rekomendasi bakso di malang

Salah satu makanan paling populer di Indonesia adalah bakso. Bakso merupakan menu olahan daging yang dibentuk bola lalu direbus. Kota yang terkenal dengan hidangan baksonya adalah Malang. Dimana Sedulur bisa menemukan banyak sekali rekomendasi bakso di Malang dengan sangat mudah. 

Jadi tidak heran jika bakso dan Malang seolah menjadi dua hal yang sulit untuk dipisahkan. Sedulur juga bisa merasakan kenikmatan menyantap bakso di Malang lebih terasa dibanding dengan kota lain lantaran cuacanya yang sejuk.

Supaya Sedulur tidak bingung dan bisa menemukan tempat terbaik untuk menyantap bakso Malang. Simak beberapa rekomendasi bakso di Malang yang memiliki rasa terlezat berikut ini!

BACA JUGA: 8 Franchise Bakso Malang Kekinian yang Menjanjikan Cuan

1. Bakso President Malang

rekomendasi bakso di malang
Unsplash/Muhammad Arifin

Tempat makan bakso yang satu ini dapat menimbulkan kesan menarik yang pastinya tidak akan pernah lupakan. Di sini, Sedulur bisa rasakan getaran yang cukup kuat saat tengah menyantap bakso. Sebab, Bakso President Malang ini berada tepat di samping rel kereta api yang masih aktif beroperasi. 

Lokasi tepatnya di Jalan Batanghari Nomor 5, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Kabarnya, tempat ini adalah warung bakso terenak di Kota Malang. Selain itu, harga per porsi bakso di sini juga tergolong murah, antara Rp10 ribu hingga Rp20 ribu per mangkuk.

Sedulur juga boleh menambah mie atau lontong dengan tambahan seribuan per porsinya. Jika sudah tak sabar untuk menyantap bakso terenak di restoran Malang murah ini, kunjungi saja tempatnya antara jam 08.00 hingga jam 21.30 WIB.

2. Bakso Prima

Ada yang spesial di Bakso Prima Malang, Sedulur bisa menikmati semangkuk bakso dengan isian bakso halus, bakso urat, usus ayam, babat, dan paru goreng. Tidak lupa, ada aneka menu gorengan bakso seperti goreng bulat, goreng panjang, dan goreng bunga untuk melengkapi masakan berkuah sedap ini.

Bakso ini menjadi salah satu bakso yang cukup populer di kota Malang, khususnya di kalangan mahasiswa. Berdiri sejak tahun 1988, kini Bakso Prima telah membuka tiga cabang. Selain lezat, harga semangkuk bakso ini juga ramah di kantong mahasiswa. 

Harga baksonya mulai dari Rp10 ribu per porsinya. Untuk harga gorengannya mulai dari Rp3 ribu saja. Lokasi Bakso Prima berada di daerah Lowokwaru tepatnya di Jalan Soekarno Hatta Nomor 37. Buka dari pukul 10.00-21.00 WIB.

3. Bakso Gun Malang

Selanjutnya ada Bakso Gun Malang yang penyajiannya cukup unik. Penyajian bakso ala Jepang ini menjadikan Bakso Gun sebagai bakso ala Jepang yang pertama di Indonesia. Penyajiannya hampir mirip dengan makanan Jepang yakni shabu shabu. Tak hanya penyajiannya, tempat makan ini juga didesain menyerupai restoran Jepang dengan pintu geser ala Jepang. 

Salah satu yang menarik di tempat ini pembeli bisa meracik dan merebus isian bakso sendiri. Untuk pilihan isiannya tersedia 25 macam, termasuk baksonya sendiri. Mulai dari bakso urat (kasar) yang terbuat dari daging sapi, bakso halus yang terbuat dari daging ayam, bakso ikan, hingga bakso telur puyuh. 

Tersedia juga aneka gorengan dengan isi daging ayam, sapi, jamur atau udang yang bisa dipilih sesuai selera. Harga per bakso dan isian bakso lainnya mulai Rp2 ribuan. Lokasinya berada di daerah Klojen tepatnya di Jalan Kawi Atas Nomor 41A. Buka dari pukul 10.00-21.00 WIB.

4. Bakso Pak Samut

Masih dengan tempat makan bakso di Malang Raya yang ambil sendiri, di Bakso Pak Samut menawarkan aneka menu bakso dengan harga mulai Rp3 ribu. Siomay dan gorengannya dihargai Rp1.500-an . Bakso Pak Samut berlokasi di Jalan Tidar Blok G, Ruko Raya Tidar Nomor 50e, Karangbesuki, Sukun, Kota Malang. Buka dari pukul 10.30-20.00 WIB.

5. Bakso Kota Cak Man

Tempat makan bakso ini terbilang sangat legendaris karena dirintis sejak tahun 1980-an. Kemudian pada tahun 1993, Bakso Kota Cak Man membuka outlet pertamanya. Ada sekitar 17 varian bakso dan gorengan yang dapat dipilih.

Mulai dari bakso halus, bakso urat, siomay panjang, bakso kotak pedas, bakso goreng, gorengan dengan balutan mie mirip seperti rambutan, usus krispi, siomay mekar, dan lainnya. Baksonya juga memiliki tekstur yang lembut, agak lembut, dan dagingnya sangat terasa.

Untuk yang bakso kotak cukup pedas karena terdapat itisan cabe rawit hijau di permukaan baksonya. Bakso Kota Cak Man memiliki beberapa lokasi di Kota Malang. Namun, pusatnya di Jalan Letjend S. Parman 56A, Kota Malang serta beroperasi mulai pukul 10.30 WIB hingga 21.00 WIB.

BACA JUGA: Cara Menyimpan Adonan Bakso di Kulkas agar Tahan Lama!

6. Bakso Damas

franchise bakso malang
Freepik/Jcomp

Bagi pecinta bakso wajib mencoba bakso satu ini. Disajikan dengan konsep makan prasmanan, Bakso Damas telah memanjakan lidah penggemar bakso sejak tahun 1993. Konsep yang cukup unik ini menjadi daya tarik Bakso Damas. Menyajikan isian bakso yang beraneka macam mulai dari bakso urat, bakso telur puyuh, bakso tenis, siomay udang, jeroan, hingga aneka gorengan. 

Tak hanya itu, irisan kubis yang melimpah jadi pelengkap semangkuk bakso yang nikmat ini. Harga per satuan isianya mulai dari Rp3 ribuan. Lokasinya berada di daerah Lowokwaru, tepatnya di Jalan Soekarno- Hatta Nomor 75-74. Buka dari pukul 10.00-22.00 WIB.

7. Bakso Solo Kidul Pasar

Jika Sedulur sedang berbelanja di Pasar Besar Kota Malang, Sedulur bisa menyempatkan mampir ke tempat makan bakso yang enak. Ya, ada Bakso Solo Kidul Pasar. Usaha bakso yang dirintis Pak Suparno pada tahun 1965 diawali di selatan Pasar Besar, sehingga dinamakan Bakso Solo Kidul Pasar.

Dalam semangkuk bakso, Sedulur bisa menikmati isian bakso kasar, bakso halus, siomay, tahu goreng, dan gorengan. Baksonya yang kenyal semakin nikmat dengan kuah kaldu yang sedap. Harga per porsinya mulai dari Rp18 ribuan. Lokasi berada di daerah Klojen tepatnya di Jalan Halmahera Nomor 12A. Buka dari pukul 12.00-21.00 WIB.

8. Bakso Pemuda

Di Bakso Pemuda, Sedulur bisa menikmati semangkuk bakso campur dengan harga Rp20 ribuan. Spesialnya lagi, ada aneka kerupuk yang bisa Sedulur jadikan pendamping makan. Seperti, kerupuk kentang, tahu, udang, dan bawang. Harga kerupuknya dibanderol dari Rp2 ribuan.

Lokasi Bakso Pemuda berada di Jalan WR. Supratman Nomor 17, Sisir, Kota Batu. Buka dari pukul 13.00-22.00 WIB.

9. Bakso Duro Kepanjen

Buat Sedulur yang lagi singgah di Kabupaten Malang, Sedulur bisa mampir ke Bakso Duro Kepanjen. Di sana, Sedulur bisa menikmati aneka menu bakso seperti bakso campur dan tenis, bakso campur biasa.

Di setiap sajian bakso, terdapat bakso halus, bakso kasar, pangsit goreng, dan irisan sayur seperti kubis. Harga per porsinya dibanderol mulai dari Rp25.000. Lokasinya berada di Jalan Panglima Sudirman, Ngadilangkung, Kepanjen, Kabupaten Malang. Buka dari pukul 09.00-21.00 WIB.

10. Bakso Sumsum Cak Hadi

Ada bakso yang tak kalah menarik untuk dicoba. Ada Bakso Sumsum Cak Hadi yang terkenal dengan sumsumnya yang lezat. Selain terkenal dengan sumsumnya, bakso ini juga punya banyak aturan untuk dimakan. Wah, menarik sekali ya!

Aturannya dibuat sendiri oleh penjualnya, salah satunya tidak boleh menambahkan kecap dan saus ke dalam kuahnya. Menurut penjualnya, rasa kuah kaldu bakso ini sudah gurih dan pas. Pembeli bisa benar-benar fokus merasakan kaldu bakso yang nikmat tanpa tambahan kecap dan saus. Jangan khawatir, Sedulur bisa menambahkan kecap dan saus ke dalam satu wadah khusus yang sudah disediakan.

Selain itu, saat makan bakso sumsum juga harus langsung dimakan utuh. Hal itu yang membuat sumsum akan meledak di dalam mulut dan rasanya terasa sangat gurih. Bukan hanya bakso sumsum saja, ada juga bakso telur puyuh, bakso hati, bakso kasar, dan masih ada banyak pilihan untuk isiannya.

Untuk merasakan sensasi bakso sumsum yang nikmat, Sedulur bisa datang langsung ke tempatnya di daerah Singosari tepatnya di Jalan Kertanegara Nomor 117. Buka dari pukul 17.00-22.00 WIB.

BACA JUGA: Resep Bakso Ikan Tuna yang Gurih, Kenyal, dan Tidak Amis

11. Bakso Arief

rekomendasi bakso di malang
Unsplash/Spenser Sembrat

Di Bakso Arief, Sedulur bisa menikmati bakso yang terasa dagingnya. Irisan daun bawang yang melimpah membuat kuah baksonya terasa segar. Sepiring isian baksonya ada bakso, goreng bulat, tahu, dan gorengan.

Tidak lupa mie kuning agar lebih mengenyangkan. Harga bakso halus dibanderol sebesar Rp2.000. Harga gorengannya mulai Rp2 ribuan. Lokasinya berada di Jalan Diponegoro Nomor 222, Sisir, Kota Batu. Buka dari 09.30-22.00 WIB.

12. Bakso dan Cuimie De Stadion

Ada yang spesial di Bakso dan Cuimie De Stadion, di sana Sedulur bisa menikmati menu bakso keju mozzarella, bakso abon, hingga bakso lobster. Aneka gorengan yang ditawarkan tidak kalah menggiurkan, ada gorengan seperti udang kriwul dan tahu krispi yang bisa ditambahkan di semangkuk bakso.

Harganya dibanderol per item mulai dari Rp1 ribuan. Lokasinya berada di Jalan Stadion Utara Nomor 12, Sisir, Kota Batu. Buka dari pukul 10.00-21.00 WIB.

13. Bakso Tengkleng Mas Bambang

Jika biasanya semangkuk bakso disajikan dengan tambahan balungan, ceker, babat, atau jeroan, kali ini bakso disajikan dengan tambahan tengkleng yang nikmat. Bakso Tengkleng Mas Bambang jadi pilihan tempat makan bakso enak yang patut dicoba.

Semangkuk bakso disajikan dengan dua potong tengkleng atau irisan daging sapi yang masih menyatu dengan tulangnya. Tambahan tengkleng ini membuat kuah bakso semakin nikmat, apalagi dengan perasan jeruk nipis serta sambal spesialnya.

Harga satu porsi bakso tengkleng Rp25 ribuan. Lokasinya berada di daerah Lowokwaru tepatnya di Ruko Griya Santa Nomor 53, Jalan Soekarno-Hatta. Buka dari pukul 10.00-22.00 WIB.

14. Bakso Arema Cak Tono

Bakso Arema Cak Tono berlokasi di Jalan Diran Nomor 29, Sisir, Kota Batu. Buka dari pukul 10.00-21.00 WIB. Menawarkan aneka menu bakso, seperti bakso halus, bakso urat, bakso udang ranjau, dan bakso telur asin dengan harga mulai dari Rp2 ribuan hingga Rp15 ribu.

Selain itu, ada pilihan isian lainnya seperti lontong, kikil, paru, hingga iga dengan harga mulai dari Rp2 ribu hingga Rp10 ribu.

15. Bakso Mujos

Bakso Mujos sudah ada sejak tahun 1990-an. Tidak hanya terkenal dengan kuah kaldo baksonya yang sedap dan lezat. Bakso bulatnya dibuat menggunakan alat penggilingan yang masih manual. Hal itulah yang membuat bakso di tempat makan di Kota Batu ini terasa lembut dan empuk.

Sedulur bisa menemukan beberapa isian lain seperti siomay, tahu goreng, tahu putih, dan mie kuning maupun putih. Lokasinya berada di Jalan Pangeran Diponegoro Gang 6, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu. Buka dari pukul 11.00-18.00 WIB.

16. Bakso Cak Toha

Warung Bakso Cak Toha rasanya tidak asing di telinga warga Malang. Sebab, bakso ini sangat legendaris dan memiliki sejumlah cabang di Kota Malang. Menu bakso yang ditawarkan pun sangat beragam. Mulai bakso besar halus, bakso besar urat, bakso kecil halus, bakso kecil urat, bakso goreng, bakso isi ampela dan ati, tahu besar, tahu kecil, siomay, dan lontong.

Jika ke Malang, Sedulur tak boleh melewatkan untuk mencicipi bakso ini. Sebab, sangat cocok dinikmati saat liburan bersama keluarga atau teman. Bakso Cak Toha memiliki beberapa cabang. Seperti di Jalan Semeru 24 dan Jalan Trunojoyo 80, Kota Malang. Jam operasionalnya pukul 11.00 WIB hingga 19.00 WIB.

17.  Bakso Bakar Pahlawan Trip (Babatrip)

kuliner malam mojokerto
Unsplash/Azzadiva Sawungrana

Kamu ingin makan bakso dengan menu yang berbeda? Cobalah mampir ke Bakso Bakar Pahlawan Trip. Tempat makan ini cocok bagi Sedulur yang bosan dengan menu bakso yang itu-itu saja. Babatrip menyediakan menu utama bakso bakar, yakni bakso yang ditusuk sate dan dibakar dengan bumbu dan kecap, lalu diberi bawang goreng. Jika suka dengan kuah bakso, Sedulur pun bisa memesannya secara terpisah.

Daging baksonya juga sangat kenyal dan gurih. Selain itu, tempat makan ini juga menyediakan menu pangsit ayam, siomay, dan lain-lain. Lokasinya berada di Jalan Pahlawan Trip 3A, Kota Malang. Jam operasionalnya pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Itulah tadi rekomendasi bakso di Malang yang patut Sedulur coba. Bakso menjadi salah satu masakan yang hampir bisa ditemui di berbagai daerah di Indonesia salah satunya, Malang. Beberapa tempat makan bakso yang tersebar di kota ini yang bisa Sedulur kunjungi untuk mengisi perut.

Kuahnya yang sedap dan isian bakso yang melimpah, membuat Sedulur ketagihan ingin nambah lagi. Kalau Sedulur tertarik coba yang mana nih?