Singkong keju merupakan salah satu camilan yang enak dan renyah! Simak tips membuatnya di bawah ini.

Banyak pilihan camilan yang bisa dipilih untuk ngemil. Sedulur tinggal memilih camilan yang Sedulur inginkan, ada aneka gorengan, aneka kerupuk dan aneka keripik. Salah satu jenis camilan yang enak dan gurih adalah singkong keju.

Superapp.id kali ini akan membahas cara mudah membuat singkong keju agar renyah, empuk dan merekah saat digoreng. Tips ini juga bisa dijadikan sebagai resep singkong keju untuk dijual. Melihat peluang singkong sebagai sebuah camilan yang sangat menguntungkan.

Tips dan cara membuat singkong yang akan dijelaskan dalam artikel ini meliputi cara membuat singkong keju frozen, cara membuat singkong keju melepuh, cara membuat singkong keju mekar dan jenis singkong yang digunakan untuk singkong keju.

Yuk, mari, langsung saja kita simak tips dan cara membuat singkong keju yang renyah, empuk dan merekah ketika digoreng, dalam penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: Tips Membuat Nasi Goreng yang Nikmat dan Lezat

Tips Mudah Membuat Singkong Keju yang Empuk dan Renyah

1. Memilih Singkong yang Bagus

1.   Memilih Singkong yang Bagus

Memilih singkong yang bagus merupakan tips pertama agar mendapatkan singkong yang baik saat dibuat menjadi singkong keju. Sebelum memutuskan untuk membeli, ada baiknya Sedulur meriset terlebih dahulu tentang kualitas singkong yang baik dan bagaimana cara memilihnya.

Tentu saja, Sedulur harus memilih singkong yang baru saja dipanen. Ciri-ciri singkong yang baru dipanen adalah memiliki tekstur yang pada dan tidak berjamur. Hal tersebut bisa Sedulur lihat juga pada kulit ari singkong yang mengelupas.

Jika kulit luar singkong mengelupas dan terlihat dagingnya agak berwarna merah muda, hal tersebut menjadi tanda bahwa singkong akan memiliki daging yang empuk ketika digoreng. Warna singkong umumnya adalah putih, pilih warna singkong yang agak merah muda, karena akan mendapatkan tekstur yang empuk ketika digoreng.

Tips lain dalam memilih singkong adalah pilih singkong yang besar dan lurus, dari pada singkong yang kecil dan bengkok. Karena singkong yang besar dan lurus memiliki ketebalan daging yang banyak, dan akan berpotensi merekah ketika digoreng nantinya.

2. Cara Merendam Singkong

2.   Cara Merendam Singkong

Setelah mendapatkan singkong yang tepat dan sesuai, Sedulur tinggal merendam singkong. Sebenarnya Sedulur bisa merendam singkong begitu saja, ketika Sedulur telah membuka kulit singkong dan membersihkannya.

Namun, akan lebih baik jika Sedulur memberikan garam pada air rendaman singkong agar daging singkong dapat lebih empuk ketika digoreng selanjutnya, dan yang paling penting adalah akan memudahkan proses selanjutnya.

Selain itu, garam juga berfungsi untuk menghilangkan sisa kotoran yang tidak terbersihkan saat proses pembersihan singkong. Singkong yang tidak mendapatkan cara membersihkan yang baik, tentu saja akan memberikan kemungkinan  buruk ketika dimakan nantinya.

Baca Juga: Mitos Makan di Indonesia2

3. Kukus Singkong

3.   Kukus Singkong

Setelah singkong direndam, langkah selanjutnya agar mendapatkan singkong yang renyah dan merekah saat digoreng adalah mengukus singkong. Kukus singkong selama 15-20 menit, jangan kurang atau lebih dari rentang waktu di atas.

Sedulur juga bisa mengukus singkong dengan memberikan bawang putih. Hal ini untuk membuat singkong menjadi lebih gurih. Sedulur tinggal haluskan bawang putih, dan lumuri singkong yang akan dikukus dengan menggunakan bawang putih.

Lalu Sedulur tinggal menunggu singkong matang dikukus. Proses mengukus ini akan semakin menambah empuk tekstur daging singkong ketika digoreng nanti.

4. Angkat Singkong dan Rendam dengan Air Es

4.   Angkat Singkong dan Rendam dengan Air Es

Setelah singkong matang dikukus, Sedulur harus kembali merendam singkong dengan menggunakan air es. Sedulur siapkan wadah yang agak besar, dan tuangkan air secukupnya dan juga masukan es batu sebanyak mungkin. Sedulur juga bisa kembali menghaluskan bawang, dan memasukkannya pada rendaman air es. Hal ini bertujuan agar singkong semakin gurih.

Merendam singkong dengan air es juga, selain dapat membuat singkong dingin lebih cepat, tujuan utamanya adalah agar singkong dapat merekah ketika digoreng. Maka dari itu proses merendam singkong disarankan agak lama, sekitar satu jam hingga satu setengah jam. Semakin lama singkong direndam, akan semakin merekah singkong ketika di goreng.

5. Goreng Singkong Keju

5.   Goreng Singkong Keju

Tips terakhir agar mendapatkan singkong keju dengan rasa yang enak, tekstur yang lembut dan empuk adalah menggorengnya. Gunakan minyak yang banyak, hingga singkong tenggelam ketika digoreng, hal ini untuk memastikan seluruh daging singkong masak dengan sempurna.

Metode menggoreng dengan menggunakan minyak yang banyak dan menenggelamkan singkong ini dikenal dengan istilah metode deep frying. Metode ini akan membuat singkong memiliki permukaan yang garing dan renyah, dan bagian dalam yang lembut dan empuk secara bersamaan.

Api yang digunakan pun jangan terlalu besar. Disarankan menggunakan api sedang atau api kecil saja. Maka dari itu, ketika minyak dimasukan ke dalam wajan, tunggu hingga minyak panas dan mendidih, baru memasukkan singkong untuk digoreng.

Goreng singkong hingga bagian luarnya kering dan matang. Lalu angkat dan tiriskan. Selanjutnya bagian terakhir adalah memberikan parutan keju di atas tumpukan singkong yang telah matang digoreng.

Langkah dan tips membuat singkong keju di atas diharapkan diperhatikan dengan seksama, karena satu langkah saja terlewat, akan menghasilkan singkong keju dengan tekstur yang berbeda. Semoga penjelasan tips dan cara membuat singkong keju di atas bisa menambah wawasan dan pengetahuan Sedulur dalam memasak.

Jangan lupa juga untuk membeli segala kebutuhan dapur di Aplikasi Super. Termasuk juga bahan singkong tersedia lengkap di Aplikasi Super. Karena Singkong merupakan salah satu jenis makanan beku yang saat ini tengah ramai dibeli.

Aplikasi Super menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari, mulai dari produk sembako yang beragam, makanan beku hingga layanan pembayaran online. Hal tersebut sebagai wujud keseriusan Aplikasi Super dalam melayani masyarakat sebagai pelanggan setiap Aplikasi Super. Dan tentu saja akan membuat Sedulur Super sekalian mudah untuk mendapatkan keuntungan.

Selain itu, menggunakan Aplikasi Super bukan hanya memberikan keuntungan dan kemudahan dalam hal belanja sembako. Dalam kondisi apapun Aplikasi Super siap melayani setiap kebutuhan sembako yang dibutuhkan oleh Sedulur Super sekalian.

Aplikasi Super akan memberikan pelayanan yang maksimal dan prima bagi setiap Sedulur Super sekalian. Hal ini dikarenakan Aplikasi Super memiliki misi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia.

Seperti apapun kondisi yang terjadi, Aplikasi Super sebagai sebuah platform digital yang bergerak di bidang sembako selalu siap untuk memberikan pelayanan bagi setiap Sedulur Super, para pelanggan setia Aplikasi Super.

Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super, dan download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki aplikasinya. Mulai gunakan Aplikasi Super dari sekarang, dan jalani setiap harinya dengan mudah dan menguntungkan bersama Aplikasi Super.