tumis tauge

Tumis tauge merupakan menu masakan yang simpel dan praktis, bisa dengan mudah dibuat. Terutama untuk sarapan, tidak perlu membutuhkan waktu lama membuat menu masakan ini. Selain itu, kandungan yang terdapat didalamnya cukup untuk memberikan asupan gizi untuk beraktivitas.

Bagi Sedulur yang ingin mencoba memasak tumis tauge untuk menu makan bahkan untuk sarapan, Sedulur bisa simak resepnya di bawah ini. Yuk, mari langsung kita cek!

BACA JUGA: 12 Inspirasi Resep Bekal Anak yang Mudah & Menggugah Selera

Bahan yang dibutuhkan

tumis tauge
Jovee

Untuk membuat tumis tauge, Sedulur harus menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan. Ini daftar bahannya:

-->
  • Tauge – 200 gram
  • Bawang merah, iris tipis – 6 butir
  • Bawang putih, iris tipis – 4 siung
  • Cabe merah, iris serong tipis – 4 buah
  • Cabe rawit, iris tipis – 4 buah
  • Tomat merah, iris kasar – 1/2 buah
  • Saus tiram – 1 sdm
  • Garam – 1/4 sdt
  • Gula pasir – 1/2 sdt
  • Air – 30 ml
  • Minyak, untuk menumis – 2 sdm

Takaran bahan dan bumbu yang dalam daftar di atas untuk dua porsi tumis tauge, nah Bagi Sedulur yang ingin membuat dalam porsi lebih banyak, bisa tinggal dilipatkan saja jumlah dan takaran bahan-bahan yang dibutuhkannya.

Langkah membuat tumis tauge

Cookpad

Setelah bahan-bahan yang dibutuhkan siap, selanjutnya adalah langkah membuatnya. Langkah yang bisa Sedulur lakukan yaitu:

  1. Panaskan minyak lalu tumis irisan bawang merah dan bawang putih hingga harum
  2. Selanjutnya lalu masukkan irisan tomat, cabe merah, dan cabe rawit
  3. Aduk rata semua bahan tumisan tersebut hingga mengeluarkan aroma harum
  4. Setelah itu Sedulur bisa memasukkan tauge lalu aduk-aduk hingga rata dengan bumbu tumisan
  5. Kemudian besarkan api kompor dan beri dengan saus tiram, garam. dan gula
  6. Aduk rata kembali hingga bahan-bahan tercampur dan bumbu menyerap pada tauge.
  7. Selanjutnya tuang air dan masak sebentar hingga sedikit layu
  8. Sesaat sebelum diangkat, masukkan irisan daun bawang lalu aduk rata hingga air menguap
  9. Selanjutnya cek dan koreksi rasa, jika sudah pas dan sesuai selesai tauge tumis pun siap dinikmati

BACA JUGA: 10 Resep Kerang Dara Ala Rumahan yang Enak & Bikin Nagih

Tips membuat tumis tauge

tumis tauge
Kompas

Dari langkah di atas, tentu memasak tauge tumis super mudah dan sangat simpel. Tidak seperti memasak makanan lainnya. Biasanya, masakan-masakan dengan bahan utama sayur lebih mudah untuk dibuat. Berbeda saat memasak daging yang membuatkan bahan banyak dan langkah yang agak sulit.

Saat memasak tumis tauge terdapat beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan sebagai tips. Apa saja? Berikut tipsnya:

  • Saat mencuci tauge, jangan lupa untuk memastikan mencucinya hingga benar-benar bersih, lalu saring tauge dan biarkan hingga benar-benar kering. Saat mengeringkan, Sedulur bisa menggunakan penyaring dan membiarkan tuage hingga benar kering.
  • Nah, agar tauge lebih nikmat saat disantap. Sedulur bisa memasaknya sebelum makan, hal ini agar tekstur tauge tetap renyah dan tidak layu. Karena jika dimakan lama setelah waktu masak, tekstur tidak akan renyah dan tauge telah layu.
  • Saat menumis, jangan lupa menggunakan api yang besar, tujuannya agar tauge cemat matang dan kerenyahan tauge masih tetap bertahan.

Nah itulah resep tumis tauge yang sangat praktis untuk dibuat, cocok sebagai menu harian, terutama sebagai menu sarapan sebelum beraktivitas. Kandungan dari tauge juga bisa memberikan kebutuhan gizi yang cukup untuk beraktivitas seharian.

Dari bahan-bahan yang disampaikan di atas, semuanya bisa Sedulur dapat dengan mudah. Baik di warung kelontong biasa hingga di pasar. Namun, jika Sedulur ingin lebih mudah mendapatkan bahan-bahannya, Sedulur bisa belanja bahan-bahan kebutuhan masak di Aplikasi Super.

Sedulur hanya tinggal belanja menggunakan aplikasi, lalu tunggu pesanan diantar di depan rumah. Super mudah dan praktis, ditambah Aplikasi Super selalu memberikan diskon untuk setiap barangnya. Sedulur dijamun untung melimpah. Makanya jangan lupa buka aplikasinya, ya! Cek barang kebutuhan harian segera, selalu ada cashback menarik!