Resep sambal matah asli Bali terkenal memiliki cita rasa gurih dan menyegarkan. Sedulur sudah coba?

Mendengar nama sambal matah tentu Sedulur sudah tidak asing lagi. Pasalnya di Indonesia, meski bukan hanya di Pulau Dewata, hampir semua tempat makan yang menyajikan makanan berat menyediakan menu sambal matah. Saking populernya, rasa sambal matah bahkan dijadikan varian rasa salah satu produk mie instan yang dicintai  oleh masyarakat Indonesia.

Sebagai negara yang terbiasa mengkonsumsi sambal, masyarakat menilai sambal matah ini cukup berbeda jika dibandingkan dengan sambal lainnya. Selain rasanya yang pedas, sambal matah juga memberikan sensasi menyegarkan yang dihasilkan oleh jeruk nipisnya. Selain itu, cara membuat sambal matah pun mudah karena tidak banyak memerlukan teknik atau peralatan khusus.

Selain enak, sambal matah juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Sebagai bahan dasar, bawang merah memiliki peran dominan dan memiliki banyak khasiat. Khasiatnya adalah menurunkan kadar kolesterol, mengurangi resiko serangan jantung, meningkatkan produksi insulin sehingga menekan risiko diabetes, hingga mencegah risiko kanker.

-->

Nah, seperti yang sudah disebutkan, resep sambal matah tidak begitu sulit. Bumbu sambal matah pun tidak begitu banyak dan merepotkan karena bumbu yang digunakan biasa tersedia di rumah. Sedulur penasaran kan bagaimana cara membuat sambal matah sendiri yang enak dan segar. Yuk, langsung saja simak sambal matah resep berikut ini.

Baca Juga: Resep Sambal Terong Bakar Super Pedas, Dijamin Ketagihan!

Resep Sambal Matah Bali Pedas, Gurih, dan Segar

1. Bahan untuk Resep Sambal Matah

1. Bahan untuk Resep Sambal Matah
kumparan.com

Tidak memerlukan banyak bahan-bahan, kesembilan bumbu dan rempah-rempah ini wajib Sedulur siapkan sebelum mulai mengeksekusi resep sambal matah. Takaran bisa berubah menyesuaikan selera Sedulur, ya.

  • 8 buah cabai rawit
  • 2 batang serai
  • ¼ sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh perasan air jeruk limau
  • ¼ sendok teh garam
  • 4 lembar daun jeruk
  • ½ sendok teh terasi bakar
  • 10 butir bawang merah
  • Minyak goreng secukupnya

2. Mempersiapkan Bahan Sehingga Siap Diolah

2. Mempersiapkan Bahan Sehingga Siap Diolah
okezone.com

Langkah pertama dalam mempersiapkan resep sambal matah adalah menyiapkan semua bahan-bahan agar siap diolah. Pilihlah bahan-bahan yang segar karena ciri khas dari sambal matah ini adalah kesegarannya yang sulit ditandingi. Kemudian, cuci bersih semua bahan, khususnya karena resep sambal matah kali ini tidak akan melalui proses penggorengan.

Setelah itu, sebagai tips, pastikan cabai rawit direndam terlebih dahulu di dalam air es agar kondisinya lebih segar. Jika perlu, lakukan hal yang sama pada bawang merah. Kemudian, iris bahan-bahan yang diperlukan, seperti bawang merah, cabai rawit, daun jeruk dan serai.  Di sisi lain, siapkan terasi dengan membakarnya terlebih dahulu hingga wangi.

3. Menyatukan Semua Bahan-Bahan

3. Menyatukan Semua Bahan-Bahan
detik.com

Setelah semua bahan sudah dipastikan siap diolah, maka segera masukan semua bahan-bahan yang telah dipotong dan dibakar ke dalam sebuah wadah. Campur semua bahan sambil remas-remas secara perlahan agar bahan-bahan tercampur rata satu sama lain. Namun, jangan sampai bentuknya terpengaruh dan menjadi layu atau rusak, ya.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Saus Sambal Bikin Nagih, Terbaru 2021

4. Finishing dengan Minyak Goreng dan Perasan Jeruk Limau

4. Finishing dengan Minyak Goreng dan Perasan Jeruk Limau
liputan6.com

Setelah semua bahan-bahan tercampur, maka langkah terakhir dari resep sambal matah kali ini adalah menambahkan dua elemen penting dalam pembuatan sambal matah pedas yang nikmat. Kedua elemen tersebut adalah minyak goreng dan air jeruk limau. Pastikan Sedulur mengikuti teknik berikut ini sebagai tips agar sambal matah buatan Sedulur semakin nikmat.

Minyak goreng yang dimasukan harus dimasak terlebih dahulu karena minyak goreng yang digunakan untuk menyiram bahan sambal matah yang sudah tercampur adalah minyak yang masih panas. Masukan sebanyak 6 sendok makan, kemudian aduk dan tekan tekan sedikit agar meresap. Terakhir, masukan air perasan jeruk limau dan aduk kembali.

Beli Bahan Sambal Matah di Aplikasi Super

Beli Bahan Sambal Matah di Aplikasi Super
superapp.id

Itulah resep sambal matah yang menjadi favorit banyak masyarakat Indonesia. Jika Sedulur kurang menyukai bumbu-bumbu mentah, Sedulur bisa berkreasi dengan membuat sambal matah goreng. Resep sambal matah jawa juga bisa dijadikan pilihan kreasi hanya dengan menambahkan satu bahan lain dari resep sambal matah di atas, yaitu asam jawa.

Sedulur bisa mendapatkan bahan untuk membuat sambal matah berdasarkan resep di atas dengan membeli di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super agar bisa melakukan transaksi melalui smartphone.