kuliner mojokerto pecel surabaya

Surabaya memang terkenal dengan keragaman kuliner khasnya. Sedulur bisa menemukan berbagai pilihan kuliner yang dapat memanjakan lidah. Salah satu hidangan yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung adalah pecel Surabaya.

Pecel sendiri merupakan sebuah sajian tradisional Jawa Timur yang terdiri dari sayuran segar, kemudian disiram dengan saus kacang gurih. Tidak hanya lezat, pecel juga menyehatkan karena terdiri dari berbagai macam sayuran yang berpadu menjadi satu.

Di Surabaya, terdapat sejumlah warung pecel yang legendaris dan selalu ramai dikunjungi oleh pecinta kuliner lokal maupun wisatawan. Nah, di bawah ini ada beberapa rekomendasi beberapa warung pecel Surabaya yang wajib Sedulur coba untuk merasakan citarasa yang otentik.

BACA JUGA: Resep Sego Pecel Khas Jawa Timur, Pedas dan Gurihnya Uenak!

1. Mbok Rah

kuliner mojokerto
Unsplash/Tubagus Topan

Warung Pecel Mbok Rah telah menjadi salah satu ikon kuliner di Surabaya dengan citarasa pecelnya yang lezat. Warung ini selalu ramai oleh pengunjung yang ingin menikmati kelezatan pecel yang khas.

Saus kacangnya yang kental dan kaya akan rempah membuat setiap gigitan pecel di sini terasa istimewa. Warung Mbok Rah juga menawarkan berbagai lauk sebagai pelengkap hidangan pecelnya.

  • Lokasi: Jalan Bubutan Nomor 127, Kelurahan Alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: 17.30 WIB – 22.00 WIB
  • Harga: Di bawah Rp30 ribu.

2. Nasi Pecel dan Rawon Bu Umi

Nasi Pecel dan Rawon Bu Umi merupakan destinasi kuliner yang tidak boleh dilewatkan bagi para pecinta pecel dan rawon. Khusus untuk pecel, dikenal dengan bumbu kacangnya yang gurih dan sedikit pedas.

Bumbu tersebut menyatu sempurna dengan sayuran segar yang digunakan. Yang membuatnya semakin spesial, adanya aneka lauk yang lezat, seperti telur puyuh, paru, empal, dan juga tahu.

  • Lokasi: Jalan Kapas Krampung Nomor 112, Kelurahan Ploso, Kecamatan Tambaksari, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: 17.00 WIB – 01.00 WIB
  • Harga: Di bawah Rp45 ribu.

3. Pecel Ambulance Bu Hana

Pecel Ambulance Bu Hana merupakan salah satu warung pecel Surabaya yang legendaris. Nama uniknya berasal lampu ikonik seperti ambulans yang dipasangkan di depan warung.

Warung ini terkenal dengan bumbu pecelnya yang kental, disajikan dengan berbagai sayuran segar. Selain itu, Sedulur juga bisa memilih beraneka lauk seperti usus, cumi, telur, perkedel, ayam, dan lain-lain.

  • Lokasi: Jalan Kranggan Nomor 21A, Kelurahan Sawahan, Kecamatan Sawahan, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: 23.00 WIB – 04.00 WIB
  • Harga: Di bawah Rp30 ribu.

4. Pecel Ponorogo Bu Siti

Pecel Ponorogo Bu Siti menawarkan cita rasa pecel khas Ponorogo yang otentik. Berbeda dengan pecel lainnya, Pecel Ponorogo Bu Siti menggunakan bumbu kacang yang lebih pedas dan sedikit manis.

Hal ini tentu memberikan sensasi rasa yang unik dan menggugah selera. Warung ini juga menyajikan pecel dengan beragam sayuran segar, serta lauk seperti ayam goreng, tempe mendoan, dan tahu bacem.

  • Lokasi: Jalan Musi, Kelurahan Darmo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: 09.30 WIB – 16.00 WIB
  • Harga: Di bawah Rp25 ribu.

5. Pecel Ponorogo Hj. Boeyatin

Sesuai dengan namanya, Warung Pecel Ponorogo Hj. Boeyatin dikenal dengan sajian pecel khas Ponorogo yang otentik. Saus kacangnya yang kental dan lezat, berpadu nikmat dengan sayuran.

Selain itu, Sedulur juga bisa menikmati berbagai tambahan lauk di warung pecel Surabaya ini. Misalnya saja seperti rempeyek, tempe goreng, dan lain sebagainya yang menambah kenikmatan.

  • Lokasi: Jalan Ketabang Kali, Kelurahan Ketabang, Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: 06.00 WIB – 20.00 WIB
  • Harga: Di bawah Rp50 ribu.

BACA JUGA: 22+ Resep Olahan Tahu dan Telur Sat Set untuk Hidangan Sahur

6. Warung Nasi Pecel Bu Djoyo

tahu tek surabaya
Unsplash/Caroline Attwood

Warung Nasi Pecel Bu Djoyo terkenal dengan rasa saus kacangnya yang khas dan juga mampu menggugah selera. Sayuran segar yang disajikan dalam pecel ini selalu terjaga kualitasnya.

Warung nasi pecel yang sudah berdiri sejak 1960-an ini juga menyajikan berbagai macam lauk pendamping. Mulai dari ayam goreng hingga empal, menjadikan warung ini sebagai favorit banyak orang.

  • Lokasi: Jalan Pandegiling Nomor 318A, Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: 05.30 WIB – 08.30 WIB
  • Harga: Di bawah Rp25 ribu.

7. Warung Pojok Moro Seneng

Berikutnya ada Warung Pojok Moro Seneng, yang terkenal dengan Saus kacangnya yang dibuat dengan resep turun-temurun. Menjadikan rasanya benar-benar khas, dan berbeda dari warung pecel yang lain.

Yang lebih menarik lagi, Sedulur juga bisa memesan hidangan unik berupa campuran pecel dan rawon. Walaupun begitu, citarasa kombinasi hidangan ini benar-benar terasa sangat nikmat.

  • Lokasi: Jalan Pucang Anom Nomor 17, Kelurahan Pucang Sewu, Kecamatan Gubeng, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: 21.00 WIB – 04.00 WIB
  • Harga: Di bawah Rp40 ribu.

8. Pecel Ponorogo Hj. Boeyatin

Pecel Ponorogo Hj. Boeyatin merupakan salah satu warung pecel Surabaya yang populer. Selain dikenal dengan saus kacangnya yang khas, warung ini juga dikenal dengan pelayanannya yang ramah dan cepat.

Selain itu, sayuran yang digunakan selalu segar. Sedulur juga dapat menambahkan berbagai lauk seperti tahu goreng, tempe mendoan, dan berbagai jenis kerupuk untuk melengkapi hidangan pecel tersebut.

  • Lokasi: Jalan Ketabang Kali, Ketabang, Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: 06.00 WIB – 20.00 WIB
  • Harga: Di bawah Rp50 ribu.

9. Nasi Pecel Bu Yuning

Nasi Pecel Bu Yuning selalu ramai oleh pengunjung yang datang untuk menikmati seporsi nasi pecel yang disajikan dengan sayuran segar dan sambal kacang yang khas.

Kelezatan dari warung pecel yang berdiri sejak tahun 1996 ini, yakni ada pada sambal kacangnya yang pedas gurih. Bumbu tersebut berpadu sempurna dengan sayuran yang masih segar dan renyah.

  • Lokasi: Jalan Ahmad Yani Nomor 211 A, Siwalankerto, Kecamatan Gayungan, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga: Di bawah Rp50 ribu.

10. Pecel Bu Kus

tahu campur surabaya
Unsplash/Louis Hansel

Rekomendasi warung pecel Surabaya terakhir adalah Pecel Bu Kus. Warung yang satu ini dikenal dengan suasana yang sederhana, namun mampu menyajikan pecel dengan rasa yang luar biasa.

Pecel Bu Kus disajikan dengan beragam sayuran, kemudian disiram dengan sambal kacang yang kental dan nikmat. Selain itu, di Pecel Bu Kus Sedulur juga bisa menikmati beragam tambahan lauk yang lezat.

  • Lokasi: Jalan Barata Jaya XX Nomor 110, Baratajaya, Kecamatan Gubeng, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: 06.00 WIB – 19.30 WIB
  • Harga: Di bawah Rp20 ribu.

Menikmati kuliner khas Surabaya, seperti pecel merupakan pengalaman yang tidak boleh dilewatkan bagi siapa pun yang berkunjung ke kota ini. Dengan berbagai pilihan warung pecel Surabaya dengan citarasa otentik dan beragam lauk pendamping, setiap gigitan memberikan kelezatan yang menggugah selera.

Ketika berwisata kuliner, Sedulur juga jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!