orem orem malang

Orem-orem merupakan salah satu kuliner khas Kota Malang yang sayang untuk dilewatkan. Meski mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, orem-orem Malang ternyata cukup legendaris dan digemari banyak orang.

Hidangan yang semula lebih umum dijumpai di acara-acara spesial seperti hajatan ini pun mulai banyak dijual dan menjadi salah satu tujuan para wisatawan. Tak heran, Sedulur dapat dengan mudah menemukan warung orem-orem di berbagai sudut Kota Malang.

Lantas, seperti apa, ya, cita rasa hidangan ini? Berikut sudah dirangkum berbagai informasi seputar orem-orem Malang lengkap dengan rekomendasi warung terenak. Simak sampai habis, ya!

BACA JUGA: 10 Menu Makan Khas Lamongan Paling Enak, Tidak Cuma Soto Saja Lho!

Mengenal Orem-Orem Khas Malang

orem orem malang
Unsplash/Esperanza Doronila

Sekilas, nama orem-orem mungkin terdengar mirip dengan arem-arem, penganan berupa nasi berisi sambal goreng yang dibungkus dengan daun pisang khas Jawa. Akan tetapi, orem-orem dan arem-arem nyatanya punya tampilan dan rasa yang berbeda.

Dihimpun dari berbagai sumber, orem-orem merupakan hidangan berupa sayur berkuah santan dengan bahan utama tempe. Orem-orem biasanya terdiri potongan ketupat, kecambah atau tauge, serta disiram dengan sayur santan dengan ayam dan tempe.

Selain itu, sajian orem-orem dilengkapi dengan mendol, yaitu olahan tempe khas Malang ataupun tempe goreng. Berbagai campuran bahan tersebut membuat orem-orem memiliki cita rasa gurih yang khas.

Tak sekadar lezat, orem-orem rupanya juga menyimpan makna filosofis tersendiri. Orem-orem dianggap sebagai simbol rasa syukur atas rezeki yang didapatkan. Tak heran, mulanya orem-orem kerap disajikan pada acara spesial atau hajatan warga Malang.

Kendati begitu, saat ini orem-orem dapat dengan mudah ditemukan di warung-warung. Sedulur yang berminat mencicipi orem-orem pun bisa menyantapnya kapan saja, mulai dari untuk sarapan atau makan pagi, makan siang, ataupun makan malam.

BACA JUGA: 10+ Tempat Makan Tahu Campur Surabaya Paling Mak Nyus

Rekomendasi Warung Orem-Orem Malang

Unsplash/Sushant Vohra

Disampaikan sebelumnya, orem-orem yang semula dikenal sebagai hidangan khas hajatan orang Malang kini banyak dijual di warung atau rumah makan. Tak heran, Sedulur bisa dengan mudah menemukan warung yang menyediakan menu orem-orem. Biasanya, warung-warung tersebut juga menjual aneka lauk sebagai pelengkap hidangan sayur tempe tersebut.

Nah, khusus untuk Sedulur yang akan berkunjung ke Malang dan ingin mencicipi orem-orem, berikut ada tujuh rekomendasi warung orem-orem yang sudah terkenal akan kelezatannya.

1. Orem-Orem Arema

Warung orem-orem pertama yang banyak direkomendasikan adalah Orem-orem Arema. Warung yang berlokasi di Jalan Blitar Nomor 14 A, Sumbersari, Kecamatan Lowokwaru, Malang ini menyediakan menu orem-orem dengan isian ketupat, sayur tempe, ayam, serta tempe goreng.

Sedulur juga bisa meminta tambahan telur sebagai pelengkapnya. Adapun satu porsi orem-orem di sini dibanderol dengan harga mulai Rp 8 ribu sampai Rp 12 ribu-an saja. Warung Orem-orem Arema sendiri buka setiap hari kecuali hari Jumat, mulai pukul 09.30 sampai dengan 15.30 WIB.

2. Orem-Orem Pak Munayat

Berikutnya adalah warung Orem-orem Pak Munayat yang terbilang cukup legendaris. Bagaimana tidak? Warung ini disebut sudah berdiri sejak tahun 1970-an dan masih eksis hingga sekarang. Cukup dengan merogoh kocek senilai Rp 10 ribu saja, Sedulur sudah bisa menikmati seporsi orem-orem yang berisi potongan ketupat, tauge, daun bawang, dan sayur tempe.

Warung Orem-orem Pak Munayat berlokasi di Jalan Mangun Sarkoro, Jodipan, Kecamatan Blimbing, Malang. Warung ini buka setiap hari kecuali hari Jumat, mulai pukul 09.00 sampai dengan 15.00 WIB.

3. Warung Orem-Orem Marem

Warung Orem-orem Marem yang terletak di Jalan KH Ahmad Dahlah Nomor 15, Sukoharjo, Klojen, Malang ini menawarkan menu orem-orem dengan harga terjangkau. Sedulur dapat menikmati seporsi orem-orem yang terdiri dari ketupat, tauge, bawang goreng, dan sayur tempe hangat hanya dengan Rp 8 ribu.

Menariknya, Warung Orem-orem Marem juga mempunyai variasi menu, yaitu tahu telur. Hidangan ini terdiri atas tahu yang digoreng dengan telur dan diberi bumbu kacang. Selai itu juga dipadukan dengan potongan lontong dan tauge rebus.

4. Warung Orem-Orem H. Abdul Manan

Rumah makan orem-orem legendaris berikutnya adalah Warung Orem-orem H. Abdul Manan atau juga biasa disebut Orem-orem Pak Tikmanan. Pasalnya, warung yang berlokasi di Jalan Irian Jaya Nomor 1, Sukoharjo, Klojen, Malang ini sudah berdiri sejak 1967.

Warung yang buka setiap hari puku 09.00 sampai 16.00 WIB ini menyediakan menu orem-orem lengkap dengan ketupat, tauge, mendol, tempe goreng, serta kerupuk. Adapun untuk menikmati seporsi orem-orem, Sedulur cukup mengeluarkan uang Rp 10 ribu-an saja.

5. Orem-Orem Ketupat Abah Syahri

Selanjutnya ada Orem-orem Ketubah Abah Syahri yang juga terbilang legendaris karena sudah ada sejak tahun 1983. Warung ini menyediakan menu orem-orem, lengkap dengan ketupat dan tauge.

Selain itu, Sedulur juga bisa memilih telur atau ayam sebagai pelengkapnya. Tak hanya itu, ada juga aneka lauk seperti ayam, telur, mendol, perkedel, dan tempe goreng yang bisa Sedulur pilih. Adapun satu porsi orem-orem di sini dibanderol dengan harga terjangkau, yakni Rp 8 ribu.

Sedulur yang tertarik mencoba orem-orem di Warung Orem-orem Ketupat Abah Syahri bisa langsung meluncur ke Jalan Gatot Subroto Nomor 72, Jodipan, Kecamatan Blimbing, Malang. Warung ini buka setiap hari kecuali hari Jumat, mulai pukul 09.00 sampai dengan 16.30 WIB.

6. Orem-Orem Kotalama

Orem-orem Kotalama bisa menjadi pilihan Sedulur yang ingin mencicipi orem-orem dengan harga terjangkau namun cita rasanya tak perlu diragukan. Warung yang terletak di Jalan Martadinata ini menjual menu orem-orem dengan harga Rp 5 ribu per porsi.

Meski murah, Sedulur tak perlu khawatir porsinya akan kecil.Sebab, dalam seporsi orem-orem di sini, Sedulur akan mendapatkan potongan ketupat, sayur tempe, tauge, bawang goreng, dan kerupuk.

Adapun ciri khas dari orem-orem di sini adalah adanya campuran koya yang menambah rasa gurih. Selain itu, sambal bawang yang pedas dan wangi juga akan menambah kelezatan dari hidangan ini.

7. Orem-Orem Pak Mahmudi

Orem-orem Pak Mahmudi sudah buka sejak 1970-an. Warung ini terkenal dengan ciri khasnya berupa ketupat berukuran jumbo. Adapun satu porsi orem-orem berisi ketupat jumbo, sayur tempe, ayam, tempe, dan toge di sini dibanderol dengan harga Rp 9 ribu. Selain itu, orem-orem ala Pak Mahmudi juga disajikan bersama mendol dan telur asin yang menambah kelezatannya.

Tertarik mencoba? Sedulur bisa langsung datang ke Warung Orem-orem Pak Mahmudi di Jalan Raya Singosari Nomor 40, Pangetan, Kecamatan Singosari, Malang. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai dengan 16.00 WIB.

BACA JUGA: 12 Wisata Kuliner Bondowoso Terenak yang Wajib Dikunjungi!

Resep Orem-Orem

orem orem malang
Unsplash/Esperanza Doronila

Sedulur yang ingin mencoba hidangan orem-orem tetapi belum sempat ke Malang bisa mencobanya sendiri di rumah. Apalagi, cara membuat orem-orem Malang ternyata tidaklah sulit, di samping bahan-bahannya juga banyak tersedia di pasaran.

Berikut sudah dirangkum resep orem-orem yang lezat dan mudah diikuti. Catat bahan-bahan dan cara membuatnya, ya!

Bahan-bahan:

  • 50 gram menjes atau tempe gembus, potong dadu
  • 250 gram tempe, potong dadu
  • 150 gram udang segar kupas
  • 150 gram tauge, seduh dengan air panas lalu tiriskan
  • 500 ml santan encer
  • Ketupat matang, potong dadu
  • Kerupuk mie putih secukupnya

Bumbu:

  • 1 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 iris lengkuas
  • 4 buah cabai hijau, iris serong
  • 3 buah cabai merah, iris serong
  • 2 sendok makan daun bawang iris

Bumbu halus:

  • 1 sendok makan bawang putih iris
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1 sendok teh kencur iris
  • 4 butir kemiri

Cara membuat:

  • Haluskan bawang putih, ketumbar, kencur, dan kemiri. Sisihkan.
  • Siapkan panci, lalu masukkan santan, bumbu halus, bumbu lain (daun salam, daun jeruk, lengkuas, cabai merah, cabai hijau, dan daun bawang), tempe, menjes, serta udang kupas.
  • Masak menggunakan api sedang sampai mendidih dan bumbu meresap. Angkat.
  • Siapkan piring saji. Kemudian, tata ketupat dan tauge di piring.
  • Siram sayur tempe ke atas ketupat dan tauge yang sudah ditata.
  • Tambahkan kerupuk.
  • Orem-orem siap disajikan.

Sedulur juga tidak perlu khawatir karena bahan-bahan resep ini bisa ditemukan dengan mudah di toko kelontong dan di SuperApp. Jadi dijamin tidak akan kerepotan saat membuatnya.

SuperApp sendiri adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!

Itu dia ulasan tentang orem-orem khas Malang yang legendaris, lezat, dan punya makna filosofis. Selain itu juga sudah dipaparkan rekomendasi warung orem-orem terlezat di Malang. Sedulur juga bisa mencoba membuat orem-orem sendiri di rumah dengan mengikuti resep yang sudah dipaparkan.