rumah makan lumajang

Saat berkunjung ke suatu daerah, rekomendasi kuliner atau tempat makan selalu jadi salah satu informasi yang banyak dicari. Tak terkecuali saat berkunjung ke Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Menariknya, ada banyak pilihan kuliner termasuk rumah makan yang bisa Sedulur temukan di Lumajang.

Sedulu bisa menemukan konsep tempat makan dari mulai dari yang menyajikan menu hidangan khas daerah hingga rumah makan modern yang nyaman untuk berkumpul bersama keluarga. Spesial untuk Sedulur yang berencana atau sedang berlibur di Lumajang, berikut sudah dirangkum beberapa rekomendasi rumah makan yang bisa kamu datangi.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Rumah Makan Kediri, Cocok untuk Keluarga!

Rekomendasi Rumah Makan di Lumajang

Lumajang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Sebagai daerah yang terletak di bagian selatan, Lumajang memiliki potensi besar dalam sektor pertanian dan pertambangan. Di sisi lain, Lumajang juga dikenal dengan tarik wisata alamnya, mulai dari pantai, kebun teh, hingga air terjun.

Setelah menelusuri berbagai wisata di Lumajang, tentu Sedulur juga penasaran dengan kuliner khasnya. Tak terbatas pada menu tradisional, Lumajang juga memiliki banyak rekomendasi rumah makan yang menjadi favorit warga lokal maupun wisatawan. Nah, sebagai panduan untuk Sedulur, berikut ada 8 rekomendasi rumah makan di Lumajang, lengkap dengan ulasan singkat dan alamat lokasinya.

1. Godhong Gedhang

rumah makan lumajang
Unsplash/Alex Haney

Rekomendasi rumah makan di Lumajang yang pertama adalah Godhong Gedhang. Rumah makan yang cocok dijadikan tempat berkumpul sekaligus bersantai bersama keluarga ini terletak di Jalan Raya Tambahrejo Penanggal, Rekesan, Candipuro, Lumajang.

Godhong Gedhang sendiri memiliki ciri khas berupa bangunan beraksen kayu dan berada di area persawahan. Hal ini membuat pengunjung dapat menikmati pemandangan hijau yang asri sekaligus udara sejuk.

Tak hanya menarik mata, Godhong Gedhang juga mempunyai aneka menu yang siap menggugah selera Sedulur. Di antaranya ada beraneka lauk pauk hingga jajanan tradisional yang mungkin jarang Sedulur temukan di tempat lain. Restoran ini sendiri buka mulai pukul 09.00 sampai 22.00 WIB sehingga cocok untuk pilihan menu makan pagi, makan siang, maupun makan malam.

2. Warung Apung Pondok Asri

Rekomendasi berikutnya ada Warung Apung Pondok Asri yang juga menawarkan pemandangan indah berupa nuansa pedesaan dan kolam ikan. Tak hanya itu, area makan di rumah makan ini dibuat dengan konsep gubuk kecil beratap jerami sehingga menambah kesan tersendiri.

Adapun menu makanan yang ditawarkan juga cukup beragam, lo. Sedulur bisa mencicipi aneka olahan ayam, ikan, hingga masakan berkuah santan serta berkuah bening. Sedulur yang penasaran dengan hidangan Warung Apung Pondok Asri bisa langsung meluncur ke Jalan Soekarno Hatta, Panjunan, Selok Besuki, Sukodono, Lumajang.

3. Warung Kedai Es Bunda

Warung Kedai Es Bunda juga masuk dalam jajaran rumah makan kesukaan warga lokal di Lumajang. Bahkan rumah makan ini juga kerap menjadi jujugan komunitas maupun pejabat setempat.

Menu andalan di tempat ini adalah lalapan ayam goreng dan ayam bakar bumbu merah yang memiliki cita rasa khas serta daging yang empuk. Selain itu ada juga olahan ikan seperti mujair bakar dan goreng. Sementara itu, untuk minumannya Sedulur bisa mencoba es oyen, es buah, es teler, es jeruk, hingga es kuwut yang tak hanya manis namun juga menyegarkan.

Warung Kedai Es Bunda sendiri berlokasi di Jalan Raya Dusun Suco, Desa Pasrujambe, Kecamatan Pasrujambe, Lumajang. Warung tersebut buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 20.00 WIB.

4. Warung Krasan

Berikutnya ada Warung Krasan yang memiliki menu andalan berupa mujair bakar. Selain itu, rumah makan ini juga menyediakan berbagai menu makanan tradisional khas Lumajang yang bisa Sedulur coba.

Tak hanya menawarkan menu hidangan yang menggugah selera, Warung Krasan juga akan memanjakan mata Sedulur dengan pemandangan asri karena terletak di tengah hamparan sawah hijau. Oleh karenanya, selain mengisi perut Sedulur juga bisa sekaligus mengabadikan momen dengan berfoto dengan latar pemandangan yang indah.

Tertarik untuk berkunjung ke Warung Krasan? Sedulur bisa langsung meluncur ke Dusun Plosorejo, Desa Dawuhan Lor, Kecamatan Sukodono, Lumajang. Warung Krasan sendiri buka setiap hari mulai jam 10.00 hingga 22.00 WIB.

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Tempat Makan di Ponorogo yang Terenak

5. RM Terapung Bu Umi

resep ikan dencis
Unsplash/Alex Teixeira

Sedulur yang mencari rekomendasi rumah makan untuk makan bersama keluarga bisa mencoba RM Terapung Bu Umi. Sesuai dengan namanya, rumah makan ini memiliki konsep area makan yang dibangun di atas kolam ikan. Tak hanya itu, Sedulur juga bisa menikmati indahnya hamparan sawah yang asri serta udara sejuk khas suasana pedesaan.

Di samping pemandangan yang memanjakan mata, rumah makan ini juga menawarkan pilihan hidangan yang menggugah selera. Sedulur bisa mencoba berbagai olahan ikan lele, belut, bandeng, cumi, ayam, burung dara, hingga iga sapi. Dengan kata lain rumah makan ini dapat mengakomodasi selera setiap orang karena memiliki menu yang sangat beragam.

Tertarik untuk berkuliner di RM Terapung Bu Umi? Sedulur bisa langsung datang ke Jalan Semeru, Perjuangan, Petahuan, Sumbersuko, Lumajang. Rumah makan ini buka setiap hari dari pukul 09.00 sampai 21.00 WIB.

6. Resto Bu Tjipto

Lapar tengah malam? Sedulur tak perlu khawatir harus menahan lapar hingga matahari terbit. Sebab, Resto Bu Tjipto yang berlokasi di Jalan Kapten Suwandak, Ditotrunan, Lumajang ini buka 24 jam setiap hari. Rumah makan ini juga bisa menjadi alternatif bagi Sedulur yang kelaparan setelah menempuh perjalanan jauh dari luar kota dan baru tiba di Lumajang pada malam hari atau dini hari.

Adapun rumah makan ini menyajikan menu Asia khususnya makanan khas Indonesia dan China. Sedulur bisa mencoba aneka hidangan mulai dari penyetan ayam, iga, empal, lalapan, hingga olahan  mie, sup, dan berbagai seafood yang segar.

7. Pondok Iga Lumajang

Sedulur penggemar hidangan iga tidak boleh melewatkan rumah makan satu ini, yaitu Pondok Iga Lumajang. Sesuai dengan namanya, rumah makan ini memiliki menu andalan berupa olahan iga yang dijamin akan menggoyang lidah Sedulur. Selain iga, Sedulur juga bisa mencicipi berbagai olahan ayam, bebek, dan daging lainnya.

Tertarik mencoba? Langsung saja datang ke Pondok Iga Lumajang yang berlokasi di Jalan Gubernur Suryo Nomor 1, Tompokersan, Lumajang.

8. Rawon Klakah

rawon enak di Surabaya
Unsplash/Aldrin Rachman

Berkunjung ke Jawa Timur rasanya tidak lengkap jika tidak mencicipi rawon. Hidangan yang identik dengan kuah berwarna hitam ini memang menjadi salah satu ikon kuliner khas Jawa Timur. Meski Sedulur bisa menemukan rawon di hampir berbagai sudut Jawa Timur, tak ada salahnya mencoba rawon di salah satu warung di Lumajang ini.

Rawon Klakah sendiri menyediakan menu andalan berupa rawon. Selain itu ada juga aneka menu lain, di antaranya sop iga, soto daging, kare ayam, serta sayur lodeh. Berbagai menu tersebut dibanderol dengan harga cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp 8 ribu sampai Rp 20 ribuan saja.

Adapun rumah makan Rawon Klakah ini bisa Sedulur temukan di Jalan Nasional Nomor 25, Tambak Doyo, Klakah dan buka mulai pukul 07.00 sampai 20.00 WIB.

Itu dia 8 rekomendasi rumah makan di Lumajang yang bisa menjadi pilihan destinasi wisata kuliner untuk Sedulur. Namun saat Sedulur berwisata kuliner, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat.

Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner. Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!