tahu campur surabaya

Kuliner Surabaya begitu kaya dan banyak yang rasanya menggoyang lidah. Jadi, saat Sedulur liburan ke Surabaya rasanya wajib untuk mencicipi kudapan lezatnya, salah satunya tentu adalah tahu campur Surabaya.

Tapi sebenarnya tahu campur merupakan makanan khas Lamongan, Jawa Timur. Sedangkan, di kota asalnya sendiri kuliner ini justru jarang sekali dijumpai. Malahan, penjual tahu campur begitu menjamur dan mudah ditemui di Surabaya.

Hidangan yang berbahan dasar tahu goreng ini disajikan bersama dengan bahan pelengkapnya. Beberapa di antaranya seperti potongan daging sapi, kikil sapi, mie kuning, selada, tauge, bumbu petis, sekaligus kuah dengan cita rasa manis nan gurih. Tambahan kerupuk yang renyah tentu akan membuat rasanya semakin nikmat. 

Selain mengenyangkan karena porsinya yang banyak, harga tahu campur rata-rata memiliki harga yang cukup terjangkau. Tak sulit memang menemukan tempat makan tahu campur yang terkenal, karena tersebar di beberapa titik kota Surabaya. Untuk itu, berikut ini beberapa rekomendasi tahu campur Surabaya yang wajib Sedulur coba!

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Tempat Makan Lontong Kupang di Surabaya

1. Tahu Campur Cak Kahar

makanan khas banyuwangi
Unsplash/Wherda Arsianto

Populer di Surabaya, kuliner tahu campur yang satu ini selalu ramai dikunjungi pembeli. Hingga saat ini pemiliknya masih sering berkecimpung langsung dalam pembuatan tahu campur. Hal ini membuat tahu campur ini menjadi otentik dan lezat.

Tahu campur disajikan dengan isian lontong, daging sapi, mie kuning, lentil, dan kuah yang nikmat. Jika ingin mencoba olahan tahu lainnya, Sedulur bisa mencoba tahu telur. Kuliner ini buka sampai larut malam, jadi cocok banget buat lapar tengah malam.

  • Lokasi: Jl. Embong Malang No.78 H, Genteng, Kec. Genteng, Kota Surabaya.
  • Jam operasional: 16.20-00.00 WIB.
  • Harga: mulai Rp15 ribu

2. Tahu Campur Cak Minto

Jika Sedulur tidak ingin berada di pusat kota dan ingin tahu suasana lain, jangan khawatir. Sedulur bisa mengunjungi Tahu Campur Cak Minto di Menanggal. Namun jangan salah, meski letak Tahu Campur Cak Minto ini tidak berada di pusat kota, namun selalu ramai dikunjungi pembeli. Jadi harus sabar mengantri ya.

Tapi jangan kecewa dulu, kesabaran Sedulur dalam mengantre akan membuahkan hasil. Tahu Campur Cak Minto mempunyai rasa yang sangat nikmat. Tahunya enak, lontongnya empuk, kuahnya yang tajam autentik, dan toppingnya beda-beda. Terasi udang juga dicampurkan ke dalam kuah petis membuatnya semakin nikmat.

  • Lokasi: Jl. Menanggal Utara, Menanggal, Kec. Gayungan, Kota Surabaya.
  • Jam operasional: 13.00-22.00 WIB
  • Harga: mulai Rp17 ribu

3. Tahu Campur Pak Sadak 

Yang ke Surabaya Barat wajib mampir ke Tahu Campur Pak Sadak. Tahu Campur Pak Sadak terkenal dengan kandungan kulit sapinya yang kaya rasa. Daging sapi ini diolah dengan cara dimasak bersama bumbu dalam waktu lama agar dagingnya empuk dan menyerap semua bumbu rempah.

Tahu Campur Pak Sadak juga gak kekurangan sayur. Saus petisnya enak, cocok banget sama sambal.

  • Lokasi: Jl. Mayjen Sungkono No.106, Pakis, Kec. Sawahan, Kota Surabaya.
  • Jam operasional: 16.30-22.00 WIB
  • Harga: mulai Rp15 ribu

4. Tahu Campur Kapasari H. Munaji

Pecinta daging sapi dan kalkun wajib mencoba Tahu Campur Kapasari H. Munaji. Pasalnya Tahu Campur Kapasari menawarkan olahan tahu campur yang daging dan kikilnya banyak. Daging dan kuahnya membuat kuah petis semakin nikmat. Enak banget dimakan dengan lontong yang lembut.

Selain aneka tahu, restoran ini juga menawarkan berbagai olahan daging sapi. Misalnya soto daging sapi, soto Madura, dan lontong kikil. 

  • Lokasi: Jl. Simokerto No.43, RT.007/RW.06, Simokerto, Kec. Simokerto, Kota Surabaya.
  • Jam operasional: 10.00-22.00 WIB.
  • Harga: mulai Rp10 ribu

5. Tahu Campur Kalasan

Tahu Campur Kalasan merupakan salah satu kuliner legendaris yang hadir sejak tahun 1979. Nama restoran ini sebenarnya adalah Tahu Campur H. Abdul Mahfud Asli Kalasan. Karena letaknya di Jalan Kalasan, orang sering menyebutnya Tahu Campur Kalasan.

Tahu Campur Kalasan menyasar pembeli luar kota Surabaya karena menawarkan rasa kuah yang nikmat dan kekentalan yang pas. Selain itu, Tahu Campur Kalasan juga hadir dengan potongan kikil yang tebal. Namun pembeli harus bersabar jika ingin makan di sini. Pasalnya Tahu Campur Kalasan selalu ramai dikunjungi pelanggan, terutama saat jam makan siang.

  • Lokasi: Jl. Kalasan Nomor 22, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Kota Surabaya.
  • Jam operasional: 10.30-22.30 WIB.
  • Harga: mulai Rp15 ribu

BACA JUGA: 13 Kuliner di Jember yang Menggoyang Lidah

6. Tahu Campur Pak Gito

larangan makan saat diet intermittent fasting
Unsplash/Louis Hansel

Kenyalnya potongan daging sapi yang empuk dan lembut bisa Sedulur cicipi di tempat ini. Dengan potongan tahu, tauge, dan saus petis membuatnya semakin nikmat. Meski berada di bawah tenda sederhana, cita rasa tahu campurnya tetap menjadi menu spesial yang istimewa.

Tak salah jika tempat ini selalu ramai pengunjung. Yang terbaik adalah makan tahu campur selagi masih panas. Jangan lupa tambahkan sambalnya agar semakin nikmat makannya.

  • Lokasi: Jalan Kapasari Blok D-11 Nomor 95, Kapasan, Simokerto, Kota Surabaya
  • Jam operasional: setiap hari pukul 16.00-22.00 WIB
  • Harga: Rp16 ribu

7. Warung Pak Hasyim

Selanjutnya di kawasan MERR ada tahu campur yang gak kalah lezat, tepatnya di Warung Pak Hasyim. Di sini terdapat beberapa lauk pelengkap yang bisa Sedulur pilih sesuka hati, seperti sate kikil dengan harga Rp2.000 dan sate kerang mulai dari Rp5.000 per tusuk.

Untuk minumannya, tersedia es teh, jeruk, sinom, atau es kacang hijau. Semua cocok untuk pelepas dahaga.

  • Lokasi: Jalan Dr. Ir. H. Soekarno Nomor 523, Penjaringan Sari, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya
  • Jam operasional: setiap hari pukul 10.00-22.30 WIB
  • Harga: mulai dari Rp17 ribu

8. Senno Jaya Tahu Campur

Warga Surabaya Barat pasti tahu tahu campur yang satu ini. Seperti biasa, potongan daging sapi, tahu, kacang-kacangan, bawang goreng, salad, dan saus petisnya bisa Sedulur temukan dalam satu porsi tahu campur Senno Jaya.

Tempat ini juga menyajikan tahu dan tahu telur. Untuk minumannya bisa pesan es teh, es jeruk, es biru dan aneka minuman kemasan.

  • Lokasi: Jalan Raya Darmo Permai I Nomor 46, Sukomanunggal, Kota Surabaya 
  • Jam operasional: setiap hari pukul 11.00-23.30 WIB
  • Harga: mulai dari Rp12 ribu

9. Tahu Campur Pak Sugeng

Tahu campur ini dulunya ada di Jalan Diponegoro namun sekarang sudah berpindah ke Jalan Pandegiling. Meski kecil tempatnya, namun tahu campurnya tetap terasa istimewa. Harganya juga ramah kantong.

Daging sapi yang empuk dengan selada, kacang-kacangan, dan saus petis pedas dijamin membuat seporsi tahu campur gak cukup dan pengin nambah lagi. Kalau kurang pedas, bisa ditambah sesendok cabai.

  • Lokasi: Jalan Pandegiling Nomor 280, Kecamatan Tegalsari, Kota Surabaya
  • Jam operasional: setiap hari pukul 16.00-23.30 WIB
  • Harga: mulai dari Rp10 ribu

10. Tahu Campur Sumber Jaya

Sedulur bisa merasakan campuran tahu yang sempurna di Tahu Campur Sumber Jaya. Selain itu, Sedulur juga bisa memesan menu lain yang tak kalah menariknya, seperti soto, tahu telur, dan kikil daging sapi. Minumannya antara lain ada es jeruk, es teh, teh panas, jeruk panas, dan air mineral.

  • Lokasi: Jalan Jemur Andayani Nomor 40, Wonocolo, Kota Surabaya
  • Jam operasional: setiap hari pukul 18.00-22.00 WIB
  • Harga: mulai dari Rp15 ribu

11. Depot Tahu Campur 2066B Bu Betty

Pasar Atum memang lengkap dengan kulinernya, mulai dari masakan Chinese, Indonesia, snack, jajan pasar, semua ada di sini. Tapi Sedulur harus mencoba Depot Tahu Campur 2066B Bu Betty. Lokasinya persis di depan Tahu Kitty dekat permak pakaian dan cover tas.

Menu spesialnya adalah tahu campur yang memberikan cita rasa lezat. Isiannya juga lengkap, ada tahu campur komplit dengan sayuran, tahu, mie, daging (bisa minta kikil juga), dan tidak ada gajihnya. Tapi tak hanya itu saja, disini juga tersedia menu lain seperti nasi rawon, nasi campur, nasi empal, nasi timbel, lontong kikil, dll.

  • Lokasi: Pasar Atom, Lantai 2, Jl. Bunguran No. 45, Pabean Cantian, Surabaya
  • Jam operasional: setiap hari pukul 10.00-17.00 WIB
  • Harga: mulai dari Rp25 ribu

12. Lontong Mie Ny. Marlia

kuliner surabaya timur
Unsplash/Inna Safa

Warung Ny. Marlia menyediakan berbagai macam menu yang memanjakan lidah. Salah satunya tentu adalah tahu campur. Penyajiannya diberi petis udang lalu diberi tauge, irisan selada, tahu, lento yang merupakan makanan dari singkong, potongan daging.

Setelahnya disiram kuah yang panas dan diberi kerupuk. Untuk menambah kenikmatan Sedulur bisa menambahkan sambal dan diaduk supaya petisnya tercampur rata. Tapi selain itu, ada menu lain seperti lontong mie, yang wajib untuk Sedulur coba.

  • Lokasi: Plaza Surabaya, Lantai 2, Jl. Pemuda, Genteng, Surabaya.
  • Jam operasional: setiap hari pukul 10.00-22.00 WIB
  • Harga: mulai dari Rp28 ribu

Itulah tadi rekomendasi tahu campur Surabaya yang wajib Sedulur coba. Jadi, pastinya berkunjung ke Surabaya tak lengkap rasanya tanpa mencicipi tahu campur. Disajikan dengan lontong dan disiram kuah petis yang nikmat, pasti akan memanjakan lidahmu. 

Namun, saat berwisata kuliner, Sedulur jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!