kuliner tuban

Tuban yang terletak di provinsi Jawa Timur, memiliki berbagai kuliner khas yang menarik dan nikmat. Kuliner Tuban juga mencerminkan kekayaan budaya dan juga tradisi lokal, dengan berbagai hidangan yang unik serta menggugah selera.

Kuliner di Tuban juga sangat beragam, mulai dari hidangan ringan sampai berat. Bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke Tuban, mencoba kuliner lokal adalah salah satu cara terbaik untuk merasakan kekayaan budaya dan tradisi dari daerah tersebut.

Nah, bagi Sedulur yang memiliki rencana atau justru sedang berada di Tuban, berikut ini beberapa kuliner Tuban yang wajib untuk dicoba!

BACA JUGA: 16 Makanan di Surabaya Timur yang Tidak Boleh Dilewatkan

1. Belut Pedas

kuliner tuban
Unsplash/Xvier Chng

Kuliner Tuban yang harus dicoba pertama adalah belut pedas. Bagi para pencinta belut, pastinya tidak boleh melewatkan makanan legendaris yang satu ini. Belut yang sudah dibersihkan digoreng kering, lalu diberi bumbu pedas. Olahan ini sering dengan nasi jagung untuk menambah cita rasa.

Rekomendasi tempat makan:

  • Warung Belut Legendaris Mbah Bagong (Jl. Mojopahit, Dukoh, Tegalagung, Kec. Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur)

2. Kari Rajungan

Kuliner Tuban lain yang tidak boleh terlewat adalah kari rajungan. Rajungan sendiri adalah jenis kepiting kecil yang biasa ditemukan di pesisir pantai. Menu kari rajungan ini mempunyai cita rasa yang gurih dan nikmat. Kari rajungan sangat cocok disajikan bersama dengan sepiring nasi yang masih hangat.

Rekomendasi tempat makan:

  • Warung Mbak Narti (Jl. Manunggal RT6 / RW4, Keduran, Panyuran, Kec. Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur)

3. Ampo

Ampo merupakan salah satu kuliner khas Tuban yang cukup unik. Ampo merupakan sebuah jajanan yang legendaris bagi masyarakat Tuban dan sekitarnya. Dibilang unik, karena makanan satu ini terbuat dari tanah liat. Pada umumnya, ampo disajikan sebagai pendamping kopi ataupun teh.

Rekomendasi tempat makan:

  • Toko Asih Pusat Oleh-Oleh Khas Tuban (Jl. RE. Martadinata No.13, Karangsari, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur)

4. Dumbek

Dumpek adalah jajanan khas Tuban yang mempunyai cita rasa manis dan gurih. Kuliner yang satu ini terbuat dari perpaduan antara tepung beras, gula merah, santan, daun pandan, parutan kelapa, dan juga garam. Jajanan satu ini mudah ditemukan di toko oleh-oleh dengan harga yang cukup terjangkau.

Rekomendasi tempat makan:

  • Toko Hanik Pusat Oleh-Oleh (Jl. WR Supratman No.32b, Sendang Harjo, Sendangharjo, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur)

5. Becek Menthok

Becek menthok merupakan kuliner Tuban dengan cita rasa yang cukup kuat. Hidangan becek menthok ini berbahan dasar menthok, yang diolah dengan menggunakan cukup banyak bumbu dan rempah. Becek menthok terasa sangat nikmat disantap dengan nasi putih panas.

Rekomendasi tempat makan:

  • Becek Menthok Mbak Dar (Jl. Merik Gg. Sukun, Sidorejo, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur)

BACA JUGA: 17 Rekomendasi Bakso di Malang yang Paling Enak

6. Garang Asem

pindang ikan mas
Unsplash/Xiong Gordon

Garang asem juga menjadi hidangan khas Tuban yang tidak boleh dilewatkan. Sajian dengan cita rasa sedikit asam dan pedas ini, benar-benar menggugah selera. Terlebih jika disajikan dengan sepiring nasi hangat, dijamin Sedulur tidak akan bisa menahan kelezatan yang ditawarkan

Rekomendasi tempat makan:

  • Warung Garang Asem Kepala Manyung (Jl. Bogorejo – Sugihwaras, Sugihwaras, Jenu, Jabung, Sugihwaras, Kec. Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur)

7. Opor Mak Mbing

Opor Mak Mbing menyajikan hidangan opor dengan resep kuno yang dijamin bikin ketagihan. Jika umumnya opor memiliki warna pucat, berbeda dengan Opor Mak Mbing yang warnanya kuning kemerahan. Ya, Opor Ayam Mak Mbing ini terasa nikmat, gurih, dan menggugah selera makan para penikmatnya.

Rekomendasi tempat makan:

  • Warung Opor Ayam Mak Nimbing (Jl. Sultan Agung No.23, Ronggomulyo, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur)

8. Rujak Engos-engos

Rujak engos-engos adalah salah satu hidangan rujak khas pesisir di Kabupaten Tuban yang wajib Sedulur coba. Rujak Engos-engos memiliki citarasa yang lebih pedas dan tentu saja lebih nikmat, dari hidangan rujak pada umumnya. Makanan satu ini, bisa dengan mudah ditemukan di kawasan permukiman nelayan.

Rekomendasi tempat makan:

  • Rujak’e Mbak Dah (Jl. Panglima Sudirman, Karangsari, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur)

9. Rempeyek Buder Saonone

Camilan dari Kabupaten Tuban yang berikutnya ini mempunyai cita rasa gurih dan renyah. Sehingga tidak heran jika Rempeyek Buder Saonone menjadi produk unggulan yang banyak digemari oleh masyarakat dan wisatawan yang sedang berkunjung ke Kabupaten Tuban.

Rekomendasi tempat beli:

  • Toko Ana Tuban “Pusat Oleh-oleh Khas Tuban” (Jl. RE Martadinata No.11, Karangsari, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur)

10. Keripik Gedhebog

Bukan hanya buahnya, bagian pelepah dari pohon pisang juga bisa diolah menjadi camilan yang bercita rasa gurih. Hal ini telah dibuktikan oleh UMKM asal Tuban, yang berhasil menciptakan olahan keripik dari gedhebog alias pelepah pisang.

Rekomendasi tempat beli:

  • Toko Ana Tuban “Pusat Oleh-oleh Khas Tuban” (Jl. RE Martadinata No.11, Karangsari, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur)

BACA JUGA: 13 Warung Rujak Soto di Banyuwangi, Jangan Dilewatkan!

11. Serabeh Lodeh

kuliner tuban
Unsplash/Esperanza Doronila

Rekomendasi kuliner Tuban yang berikutnya adalah Serabeh Lode. Berbeda dengan serabeh di kebanyakan daerah yang lainnya, serabeh lodeh khas Tuban ini merupakan hidangan santan atau serabi manis yang disajikan secara berdampingan dengan sayur lodeh, sehingga cita rasanya pedas dan asin.

Rekomendasi tempat makan:

  • Tradisional Food Serabih Lodeh Bongkol (Jl. Masjid Al Falah, Bongkol 1, Sumurgung, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur)

12. Pelas Palang

Sesuai dengan namanya, olahan yang satu ini berasal dari Kecamatan Palang yang memang sering dijadikan sebagai makanan pendamping untuk nasi dan olahan ikan. Pelas palang mempunyai cita rasa yang khas, yaitu perpaduan antara rasa pedas, gurih dan juga manis yang berpadu menjadi satu.

Rekomendasi tempat makan:

  • Pelas palang Mak Sukanah (Bentaro, Glodog, Kec. Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur)

13. Legen

Legen adalah minuman khas Tuban yang diambil dari pohon Siwalan atau Lontar. Minuman tersebut menjadi salah satu produk unggulan dari daerah Tuban, karena diracik tanpa menambahkan campuran bahan pengawet. Kendati demikian, mampu bertahan hingga 12 hari dalam kondisi dingin, lho!

Rekomendasi tempat makan:

  • Legen Tuban Aseli (Gg. Masjid Sido Kabul, Panyuran, Kec. Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur)

14. Serabi Selong

Rekomendasi kuliner Tuban yang terakhir adalah Serabi Selong. Hidangan ini dibuat dari bahan dasar yang sama dengan serabi pada umumnya, yaitu tepung beras. Hanya saja, yang membedakan adalah penambahan santan kelapa yang membuat teksturnya menjadi sangat lembut dan rasa yang gurih.

Rekomendasi tempat makan:

  • Serabi Tuban (Gg. Ikhlas No.69-73, Kebonsari, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur)

Itulah beberapa kuliner Tuban yang direkomendasikan, lengkap dengan tempat dimana Sedulur dapat membeli dan mencicipinya. Walaupun jumlah kuliner yang bisa ditemukan di kabupaten ini tidak sebanyak yang ada di kota atau kabupaten lain, dijamin tetap mampu memuaskan lidah Sedulur!

Jadi jika Sedulur sedang berkunjung atau berlibur di wilayah Tuban, jangan lupa untuk mencoba beberapa kuliner yang ada di atas. Ketika berwisata kuliner, Sedulur jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya.

Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!