nasi pecel jawa timur

Pecel merupakan salah satu makanan khas Jawa Timur yang disukai banyak orang dan telah menyebar ke berbagai daerah. Nasi pecel Jawa Timur sendiri, adalah hidangan yang terdiri dari nasi dan sayuran rebus yang disiram dengan saus kacang yang kaya rasa.

Selain itu, pecel juga biasa diberi tambahan seperti lauk, kerupuk, dan lain sebagainya. Ya, pecel dapat ditemukan hampir di seluruh penjuru Jawa Timur. Bahkan setiap daerah di Jawa Timur ini memiliki variasi tertentu yang membuatnya unik.

Nah, penasaran apa saja jenis nasi pecel Jawa Timur yang menarik untuk dicoba? Langsung saja, berikut ini daftarnya!

BACA JUGA: Uniknya Kuliner Sego Goreng Resek di Malang, Wajib Dicoba!

1. Pecel Pitik Banyuwangi

pecel punten kediri
Pexels/Agita Prasetyo

Pecel Pitik adalah versi unik dari nasi pecel Jawa Timur yang menggunakan ayam kampung sebagai salah satu komponen utamanya. Ayam kampung yang dimasak dengan bumbu khas yang meresap, kemudian disajikan dengan saus pecel yang gurih.

Gabungan antara ayam yang gurih dan saus pecel yang sedikit pedas dan manis menciptakan kombinasi rasa yang memanjakan lidah.

Rekomendasi tempat makan:

  • Warung Pecel Pitik (Dusun Krajan, Kemiren, Kec. Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur)

2. Pecel Rawon Banyuwangi

Pecel Rawon menggabungkan dua hidangan Jawa Timur yang terkenal, yakni pecel dan rawon. Menggabungkan sayuran pecel dengan kuah rawon yang kaya akan rempah-rempah seperti keluwak, membuat hidangan ini sangat unik.

Kuah rawon yang gelap dan kaya rasa dengan paduan rasa gurih dan sedikit pahit, berpadu sempurna dengan saus kacang pecel yang manis dan pedas.

Rekomendasi tempat makan:

  • Pecel Rawon Mbok Watik (Jl. Kapten Ilyas No.16, Singonegaran, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur)

3. Sego Cawuk Banyuwangi

Sego Cawuk adalah makanan tradisional yang sering dikonsumsi sebagai sarapan. Terdiri dari nasi yang disajikan dengan campuran sayuran segar, kelapa parut, dan sambal pecel. Ya, Sego Cawuk disajikan dengan sayuran mentah atau setengah matang, menjadikannya pilihan yang segar dan sehat.

Hidangan yang satu ini bisa dibuat dengan berbagai jenis sayuran sesuai dengan selera atau ketersediaan bahan lokal.

Rekomendasi tempat makan:

  • Sego Cawuk Dan Jajanan Pasar (Jl. Kalimas, Singonegaran, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur)

4. Pecel Madiun

Pecel Madiun terkenal dengan saus kacangnya yang memiliki cita rasa khas dan sangat populer di kalangan masyarakat setempat maupun wisatawan. Saus kacang untuk Pecel Madiun lebih kental dan gurih, dengan komposisi bumbu yang kaya sehingga menciptakan rasa yang mendalam.

Nasi pecel Jawa Timur ini juga disajikan dengan peyek kacang yang renyah, menambah tekstur dan rasa yang menarik pada hidangan.

Rekomendasi tempat makan:

  • Depot Nasi Pecel Madiun 99 (Jl. Cokroaminoto No.99, Kejuron, Kec. Taman, Kota Madiun, Jawa Timur)

5. Pecel Kediri

Pecel Kediri dibuat dengan menggunakan berbagai jenis sayuran seperti bayam, tauge, dan kangkung, yang dicampur dengan sayuran lokal lainnya yang mungkin tidak umum digunakan di daerah lain.

Saus kacangnya cenderung lebih pedas dibandingkan dengan varian pecel dari daerah lain, menarik bagi mereka yang menyukai makanan pedas.

Rekomendasi tempat makan:

  • Pecel Tumpang Bu Seno (Jl. Jaksa Agung Suprapto No.7, Mojoroto, Kec. Mojoroto, Kabupaten Kediri, Jawa Timur)

BACA JUGA: 9 Rekomendasi Tahu Tek Surabaya Paling Nikmat, Pernah Coba?

6. Pecel Semanggi Surabaya

tahu tek surabaya
Unsplash/Caroline Attwood

Pecel Semanggi adalah versi nasi pecel Jawa Timur yang sangat. Berbeda dari pecel pada umumnya yang menggunakan sayuran seperti kangkung atau bayam, Pecel Semanggi menggunakan daun semanggi sebagai bahan utamanya.

Saus kacangnya juga diracik khusus untuk menyesuaikan dengan rasa semanggi yang lebih spesifik.

Rekomendasi tempat makan:

  • Pecel Semanggi Surabaya (Jl. Puri Surya Jaya, Demeling, Gedangan, Kec. Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur)

7. Pecel Blitar

Pecel Blitar juga memiliki ciri khas tersendiri dalam sajian kuliner Jawa Timur. Saus kacang di Pecel Blitar biasanya memiliki aroma yang khas, biasanya karena penambahan bumbu tertentu yang tidak banyak digunakan di daerah lain.

Di Blitar, pecel sering kali disajikan dengan lontong yang menambah tekstur dan rasa yang berbeda dari nasi putih biasa.

Rekomendasi tempat makan:

  • Nasi Pecel Mbok Bari 3 (Jl. Ahmad Yani No.93, Sananwetan, Kec. Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur)

8. Pecel Punten Tulungagung

Pecel Punten adalah varian nasi pecel Jawa Timur yang dibuat dengan saus kacang yang memiliki rasa lebih manis dan gurih, seringkali dengan tambahan bahan seperti kencur yang memberikan aroma khas. Pecel ini juga menggunakan sayuran lokal seperti daun singkong muda dan daun katuk yang dicampur.

Pecel Punten sering disajikan dengan nasi hangat dan lauk pendamping seperti tempe goreng atau tahu goreng, menjadikannya makanan lengkap yang mengenyangkan.

Rekomendasi tempat makan:

  • Punten Pecel (Karangarum, Bangoan, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur)

9. Pecel Daun Jati Ponorogo

Sesuai namanya, pecel ini menggunakan daun jati muda yang dimasak sebagai bahan utama, memberikan rasa dan tekstur yang unik. Saus kacang untuk pecel ini biasanya lebih pedas dibandingkan dengan pecel dari daerah lain, menciptakan kontras yang menarik dengan rasa pahit dari daun jati.

Kombinasi daun jati dan saus kacang yang pedas memberikan sensasi rasa yang sangat berbeda dari pecel biasanya.

Rekomendasi tempat makan:

  • Warung Nasi Pecel Daun Jati Mbak Lilik (Jl. Budi Utomo, Lingkungan Satu, Mangunsuman, Kec. Siman, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur)

10. Pecel Bledek Nganjuk

nasi pecel jawa timur
Freepik/KamranAydinov

Bledek dalam bahasa Jawa berarti kilat atau petir, mencerminkan tingkat kepedasan saus yang digunakan dalam pecel ini. Biasanya pecel ini dibuat menggunakan campuran sayuran klasik seperti bayam, kacang panjang, dan tauge yang dicampur dengan saus kacang pedas.

Pecel Bledek sangat populer di kalangan pecinta makanan pedas, dan sering kali dijadikan tantangan kuliner oleh mereka yang ingin menguji batas kepedasan mereka.

Rekomendasi tempat makan:

  • Nasi Pecel Bledek Khas Nganjuk (Jl. Gubernur Suryo 3, Kauman, Kecamatan Nganjuk, Kauman, Kecamatan Nganjuk, Kauman, Kec. Nganjuk, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur)

Nasi pecel Jawa Timur merupakan contoh kuliner yang menggambarkan bagaimana makanan sederhana bisa sangat kaya rasa dan nutrisi, mencerminkan kekayaan budaya kuliner Indonesia yang luas dan beragam.

Ketika berwisata kuliner, Sedulur jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!