menu sahur dari timur tengah

Pecel merupakan menu makanan yang bisa Sedulur temukan di berbagai daerah di Pulau Jawa. Makanan ini terbuat dari racikan sayur mayur yang disiram dengan saus kacang. Namun di Jawa Timur, makanan yang juga dikenal dengan sego pecel ini memiliki ciri khasnya sendiri.

Sego pecel khas Jawa Timur memiliki rasa yang dominan pedas. Bahkan, tingkat kepedasan bumbu pecelnya bisa membuat orang banjir keringat saat menyantapnya. Hal ini tidak lepas dari karakter orang-orang di Jawa Timur yang memang begitu menyukai rasa pedas.

Bagi Sedulur yang ingin membuat bumbu sego pecel khas Jawa Timur sendiri di rumah. Sebaiknya simak baik-baik ulasan mulai dari sejarah, ciri khas rasa cara buat, hingga rekomendasi makan sego pecel berikut ini!

BACA JUGA: Resep Sambal Pecel Lele Khas Lamongan, Bikin Ketagihan!

Sejarah Pecel

menu sahur dari timur tengah
Unsplash/Dragne Marius

Sejarah kemunculan pecel memang cukup menjadi topik yang simpang siur dikalangan para pecinta kuliner. Namun, dalam beberapa literatur kuno seperti Babad Tanah Jawi, pecel pernah disebutkan beberapa kali.

Awal mula kemunculan pecel sendiri bertepatan dengan gencarnya arus penyebaran agama Islam di Pulau Jawa. Saat itu, Sunan Kalijaga selaku salah satu Wali Songo sedang bertamu ke kediaman Ki Gede Pemanahan di Mataram dan disajikan makan siang, yang tidak lain adalah hidangan pecel.

Ki Gede Pemanahan menjelaskan pecel sebagai hidangan daun-daunan dan sayuran yang sudah direbus, ditambah semangkuk saus kacang yang nikmat untuk dinikmati bersama. Cita rasa bumbu kacang yang segar dan manis.

Perpaduan rasa ini muncul karena adanya campuran asam jawa, gula kelapa, dan bumbu kencur pada bumbu pecel. Alhasil, rasa yang unik dan jarang ini membuat Sunan Kalijaga heran dan terkesima.

Sementara itu, jika dilihat dari kajian sejarah keilmuan. Guru Besar Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Gadjah Mada (UGM), Murdijati Gardjito, mengungkapkan istilah pecel berasal dari bahasa Jawa. Pecel atau pecel artinya diperas setelah direbus.

Pecel muncul ratusan tahun lalu di kehidupan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa. Pecel disebut dalam Serat Centhini pada 1800 Masehi. Pada awalnya, pecel merupakan menu jamuan bagi rombongan kerajaan.

Tetapi, kini pecel telah menjadi hidangan yang biasa disantap sehari-hari. Makanan dari sayur-sayuran tersebut akhirnya berkembang dan diminati banyak masyarakat Nusantara.

Ciri Khas Rasa Pecel

Ciri khas rasa pecel pada umumnya adalah gurih dan manis. Namun, banyaknya pembuat pecel di Jawa Timur ternyata mempengaruhi jenis pecel yang dihasilkan pada tiap daerah. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Pecel Madiun

Pecel madiun adalah salah satu jenis nasi pecel yang paling populer di Indonesia. Nasi pecel madiun biasanya dibuat dari berbagai sayuran rebus; kacang panjang, daun singkong, kangkung, kecambah, daun pepaya, bayam, kemangi, petai cina; bumbu kacang; dan pelengkap; nasi, lontong, tahu, tempe. Rasanya dominan manis dan gurih.

2. Pecel Blitar

Cita rasa sambal khas nasi pecel Blitar terasa sedikit lebih pedas dibandingkan pecel asal Madiun. Namun, untuk isian, kamu juga akan menemukan perpaduan nasi, sayuran, tahu, dan tempe yang disiram bumbu pecel pedas-manis. Pecel Blitar umumnya dilengkapi dengan lauk tahu basah, atau tahu goreng setengah matang, serundeng kelapa, dan rempeyek.

3. Pecel Pincuk Surabaya

Sesuai namanya, nasi pecel pincuk disajikan diatas pincuk daun pisang —dan populer ditemukan di Madiun juga. Dengan isian khas nasi pecel Surabaya, kamu dapat menikmati pecel pincuk ditemani aroma yang lebih harum dari daun pisang. Untuk rasa, pecel ini cenderung pedas dan gurih.

4. Pecel Tumpang Kediri

Walau tempe semangit ini adalah jenis tempe busuk, tetapi makanan ini masih aman untuk dikonsumsi. Malah dapat diolah menjadi sambal pedas nan nikmat, melengkapi nasi pecel tumpang yang dimasak dengan ayam serta rambak. Pecel tumpang memiliki rasa yang unik karena campuran tumpang, tapi rasanya didominasi gurih pedas.

BACA JUGA: Sejarah Rujak Cingur, Kuliner Khas Surabaya yang Luar Biasa!

Bahan Bumbu Pecel

bahan bumbu pecel
Unsplash/Vladislav Nikonov

Pada  tahap pertama membuat sego pecel khas Jawa Timur, Sedulur harus mempersiapkan bumbu pecelnya terlebih dahulu. Umumnya orang-orang  sudah mencari bumbu pecel siap pakai, tapi rasanya kadang tidak sesuai dengan selera.

Sedulur pun bisa membuat bumbu pecel sendiri dengan bahan-bahan yang ada di rumah kok. Sehingga rasa yang diinginkan bisa cocok di lidah. Berikut ini beberapa bahan umumnya.

  • 150 gram kacang tanah
  • 75 gram gula merah
  • 30 gram cabe merah
  • 20 gram kencur
  • 10 buah cabe rawit
  • 5 buah bawang putih
  • 3 buah daun jeruk
  • 2 sdt garam
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Mengolah Bumbu Pecel

  • Langkah pertama adalah cuci semua bahan seperti kacang tanah, cabe, kencur, dan daun jeruk. Untuk daun jeruk, jangan lupa untuk menghilangkan tulang daunnya terlebih dahulu.
  • Siapkan wajan besar lalu goreng semua kacang tanah sampai warnanya berubah kecoklatan. Bila sudah, tiriskan.
  • Saat wajan masih panas, lanjutkan goreng bawang putih, cabe merah, cabe rawit, dan kencur sampai layu. Tiriskan.
  • Siapkan blender atau ulegan, masukkan bawang putih, cabe merah, cabe rawit, dan kencur yang sudah digoreng. Campur dengan sedikit garam. Haluskan.
  • Lanjut campur dengan kacang goreng dan haluskan dengan bumbu lainnya. Pisahkan dari blender.
  • Sisir halus gula merah dan campur dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Jangan lupa berikan juga daun jeruk dan aduk sampai rata.

Penyajian Nasi Pecel Khas Jawa Timur

Setelah semua tahapan di atas selesai, Sedulur bisa membuat pecel dengan merebus sayur mayur seperti:

  • Bayam
  • Kacang panjang
  • Kecambah
  • Wortel
  • Daun kemangi

Selain itu, ada sayur yang juga tidak boleh terlewat yaitu bunga turi dan krai. Dua sayur ini akan memberikan sensasi sego pecel yang tidak dimiliki pecel dari daerah lain. Bila semua sayur tadi sudah dicuci bersih dan direbus, Sedulur tinggal ambil secukupnya dan siram dengan bumbu kacang yang sudah dihancurkan dengan air panas.

BACA JUGA: 21 Makanan Tradisional Indonesia dan Asalnya yang Bikin Ngiler

Rekomendasi Sego Pecel Terbaik di Jawa Timur

berapa modal buka warung pecel lele
Unsplash/Hobi Industri

Kalau Sedulur tertarik untuk mencicipi sego pecel khas Jawa Timur tapi malas untuk membuatnya sendiri. Tenang, karena ada beberapa rekomendasi tempat makan nasi pecel yang bisa dicoba berikut ini!

1. Pecel Bu Djojo

Nasi Pecel Bu Djoyo berlokasi di Jalan Pandegiling Nomor 318A, Wonorejo, Tegalsari, Surabaya. Buka dari pukul 06.00-09.00 WIB. Tempat makan nasi pecel di Surabaya ini sudah buka sejak tahun 1950. Di sini, kamu bisa menikmati seporsi nasi pecel dengan lauk melimpah dengan empal. Harga seporsi menu nasi pecel dengan empal dibanderol sekitar Rp23ribu.

2. Nasi Pecel Rahayu

Nasi pecel pincuk di Madiun ini disantap bersama peyek kacang yang renyah. Bumbu pecel yang disajikan kental dan mempunyai cita rasa khas. Harga satu porsi mulai Rp10ribu-Rp25ribu. Lokasinya berada di Jalan H.A. Salim, Pandean, Taman, Kota Madiun, Jawa Timur. Tempat makan ini buka pukul 18.00-23.00 WIB.

3. Nasi Pecel Bambu Runcing

Nasi Pecel Bambu Runcing berada di Jalan Embong Ploso Nomor 1, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya. Buka dari pukul 06.00-10.00 WIB. Ada menu nasi pecel telor ceplok dengan harga Rp15.600. Selain itu, ada menu nasi pecel dadar jagung, nasi pecel tahu, dan nasi pecel daging suwir dengan harga mulai dari Rp14ribu.

4. Warung Nasi Pecel Yu Gembrot

Warung Nasi Pecel Yu Gembrot disajikan di atas daun pisang yang patut dicoba. Nasi pecel disajikan dengan beberapa menu seperti lidah, empal, limpa, dan telur. Lokasi warung ini berada di Jalan Imam Bonjol Nomor 33, Klegen, Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur. Warung ini buka mulai pukul 07.00-21.00 WIB.

5. Pecel Hj. Boeyatin

Pecel Ponorogo Hj. Boeyatin berlokasi di Jalan Ketabang Kali, Ketabang, Genteng, Surabaya. Buka dari pukul 06.00-20.00 WIB. Satu porsi menu pecel biasa dihargai sekitar Rp15ribu. Kamu bisa tambah lauk makan seperti aneka sate, tahu bacem, tempe bacem, sop buntut, otak telor, dan ayam goreng. Harganya mulai dari Rp3ribu sampai R15 ribu.

Demikian tadi resep sego pecel khas Jawa Timur yang bisa Sedulur coba sendiri di rumah. Makanan satu ini memang terkenal enak dan cocok disantap baik untuk sarapan maupun makan siang.

Jika Sedulur tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah, tidak perlu khawatir karena bahan-bahan resep kali ini bisa ditemukan dengan mudah di toko kelontong dan di SuperApp. Jadi dijamin tidak akan kerepotan saat membuatnya.

SuperApp sendiri adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!