kuliner malam sidoarjo

Sidoarjo merupakan salah satu kota di kawasan Jawa Timur yang dikenal dengan berbagai macam destinasi wisatanya. Jadi tidak heran jika banyak yang memilih Sidoarjo sebagai tujuan saat liburan. Salah satu yang menarik dari kota ini, adalah kuliner malam Sidoarjo yang cukup beragam.

Terdapat banyak tempat kuliner di Sidoarjo yang mampu memanjakan lidah sembari menikmati keindahan dari kota Delta tersebut saat malam hari. Ya, bagi yang sering berkunjung kesini, tentu saja sudah tidak asing dengan ragam kuliner malam ataupun dini harinya.

Nah, bagi Sedulur yang sedang berkunjung atau memiliki rencana ke Sidoarjo, ketahui beberapa rekomendasi kuliner malam Sidoarjo yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: 12+ Rekomendasi Pantai di Sidoarjo yang Eksotis dan Indah!

1. Rawon Gajah Mada

rawon enak di Surabaya
Unsplash/Aldrin Rachman

Bagi para pecinta rawon, Rawon Gajah Mada di Sidoarjo bisa menjadi tempat yang tepat untuk menikmati santapan yang satu ini. Warung Rawon Gajah Mada ini buka dari pukul 10 malam sampai 3 pagi, sehingga sangat cocok untuk mengisi perut di malam hari, atau bahkan saat tengah malam.

Menu yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari nasi rawon, nasi kare, nasi campur, oseng pedas, nasi pecel, dan beberapa hidangan lain yang tidak kalah nikmat. Pilihan lauknya juga ada banyak, termasuk telur, gorengan, perkedel, dan empal serta jeroan sapi.

Lokasinya di Jl. Gajah Mada, Pekauman, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61213. Harga mulai di kisaran Rp15 ribu.

2. Nasi Pecel Dalu

Kuliner malam Sidoarjo yang terkenal dan banyak disukai adalah Pecel Dalu. Sedulur bisa menikmati sajian nasi pecel yang sangat lezat, dengan pilihan lauk yang sangat beragam seperti ayam, empal, tempe, dan lainnya sesuai dengan selera. Sesuai dengan namanya, warung Nasi Pecel Dalu baru buka dari pukul 10 malam sampai 4 pagi. 

Kendati demikian, warung tersebut tidak pernah sepi oleh pengunjung. Bukan tanpa alasan, Pecel Dalu mempunyai ciri khas pada citarasa yang dihadirkan, yakni sajian bumbu kacang ekstra pedas.

Kalau Sedulur ingin mencoba pecel di sini, lokasinya di Jalan Garuda No. 111, Betro, Sidoarjo. Harga mulai dari Rp12 ribu tergantung lauk yang Sedulur pakai.

3. Warung Seafood Diponegoro

Warung Seafood Diponegoro telah beroperasi sejak tahun 1989. Warung ini menawarkan berbagai makanan laut yang selalu segar setiap hari. Itulah kenapa dari menjaga kualitas bahan baku membuat menu yang ada di sini rasanya begitu lezat.

Tempatnya cukup luas, cocok untuk makan bersama keluarga. Menu yang tersedia di sini antara lain olahan kepiting, udang, cumi, kerang, gurami, dorangi, lele hingga nila. Jadi, gak hanya makanan dari laut saja. Sedulur tinggal pilih sesuai selera.

Rasa bumbunya yang khas, perpaduan manis, pedas, dan asin pasti bikin Sedulur ketagihan. Selama lebih dari 30 tahun, Warung Seafood Diponegoro selalu menyajikan hidangan laut yang memanjakan lidah. Tidak mengherankan jika semakin banyak pelanggan yang terus berdatangan.

Ada banyak jenis makhluk laut yang bisa Sedulur makan dengan bumbu berbeda sesuai keinginan. Kalau Sedulur ingin mencoba olahan seafood-nya, lokasinya berada di Jalan Diponegoro, Nomor 122, Sidokare. Jam buka dari pukul 17.00 WIB sampai 23.00 WIB. Harga mulai dari Rp25 ribu.

4. Tahu Tek Cak Sodiq

kuliner malam sidoarjo
Unsplash/Social Cut

Tahu Tek Cak Sodiq sudah berdiri sejak tahun 1976 dan sampai sekarang masih esksis. Kuliner ini menjadi andalan bagi banyak wisatawan dari lokasi hingga mancanegara. Satu porsi Tahu Tek biasanya terdiri dari lontong, kentang, tahu, telur, taoge, dan kerupuk, dengan topping bumbu kacang khas Cak Sodiq yang terdiri dari kacang tanah, petis, garam, bawang putih goreng, dan cabai. 

Lokasi yang sangat strategis di kawasan kantor Pengadilan Agama Sidoarjo, membuat kuliner ini mudah untuk ditemukan. Tahu Tek Cak Sodiq juga bisa menjadi solusi makan malam yang menarik. 

Warung Cak Sodiq buka pada pagi hari mulai pukul 15.00 WIB hingga malam 00.00 WIB. Jadi, Sedulur tinggal pilih mau datang jam berapa. Selain itu, tahu tek ini juga menjadi salah satu warung legendaris di Sidoarjo.

Dengan rasa yang nikmat, harga Tahu Tek Cak Sodiq sangat terjangkau mulai dari Rp16 ribu sampai Rp20 ribu. Untuk lokasinya sendiri berada di Jl. Wijaya Kusuma No. 86, Sekardangan, Kecamatan Sidoarjo, Kab. Sidoarjo.

5. Lontong Kikil Pak Madekan

Apakah Sedulur sudah olahan kikil? Kalau iya, Lontong Kikil Pak Madekan wajib banget untuk Sedulur coba. Kikil Sapi Pak Mandekan merupakan kuliner malam legendaris di Sidoarjo. Bahkan menurut beberapa sumber, warung ini sudah mulai eksis sejak tahun 1967. 

Kikil Sapi buatan Pak Madekan memberikan cita rasa yang memanjakan lidah. Gak heran jika sudah melegenda dan memiliki banyak pelanggan. Sampai sekarang pun warung Pak Mandekan gak pernah sepi pengunjung. 

Ketika Sedulur menikmati kuliner ini, penyajiannya menggunakan kuah kental yang lezat dengan irisan lontong di dalamnya. Untuk membuat rasanya semakin komplit, Sedulur bisa menambahkan perasan jeruk nipis. 

Jadi, kelezatan lontong kikil ini sudah terjamin. Lokasinya juga mudah untuk dicari. Tepatnya di Jl. Raya Wonocolo, Sepanjang, Taman, Sidoarjo. Sedulur pun bisa membelinya secara online karena sudah tersedia dalam aplikasi online delivery.

Olahan kikil dengan bumbu santan yang begitu gurih, harga seporsinya juga sangat terjangkau. Sedulur bisa menikmati Lontong Kikil Pak Madekan mulai dari Rp24 ribu. Sedulur bisa datang ke sini antara pukul 08.00 WIB sampai 24.00 WIB.

BACA JUGA: Rekomendasi Tempat Makan Sate Klopo Terenak di Surabaya

6. Sego Lento atau Sego Tabokan Saimbang

sego sambel cak uut
Unsplash/Aldrin Rachman

Inilah sego tabokan atau sego lento yang pernah viral di media sosial. Kuliner ini selalu laris dan tak pernah kekurangan pembeli. Bahkan sudah terkenal sebagai kuliner terenak dan legendaris di Sidoarjo sejak tahun 1960.

Bila Sedulur berkunjung ke Sidoarjo, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa kuliner lezat ini karena sangat mudah menemukannya di kawasan Sidoarjo. Sego tabokan menjadi populer karena menjual menu sego lento yang murah dengan isian yang banyak. 

Sego tabokan atau sego lento merupakan salah satu kuliner sederhana, namun sudah melegenda dan memiliki banyak penggemar. Masakan khas Sidoarjo ini menyajikan nasi putih dengan lauk pauknya antara lain kacang panjang, tempe, sayur lodeh, rebung muda, dan sambal.

Karena ciri khas cita rasa masakan rumahan, warung sego lentho tidak pernah sepi pelanggan. Nasi panas dengan lentho dan sayur lodeh yang nikmat semakin enak jika disantap dengan sambal pedas.

Makanan favorit ini memang hanya di Sidoarjo. Meskipun tampilannya sederhana, tapi rasanya tak perlu diragukan lagi. Salah satu yang menjajakan kuliner ini dan terkenal adalah Sego Tabokan Saimbang.

Lokasinya di Jalan Raya Saimbang, Sukodono, Sidoarjo. Jam operasional dari hari Senin sampai Jumat buka dari pukul 16.00 WIB hingga 22.00 WIB. Harga mulai dari Rp6 ribu saja.

7. Pecel Pincuk Ponorogo Mbak Vina

Biasanya, di Pulau Jawa rata-rata setiap daerah mempunyai keunikan tersendiri. Salah satu yang paling populer adalah pecel khas Ponorogo yang sudah dikenal dengan Pecel Pincuknya. Kuliner ini merupakan nasi pecel yang disajikan di atas pincuk atau daun pisang.

Pecel merupakan kuliner dengan campuran daun singkong, timun, pete cina, tauge, dan kemangi yang dilumuri dengan bumbu kacang khas. Bumbu kacang inilah yang membuat sajian pecel menjadi menarik dan setiap daerah bisa berbeda-beda.

Untuk menambah kenikmatan menyantap pecel pincuk, Sedulur juga bisa menambahkan tempe mendoan, paru, telur ceplok, dan jajanan tradisional lainnya. Pecel memang identik dengan sarapan pagi. Namun pernahkah Sedulur mencoba pecel dengan rasa enak di malam hari? Kalau belum, Sedulur bisa mencoba makan malam pecel pincuk di warung Mbak Vina. 

Tempatnya bersebelahan dengan Sego Babat Bu Kus yang sama-sama ramai warungnya. Di sini, menggunakan bumbu pecel khas Ponorogo dan Sedulur bisa memilih level pedasnya sesuai selera. Pilihannya lauk pauknya juga cukup banyak, mulai dari aneka gorengan, telur sampai ayam ada di sini. Tempatnya juga luas dan nyaman, walaupun rame pengunjung.

Kalau Sedulur sedang ke Sidoarjo dan ingin makan pecel pincuk, datang ke warung Mbak Vina yang lokasinya berada di Jalan Diponegoro, Sidoarjo. Untuk jam operasional mulai dari hari Senin sampai Minggu, buka dari pukul 17.30 WIB hingga 23.00 WIB. Harga bervariasi tergantung lauk yang Sedulur pilih.

8. Warung Mbok Soe

kuliner malam sidoarjo
Unsplash/Bralro

Perpaduan nasi panas dengan topping lauk kering, lalapan, dan sambal biasanya sukses menggoda lidah. Ponorogo menawarkan nasi dengan babat goreng atau sego babat yang sering diidamkan para pecinta kuliner.

Sego sendiri artinya nasi dalam bahasa Jawa. Sedangkan babat merupakan salah satu bagian dalam sapi yaitu dinding lambung yang bertekstur seperti handuk. Kuliner ini bisa Sedulur temukan di Jalan Suromenggolo, tepat di Warung Mbok Soe.

Berbagai varian menu dijual di sana. Namun yang paling populer adalah menu nasi panas dengan lauk jeroan sapi. Seperti kaki, usus, paru, dan lain-lain. Menunya dipadukan dengan lalapan dan sambal bajak, ijo, korek, atau sambal matah.

Warung Mbok Soe mengusung konsep makanan tradisional. Pengunjung dapat membawa dan mengisi ulang makanan dan minumannya sendiri. Jumlah penggemar kuliner babat ini semakin meningkat sejak tahun lalu.  Di sini setidaknya sebanyak 100-150 porsi terjual setiap harinya.

Warung sego babat ini buka mulai pukul 09.00 hingga 21.00, tutup setiap dua minggu sekali pada hari Senin. Warung Mbok Soe berkonsep sedekah. Jadi setiap Senin-Kamis, mereka menawarkan makanan gratis kepada pelanggan yang berbuka puasa. Untuk harga sego babat di sini sangat terjangkau, mulai dari Rp10 ribu saja.

9. Sego Akherad

Kuliner khas Sidoarjo ini kini selalu ramai dikunjungi pengunjung. Pasalnya, warung satu ini pernah viral. Sego Akherad merupakan milik Chef Bobon Santoso yang terkenal dengan konten masakannya yang unik dan porsi besar. 

Sego Akherad terkenal dengan menu yang populer di kalangan pecinta kolesterol yaitu nasi jeroan. Harganya pun juga sangat terjangkau. Di antara berbagai lauk pauknya Sedulur bisa menemukan nasi babat, usus, paru goreng, kulit telur, dan nasi. 

Salah satu andalan di sini adalah nasi jagung. Tapi jika Sedulur tidak suka nasi jagung, bisa juga memilih nasi biasa. Untuk lokasinya berada di Jalan Perumahan Pondok Mutiara No. 18, Sidoarjo. Jam operasional dari Senin sampai Minggu, dari pukul 18.00 WIB hingga 02.00 WIB. Harga mulai dari Rp9 ribuan saja.

10. Nasi Surga Sidoarjo

Rekomendasi kuliner malam Sidoarjo yang pertama adalah Nasi Surga Sidoarjo. Nasi Surga Sidoarjo merupakan salah satu restoran seafood terpopuler di Jawa Timur. Di tempat ini, Sedulur bisa mencicipi berbagai macam menu seafood favorit. Mulai dari seperti cumi, udang, gurame, dan masih banyak lagi.

Walaupun restoran ini mengutamakan hidangan seafood, Sedulur tetap bisa menemukan menu-menu yang lain seperti ayam, pecel, lodeh, dan lain sebagainya. Harga yang terjangkau mulai dari Rp15 ribu, membuat warung makan yang satu ini sering dijadikan sebagai tujuan utama bagi para pengunjung.

Lokasinya di Jl. Raya Taman Pinang Indah No.03 Blok A4, Kwadengan Barat, Lemahputro, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61213.

BACA JUGA: 11 Makanan Khas Pasuruan yang Wajib Dicoba!

11. Sate Kelopo Pak Sadi

sate klopo
Unsplash/Ali Burhan

Berikutnya ada warung Sate Kelopo Pak Sadi, yang juga menjadi salah satu kuliner malam paling dicari para wisatawan saat berkunjung ke Sidoarjo. Sate kelopo ini dibuat dari daging ayam atau sapi, yang kemudian dibakar dengan bumbu sate yang khas.

Tidak hanya disitu, kelezatannya akan semakin terasa berkat taburan kelapa parut yang gurih dan nikmat. Rasanya yang sangat lezat ini, tentu saja akan terasa cocok untuk disantap di malam hari sambil menikmati suasana malam hari Kota Sidoarjo. Harga mulai dari Rp18 ribu. Lokasinya di Jalan Raya Taman No. 8, Krian, Sidoarjo.

12. Tahu Tek-Tek Pak Gendut

Bagi yang belum tahu, tahu tek-tek merupakan salah satu kuliner khas Sidoarjo yang disukai banyak orang. Kuliner ini, berupa tahu goreng yang renyah kemudian disajikan dengan saus kacang, petis, dan bawang goreng. Nah, Tahu Tek-Tek Pak Gendut menjadi tempat yang paling terkenal untuk menikmati kuliner ini.

Jangan salah, Tahu Tek-Tek pak Gendut menyajikan hidangan tahu tek-tek yang sangat nikmat, dengan citarasa yang istimewa. Sedulur dijamin tidak akan bisa menemukan kelezatan tahu tek-tek seperti yang ada di tempat ini. Lokasinya di Jalan Jenggolo No. 21, Sidoarjo dan harga menu paket mulai dari Rp28 ribu.

13. Warung Puas Pranoto Kuliner

Sedulur mencari tempat kuliner malam Sidoarjo bersama keluarga, Warung Puas Pranoto Kuliner bisa menjadi opsi yang paling tepat. Warung makan satu ini, menyajikan berbagai menu enak seperti nasi ayam, bakso, nasi udang, seafood, dan berbagai macam hidangan lezat yang lainnya dengan harga mulai Rp15 ribu.

Namun ketika berkunjung ke tempat ini, jangan lupa untuk mencicipi menu unik mereka, yakni nasi goreng rawon dengan harga yang cukup terjangkau. Tidak hanya itu, porsi dari setiap hidangan yang disajikan sangat melimpah. Jadi tidak hanya nikmat, namun juga mengenyangkan.

Lokasinya di Ruko Citra Garden Blok RM 18, Entalsewu, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61252.

14. Tahu Campur Abdi Rasa

Selain beberapa warung yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada pula warung Tahu Campur Abdi Rasa yang buka mulai pukul 6 sore sampai tengah malam. Bagi Sedulur yang menyukai hidangan satu ini, jangan sampai lupa mampir di warung Tahu Campur Abdi Rasa.

Sedikit berbeda hidangan tahu campur pada umumnya, menu tahu campur di sini memiliki ciri khas tersendiri. Yakni berupa paduan antara sayuran, kikil, dan juga bumbu yang lezat. Tentu saja warung ini bisa menjadi jalan terbaik bagi Sedulur yang merasa lapar di malam hari.

Harga mulai dari Rp20 ribu dan lokasinya di Jl. Raya Tebel No.66, Tebel Tengah, Tebel, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61254.

15. Sate Barongan

Rekomendasi kuliner malam Sidoarjo yang berikutnya adalah Sate Barongan. Tidak usah khawatir, warung yang satu ini terus buka selama 24 jam penuh. Satu porsi sate di tempat ini, berisikan 10 tusuk dengan isian daging kambing yang dibakar dengan menggunakan teknik khusus.

Kemudian, sate tersebut dilumuri sambal kacang dan sedikit kecap yang akan membuatnya terasa jauh lebih nikmat. Tekstur daging yang sangat lembut dan kenyal, membuat banyak orang menyukai hidangan di Sate Barongan, baik itu warga sekitar maupun dari luar daerah sekalipun.

Harganya mulai dari Rp25 ribu. Lokasinya di Jl. Raya Wonocolo No.85, Wonocolo, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61257.

16. Soto Buntut Choirul

kuliner malam sidoarjo
Unsplash/Yang Miao

Warung Soto Buntut Cak Choirul ini memang sudah sangat terkenal di Sidoarjo. Tempat makan yang satu ini, buka mulai pukul 6 sore hingga 10 malam. Di sini, Sedulur bisa menyantap berbagai jenis soto. Di antaranya yakni soto buntut, soto daging, soto daging istimewa, soto iga, dan lain sebagainya dengan harga mulai Rp15 ribu.

Opsi menu yang sangat lengkap, membuat Sedulur tidak perlu khawatir akan hidangan yang ingin disantap. Begitu pula dengan rasanya, setiap menu yang dihadirkan memiliki citarasa yang gurih dan khas, sehingga membuat banyak orang merasa ketagihan.

Lokasinya di Jl. Delta Mandala I No.5, Semawalang, Semambung, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61254.

Nah, itu dia beberapa tempat kuliner malam Sidoarjo yang direkomendasikan. Bagi Sedulur yang sedang berada di Sidoarjo, jangan lupa untuk mampir ke minimal salah satu warung makan yang ada di atas. Sayang sekali jika Sedulur hanya melewatkannya, apalagi sedang dalam kondisi perut yang kosong setelah melalui perjalanan jauh dari luar kota.

Oia saat Sedulur berwisata kuliner, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!