sego buwuhan bojonegoro

Berkunjung ke kota lain rasanya tidak lengkap jika tidak mencicipi kuliner khasnya. Apalagi setiap daerah selalu punya ciri khas masing-masing terkait kulinernya. Tak terkecuali Bojonegoro dengan sego buwuhan yang sedap dan dijamin bikin Sedulur ingin kembali lagi untuk mencicipnya.

Seperti apa, ya, cita rasa sego buwuhan khas Bojonegoro? Sebelum mencicipinya langsung, yuk, simak rangkuman informasinya berikut ini.

BACA JUGA: 6 Warung Nasi Madura di Surabaya Tersedap, Dijamin Nagih!

Mengenal Sego Buwuhan Bojonegoro

sego buwuhan bojonegoro
Unsplash/Takashi Miyazaki

Sego buwuhan merupakan salah satu makanan khas Bojonegoro yang wajib masuk daftar Sedulur saat berkunjung ke daerah yang juga dikenal sebagai Kota Ledre ini. Apalagi hidangan ini cukup jarang bahkan hampir tidak dapat ditemukan di wilayah lain.

Apa itu sego buwuhan? Mengutip dari situs resmi Pemkab Bojonegoro, nama sego buwuhan terdiri atas dua kata, yaitu sego dan buwuhan. Kata “sego” dalam bahasa Jawa berarti nasi, sedangkan “buwuhan” diambil dari kata “buwuh” yang artinya menyumbang atau memberi. Sego buwuhan sendiri umumnya banyak disajikan saat hajatan.

Hidangan sego buwuhan sendiri terdiri atas nasi putih yang disajikan bersama momok tempe, mi, sayur tewel atau nangka muda, serta sate daging. Ciri khas lain dari sego buwuhan terletak pada penggunaan daun jati sebagai alas atau bungkusnya. Penggunaan daun tersebut dinilai menambah cita rasa pada hidangan tersebut.

Rekomendasi Rumah Makan

Meski biasa disajikan saat hajatan atau acara spesial, belakangan sudah banyak rumah makan yang menjual menu sego buwuhan. Salah satu rekomendasi warung yang bisa Sedulur kunjungi adalah Warung Sincin yang terletak di Jalan MH Thamrin, Gang Mawar No. 11b, Kauman, Bojonegoro.

Warung yang sudah berdiri sejak 2016 itu buka setiap hari Selasa-Minggu mulai pukul 07.00 sampai dengan 16.00 WIB. Sehingga Sedulur bisa datang untuk mencoba masakannya di waktu tersebut ya.

Dalam menyajikan sego buwuhan, Warung Sincin memiliki ciri khas, yaitu menggunakan alas piring dari rotan yang dilapisi daun jati. Cara penyajian tersebut memberikan kesan tersendiri bagi pengunjung, terutama mereka yang datang dari luar daerah.

Menu dan Harga Sego Buwuhan

Selain menyajikan dengan piring rotan dan daun jati, Warung Sincin juga mengusung konsep prasmanan sehingga pengunjung dapat memilih dan mengambil berbagai hidangan sesuai selera. Ada beragam lauk yang bisa Sedulur nikmati di Warung Sincin sebagai pendamping hidangan sego buwuhan.

Beberapa diantaranya adalah sayur bayam, sayur lodeh, oseng cumi, oseng teri, oseng bunga turi, capcay, sate kikil, ayam bakar, hingga kare kepala ayam. Berbagai lauk tersebut dibanderol dengan harga yang beragam, yaitu mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu. Selain itu, ada juga aneka goreng yang dijual dengan harga Rp 1.000 per biji.

Tips Membeli Sego Buwuhan

Berikut beberapa tips menikmati sego buwuhan yang bisa Sedulur coba.

  • Pastikan Sedulur mengambil aneka lauk dan sayur, terutama momok tempe, mi, sayur tewel atau nangka muda, dan sate yang menjadi ciri khas hidangan tersebut.
  • Datang lebih awal agar Sedulur tidak kehabisan dan bisa mendapatkan spot makan yang nyaman.
  • Cek jadwal buka warung, yaitu setiap hari Selasa-Minggu mulai pukul 07.00-16.00 WIB. Sedulur juga bisa mencari update informasi tentang jam buka warung di internet.

Itu dia rangkuman informasi mengenai sego buwuhan khas Bojonegoro. Tertarik mencoba? Tapi jangan lupa ketika berwisata kuliner, Sedulur siap sedia air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!