tahu lontong

Tahu lontong merupakan kuliner olahan tahu populer dari Jawa Timur. Sesuai namanya, hidangan ini terbuat dari perpaduan tahu dan lontong dengan bumbu khas yang dijamin bikin nagih. Menariknya, hidangan ini bisa Sedulur temukan di berbagai wilayah, termasuk di Surabaya, Tulungagung, Blitar, Malang, hingga Ngawi.

Lantas, seperti apa cita rasa tahu lontong khas Jawa Timur? Sebelum mencicipinya langsung, Sedulur bisa menyimak rangkuman informasi seputar tahu lontong termasuk mengenai fakta-fakta menariknya berikut ini.

BACA JUGA: Resep Nasi Tempong Khas Banyuwangi, Sederhana Tapi Nagih!

Mengenal Hidangan Tahu Lontong

tepo tahu magetan
Pexels/Pixabay

Kuliner khas daerah selalu menarik untuk dicoba dan dikulik, mulai dari cita rasa hingga cerita di balik makanan tersebut. Hal ini juga berlaku pada tahu lontong, kuliner olahan tahu yang berasal dari Jawa Timur. Ya, Sedulur bisa menemukan hidangan satu ini hampir di berbagai daerah di Jawa Timur.

Sesuai dengan namanya, tahu lontong adalah hidangan yang dibuat dari perpaduan tahu dan lontong yang diberi bumbu khas. Umumnya, bumbu tahu lontong dibuat dari kacang tanah yang dihaluskan dan diberi aneka bumbu seperti bawang putih, cabai, serta gula merah dan garam.

Campuran berbagai bumbu tersebut menciptakan cita rasa manis, asin, gurih, serta sedikit pedas yang dijamin akan membuat ketagihan.

Variasi Tahu Lontong

Disampaikan sebelumnya, kuliner tahu lontong tersebar di berbagai daerah di Jawa Timur. Meski demikian, tahu lontong di beberapa daerah memiliki ciri khas tersendiri termasuk terkait namanya.

Misalnya di Surabaya, tahu lontong lebih umum dikenal sebagai tahu tek. Nama tahu tek ternyata tidak lepas dari sejarah hidangan tersebut, di mana mulanya penjual menjajakan kuliner olahan tahu itu menggunakan gerobak dan saat memotong bahan-bahannya akan terdengar bunyi “tek, tek, tek”.

Sementara itu, Ngawi mempunyai kuliner dari olahan tahu dan lontong yang dikenal sebagai tepo tahu. Sekilas, tepo tahu memiliki kemiripan dengan tahu tek khas Surabaya. Akan tetapi terdapat perbedaan pada bumbu-bumbu yang digunakan sehingga menciptakan cita rasa yang berbeda pula.

Warung Tahu Lontong Legendaris Di Jawa Timur

Ada banyak pilihan warung makan tahu lontong yang bisa Sedulur coba saat berkunjung ke Jawa Timur. Akan tetapi, ada satu warung yang cukup legendaris yaitu Tahu Lontong Lonceng di Malang.

Pasalnya, Tahu Lontong Lonceng masih mempertahankan resep asli dari generasi ke generasi sejak 1935 silam. Hal ini juga menjadi salah satu alasan warung tersebut seolah ikut berkontribusi dalam sejarah kuliner Jawa Timur khususnya di Malang. Tak hanya itu, Tahu Lontong Lonceng juga masih menjadi andalan wisatawan maupun masyarakat setempat.

Bagi Sedulur yang tertarik mencicipi Tahu Lontong Lonceng bisa langsung meluncur ke Jalan RE Martadinata, Kota Lama, Kedungkandang, Malang. Harga seporsi tahu lontong di sini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 11 ribu saja.

  • Alamat: Jalan RE Martadinata, Kota Lama, Kedungkandang, Malang
  • Jam buka: Mulai pukul 09.00 sampai 20.00 WIB

BACA JUGA: Resep Sego Pecel Khas Jawa Timur, Pedas dan Gurihnya Uenak!

Resep Tahu Lontong

tahu lontong
Pixabay/Frank Zhang

Sedulur yang penasaran dengan cita rasa tahu lontong khas Jawa Timur juga bisa membuatnya sendiri dengan mengikuti resep berikut. Hal ini juga sekaligus dapat menjadi alternatif bagi Sedulur yang belum bisa berkunjung ke Jawa Timur dalam waktu dekat.

Bahan yang Diperlukan

  • 500 gram Beras Cap Opung
  • Daun pisang yang dilayukan
  • 300 gram tahu putih, goreng lalu potong-potong
  • 3 lembar kol, cuci bersih lalu iris
  • Tauge secukupnya, cuci bersih lalu rendam dalam air panas

Bahan untuk bumbu kacang:

  • 200 gram kacang tanah, goreng
  • 4 siung bawang putih
  • 7 siung bawang merah
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 100 gram gula jawa
  • 150 ml air panas

Cara Membuatnya

  • Buatlah lontong terlebih dahulu dengan menggunakan Beras Cap Opung dan daun pisang.
  • Masak lontong di dandang sampai matang. Sisihkan dan diamkan sampai dingin.
  • Setelah itu, haluskan kacang tanah. Sisihkan.
  • Selanjutnya, goreng bawang putih, bawang merah, cabai rawit, dan cabai keriting. Angkat lalu tiriskan. Kemudian, haluskan dan sisihkan.
  • Rebus air, lalu masukkan gula jawa. Aduk sampai larut dan mendidih.
  • Campurkan kacang tanah yang sudah haluskan, bumbu, dan air gula jawa.
  • Tata tahu, lontong, kol, dan tauge di piring. Kemudian, siram dengan bumbu kacang yang sudah dibuat.
  • Tahu lontong siap disajikan.

Oia, sedkit tips. Agar hidangan tahu lontong makin enak, Sedulur memang harus memilih beras yang tepat untuk dijadikan lontong. Agar tak salah pilih, percayakan saja kepada Beras Cap Opung  yang sudah terbukti kualitasnya. Beras pulen putih ini juga hadir dengan harga yang terjangkau.

beras cap opung

Sedulur juga tidak perlu khawatir karena bahan-bahan resep lain seperti bumbu dapur hingga santan bisa ditemukan dengan mudah di toko kelontong dan di SuperApp. Jadi dijamin tidak akan kerepotan saat membuatnya.

SuperApp sendiri adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.

Itu dia ulasan mengenai tahu lontong yang bisa menjadi pilihan menu wisata kuliner saat berlibur ke Jawa Timur. Selain itu, hidangan ini juga bisa menjadi pilihan menu makan di rumah yang bisa dibuat dengan mengikuti resep di atas.