kuliner surabaya timur

Kuliner Surabaya Timur memiliki cita rasa yang khas, sehingga wajib Sedulur coba saat berkunjung ke wilayah sana. Berbagai jenis makanan seperti rawon, rujak cingur, hingga sate khas Surabaya tentunya sudah tidak asing bagi para penikmat kuliner.

Selain memiliki cita rasa khas yang menggugah selera, kuliner Surabaya juga memiliki harga yang cukup terjangkau. Sedulur bisa mencicipi berbagai jenis kuliner dengan rasa yang berbeda beda, dari manis, pedas, hingga gurih, sesuai selera. Sedulur pun bisa menikmati dari siang hingga malam.

BACA JUGA: 12 Tempat Nongkrong di Surabaya Outdoor, Bikin Lebih Nyaman!

Rekomendasi Kuliner Surabaya Timur

Banyaknya wisata kuliner Surabaya ini tentunya membuatmu tidak akan kesulitan memilih tujuan. Tinggal menyesuaikan dengan selera makan kamu, Sedulur bisa menikmati kuliner yang enak dan lezat, tak terkecuali Surabaya Timur.

Wilayah ini memiliki beberapa kecamatan, di antaranya Gubeng, Tambaksari, dan Rungkut. Layaknya kota di Indonesia, di tiga kecamatan ini memiliki kekhasan kuliner di Surabaya Timur dengan rasa yang juara dan jadi incaran wisatawan.

Pasalnya, kuliner menjadi salah satu destinasi wisata yang secara resmi jadi salah satu unggulan wisata Kota Surabaya. Jika ada rencana untuk berkunjung, Sedulur bisa mampir ke beberapa tempat kuliner Surabaya Timur ini yang pastinya memiliki rasa memanjakan lidah.

1. Tahu Telur Pak Jayen

kuliner surabaya timur
Unsplash/Inna Safa

Tahu telur adalah kuliner khas dari Surabaya, Jawa Timur. Jadi Sedulur harus mencicipi tahu telurnya saat datang ke Surabaya. Salah satu tempat makan yang menjual tahu telur legendaris adalah Tahu telur Pak Jayen yang sudah ada sejak 1989.

Kuliner Surabaya ini merupakan sajian tahu dan telur yang dicampur dengan kentang, tauge kecil, lalu disiram dengan bumbu petis. Rasanya terbilang gurih dan ada sedikit rasa pedasnya.

Seporsi tahu telur Pak Jayen merupakan tahu yang digoreng bersamaan dengan telur dadar yang sudah diberi bumbu rahasia. Sedulur bisa nambah irisan lontong agar lebih mengenyangkan. Harga per porsi tahu telur hanya Rp 15 ribuan, kalau nambah lontong Sedulur hanya perlu mengeluarkan uang Rp 2 ribuan lagi.

Lokasinya berada di Jalan Dharmahusada No.112, Mojo, Gubeng. Tahu Telur Pak Jayen ini mulai buka pada pukul 17.00-23.00 sehingga cocok untuk dijadikan sebagai menu makan malam.

2. Jank Jank Wings

Salah satu bagian ayam yang jadi favorit banyak orang adalah sayap. Nah, di Jank Jank Wings Sedulur bisa makan sayap sepuasnya dengan rasa yang kekinian. Di sini, ada sayap bakar dengan rasa manis gurih, sayap dengan saus keju, berbalut Cheetos, blackpepper, dan rasa kari Jepang.

Kalau Sedulur pecinta pedas, cobain menunya yang bernama Hot Gaprot yang bakalan bikin Sedulur kepedesan. Alamat berada di Jl. Dharmawangsa No. 80, Gubeng, Surabaya.

3. Warung Empal Bu Yudi

Sesuai namanya, tempat makan ini menyediakan menu utama Nasi Empal, di mana daging empalnya terkenal enak disajikan dengan sayur asin. Menu lainnya ada Rawon Daging dan Bali Daging. Penggemar masakan daging pasti suka, silahkan mencicipi hidangannya langsung di Jl. Kapas Krampung No. 220, Tambaksari, Surabaya.

4. Pentol Goyang Lidah Cempaka

Salah satu kuliner kekinian di Surabaya yang wajib dicoba adalah Pentol Goyang Lidah Cempaka. Sajian yang paling terkenal di tempat ini adalah pentol halus, pentol kasar, pentol goreng, siomay, hingga tahu dan pentol isi telur puyuh.

Apabila dilihat sekilas, menu ini sangat mirip dengan bakso dengan saus sambal, saus tomat, dan kecap. Meskipun sudah terkenal, panganan ini masih dijual di gerobak sederhana, lho. Alamatnya berada di Jalan Rungkut Madya No.243, Surabaya.

5. D’Jawa Cafe & Resto

D’Jawa Cafe & Resto biasanya menerima tamu dalam jumlah banyak karena areanya yang cukup luas. Namun, sementara ini, mereka hanya menerima pesanan online saja. Salah satu spot kuliner Surabaya Timur ini menawarkan menu Indonesia campuran dengan chinese food.

Sedulur pun bisa menemukan beberapa hidangan khas seperti sapo tahu, ayam kuluyuk, gurame goreng, dan cumi telur asin. Sedulur bisa memesan a la carte atau paketan yang lebih praktis. Alamatnya di Jl. Jawa No. 33, Surabaya.

BACA JUGA: 7 Pilihan Tempat Makan Rawon Enak di Surabaya, Legendaris!

6. Soto Ayam Lamongan Abas

soto kediri
Unsplash/Subagus Indra

Soto ayam lamongan memang menjadi salah satu kuliner Surabaya Timur yang cukup umum ditemukan. Salah satu yang paling terkenal adalah Soto Ayam Lamongan Abas yang ada di Karangrejo. Soto yang mereka tawarkan disajikan dalam porsi kecil, bahkan dengan  harga kurang dari Rp10 ribu. 

Tapi jangan tertipu dengan harganya, karena isiannya cukup royal dengan suwiran ayam, kulit, sayap, dan potongan telur rebus. Di meja, mereka sediakan koya yang bisa bikin makananmu jadi lebih gurih. Alamatnya di Jl. Karangrejo Sawah GG No. 1, Surabaya.

7. Sea Monsters Seafood Restaurant 

Di tempat makan ini, pengunjung bisa menikmati aneka olahan kepiting yang yang dihitung harga per ons. Pilihan cara masak kepitingnya memiliki macam-macam variasi, mulai dari dengan Saus Chili Singapore, Saus Padang, hingga diolah menjadi Sup Kepiting.

Sea Monsters Seafood Restaurant berlokasi di Jl. Jawa Nomor 32, Gubeng, Surabaya, jam buka dari 11.00-20.00 WIB. 

8. Lontong Kupang Pak H. Woko

Ingin mencari kuliner lainnya yang legendaris di Surabaya, ada Lontong Kupang Pak H. Woko. Tempat makan ini sudah ada sejak tahun 1980. Kuliner ini berisi lontong yang disajikan dengan kupang. Kupang adalah hewan laut semacam kerang kecil yang hidup di lumpur.

Kupang diolah dengan petis, lontong, dan lentho singkong di Surabaya. Kuah petis dari lontong kupang di sini terasa gurih sehingga membuat ketagihan. Seporsi lontong kupang hanya dibandrol seharga Rp15 ribuan sampai Rp20 ribuan saja sehingga sangat ramah di kantong.

Jangan lupa juga untuk memesan segelas es degan untuk menambah rasa segar pengalaman makan lontong kupang. Harga per porsinya sekitar Rp15 ribu saja. Lokasinya berada di Jalan Kalasan Nomor 30, Pacar Keling, Tambaksari. Jam buka mulai dari 09.30-17.00 WIB.

9. Depot Bu Rudy

Rekomendasi kuliner Surabaya yang terakhir adalah Depot Bu Rudy. Rumah makan yang satu ini juga wajib detikers datangi saat berkunjung ke Surabaya. Memangnya, apa yang spesial dari Depot Bu Rudy?

Salah satu yang terkenal dari Depot Bu Rudy adalah sambalnya. Adapun jenis-jenis sambal yang tersedia di sini, yakni sambal bawang, sambal bajak, dan sambal ijo.

Selain itu, ada juga rekomendasi kuliner lezat yang perlu dicoba, yakni sayur lodeh nangka, nasi bakar, dan nasi campur empal. Jangan lupa untuk pesan dadar jagung (bakwan jagung) yang tak kalah enak.

Depot Bu Rudy beralamat di Jalan Dharmahusada, Kecamatan Gubeng, Surabaya. Rumah makan ini buka dari pukul 06.00-21.00 WIB. Harga mulai dari Rp28 ribuan sampai Rp33 ribuan.

10. Bebek Palupi

Bebek goreng sudah dikenal sebagai salah satu kuliner andalan Kota Pahlawan. Dari sekian banyak penjual bebek goreng di Surabaya, tempat yang paling terkenal adalah Bebek Palupi. Eksis sejak tahun 1996, lokasi Bebek Palupi cukup strategis, yaitu berada di Jalan Raya Rungkut Asri Tengah Nomor 10 yang berdekatan dengan Bandara Juanda. 

Dari sisi penyajian, seporsi bebek goreng legendaris ini hadir dengan tampilan cukup sederhana. Hanya dihidangkan bersama nasi, sambal tomat dan beberapa lalapan. Bebek gorengnya terkenal sangat renyah, dengan sensasi bumbu rempah kuning gurih yang cukup tajam.

Tekstur daging bebeknya juga benar-benar empuk. Selain itu, tidak tercium bau amis sama sekali. Salah satu rahasia keempukannya adalah karena hanya menggunakan daging bebek muda dan dimasak dengan suhu tertentu. 

BACA JUGA: Rekomendasi Resep Oseng Terong, Hidangan Praktis yang Nikmat!

11. Bubur Ayam Spensix

kuliner surabaya timur
Unsplash/Mae Mu

Bubur ayam merupakan salah satu makanan yang sering dijadikan menu sarapan. Hal ini juga menjadi salah satu wisata kuliner Surabaya di pagi hari. Salah satu bubur ayam yang terkenal yaitu Bubur Ayam Spensix.

Di sini, Sedulur bisa menyantap bubur ayam dengan topping ati ampela yang lezat. Lokasinya berada di Jalan Raya Gubeng, dan buka setiap hari mulai jam 6 pagi. Harganya yang cukup ramah di kantong bisa menjadi pilihan sarapan enak dan hemat.

12. Es Teler Pacarkeling Pak No

Masih dengan menu menyegarkan, Sedulur juga wajib mengunjungi Es Teler Pacarkeling Pak No. Berlokasi di Jalan Penataran Nomor 2, Pacar Keling, Tambaksari. Buka dari 10.00-22.00 WIB. Es teler yang disajikan di sana, menggunakan buah segar dan melimpah untuk isiannya.

Masih ada siraman susu kental manis dan kelapa muda serut untuk menambah kenikmatan. Buat Sedulur pecinta durian juga bisa mampir karena ada tambahan sirup durian di semangkuk es teler. Harga per porsi es teler sebesar Rp 18 ribuan.

13. Swike Gris 

Swike Purwodadi Gris memang sudah terkenal akan olahan kodoknya. Beberapa menu di sini yang wajib Sedulur coba adalah swike kuah, kodok goreng tepung, kodok rica, pepes telur kodok, dan kodok goreng tanpa tulang.

Swike Gris juga punya sambal istimewa yang semakin menambah kenikmatan olahan kodoknya. Selain menu di rumah makannya, kuliner Surabaya Timur ini juga punya pilihan frozen yang bisa Sedulur beli untuk stok makanan di rumah. Alamat: Jl. Pengampon No.91, Bongkaran, Kec. Pabean Cantian, Surabaya 

14. Tahu Campur H. ABD. Mahfud Asli Kalasan

Tahu Campur H. ABD. Mahfud Asli Kalasan jadi kuliner favoritnya orang Surabaya. Menawarkan menu berkuah yang berisikan daging sandung lamur, tahu, irisan selada, dan mie kuning basah.

Spesialnya lagi ada kerupuk melimpah yang enak dimakan bersamaan dengan kuah tahu campur. Sepiring menu tahu campur dibanderol dengan harga mulai dari Rp 25 ribuan. Lokasinya berada di Jalan Kalasan, Pacar Keling, Tambaksari. Buka dari pukul 10.30-21.30 WIB.

15. Angsle Ronde 66

Salah satu kuliner Surabaya Timur yang cukup banyak ditemukan adalah angsle ronde. Makanan hangat ini cocok banget disantap sebagai camilan di malam hari. Ronde di sini dibuat sendiri dengan sensasi yang kenyal dan kuah yang terasa banget rempah jahenya. Isian mochi di dalam ronde juga cukup unik sehingga membuatnya semakin menarik. 

Ada mochi isi cokelat, Silverqueen, dan Kitkat matcha yang ternyata cocok banget sama kuahnya. Alamat: Jl. Ploso Baru No.189, Tambaksari, Surabaya Walaupun nggak sebanyak di Surabaya Barat, kuliner Surabaya Timur juga patut dilirik karena cukup bervariasi. Bahkan, Sedulur juga bisa menemukan beberapa kuliner kekinian Surabaya di sini.

16. Lontong Balap Asli Pak Gendut

Tak lengkap rasanya, kalau berkunjung ke Surabaya tidak mencicipi menu masakan dengan bumbu petis. Salah satu yang bisa Sedulur coba mampir adalah Lontong Balap Asli Pak Gendut. Berlokasi di Jalan Mayjen Prof. Dr. Moestopo Nomor 11, Pacar Keling, Tambaksari. Buka dari pukul 09.00-21.00 WIB.

Lontong balap diracik dengan petis udang sebagai bumbu kuahnya. Isiannya terdiri dari tahu, lentho, lontong, taoge, dan bawang goreng. Tambah dengan sate kerang untuk menambah kenikmatan isi lontong balap. Harga per porsinya sekitar Rp15 ribuan.

17. Pecel Rawon Warung Pojok Moro Seneng

rawon enak di Surabaya
Unsplash/Aldrin Rachman

Pecel Rawon Warung Pojok Moroseneng juga menjadi salah satu tujuan kuliner Surabaya yang wajib untuk dikunjungi.Wisata kuliner Surabaya ini terdiri dari nasi pecel yang dicampur dengan kuah rawon. Kuliner Surabaya yang unik ini bisa dinikmati di Warung Pojok Moro Seneng, Surabaya. Tepatnya di Jl. Pucang Anom No 17, Gubeng, Surabaya. 

Ulekan kacang sebagai saus aneka sayuran yang kemudian disiram dengan kuah rawon yang hitam dan kaya dengan rasa rempah ini bakal memanjakan lidah. Untuk mencoba menu nasi pecel yang disiram dengan kuah rawon di tempat ini,

Sedulur harus datang di malam hari, ya. Pasalnya, warung ini baru buka pukul 21.00 WIB dan tutup sekitar pukul 03.00 WIB dini hari.

Itulah tadi rekomendasi kuliner Surabaya Timur yang wajib Sedulur coba. Kuliner Surabaya memiliki cita rasa yang khas, sehingga wajib Sedulur coba saat berlibur. Berbagai makanan seperti rawon, rujak cingur, hingga sate khas Surabaya menjadi menjadi kudapan lezat.

Sedulur bisa mencicipi berbagai jenis kuliner beragam rasa, dari manis, pedas, hingga gurih, sesuai selera. Selain memiliki cita rasa yang menggugah selera, kuliner Surabaya juga ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Selamat berwisata kuliner ya!