rawon enak di Surabaya

Tak lengkap rasanya jika sedang berada di Surabaya tak menikmati rawon khas Surabaya. Rawon merupakan masakan khas Jawa Timur seperti daerah Surabaya dan Malang. Rawon sudah dikenal hampir di setiap pelosok daerah. Kuliner Surabaya ini berbentuk sup daging dengan bumbu yang khas yang di dalamnya mengandung kluwek.

BACA JUGA: 15 Restoran di Surabaya, Menu Lezat dan Tempatnya Nyaman

Mengenal Rawon

rawon enak di Surabaya
Freepik/Freepik

Rawon Jawa Timur pernah dinobatkan menjadi sup atau makanan berkuah paling enak di dunia per 24 Juli 2023 versi Taste Atlas, laman panduan wisata kuliner asal Kroasia. Taste Atlas membuat penilaian berdasarkan peringkat yang diberikan oleh komunitas pembaca mereka. Hasilnya, rawon yang merupakan makanan khas Jawa Timur (Jatim) mendapatkan 4,8 dari skala 1-5 poin.

Berkuah hitam dengan potongan daging sapi dan tauge kecambah di dalamnya dibalut cita rasa rawon yang manis, gurih, dan legit mampu menggoyang lidah siapa pun yang menyantapnya. Rawon biasanya diberi pelengkap taburan bawang goreng, sambal, telur asin, dan kerupuk udang. Tak heran jika rawon disebut sup terenak di dunia.

Salah satu makanan khas Kota Pahlawan ini dapat dengan mudah Sedulur temui di setiap sudut Kota Surabaya. Rawon enak di Surabaya juga banyak sekali pilihannya dan sudah legendaris. Buat Sedulur yang lagi pengen rawon, atau orang luar Surabaya yang akan mencoba kuliner ini, berikut ada beberapa rekomendasi rawon enak di Surabaya yang wajib Sedulur coba.

BACA JUGA: Resep Gabus Pucung Khas Betawi

1. Rawon Setan

rawon enak di Surabaya
Unsplash/Aldrin Rachman

Ada banyak hal menarik yang bisa Sedulur temukan saat berada di Rawon Setan. Salah satunya ialah Sedulur akan melihat bingkai foto berjajar rapi. Bingkai foto ini berisikan wajah atau karakter seniman-seniman yang pernah singgah dan menikmati rawon di rumah makan ini.

Jadi Sedulur jangan heran jikalau banyak orang maupun seniman asal daerah dan luar daerah telah singgah ke Rawon Setan, karena tempat tersebut memang sudah berdiri sejak tahun 1990 silam.

Rawon Setan berlokasi di tengah Kota Surabaya di Jalan Embong Malang No 78/I. Rawon di kedai tersebut terkenal dengan potongan dagingnya yang tebal. Karena namanya sudah terkenal, Rawon Setan kerap menjadi jujukan artis wisatawan di Kota Pahlawan. Banyak artis hingga pejabat yang juga penasaran untuk mencicipi rawon tersebut.

Tidak hanya sambalnya yang khas, menu rawon di sini juga menyuguhkan daging sapi yang empuk. Kuah rawon yang berwarna hitam kental juga dapat membuat para pelanggan ketagihan.

Pengunjung pun dapat memilih tambahan isian kuah rawon. Seperti jeroan, telur, buntut sapi, dan daging. Dinamakan Rawon Setan karena jam buka kedai ini pada zaman dulu yaitu dini hari. Dahulu Rawon Setan buka mulai pukul 00.00 malam hingga 3.00 dini hari.

Tapi, kini pengunjung bisa mencicipi sajian rawon di sini pada Rabu-Sabtu pada pukul 08.00-16.30 WIB, sedangkan pada Minggu-Senin buka pukul 08.00-23.00 WIB. Harga untuk satu porsi Rawon Setan ini dibanderol mulai Rp45 ribu dan Rawon Setan ini tidak membuka cabang di tempat lain.

2. Rawon Kalkulator

Namanya memang cukup unik. Dijuluki kalkulator karena sang penjual memiliki kemampuan menghitung total harga pembeli dengan sangat cepat tanpa kalkulator. Tidak hanya unik, Rawon Kalkulator juga dianggap legendaris karena telah berdiri selama 35 tahun dan tidak pernah sepi pengunjung.

Rawon yang satu ini tidak hanya tersohor di daerah setempat, namun namanya sudah dikenal ke luar kota Surabaya. Terletak di kawasan kota, menjadikan Rawon Kalkulator sangat strategis dan cukup mudah untuk Sedulur temukan.

Hal menarik yang bisa Sedulur dapatkan dari rumah makan ini adalah penyajian nasi hangat dengan rawon berisi daging sapi empuk dan enak. Pelayanan yang Sedulur dapatkan dari para pekerja dan staf pun sangat baik dan ramah terhadap kamu.

Selain itu, sambal terasi dengan rasa pedas akan membuat sensasi makan Sedulur menjadi lebih menarik. Bahkan, pengunjung juga dapat menambah lauk seperti perkedel, tempe, telor asin, atau paru.

Warung Sedap Malam Rawon Kalkulator berlokasi di Sentra PKL Taman Bungkul Surabaya. Harga porsi yang ditawarkan pun cukup murah dan sangat terjangkau, yakni Rp22 ribu sampai Rp30 ribu. Menemukan lokasi rawon ini juga cukup mudah, yakni di area Taman Bungkul Surabaya dan buka mulai pukul 08.00 WIB.

3. Rawon Pak Pangat

Bagi Sedulur yang penasaran tentang rawon dengan varian rasa, maka mengunjungi rumah makan Rawon Pak Pangat merupakan hal yang sangat tepat. Rawon ini telah memiliki beberapa cabang yang terletak di Surabaya, sehingga membuat Sedulur mudah menemukan salah satu cabang untuk bisa menyantap rawon khas Surabaya.

Jika Sedulur berkunjung ke kota Surabaya dan tidak mencoba rawon ini, maka merupakan hal yang cukup disayangkan. Selain itu, Sedulur juga bisa menjadikan rawon asal Surabaya ini untuk dibawa pulang dan disuguhkan untuk keluarga sebagai oleh-oleh khas kota Surabaya.

Rawon Pak Pangat punya menu spesial yang tak ditemukan di tempat Rawon lainnya, yaitu rawon krengsengan. Ada tiga varian menu yang disajikan, yaitu Nasi Rawon Suwir (nasi putih, empal suwir, dan kuah rawon), Nasi Rawon Krengsengan (nasi putih, empal suwir, krengsengan, dan kuah rawon), dan Nasi Rawon Campur (nasi putih, empal suwir, krengsengan, bali tahu, dan kuah rawon).

Harga satu porsi Rawon Pak Pangat ini dibanderol Rp35 ribu. Rawon Pak Pangat ini menjadi salah satu destinasi wajib dikunjungi saat berada di Surabaya. Rawon ini berlokasi di Ruko Lotus Regency Jl. Ketintang Baru Sel. I No.15, Ketintang, Kecamatan Gayungan, Surabaya.

Selain itu, Rawon Pak Pangat juga membuka cabang lainnya. Lokasi kedua di Ruko Delta Niaga No. 9, Deltasari, Waru, DTC Pasar Wonokromo LDA Blok C-9 dan Ruko Puromas Jl. I Gusti Ngurah Rai No. 9 Gunung Anyar Kecamatan Gunung Anyar, Surabaya. Rawon Pak Pangat buka setiap hari pukul 06.00 hingga 21.00. 

4. Rawon Nguling

Warung rawon yang satu ini juga sangat legendaris karena sudah dibuka sejak tahun 1940-an di Nguling, Pasuruan. Meski begitu, rawon tersebut sudah membuka cabang di berbagai daerah, termasuk Surabaya.

Warung Rawon Nguling ini buka setiap hari mulai dari jam 07.30 pagi sampai dengan jam 21.00 malam. Seporsi rawon diberi harga sekitar Rp26 ribu sampai Rp65 ribu. Rawon Nguling ini terletak di Jalan Kendang Sari Industri No 41B.

Rawon Nguling ini memiliki kuah yang tidak terlalu kental. Serta disajikan dengan tauge dan lauk pendamping, seperti gorengan dan telur asin. Menu yang ditawarkan juga tidak hanya rawon, namun ada rawon iga dan juga rawon buntut.

Sedulur bisa menikmati sepiring rawon berkuah gurih, dagingnya empuk, dan ada sensasi ‘krenyes’ dari tauge mentah yang ditaburkan di atasnya. Ada pula rawon iga, rawon dengkul, dan rawon buntut. Jangan lupa menambahkan telur asin dan aneka gorengan agar lebih nikmat.

5. Warung Sederhana Gubeng Pojok

Dengan nama Warung Sederhana atau lebih dikenal dengan Warung Gubeng Pojok. Berada di sekitar kawasan Stasiun Gubeng lama, tepatnya di Jalan Gubeng Pojok no. 1 A. Warung ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu, dan menjadi jujukan favorit traveler dan warga yang tengah singgah di Gubeng.

Aneka menu Nusantara disajikan di warung ini, mulai dari nasi goreng, nasi pecel, rawon, soto, dan masih banyak lagi. Dan, rawon menjadi salah satu yang favorit di sini. Selain harganya yang terjangkau Rp16 ribu, rasanya juga tak kalah enak. Daging yang digunakan juga empuk. Semakin nikmat ketika disantap bersama sambal dan nasi hangat.

BACA JUGA: Resep Lontong Mie Surabaya yang Lezat dan Melegenda

6. Rawon Balungan H Mufid

resep hati sapi saus tiram
Unsplash/Nathan Dumlao

Berdiri sejak 1975, Rawon Balungan H Mufid Berlokasi di Jalan Raya Benowo atau tepat berada di depan terminal angkutan umum Benowo. Menu yang disuguhkan cukup beragam mulai dari rawon balungan, rawon daging, krengsengan, gulai, sayur sop, sayur asem, dan pecel.

Namun, yang menjadi menu andalan adalah rawon balungan yang ditambah dengan krengsengan. Rawon balungan adalah rawon legendaris yang ada sejak 1975. Cita rasa rawon balungan tidak berubah. Untuk selalu laris dan ramai pengunjung, harga rawon balungan campur sekitar Rp24 ribuan.

7. Rawon Gajah Mada

Meskipun bukan asli rawon Surabaya, Rawon Gajah Mada telah menjadi makanan utama yang sangat sayang untuk dilewatkan. Pasalnya, rawon asli Sidoarjo, kota tetangga ini memiliki rasa yang begitu lezat dan menggoda di lidah. Terletak di Jl. Raya Jemursari No. 17, Wonocolo, Surabaya, Indonesia, membuat Rawon Gajah Mada sangat mudah untuk dijangkau serta merupakan tempat yang cukup strategis.

Di Sidoarjo, rawon yang satu ini cukup terkenal karena kelezatannya. Akan tetapi, jangan pernah takut untuk mencoba Rawon Gajah Mada di kota Surabaya, karena rasanya pun tidak kalah enak dan membuat Sedulur ketagihan. Belum lagi, rawon yang berada di sederet ruko ini memiliki harga yang sangat terjangkau dan sangat ekonomis.

Rawon Gajah Mada yang terkenal di Surabaya karena memiliki kuah yang mantap dan pekat ditambah dengan isian daging empal yang lembut. Tidak hanya itu, rasa kuahnya yang mantap dipadukan dengan taburan daun bawang, bawang goreng, serta sejumput tauge di atasnya yang semakin menggugah selera. Seporsi Rawon Gajah Mada ini dibanderol Rp25 ribu.

BACA JUGA: 16 Makanan Khas Banyuwangi yang Lezat, Pantang Dilewatkan!

Resep Rawon Daging Khas Surabaya

Unsplash/Nathan Dumlao

Rawon daging berkuah hitam pekat ini rasanya gurih mantap. Potongan daging berlemaknya empuk juicy. Makin enak dimakan dengan telur asin dan tauge segar. Sup daging berbumbu kluwek yang hitam pekat ini jadi ikon kuliner Surabaya. Rasa gurih medhok dan bumbu pekatnya ternyata bikin banyak orang ketagihan.

Kini ada varian rawon iga sapi, buntut sapi dan bahkan daging ayam. Meskipun warnanya hitam pekat, rawon tetapi disukai banyak orang. Apalagi disajikan dengan sambal terasi, telur asin, tauge pendek dan kerupuk udang. 

Membuat rawon tak beda dengan membuat sup. Paling penting pilih daging berlapis lemak yang bagus lalu racik bumbunya. Kluwek jadi bumbu utamanya. Kalau Sedulur ingin membuat rawon sendiri di rumah, berikut ini resep rawon khas Surabaya yang bisa Sedulur coba.

Bahan-bahan:

  • 1 kg g daging sandung lamur sapi
  • 3 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, ambil bagian yang putih, memarkan
  • 4 cm lengkuas, memarkan
  • 5 sdm minyak sayur

    Bahan bumbu halus:

  • 12 butir bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah
  • 5 butir kemiri
  • 8 buah kluwek, ambil isinya
  • 2 cm kunyit
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdt merica butiran
  • 1 sdt terasi
  • 2 sdt asam Jawa
  • 2 sdt garam

    Bahan pelengkap:

  • Telur asin
  • Tauge pendek
  • Sambal terasi

Cara membuat:

  • Potong-potong daging ukuran sedang.
  • Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga wangi.
  • Masukkan serai, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas. Aduk hingga layu.
  • Masukkan potongan daging, aduk hingga berubah warna agak pucat.
  • Angkat, masukkan ke dalam panci lalu tuangi air secukupnya.
  • Masak dengan api kecil hingga daging empuk dan kuah susut.
  • Angkat dan sajikan hangat dengan Pelengkapnya.

Sedulur tidak perlu khawatir karena bahan-bahan resep rawon ini bisa ditemukan dengan mudah di toko kelontong dan di SuperApp. Jadi dijamin tidak akan kerepotan saat membuatnya.

SuperApp sendiri adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!

Itulah tadi beberapa rekomendasi rawon enak di Surabaya. Rawon merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sudah terkenal sejak dulu. Surabaya, dan daerah sekitarnya dikenal sebagai tempat atau lokasi penghasil rawon ternikmat di tanah air. 

Deretan tempat untuk menikmati rawon paling enak di Surabaya di atas menunjukkan bahwa kota Surabaya mempunyai rawon terlezat dan tersedap yang patut dicoba oleh siapa saja. Apakah Sedulur tertarik untuk memanjakan lidah dengan salah satu rawon di atas? Selamat berwisata kuliner ya!