rumah makan lamongan

Apa yang terlintas di benak Sedulur saat mendengar nama Lamongan? Pecel lele, soto, atau wisata bahari? Yup, kota pesisir utara ini memang begitu terkenal dengan wisata dan kulinernya. Bahkan, rumah makan Lamongan bisa menjamur di seluruh pelosok Jawa Timur.

Bukan tanpa alasan, kabupaten yang terkenal dengan kekayaan alam baharinya ini memang memiliki beragam rumah makan yang selalu menarik untuk didatangi. Apalagi Lamongan memang terkenal memiliki banyak kuliner khas yang lezat dan pastinya menggoyang lidah.

Sedulur juga tertarik untuk berwisata kuliner saat berkunjung ke Lamongan? Berikut ada 8 rekomendasi rumah makan di Lamongan yang wajib Sedulur coba.

BACA JUGA: 10+ Tempat Makan Tahu Campur Surabaya Paling Mak Nyus

Mengenal Kuliner Khas Lamongan

rumah makan lamongan
Freepik/Freepik

Sebelum mencari rekomendasi rumah makan di Lamongan, tak ada salahnya Sedulur menyimak informasi mengenai kuliner khas daerah tersebut.

Seperti diketahui, Lamongan memang terkenal dengan beragam kuliner khas yang lezat, menggugah selera, dan pastinya layak dicoba. Hal ini jugalah yang membuat daerah tersebut kerap dipilih menjadi destinasi wisata pagi penggemar kuliner. Berikut ini sudah dirangkum beberapa kuliner khas Lamongan.

  • Soto Lamongan. Salah satu ciri khas soto Lamongan yang sekaligus membedakannya dengan soto dari daerah lain adalah kuahnya yang pekat dan terdapat tambahan berupa topping koya. Hal ini membuatnya memiliki cita rasa yang lebih gurih dan kuat.
  • Nasi boranan. Semula hidangan ini kerap dijadikan bekal bagi masyarakat saat bekerja di sawah. Namun belakangan nasi boranan mulai populer sebagai salah satu kuliner khas yang diburu wisatawan.
  • Tahu campur. Tahu campur merupakan hidangan berbahan utama tahu yang disajikan dengan petis udang dan perkedel kacang tolo.
  • Asam bandeng. Sesuai namanya, hidangan ini dibuat dengan mengolah ikan bandeng dengan bumbu bercita rasa gurih dan asam sehingga terasa segar saat dimakan.

BACA JUGA: 8 Tempat Kuliner Malam di Banyuwangi yang Menggugah Selera

Rekomendasi rumah makan di Lamongan

Sementara itu, berikut ada beberapa rekomendasi rumah makan di Lamongan. Berbagai rumah makan ini bisa menjadi destinasi Sedulur saat berkunjung ke Lamongan ataupun sebagai pilihan untuk berkumpul bersama keluarga saat pulang ke kampung halaman.

Tak hanya itu, sejumlah rumah makan yang masuk daftar wajib dikunjungi ini juga menyajikan menu kuliner khas Lamongan. Daripada makin penasaran, yuk, langsung simak 8 rekomendasi rumah makan di Lamongan, lengkap dengan informasi seputar alamat, pilihan menu, hingga harganya.

1. LA Restaurant

aneka resep ayam goreng kampung
Unsplash/Streets of Food

Rekomendasi rumah makan pertama yang bisa Sedulur kunjungi saat berlibur ke Lamongan adalah LA Restaurant. Rumah makan ini menyajikan beraneka menu, mulai dari masakan Indonesia hingga makanan Barat.

Beberapa menu yang cukup populer di sini adalah ayam goreng, ayam geprek, bakwan ngalam, steak, serta berbagai olahan sayur mayur yang sehat nan segar. Selain itu, ada pula berbagai menu minuman yang bisa Sedulur pilih, di antaranya adalah es degan, kopi gula aren, serta STMJ.

Rasa makanan dan minuman di LA Restaurant sendiri sudah tidak perlu diragukan lagi. Sebab, rumah makan ini telah lama menjadi andalan bagi masyarakat setempat maupun wisatawan saat berkunjung ke Lamongan. Apalagi rumah makan ini juga memiliki tempat yang cukup luas sehingga nyaman untuk makan bersama keluarga.

Tertarik untuk berkunjung? Sedulur bisa langsung datang ke Jalan Kusuma Negara Nomor 03, Tumenggungan, Lamongan. Rumah makan ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00 sampai 22.00 WIB. Adapun harga makanan yang ditawarkan cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 12 ribu hingga Rp 45 ribuan saja.

2. Warung Prasmanan Lombok Hijau

Sedulur yang mencari rekomendasi rumah makan untuk sarapan, makan siang, ataupun makan malam bisa berkunjung ke Warung Prasmanan Lombok Hijau. Pasalnya, rumah makan ini buka mulai pukul 06.00 sampai dengan 21.30 WIB.

Warung Prasmanan Lombok Hijau sendiri menyajikan beraneka ragam menu yang bisa Sedulur pilihan. Beberapa menu favorit di rumah makan ini, di antaranya adalah nasi goreng mawut atau hidangan nasi goreng yang dipadukan dengan mie goreng, nasi goreng Singapura, mie goreng jumbo, hingga lauk seperti gurame asam manis.

Tak sekadar lezat, Warung Prasmanan Lombok Hijau juga menawarkan menu yang cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 8 ribuan hingga Rp 40 ribuan saja. Sedulur yang penasaran dengan Warung Prasmanan Lombok Hijau bisa langsung berkunjung ke Jalan Panglima Sudirman Jalan Deket Nomor 56, Deket Kulon, Kecamatan Deket, Lamongan.

3. Warung Kaliotik

Selanjutnya ada Warung Kaliotik, rekomendasi rumah makan di Lamongan yang juga menyajikan beraneka pilihan menu. Sedulur bisa mencicipi nasi campur, bandeng boranan, ayam panggang, hingga sate sapi di rumah makan satu ini.

Selain itu, ada juga aneka minuman seperti es cincau dan es beras kencur yang tak hanya memanjakan lidah, tapi juga mampu melepaskan dahaga Sedulur. Warung Kaliotik juga bisa menjadi pilihan untuk Sedulur yang ingin berkumpul bersama keluarga sembari menikmati sajian lezat. Sebab, rumah makan ini memiliki tempat yang luas.

Tertarik untuk mencoba? Sedulur bisa datang ke Jalan Jaksa Agung Suprapto Nomor 26, Dapur Barat, Sidokumpul, Lamongan. Rumah makan ini buka setiap hari, mulai pukul 06.00 sampai dengan 21.00 WIB.

4. Nasi Boranan Kota Lamongan (Mbak Ita)

Dijelaskan sebelumnya, Lamongan memiliki beraneka ragam kuliner khas, satu di antaranya adalah nasi boranan. Sedulur yang penasaran dengan cita rasa nasi boranan bisa datang ke warung Nasi Boranan Kota Lamongan (Mbak Ita).

Sesuai namanya, rumah makan ini menyajikan menu andalan yakni nasi boranan. Selain itu ada pula pilihan menu yang lain, seperti nasi jagung dan nasi pecel.

Sedulur yang tertarik bisa langsung datang ke Nasi Boranan Kota Lamongan (Mbak Ita) yang berlokasi di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Kauman, Lamongan. Rumah makan ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 15.00 WIB.

BACA JUGA: Menikmati Sego Buwuhan, Kuliner Khas Bojonegoro yang Sedap

5. RM Asih Jaya Putra

Kuliner jember kuliner nasi boranan rumah makan lamongan
Unsplash/Wan San

Sedulur yang tertarik mencicipi hidangan khas Lamongan, yakni soto Lamongan bisa datang ke RM Asih Jaya Putra. Rumah makan yang berlokasi di Jalan Panglima Sudirman Nomor 18, Dapur Utara, Sidokumpul, Lamongan ini menyajikan beragam menu masakan, mulai dari soto Lamongan, sop buntut, rawon, hingga ayam bakar.

Tak sekadar lezat dan memanjakan lidah, berbagai menu di rumah makan ini juga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp 15 ribuan saja. Selain itu, rumah makan ini juga memiliki daya tarik berupa area yang luas sehingga cocok untuk bersantap bersama keluarga.

6. Resto Laris Liris

Selanjutnya ada Resto Laris Liris yang bisa menjadi pilihan Sedulur untuk sarapan, makan siang, ataupun makan malam saat berkunjung ke Lamongan. Rumah makan yang terletak di Jalan Sunan Drajat Nomor 34 A, Kauman, Sidoharjo, Lamongan ini buka mulai pukul 07.00 hingga 23.00 WIB.

Resto Laris Liris sendiri memiliki ciri khas berupa model bangunan rumah joglo dengan konsep semi outdoor. Oleh karenanya Sedulur akan merasa nyaman saat bersantap di sini.

Adapun pilihan menu yang bisa Sedulur coba juga cukup beragam, lo. Mulai dari olahan daging bumbu lada hitam, ayam bakar madu koro, hingga capcay kuah dan plecing kangkung. Berbagai menu tersebut bisa Sedulur nikmati dengan harga mulai dari Rp 7 ribu sampai Rp 60 ribuan.

7. Warung Doro Pak Pa’i

Pernahkah Sedulur mencoba menu burung dara goreng? Sedulur bisa mencicipinya saat berkunjung ke Lamongan sebab ada Warung Doro Pak Pa’i yang menyajikan menu tersebut. Rumah makan yang sudah berdiri sejak 1989 ini menawarkan berbagai menu, mulai dari ayam kampung goreng, bebek goreng, hingga burung dara goreng.

Tertarik mencoba? Sedulur bisa langsung datang ke Jalan Mastrip Nomor 73 A, Sukomulyo, Lamongan. Rumah makan Warung Doro Pak Pa’i buka mulai pukul 11.00 hingga 23.00 WIB.

8. Soto Ayam Lamongan Cak Mardi

Rekomendasi rumah makan di Lamongan terakhir yang cocok untuk Sedulur yang penasaran dengan cita rasa soto Lamongan adalah warung Soto Ayam Lamongan Cak Mardi. Sesuai namanya, hidangan soto ayam khas Lamongan menjadi menu andalan di rumah makan ini.

Rumah makan ini terletak di Jalan KH Ahmad Dahlan Nomor 53, Jetis, Tlogoanyar, Lamongan. Sedulur bisa menikmati soto ayam dengan harga mulai dari Rp 15 ribu hingga Rp 25 ribu.

Itu dia beberapa rekomendasi rumah makan di Lamongan yang bisa menjadi destinasi wisata kuliner Sedulur. Nah, Sedulur tertarik mencoba yang mana dulu, nih?

Namun saat Sedulur berwisata kuliner, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!