Sedulur tentu sudah tidak asing dengan menu pecel lele, bukan? Yup, makanan khas Lamongan ini memang bisa kita temui dengan mudah di berbagai sudut di kota dan daerah. Baik di pedagang kaki lima atau di restoran bintang lima sekalipun. Hal tersebut menunjukan bahwa makanan khas Lamongan ini memang sangat disukai oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Sebenarnya, kunci kenikmatan menu ini terletak pada cita rasa sambalnya. Bahkan cita rasa sambal biasanya menjadi pembeda antara satu warung dengan warung yang lain. Kalau Sedulur ingin tahu bagaimana resep dan cara membuatnya agar bisa praktik sendiri di rumah, yuk langsung simak saja artikel ini!

BACA JUGA: Resep Sambal Matah Super Pedas & Nikmat, Bikin Nagih!

Bahan sambal yang dibutuhkan:

Bahan yang dibutuhkan
kompas

Langkah pertama yang perlu Sedulur lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam resep sambal pecel lele, antara lain:

-->
  • 250 gram tomat sayur berwarna merah (bukan tomat berdaging tebal)
  • 3 buah cabai merah
  • 100 gram bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • Cabai rawit sesuai selera
  • 5 butir kemiri
  • Gula merah secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Terasi secukupnya

Nah, perlu catat bahwa yang membuat sambal memiliki tekstur dan rasa berbeda adalah kombinasi dari bahan yang digunakan. Ada yang menggunakan cabai merah, cabai rawit domba dan ada juga yang menggunakan terasi sesuai selera. Jadi, resep sambal ini memang betul-betul perlu disesuaikan dengan selera lidah Sedulur sendiri.

BACA JUGA: Resep Sambal Goreng Kentang Lezat & Menggugah Selera

Cara membuat sambal pecel lele Lamongan:

Cara membuatnya sambal pecel lele
masakapahariini

Setelah semua bahan di atas sudah Sedulur siapkan, lanjutkan ke tahap berikutnya yaitu langkah atau cara membuat sambal pecel lele. Berikut langkahnya:

  1. Langkah pertama dari resep sambal pecel lele pinggir jalan adalah menggoreng cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kemiri, dan tomat dengan menggunakan api sedang. Jika sudah, angkat terlebih dahulu dan tiriskan.
  2. Langkah kedua membuat sambal pecel lele Lamongan adalah dengan menggoreng terasi. Sangat disarankan untuk membakar terasinya terlebih dahulu untuk menghasilkan tekstur dan rasa terasi yang lebih kuat.
  3. Setelah semua bahan siap, Sedulur perlu menyiapkan ulekan lalu masukkan semua bahan ke dalam ulekan. Ulek semua bahan hingga halus dan lembut.
  4. Selanjutnya tambahkan gula merah, garam, dan penyedap rasa. Koreksi rasa hingga pas dan sesuai selera Sedulur. Jika sudah, cara membuat sambal pecel lele yang enak telah selesai dan sambal siap disantap.

Demikian resep dan cara membuat sambal pecel lele yang enak yang sesuai penjual pecel lele Lamongan yang sering Sedulur temui. Semoga dengan resep di atas, Sedulur bisa membuat sambal sendiri tanpa harus repot membelinya. Hal paling penting agar resep di atas bisa Sedulur praktikkan di rumah adalah menyiapkan bahan-bahannya.

Untuk lebih memudahkan Sedulur dalam menyiapkan bahan-bahannya, Sedulur bisa membeli bahan-bahan kebutuhan pokok lewat Aplikasi Super. Tersedia lengkap bahan kebutuhan sehari-hari dengan harga super murah dan kualitas terjamin. Sedulur tinggal pesan menggunakan aplikasi dan tunggu pesanan diantar ke rumah. Langsung saja klik di sini untuk download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki aplikasinya, ya!