Aneka olahan ikan salmon selanjutnya, yaitu salmon mentai yang mudah dan praktis dibuat sendiri!

Sedulur pecinta ikan salmon tentu sudah tidak asing lagi dengan olahan ikan salmon mentai satu ini. Sebagian dari Sedulur mungkin mengenalnya dengan nama salmon mentai rice. Salmon mentai, kani mentai rice dan beef mentai shirataki, merupakan makanan olahan khas dari Negeri Sakura alias Jepang.

Mentai atau mentaiko merupakan makanan Jepang yang berasal dari telur ikan tarako atau ikan pollock yang dibumbui dengan lada. Telur ikan ini bentuknya mirip tobiko, tapi lebih kecil, dan kerap diolah dalam berbagai makanan. Salah satunya saus mentai, campuran telur ikan yang sudah diasinkan dengan mayones.

Dalam artikel kali ini, Superapp.id akan menjelaskan resep salmon mentai beserta dengan mentai sauce yang menjadi ciri khasnya. Resep olahan ikan salmon ini biasanya ada pada menu di restoran Jepang atau restoran bintang lima. Siapa sangka salah satu aneka masakan salmon ini sangat praktis dan mudah dibuatnya.

Sedulur hanya membutuhkan pengetahuan dasar terkait cara mengolah salmon dan cara masa salmon. Ditambah daftar resep untuk membuat salmon mentai. Dan menu ikan salmon satu ini pun bisa Sedulur buat sendiri. Tidak percaya? Yuk, langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Ikan Salmon Untuk Bayi Agar Kuat dan Sehat

Cara Membuat Ikan Salmon Mentai, Mudah dan Super Praktis

1. Bahan yang Dibutuhkan

Sumber: food.detik.com

Sedulur membutuhkan beberapa bahan untuk membuat salmon mentai. Yaitu pertama bahan untuk bumbu salmon terlebih dahulu:

  • 130 gram ikan salmon
  • 2 sdm kecap asin, balur ke permukan ikan salmon dan marinasi selama 15 menit.

Sedulur juga membutuhkan bahan untuk membuat saus salmon mentai, yaitu:

  •  200 ml mayones Jepang
  • 1 sdm mentaiko
  • 1 sdm saus tomat
  • 1 sdt saus sambal
  • Bubuk cabai secukupnya

2. Cara Membuat Salmon Mentai

2.   Cara Membuat Salmon Mentai
Sumber: pesona.co.id

Pertama Sedulur harus membuat saus mentai terlebih dahulu. Siapkan mangkuk atau wadah, lalu tuang seluru bahan untuk saus mentai ke dalamnya. Aduk hingga rata. Selanjutnya  mengolah ikan salmon, pisahkan terlebih dahulu daging dan kulit ikan salmon, lalu potong daging salmon tipis dengan ukuran sesuai selera.

Balur ikan salmon dengan kecap asin hingga rata, dan tata ikan salmon dalam loyang. Panggang sebentar hingga permukaan ikan salmon berubah warna. Susun ikan salmon di dalam wadah, lalu tuangkan saus mentai di atas ikan salmon hingga rata. Panggang kembali permukaan saus mentai dengan metode blow torch. Lalu Sedulur tinggal menambahkan bubuk nori sebagai pelengkap. Ikan Salmon mentai pun siap dinikmati.

Baca Juga: 10 Manfaat Minyak Ikan Salmon untuk Jantung & Otak

3. Tips Mudah Membuat Salmon

3.   Tips Mudah Membuat Salmon
Sumber: cookpad.com

Terdapat beberapa tips yang bisa Sedulur terapkan dalam membuat salmon satu ini, pertama Sedulur bisa membeli mayones pedas instan jika tidak ingin ribet membuat sausnya. Sedulur juga harus cek terlebih dahulu rasa mayonesnya, jika dirasa ada yang kurang. Sedulur bisa menambah sesuai selera Sedulur.

Selain itu, jika tidak ada bubuk nori sebagai pelengkap, Sedulur tinggal memberi lembaran nori di minimarket dan mengguntingnya dan hancurkan sesuai selera Sedulur.

4. Alternatif Mengolah Salmon

4.   Alternatif Mengolah Salmon
Sumber: herstory.co.id

Dalam cara membuatnya, ada bagian ikan salmon menggunakan blow torch. Jika Sedulur tidak memiliki alatnya, Sedulur bisa menggunakan oven dan panggang selama 3-5 menit. Sedulur juga bisa menggunakan teflon jika Sedulur tidak memiliki blow torch.

Sedulur juga bisa menambah bahan lainnya agar menjadi semakin nikmat, seperti jamur enoki, crab stick, atau sosis. Agar resep salmon ini semakin nikmat dan Sedulur bisa semakin nikmat menyantapnya. Semoga resep salmon dan beberapa tips di atas bisa membantu Sedulur untuk membuat menu satu ini. Sedulur juga bisa membeli bahannya di Aplikasi Super, agar Sedulur bisa mendapatkan keuntungan.

Beli Bahan Resep Salmon Satu Ini Di Aplikasi Super

Resep ikan salmon ala Jepang satu ini telah selesai dijelaskan. Cara membuatnya sangat praktis dan bahan yang dibutuhkan pun sangat mudah didapat.  Jangan lupa juga untuk menyediakan segala kebutuhan masak ikan salmon dengan membeli melalui Aplikasi Super.

Membeli bahan kebutuhan di Aplikasi Super dijamin murah dan menguntungkan. Sedulur bisa klik di sini untuk mempelajari Aplikasi Super lebih lanjut, dan jangan lupa juga download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki aplikasinya.