cafe lumajang

Memiliki letak yang strategis karena di kelilingi pegunungan memang membuat Lumajang menjadi kota wisata unggulan di Jawa Timur. Perkembangan ini pun semakin ditunjang dengan banyaknya pilihan kuliner dari berbagai macam jenis cafe Lumajang yang menjamur di setiap sudutnya.

Kemajuan industri pariwisata di Lumajang, khususnya dalam dunia kuliner memang tidak lepas dari pengaruh kota besar seperti Malang. Nah, bagi Sedulur yang tertarik untuk berwisata ke Lumajang dan ingin merasakan keunikan kulinernya.

Berikut telah dirangkum beberapa rekomendasi cafe Lumajang terbaik yang cocok untuk nongkrong dan menghabiskan waktu. Jadi langsung simak di bawah ini ya!

BACA JUGA: 32+ Rekomendasi Cafe di Madiun Terbaik yang Lagi Hits

1. OALA Coffee

cafe lumajang
Pexels/Iain

Rekomendasi cafe terbaik di Lumajang yang pertama adalah OALA Coffee. Cafe satu ini begitu terkenal dengan olahan minuman kopinya yang sangat lezat. Bahkan, kopi buatan dari OALA Coffee dikenal sebagai produk kopi premium dari para pecinta kopi.

Kualitas hidangan kopi dari cafe ini memang tidak lepas dari penggunaan biji kopi pilihan yang dipanen secara teliti, OALA Coffee menawarkan pengalaman minum kopi yang tak tertandingi. Kenikamatan meminum kopi di sini juga semakin mantap karena suasana cafe yang sangat cozy.

  • Lokasi: Jalan Juanda No.36, Rogotrunan, Kec. Lumajang, Kabupaten Lumajang.
  • Jam buka: Senin-Minggu pukul 09.00-22.00 WIB.

2. Cafe Kampung Papringan

Kalau Sedulur ingin mencoba suasana cafe Lumajang yang mengusung konsep tradisional tapi dengan menu-menu yang enak, maka Cafe Kampung Papringan bisa jadi pilihan terbaik. Dimana Cafe Kampung Papringan menyediakan pengalaman unik yang menggabungkan kelezatan kopi dengan kehangatan budaya lokal.

Terletak di daerah yang masih asri, Cafe Kampung Papringan menawarkan pengalaman yang jauh dari kebisingan kota. Desain interiornya yang sederhana dan alami, memberikan suasana kenyamanan yang membuat Sedulur merasa seperti berada di rumah sendiri.

  • Lokasi: Jalan KH. Wahid Hasyim No.30, Tompokersan, Kec. Lumajang, Kabupaten Lumajang.
  • Jam buka: Senin-Minggu pukul 09.00-24.00 WIB.

3. HALU Coffee

HALU Coffee menyediakan berbagai jenis kopi dengan kualitas terbaik, mulai dari robusta hingga arabika. Mereka memastikan setiap biji kopi dipilih dan disangrai dengan teliti, sehingga menjamin Sedulur mendapatkan pengalaman menikmati kopi yang tak terlupakan.

Kalau Sedulur pecinta suasana cafe yang estetik dan minimalis, maka tempat ini juga akan menjadi pilihan sempurna. Suasananya yang didominasi nuansa putih dengan sentuhan hangat furniture berwarna kayu, memang menambah kesyahduan saat nongkrong di cafe ini.

  • Lokasi: Jalan Kapten Kyai Ilyas No.34, Tompokersan, Kec. Lumajang, Kabupaten Lumajang. 
  • Jam buka: Senin-Minggu pukul 10.00-23.00 WIB.

4. Nongki Nongki

Dari namanya saja, cafe satu ini memang sudah didedikasikan untuk menjadi fasilitas nongkrong terbaik wisatawan dan masyarakat Lumajang. Dengan konsep cafe yang terbilang simple tapi unik, Nongki Nongki jadi salah satu tempat terhits saat ini.

Belum lagi menu-menunya juga sangat lengkap, tak hanya kopi yang enak tapi juga ada minuman non kopi yang juga segar. Sedulur juga bisa mencicipi beberapa menu snack yang juga dibuat dengan kualitas terbaik sehingga rasanya lezat.

  • Lokasi: Jalan Kapten Suwandak No.78, Ditotrunan, Kec. Lumajang, Kabupaten Lumajang. 
  • Jam buka: Senin-Minggu pukul 07.00-24.00 WIB.

5. Delight Coffee and Bistro

Delight Cafe Bistro merupakan cafe Instagramable di Lumajang yang sangat hits dan terkenal di kalangan masyarakat, khususnya daerah Tompokersan.  Cafe ini dilengkapi dengan permainan khusus untuk anak-anak. Menunya juga beragam mulai dari kopi, minuman lainnya, makanan utama, camilan dan ice cream.

  • Lokasi: Jl Haji O. S. Cokroaminoto, No. 28, Tompokersan, Kabupaten Lumajang. 
  • Jam buka: Senin-Sabtu pukul 10.00-22.00 WIB.

BACA JUGA: 16 Makanan Lumajang yang Wajib Dicoba, Bisa Jadi Oleh-Oleh!

6. Nala Cafe

cafe lumajang
Pexels/Eka Sutrisno

Anti mainstream nih, Nala Cafe merupakan Cafe yang menggunakan bangunan kolonial sebagai spot nongkrong utamanya. Meskipun terkesan kuno, namun tempat ini nampak cukup instagramable sehingga terasa nyaman dan cozy sekaligus menarik untuk dijadikan sebagai lokasi hunting foto.

Sedulur bisa memilih untuk nongkrong di dalam bangunan atau di area outdoornya yang luas. Tidak hanya bangunannya yang menarik, Nala Cafe juga menawarkan harga kopi mulai dari seribuan saja, lho! Sedulur juga bisa mencicipi berbagai menu makanan ringan dan berat sembari menikmati live music yang diadakan secara berkala di Nala Cafe.

  • Lokasi: Kidul Gn., Mlawang, Kec. Klakah, Kabupaten Lumajang.
  • Jam buka: Senin-Jum’at, 07.00-22.00 WIB. Sabtu-Minggu, 07.00-00.00 WIB.

7. New Cerita Hati Lumajang

Cafe di Lumajang yang nyaman banget buat nongkrong adalah New Cerita Hati Lumajang. Tempat ini memiliki bangunan yang cukup estetik dan dikelilingi oleh persawahan. Bahkan saat nongkrong di area outdoornya, Sedulur dapat menikmati pemandangan sawah yang menghijau.

Buat Sedulur yang suka menyanyi, tempat ini bakal recommended banget karena pihak pengelola juga menyediakan sarana karaoke, lho! Tidak heran jika Cafe ini juga kerap dijadikan acara seperti wedding, ulang tahun dan sebagainya.

Berbagai menu yang tersedia yakni makanan berat, makanan ringan, kopi, minuman non kopi serta minuman kekinian yang dibanderol mulai Rp5 ribu.

  • Alamat: Jalan Kapuas blok E8 Graha Budimantoro, Area Sawah/Kebun, Jogoyudan, Kec. Lumajang, Kabupaten Lumajang.
  • Jam buka: Minggu-Kamis, 10.00-22.00 WIB. Jum’at-Sabtu, 10.00-23.00 WIB.

8. Markas Coffee

Bakal sayang banget dilewatkan, tempat nongkrong satu ini memiliki view yang mempesona yakni Ranu Klakah dan Gunung Lemongan. Jadi, sembari menikmati berbagai menu yang tersedia, Sedulur bisa memanjakan mata dengan pemandangan danau yang elok dan tenang.

Selain menjadi pilihan tempat healing yang sempurna, Markas Coffee juga menyediakan beberapa spot foto yang menarik di tepian danau. Namun jangan berharap Sedulur bisa mendapatkan akses internet di tempat ini, karena selain sinyalnya yang sulit, Markas Coffee juga tidak menyediakan wifi agar vibes alami cafe ini semakin kuat.

Markas Coffee sebaiknya Sedulur datangi saat pagi dan sore hari karena pemandangannya akan dua kali lebih indah dari jam-jam biasa. Sayangnya, di tempat ini hanya menyediakan kopi, non kopi, minuman kekinian dan makanan ringan saja. Sedangkan untuk harganya cukup ramah di kantong yakni mulai Rp5 ribuan saja.

  • Lokasi: Dusun Krajan I, Tegalrandu, Kec. Klakah, Kabupaten Lumajang.
  • Jam buka: Senin-Kamis, 10.00-17.00 WIB. Sabtu-Minggu, 10.00-21.00 WIB.

9. C2 Circle Center

C2 Circle Center menjadi Cafe dengan fasilitas terlengkap yang bisa Sedulur temukan di Lumajang. Pasalnya, Cafe ini memiliki area yang luas dan terasa cozy, memiliki fasilitas yang bisa Sedulur gunakan untuk bekerja atau mengerjakan tugas seperti wifi dan colokan baik di area indoor ataupun outdoor, serta terdapat area meeting room.

Saat nongkrong di area outdoor, Sedulur bisa menikmati view jalan. Berbagai spot di C2 Circle Center juga dapat dijadikan sebagai lokasi fotografi yang menarik. Ada banyak menu yang variatif yang bisa Sedulur pesan di Cafe ini mulai dari kopi, dessert, minuman kekinian, es krim dan banyak lagi lainnya yang dibanderol mulai Rp10 ribuan.

  • Lokasi: Jalan Komodor Yos Sudarso No.19, Ditotrunan, Kec. Lumajang, Kabupaten Lumajang.
  • Jam buka: 08.00-23.00 WIB.

10. Melaju Coffee

Buat Sedulur yang tidak suka nongkrong di tempat yang terlalu ramai, cobalah untuk berkunjung ke Cafe Melaju Kopi. Tempat ini tidak terlalu luas namun terasa sangat nyaman karena dipenuhi berbagai tumbuhan hijau.

Menariknya lagi, Cafe ini berlokasi di area persawahan sehingga terasa sejuk. Saat nongkrong di Melaju Kopi, jangan harap Sedulur bisa mendapatkan internet gratis karena di tempat ini tidak disediakan wifi. Pihak pengelola memberikan kesempatan buat Sedulur agar bisa ngobrol lebih intimate tanpa harus diganggu oleh gadget.

  • Alamat: Jalan Wijaya Kusuma RT.13/RW.04, Grati Satu, Grati, Kec. Sumbersuko, Kabupaten Lumajang.
  • Jam buka: Senin-Jum’at, 10.00-17.00 WIB. Sabtu-Minggu, 08.00-17.00 WIB.

BACA JUGA: 8 Rumah Makan Lumajang Terbaik dengan Nuansa Pedesaan

11. O-Gut! Cafe Lumajang

cafe lumajang
Unsplash/Laurens

Ini nih cafe di Lumajang yang sedang hits, tempatnya keren banget, viral pula gara-gara desainnya yang unik dan estetik abis. Ruangannya dominan putih minimalis, bikin betah lama-lama. Tembok simpel plus tata ruangnya oke banget, ditambah ada tanaman di beberapa sudut, bikin adem suasana.

Ada tempat duduk di dalam maupun luar ruangan yang cukup luas, jadi cocok buat nongkrong beramai-ramai atau sama teman-teman.

Selagi asik santai, cobain deh minuman dan makanan lezat yang ada di sini. Menu kopi dan non-kopi banyak pilihannya. Rice Bowl, Pasta, sampe Chicken Fillet, semuanya wajib dicicipi kalau mampir ke O-GUT! Lumajang.

  • Alamat:  Jendral Haryono 44, Jogotrunan, Lumajang
  • Jam Buka: Senin – Minggu, 10.00 – 22.30

Nah, itu tadi deretan rekomendasi cafe Lumajang terbaik untuk Sedulur. Tak hanya memiliki keunggulan potensi wisata alam saja, kabupaten ini juga sudah semakin maju dengan wisata kuliner modern yang tak kalah apik. Apalagi ada beberapa cafe yang mengkombinasikan keindahan alam Lumajang dengan konsep cafe modern yang unik.

Jadi wajib banget untuk dikunjungi apabila Sedulur datang ke sana ya.