Yuk, simak daftar manfaat ikan salmon untuk bayi, agar buah hati mengalami perkembangan yang sehat.

Jika ada pertanyaan bahayakah ikan salmon untuk bayi? Jawabannya jelas tidak, karena terdapat manfaat ikan salmon untuk bayi yang dapat membantu sang buah hati. Namun tentu saja dengan takaran ikan salmon yang pas untuk bayi.

Biasanya, usia bayi di atas dua tahun sudah boleh mengkonsumsi ikan salmon, hal ini tentu saja menjawab pertanyaan usia berapa bayi boleh makan ikan salmon. Namun tentu saja cara memasak ikan salmon untuk bayi berbeda dengan untuk orang dewasa.

Yuk, langsung saja kita simak penjelasan apa manfaat ikan salmon untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi yang wajib Sedulur ketahui.

-->

Baca Juga: 10 Manfaat Minyak Ikan Salmon untuk Jantung & Otak

Daftar Manfaat Ikan Salmon untuk Bayi Agar Sehat dan Kuat

1. Merangsang Kecerdasan Otak

1.       Merangsang Kecerdasan Otak

Bolehkah bayi makan salmon setiap hari? Tentu saja hal ini harus disikapi secara bijak, akan lebih baik jika bayi di atur konsumsi ikan salmonnya. Salah satu manfaat ikan salmon untuk bayi adalah dapat meningkatkan dan merangsang kecerdasan otak sang buah hati.

Bukan hanya untuk bayi, ibu hamil juga disarankan untuk mengkonsumsi ikan salmon selama mengandung, hal ini juga akan meningkatkan perkembangan sel-sel janin dan menjaga kesehatan ibu hamil agar tetap prima.

2. Menyehatkan Mata Buah Hati

2.       Menyehatkan Mata Buah Hati

Salah satu manfaat ikan salmon untuk bayi 1 tahun adalah dapat menyehatkan mata sang buah hati. Dengan adanya kandungan asam amino yang ada di dalam salmon, dapat membantu mengurangi degenerasi makula, retina kering, mata lelah dan gangguan penglihatan yang akan dialami oleh bayi.

Penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa bayi yang rutin diberi asupan ikan salmon secara teratur dapat memiliki penglihatan yang lebih baik ketika mereka dewasa kelak.

3. Menjaga Kesehatan Tulang Bayi

3.       Menjaga Kesehatan Tulang Bayi

Manfaat ikan salmon untuk bayi selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan tulang sang buah hati. Selain itu, penelitian ilmiah yang dilakukan oleh para ahli juga menunjukan bahwa ikan salmon dapat mencegah timbulnya penyakit osteoporosis.

Kesehatan tulang pada bayi dapat terjaga dikarenakan kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat ikan salmon. Jika dikonsumsi secara rutin, hal tersebut dapat membantu tulang dan persendian kita selalu sehat setiap hari.

Baca Juga: 12 Resep Ikan Salmon Spesial, dan Cara Memasak yang Benar

4. Menghangatkan Tubuh Bayi

4.       Menghangatkan Tubuh Bayi

Mungkin tidak ada yang menyangka bahwa ikan salmon dapat membuat tubuh bayi tetap hangat bahkan ketika musim dingin sekalipun. Hal tersebut dikarenakan, salmon mengandung banyak minyak dan lemak yang dapat membuat tubuh sang buah hati tetap hangat.

Selain itu, akan lebih bermanfaat juga jika ikan salmon diolah dan disajikan dengan kuah yang akan semakin ampuh untuk membuat tubuh hangat. Terutama ketika memasuki musim dingin, salmon merupakan bahan makanan yang penting untuk dihidangkan.

5. Kaya Akan Protein yang Dibutuhkan Oleh Bayi

5.       Kaya Akan Protein yang Dibutuhkan Oleh Bayi

Sama dengan kandungan asam lemak omega 3, protein merupakan zat penting untuk kesehatan tubuh bayi dan salmon merupakan sumber protein yang bagus yang dibutuhkan oleh tubuh bayi. Protein dalam salmon dapat membantu tubuh bayi untuk menyembuhkan luka dan peradangan yang terjadi.

Protein juga dapat menjaga massa otot dan meningkatkan kesehatan tulang bayi. Dokter, ahli kesehatan dan para ahli gizi menganjurkan untuk mengkonsumsi protein setiap harinya minimal 20 gram. Karena dengan itu kebutuhan tubuh akan protein akan tercukupi.

6. Sumber Potasium

6.       Sumber Potasium

Kandungan potasium yang tinggi yang terdapat pada salmon sekitar 18%. Hal tersebut menunjukan bahwa kandungan tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan pisang yang hanya memiliki 10% kandungan potassium.

Kandungan potassium ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan juga mencegah risiko penyakit stroke bagi orang dewasa. Sedangkan bagi bayi, potasium sangat dibutuhkan untuk menjaga kandungan dalam tubuh tetap seimbang.

7. Rendah Lemak

7.       Rendah Lemak

Dalam satu porsi salmon terkandung kalori hanya sekitar 200 kalori. Untuk jenis ikan yang berlemak, salmon merupakan ikan dengan jumlah kalori sangat rendah, dan juga rendah akan lemak jenuh. Akan tetapi salmon ini tetap mempertahankan nutrisi yang sangat tinggi.

Mengkonsumsi ikan salmon untuk bayi tentu saja sangat aman, dan akan menuai banyak manfaat kesehatan bagi tumbuh kembang sang buah hati. Selain memiliki rasa yang lezat dan makan yang nikmat dengan lauk ikan salmon, tubuh pun akan tetap sehat. Bukan hanya untuk bayi, namun juga untuk orang dewasa.

8. Mengandung Antioksidan

8.       Mengandung Antioksidan

Sama seperti sayur dan buah-buahan, kandungan antioksidan menjadi bagian penting dalam salmon. Beberapa kandungan yang terdapat dalam ikan salmon dapat berperan sebagai antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Terutama untuk mencegah radikal bebas yang sangat dibutuhkan oleh bayi yang masih memiliki imunitas yang sangat rentan

Antioksidan sangat ampuh dalam mencegah radikal bebas masuk dan merusak sel yang ada pada tubuh. Bahkan, radikal bebas juga merupakan salah satu penyebab dari berbagai penyakit yang bisa merusak tubuh.

Semoga manfaat ikan salmon untuk bayi yang telah dijelaskan di atas bisa membantu Sedulur untuk lebih memperhatikan asupan bergizi bagi tumbuh kembang sang buah hati. Jangan lupa untuk membeli ikan salmon sebagai stok dengan membelinya di Aplikasi Super.

Aplikasi Super menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari-hari untuk Sedulur Super sekalian.  Baik untuk kebutuhan menyambung hidup atau kebutuhan usaha. Klik di sini untuk mengenal lebih jauh tentang Aplikasi Super.

Bagi Sedulur Super yang belum download Aplikasi Super, segera download Aplikasi Super dan mulai gunakan Aplikasi Super untuk kulak sembako dan jangan sekali-kali menyia-nyiakan keuntungan dan manfaat yang diberikan oleh Aplikasi Super untuk memudahkan Sedulur dalam melengkapi kebutuhan sembako Sedulur Super sekalian.