resep wingko babat

Mengetahui resep wingko babat bisa menjadi keuntungan tersendiri, karena Sedulur bisa membuat camilan yang beragam setiap harinya. Wingko babat berasal dari Semarang yang menjadi salah satu makanan khasnya. Tapi, jika dicari lebih dalam terkait awal mulanya, wingko merupaka camilan yang berasal dari daerah Babat, Lamongan, Jawa Timur.

Ciri khas wingko babat yaitu teksturnya yang lembut dan legit, dengan rasa yang gurih dan nikmat. Sedulur bisa mencoba membuatnya sendiri, jika belum berkesempatan mengunjungi Semarang atau Lamongan untuk langsung mencicipi camilan satu ini. Yuk, simak langkah dan pembahasan resep wingko babat di bawah ini. Agar Sedulur bisa membuatnya sendiri di rumah.

BACA JUGA: 12 Resep Mochi Beragam Isian yang Kenyal & Mudah Dibuat!

Bahan yang dibutuhkan

resep wingko babat
Kompas

Wingko babat terbuat dari ketan dan kelapa parut yang dicampur dengan bahan lainnya. Bahan-bahan utama yang dibutuhkan yaitu sebagai berikut:

-->
  • 400 gram kelapa parut setengah tua, kukus 15 menit
  • 250 gram gula pasir
  • 150 gram tepung ketan putih
  • 50 gram tepung tapioka
  • ½ sendok teh garam
  • 1 sendok teh pasta vanili
  • 150 ml santan kental, rebus dengan daun pandan
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • Margarin secukupnya untuk olesan

Buat adonan wingko babat

Bukalapak

Setelah bahan terkumpul, langkah yang bisa Sedulur lakukan pertama kali yaitu membuat adonan wingko. Sedulur bisa mengikuti langkahnya di bawah ini:

  1. Siapkan wadah yang bersih dan kering. Masukkan semua bahan ke dalamnya, kecuali santan, telur, dan minyak goreng.
  2. Aduk rata dan remas-remas menggunakan tangan.
  3. Masukkan santan sedikit demi sedikit sambil diremas terus hingga rata. Kalau adonan dirasa sudah dapat dipulung, tidak perlu menambahkan santan lagi. Jangan terlalu lembek atau encer.
  4. Masukkan telur dan minyak goreng, aduk merata.

BACA JUGA: Resep Es Kelapa Muda Gula Merah, Mudah & Praktis!

Siapkan alat memanggang wingko

resep wingko babat
Resep Masakanku

Setelah adonan selesai, Sedulur bisa melanjutnya ke langkah selanjutnya dalam resep wingko babat oven. Sedulur bisa menyiapkan wajan datar yang antilengket, atau juga bisa menyiapkan cetakan kue lumpur. Kemudian olesi terlebih dahulu dengan margarin, agar wingko tidak lengket ketika dipanggang. Tuang adonan wingko dengan ukuran sesuai selera, lalu panggan dengan menggunakan api kecil hingga wingko matang dan berubah menjadi kecoklatan.

Sajikan dan nikmati wingko babat

Resep Masakan Indonesia

Setelah resep wingko babat rampung, Sedulur tinggal menyajikan wingko babat dan menikmatinya sebagai camilan bersama keluarga. Lebih nikmat lagi dinikmati bersama keluarga ketika semua anggota keluarga berkumpul sambil berbagi cerita atau melakukan kegiatan bersama. Wingko babat merupakan camilan yang bisa mengeratkan hubungan antar anggota keluarga Sedulur di rumah.

BACA JUGA: Resep Timus Manis, Enak & Lembut untuk Camilan di Rumah

Tips yang perlu diperhatikan

resep wingko babat
Aroma Rasa

Agar resep wingko babat teflon yang telah dijelaskan di atas bisa sukses Sedulur buat, ada beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan sebagai tips membuatnya. Paling penting adalah Sedulur harus memastikan takaran santan kental dengan adonan wingko sesuai. Hal ini untuk menjaga kelegitan dan kelembutan wingko ketika matang dan dikonsumsi nantinya.

Jika adonan masih terlihat kering, Sedulur bisa menambahkan santan hingga adonan bisa dipulung. Jangan lupa juga, perhatikan pemberian santan agar adonan tidak encer, dan mudah dibentuk dan dipanggang atau digoreng.

Itulah tadi pembahasan terkait resep wingko babat, lengkap dengan langkah membuat dan tips yang harus Sedulur perhatikan. Wingko babat merupakan camilan yang mengenyangkan, cocok bagi Sedulur yang sering merasa lapar sebelum masuk waktu makan. Akan lebih nikmat lagi ketika Sedulur menyantapnya dengan ditemani segelas kopi dan teh hangat.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.