Surabaya. Tempat makan ini menawarkan olahan hidangan laut segar dengan saus yang tentunya bikin Sedulur ketagihan.

Harga menu seafood di sini relatif terjangkau. Ada menu ikan gurami, cumi, kepiting, udang, ikan dorang, dan baronang mulai Rp 18 ribu per porsi. Lokasinya berada di Jalan Genteng Muhammadiyah Nomor 2. Jam operasional buka setiap hari pukul 10.00 WIB-01.00 WIB.

19. Xiang Seafood

Rumah makan ini menawarkan aneka menu seafood seperti ikan bakar merah, cumi goreng tepung, udang bakar, ikan bakar khas Xiang. Menu spesial di tempat ini gulai kepala ikan, bandeng salted egg, bandeng penyet, udang penyet, sop iga, rawon iga, dan masih banyak lagi mulai harga Rp 20 ribu.

Xiang Seafood & Ikan Bakar buka setiap hari pukul 11.00 WIB-22.00 WIB dan berlokasi di Ruko Taman Internasional A-16 Surabaya.

20. Ikan Bakar Jimbaran

Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Bali untuk menikmati seafood dengan bumbu khas Jimbaran. Sedulur bisa langsung datang ke Ikan Jimbaran Surabaya dengan konsep grill spesial.

Kerang bakar Jimbaran menjadi menu favorit para pembeli di rumah makan ini. Juga aneka seafood lainnya dengan saus khas Jimbaran tersedia mulai harga Rp 60 ribu. Jam operasional buka pukul 13.00 WIB-22.00 WIB. Lokasinya berada di Jalan Kedung Baruk Nomor 56, Surabaya.

BACA JUGA: 8 Tempat Makan Sate Kambing di Surabaya yang Paling Enak

21. Beatus Alfresco Dinning and Gril

seafood surabaya
Unsplash/Derek Lu

Selanjutnya ada Beatus Alfresco Dinning and Grill. Menu andalannya yakni caramelized butter crab. Menurut Food Patrol, bahan kepiting yang digunakan sangat segar dan berukuran besar. Perpaduan rasa gurih dengan aroma bawang putih, mentega, dan bacon memunculkan kekhasan tersendiri. Sebaiknya, Sedulur memesan tempat dan kepiting jauh-jauh hari, karena sangat ramai

Tempat makan seafood mewah ini berlokasi di Plaza Graha Famili, Jalan Mayjen Yono Suwoyo Nomor 25-27, Kelurahan Pradah Kali Kendal, Kecamatan Dukuh Pakis, Surabaya, Jawa Timur.

22. Marina

Marina mendapatkan rating paling tinggi di antara tempat makan seafood lainnya. Ternyata, restoran ini sudah ada sejak tahun 1993 dengan lokasi yang sama hingga sekarang. Menu yang paling lezat menurut Food Patrol yakni kepiting kukus bawang putih. Cocok banget dicicipi bersama saus kecap bawang putih yang bikin makin lezat.

Tempat makan seafood ini berLokasi di Lantai 5, Tunjungan Plaza 2, Jalan Basuki Rahmat Nomor 8-12, Kelurahan Kedungdoro, Kecamatan Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur.

23. Sari Laut Cak Aris

Bagi Sedulur yang ingin mencoba seafood di Sari Laut Cak Aris harus sabar mengantre. Pasalnya, rumah makan ini tak pernah sepi pembeli. Sari Laut Cak Aris menyediakan hidangan ikan gurami, cumi, udang, kepiting goreng, dan kerang yang disajikan dengan saus asam manis maupun saus mentega. Tak hanya itu, Sedulur juga dapat menikmati penyetan.

Untuk harga makanan di sini mulai dari Rp 18 ribu per porsi. Jam operasional rumah makan ini buka mulai pukul 17.00 WIB-23.00 WIB. Lokasinya terletak di Jalan Ngagel Jaya Selatan Nomor 15.

Demikian tadi rekomendasi seafood Surabaya untuk Sedulur. Oia, ketika berwisata kuliner, Sedulur juga jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Air Mineral Pirlo

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!